Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 ini membahas mengenai gagasan
pokok dan gagasan pendukung dalam sebuah bacaan atau paragraf. Membahas tentang sumber bunyi dan tempat asal bunyi. Membahas tentang perobaan bunyi dan membuat laporan percobaan bunyi. Membahas tentang indra pendengaran yaitu telinga.
pokok dan gagasan pendukung dalam sebuah bacaan atau paragraf. Membahas tentang sumber bunyi dan tempat asal bunyi. Membahas tentang perobaan bunyi dan membuat laporan percobaan bunyi. Membahas tentang indra pendengaran yaitu telinga.
Dalam Buku kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 ini juga membahas mengenai perbedaan atau keberagaman dalam beragama. Sikap kita dalam berteman dan bekerja sama dengan banyaknya keberagaman yang ada.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 77,78,79
Ayo Membaca
Suku, budaya, dan agama yang berbeda tidak
menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka
berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari
mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk
bekerja sama.
menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka
berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari
mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk
bekerja sama.
Bacalah teks berikut dalam hati!
Bekerja Sama dalam Keberagaman
Edo dan kelima
temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah,
mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni
temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah,
mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni
membawa benang kasur. Mereka berkumpul di
halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
Saat percobaan
akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin
teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan
ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat.
Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk
shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang
beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu
menghargai satu dengan yang lain.
akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin
teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan
ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat.
Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk
shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang
beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu
menghargai satu dengan yang lain.
Tiba saatnya
keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya
dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi
perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan
memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan
benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat.
Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya
dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi
perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan
memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan
benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat.
Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Bacalah paragraf pertama dan isi
diagram berikutnya!
diagram berikutnya!
Jawab
Gagasan Pokok : Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan
percobaan tentang bunyi
percobaan tentang bunyi
Gagasan Pendukung :
Sepulang sekolah, mereka berkumpul di
rumahnya
rumahnya
Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang
dibutuhkan
dibutuhkan
Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang
sudah dilubangi
sudah dilubangi
Udin dan Beni membawa benang kasur
Mereka berkumpul di halaman depan rumah
Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan
percobaan
percobaan
Bacalah paragraf ke dua dan isi
diagram berikutnya!
diagram berikutnya!
Jawab
Gagasan Pokok : Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain
Gagasan Pendukung :
Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba
terdengar adzan
terdengar adzan
Siti dan Udin meminta izin teman-temannya
untuk shalat
untuk shalat
Teman-temannya mengizinkan mereka untuk
melakukan ibadah
melakukan ibadah
Edo meminjamkan ruang makannya untuk
digunakan Siti dan Udin Shalat
digunakan Siti dan Udin Shalat
Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak
keberatan rumahnya dipakai untuk shalat
keberatan rumahnya dipakai untuk shalat
Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama
Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah
Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah
Sekarang kamu harus membaca
paragraf ketiga. Isilah diagram berikut dan sampaikan hasilnya kepada gurumu!
paragraf ketiga. Isilah diagram berikut dan sampaikan hasilnya kepada gurumu!
Jawab
Gagasan Pokok : Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda
agama
agama
Gagasan Pendukung :
Tiba saatnya keenam sekawan melakukan
percobaan
percobaan
Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya
dalam bekerja
dalam bekerja
Tidak ada satu pun di antara mereka yang
duduk diam atau memberi perintah saja
duduk diam atau memberi perintah saja
Semuanya ikut bagian dalam percobaan
Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong
benang, Udin datang membawakan gunting
benang, Udin datang membawakan gunting
Saat Edo kesulitan menalikan benang di
kaleng, Siti ikut membantu
kaleng, Siti ikut membantu
Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 81
Ayo Membaca
Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan
percobaan.
percobaan.
Di Manakah Bunyi?
Tujuan :
Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Alat dan Bahan :
Alat musik tradisional setempat (misalnya
angklung)
angklung)
Langkah Kerja :
1.
Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan
kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung)
di sekitarmu.
Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan
kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung)
di sekitarmu.
2.
Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai
asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?
Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai
asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama
Percobaan : Identifikasi Sumber
dan Tempat Bunyi
Percobaan : Identifikasi Sumber
dan Tempat Bunyi
Tujuan
Percobaan : Mengidentifikasi sumber
dan tempat bunyi berasal
Percobaan : Mengidentifikasi sumber
dan tempat bunyi berasal
Alat
dan Bahan :
dan Bahan :
–
alat musik tradisional ( angkung / suling / gendang / gitar )
alat musik tradisional ( angkung / suling / gendang / gitar )
–
kursi duduk siswa
kursi duduk siswa
–
penutup mata ( kain / sapu tangan / taplak meja dll )
penutup mata ( kain / sapu tangan / taplak meja dll )
Langkah
Kerja :
Kerja :
–
Dua orang siswa maju ke depan kelas
Dua orang siswa maju ke depan kelas
–
Satu siswa duduk dan matanya di tutup menggunakan kain atau sapu tangan
Satu siswa duduk dan matanya di tutup menggunakan kain atau sapu tangan
–
Satu orang siswa memainkan alat musik tradisional
Satu orang siswa memainkan alat musik tradisional
–
Siswa memainkan atau membunyikan musik tradisional dengan jarak 4 m di depan
siswa yang duduk di kursi
Siswa memainkan atau membunyikan musik tradisional dengan jarak 4 m di depan
siswa yang duduk di kursi
–
Siswa yang duduk di kursi di minta menunjukkan asal suara atau bunyi tersebut
Siswa yang duduk di kursi di minta menunjukkan asal suara atau bunyi tersebut
–
Catat hasil yang di tunjuk siswa benar atau salah
Catat hasil yang di tunjuk siswa benar atau salah
–
Siswa yang memainkan alat musik bergeser ke arah kanan
Siswa yang memainkan alat musik bergeser ke arah kanan
–
Siswa yang duduk di kursi di minta menunjuk asal suara atau bunyi tersebut
Siswa yang duduk di kursi di minta menunjuk asal suara atau bunyi tersebut
–
Catat hasil yang di tunjuk siswa benar atau salah
Catat hasil yang di tunjuk siswa benar atau salah
–
Ulangi dengan arah yang berbeda beda sebanyak yang di inginkan
Ulangi dengan arah yang berbeda beda sebanyak yang di inginkan
Hasil
Percobaan :
Percobaan :
–
Percobaan pertama sumber bunyi di arah depan : Benar
Percobaan pertama sumber bunyi di arah depan : Benar
–
Percobaan kedua sumber bunyi di arah kanan pendengar : Benar
Percobaan kedua sumber bunyi di arah kanan pendengar : Benar
–
Percobaan ketiga sumber bunyi di arah belakang pendengar : Benar
Percobaan ketiga sumber bunyi di arah belakang pendengar : Benar
-Percobaan
keempat sumber bunyi di arah kiri pendengar : Benar
keempat sumber bunyi di arah kiri pendengar : Benar
Kesimpulan :
Manusia
mampu mendeteksi sumber suara atau bunyi menggunakan indra pendengaran yaitu
telinga. Walaupun indra penglihatan di tutup sehingga tidak berfungsi, manusia
masih bisa mendeteksi keberadaan sumber bunyi melalui telinga atau alat indra
pendengaran
mampu mendeteksi sumber suara atau bunyi menggunakan indra pendengaran yaitu
telinga. Walaupun indra penglihatan di tutup sehingga tidak berfungsi, manusia
masih bisa mendeteksi keberadaan sumber bunyi melalui telinga atau alat indra
pendengaran
Apakah
kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan!
kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan!
Jawab
Saya
pernah mengalami gangguan pendengaran atau indra pendengar yaitu telinga. Saat
itu telingan saya yang sebelah kanan susah untuk menangkap suara. Suara yang
bisa di tangkap pada telinga saya terasa sangat pelan sekali. Saat di tanyakan
ke orang tua lalu di bawa ke dokter, diketahui bahawa telinga sebelah kanan
saya kotor sekali. Setelah dibersihkan oleh dokter, telingan saya menjadi normal
kembali
pernah mengalami gangguan pendengaran atau indra pendengar yaitu telinga. Saat
itu telingan saya yang sebelah kanan susah untuk menangkap suara. Suara yang
bisa di tangkap pada telinga saya terasa sangat pelan sekali. Saat di tanyakan
ke orang tua lalu di bawa ke dokter, diketahui bahawa telinga sebelah kanan
saya kotor sekali. Setelah dibersihkan oleh dokter, telingan saya menjadi normal
kembali
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 82
Ayo
Berdiskusi
Berdiskusi
Indonesia
terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan toleransi di antara pemeluknya.
terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan toleransi di antara pemeluknya.
Pahamilah
teks berikut dan diskusikan isinya dengan temanmu.
teks berikut dan diskusikan isinya dengan temanmu.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 84 ,
85
Berdasarkan
cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1.
Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk
berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk
berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Jawab:
Perbedaan
yang dimiliki oleh enam sekawan tidak menghalangi mereka untuk berteman dan
bekerja sama. Karena dalam berteman dan bekerja sama mereka tidak
mempermasalahkan perbedaan yang ada, misal perbedaan keyakinan atau agama.
Mereka saling menghargai satu dengan lainnya.
yang dimiliki oleh enam sekawan tidak menghalangi mereka untuk berteman dan
bekerja sama. Karena dalam berteman dan bekerja sama mereka tidak
mempermasalahkan perbedaan yang ada, misal perbedaan keyakinan atau agama.
Mereka saling menghargai satu dengan lainnya.
2.
Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Jawab:
Sikap
saya jika bermain dengan teman yang berbeda agama adalah dengan menghormati dan
menghargainya. Tidak mempermasalahkan masalah perbedaan agama yang kami anut. Saya
akan bermain dengan teman yang berbeda agama dengan perlakuan yang sama baiknya
dengan teman-teman yang lainnya.
saya jika bermain dengan teman yang berbeda agama adalah dengan menghormati dan
menghargainya. Tidak mempermasalahkan masalah perbedaan agama yang kami anut. Saya
akan bermain dengan teman yang berbeda agama dengan perlakuan yang sama baiknya
dengan teman-teman yang lainnya.
3.
Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana
sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana
sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Jawab:
Saya
memiliki pengalaman berteman dengan teman yang berbeda agama dengan agama saya.
Saya beragama islam sedangkan teman saya ada yang beragama hindu, kristen dan
katolik. Di daerah saya keempat agama tersebut banyak dianut oleh teman-teman
disekolah.
memiliki pengalaman berteman dengan teman yang berbeda agama dengan agama saya.
Saya beragama islam sedangkan teman saya ada yang beragama hindu, kristen dan
katolik. Di daerah saya keempat agama tersebut banyak dianut oleh teman-teman
disekolah.
Perbedaan
yang saya ketahui misalnya dalam beribadah. Jika saya islam ibadah saya lakukan
sholat 5 kali dalam sehari, dan beribadah sholat jumat di masjid. Tetapi teman
saya yang beragama katolik dan kristen beribadah setiap hari minggu di gereja
mereka. Kalau teman saya yang beragama hindu beribadah setiap pagi dan sore
hari di tempat ibadat mereka di rumah masing-masing yang sudah disediakan.
yang saya ketahui misalnya dalam beribadah. Jika saya islam ibadah saya lakukan
sholat 5 kali dalam sehari, dan beribadah sholat jumat di masjid. Tetapi teman
saya yang beragama katolik dan kristen beribadah setiap hari minggu di gereja
mereka. Kalau teman saya yang beragama hindu beribadah setiap pagi dan sore
hari di tempat ibadat mereka di rumah masing-masing yang sudah disediakan.
Sikap
saya terhadap perbedaan tersebut adalah saya menghargai, menghormati perbedaan
yang ada. Saya tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut. Saat mereka beribadah
saya menghormati mereka dan menghargai mereka.
saya terhadap perbedaan tersebut adalah saya menghargai, menghormati perbedaan
yang ada. Saya tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut. Saat mereka beribadah
saya menghormati mereka dan menghargai mereka.
Ayo
Renungkan
Renungkan
Apa
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawab
Yang
saya pelajari pada hari ini adalah tentang menghormati, menghargai, perbedaan yang
ada di lingkungan sekitar kita. Perbedaan itu bisa dari perbedaan keyakinan
atau agama yang di anut, perbedaan suku, adat istiadat dan lain sebagainya.
Akan tetapi semua perbedaan itu tidak menghalangi kita untuk tetap hidup
bekerja sama, berteman dengan baik tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada.
saya pelajari pada hari ini adalah tentang menghormati, menghargai, perbedaan yang
ada di lingkungan sekitar kita. Perbedaan itu bisa dari perbedaan keyakinan
atau agama yang di anut, perbedaan suku, adat istiadat dan lain sebagainya.
Akan tetapi semua perbedaan itu tidak menghalangi kita untuk tetap hidup
bekerja sama, berteman dengan baik tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada.
Apa
manfaatnya bagi kehidupanmu sehari-hari?
manfaatnya bagi kehidupanmu sehari-hari?
Jawab:
Manfaat
dari pelajaran hari ini adalah kita sebagai manusia agar saling menghormati,
saling menghargai terhadap segala keberagaman yang ada. Tidak boleh saling
menjelekkan, saling bermusuhan. Harus bersatu walaupun dengan perbedaan yang
ada.
dari pelajaran hari ini adalah kita sebagai manusia agar saling menghormati,
saling menghargai terhadap segala keberagaman yang ada. Tidak boleh saling
menjelekkan, saling bermusuhan. Harus bersatu walaupun dengan perbedaan yang
ada.
Bagaimana
cara kamu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa?
cara kamu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa?
Jawab:
Cara
saya mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa dengan cara
selalu berusaha untuk berprilaku baik, baik terhadap sesama manusia maupun terhadap
makhluk hidup yang lainnya. Selalu merasa bahawa Tuhan Yang Maha Esa mengawasi
kita dalam bertindak, jadi kita akan selalu berprilaku baik. Selain itu sebagai
wujud syukur adalah dengan cara beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan
sebaik baiknya.
saya mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa dengan cara
selalu berusaha untuk berprilaku baik, baik terhadap sesama manusia maupun terhadap
makhluk hidup yang lainnya. Selalu merasa bahawa Tuhan Yang Maha Esa mengawasi
kita dalam bertindak, jadi kita akan selalu berprilaku baik. Selain itu sebagai
wujud syukur adalah dengan cara beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan
sebaik baiknya.