Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 1 ini membahas tentang
sumber energi terbesar di bumi yaitu matahari.
Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 1 ini juga mempelajari tentang
sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat
diperbaharui.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sumber Energi Halaman 2
kehidupan karena merupakan sumber energi terbesar di bumi. Panas matahari
berpengaruh terhadap aktivitas manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi.
Amatilah gambar
berikut
manfaat dari sinar matahari. Sinar matahari adalah sumber energi terbesar yang
ada di bumi. Dengan adanya sinar matahari pakaian yang dijemur ibu bisa menjadi
kering karena air yang ada pada pakaian menguap terkena sinar matahari.
tumbuhan untuk melakukan fotosintesis. Fotosintesis pada tumbuhan memerlukan
sinar matahari dan juga gas karbon dioksida yang bisa diperoleh dari hasil
udara yang dibuang manusia saat bernafas.
satunya adalah gas okseigen atau O2. Gas oksigen ini di perlukan oleh manusia
dan makhluk hidup lainnya untuk bernafas. Karena saat bernafas makhluk hidup
memerlukan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.
Berdasarkan gambar, dapatkah kamu menyebutkan apa saja manfaat matahari
bagi keluarga tersebut? Mengapa demikian? Kemukakan alasanmu!
adalah sebagai berikut:
pakaian basah yang dijemur menjadi kering. Semakin panas sinar matahari maka
pakaian akan semakin cepat kering.
bernafas. Sinar matahari diperlukan oleh tumbuhan untuk fotosintesis. Fotosintesis
tumbuhan akan menghasilkan salah satunya adalah Oksigen. Oksigen dibutuhkan
manusia untuk bernafas.
Dengan adanya sinar matahari yang membantu tumbuhan berfotosintesis maka sinar matahari
secara tidak langsung mengurangi pencemaran udara. Karena saat fotosintesis
tumbuhan memerlukan sinar matahari dan karbondioksida.
adanya sinar matahari yang menyinari tubuh manusia maka manusia mendapatkan
vitamin. Vitamin tersebut adalah vitamin D yang diperoleh dari kulit manusia
saat di terkena sinar matahari pagi.
Apakah kamu dapat menyebutkan contoh kegiatan lain tentang manfaat matahari
bagi kehidupan kita sehari-hari?
pembangkit listrik tenaga surya menggunakan sinar matahari sebagai sumbernya
untuk kebutuhan manusia
matahari digunakan sebagai penerangan dan pencahaayaan alami di planet Bumi
memperkuat kesehatan tulang
yang terkena sinar matahari seharian akan mampu beristirahat lebih baik saat malam
hari
pembuatan sistem kalender Masehi dan kalender lainnya
jawaban-jawabanmu di atas!
sumber energi terbesar di Bumi. Sinar matahari mempunyai manfaat yang sangat
banyak bagi makhluk hidup yang tinggal dipermukaan bumi. Baik manfaat yang bisa
dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.
matahari bagi manusia sangat banyak sekali. Sinar matahari dapat membantu
proses pengeringan baju yang sedang dijemur, padi yang dijemur dan lainnya.
Selain itu sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bermanfaat bagi
manusia. Memperkuat kesehatan tulang juga merupakan manfaat sinar matahari yang
bisa dirasakan oleh manusia.
juga dibutuhkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis. Proses fotosintesis
tumbuhan memerlukan sinar matahari dan karbon dioksida atau CO2. Hasil dari
fotsintesis adalah gas oksigen yang dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sumber Energi Halaman 3, 4
panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan
makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini
di luar kelas!
A. Alat dan Bahan
Kertas, tissue, kain
B. Langkah Percobaan
Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di
tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah
15 menit, 30 menit, dan 60 menit!
Tabel Pengamatan
Di Bawah Sinar Matahari
|
15 menit
|
30 menit
|
60 menit
|
Tisu
|
Masih Basah
|
Mulai Mengering
|
Kering
|
Kertas
|
Masih Basah
|
Mulai Mengering
|
Kering
|
Sapu Tangan
|
Masih Basah
|
Mulai Mengering
|
Kering
|
Di Bawah Pohon
|
15 menit
|
30 menit
|
60 menit
|
Tisu
|
Masih Basah
|
Masih Basah
|
Mulai Mengering
|
Kertas
|
Masih Basah
|
Masih Basah
|
Mulai Mengering
|
Sapu Tangan
|
Masih Basah
|
Masih Basah
|
Masih Basah
|
matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?
daripada benda yang dijemur di bawah pohon.
C. Kesimpulan
percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas
matahari pada percobaanmu.
Tisu, kertas, dan sapu tangan yang dijemur di panas matahari lebih cepat
kering.
Tisu yang dijemur di bawah panas matahari langsung lebih cepat kering.
Air yang ada di tisu, kertas, dan sapu tangan basah menguap karena panas
matahari.
Tisu, kertas, dan sapu tangan di tempat teduh, lebih lama kering karena
tidak terkena panas matahari sehingga penguapan air pada benda-benda tersebut
lebih lama.
Panas matahari mengeringkan benda-benda basah.
Nama percobaan:
|
Uji Panas Matahari
|
Tujuan percobaan:
|
Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi.
|
Alat-alat yang dibutuhkan:
|
Kertas, tissue, kain
|
Langkah kerja:
|
1.
Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2.
Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
3.
Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit! |
Kesimpulan
|
“Dari hasil percobaan terbukti bahwa panas matahari mampu mengeringkan
benda basah, sehingga panas merupakan salah satu bentuk energi” |
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sumber Energi Halaman 5
Biji Energi
Sekarang, temukan
sebanyak-banyaknya manfaat energi matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta
pikiran di bawah ini! Sertakan gambar agar lebih menarik.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sumber Energi Halaman 6, 7, 8
dimanfaatkan oleh penduduk Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengolah dan
menjualnya. Amati gambar berikut dan sampaikan hasil pengamatanmu kepada teman
di sebelahmu!
terhadap jagung tinggi?
Jawab
tinggi adalah harga jagung akan naik dan persediaan jagung akan cepat habis
sehingga akan terjadi kelangkaan.
2. Apa yang harus dilakukan agar permintaan terpenuhi?
Jawab
terpenuhi adalah dengan membuat areal untuk pertanian jagung diperluas sehingga
hasil panen akan semakin banyak, selain itu juga bisa dengan kebijakan
pemerintah yang melakukan impor jagung.
pemahamanmu tentang sumber daya alam.
yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.
minyak bumi serta logam. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui contohnya tumbuhan,
hewan, sinar matahari, angin, air
2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak
dapat diperbaharui. Jawab
nikel,
pertanian, hewan peternakan, dan hasil perkebunan.
3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya
alam tersebut.
Usaha bidang pertanian
yaitu bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis
tanaman. Misalnya padi, kentang, ketan, gandum dan lain-lain. Bentuk usaha
pertanian dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni sawah, tegal dan ladang.
Usaha bidang perkebunan yaitu
usaha mengolah tanag dan menanaminya dengan tanaman perkebunan biasanya tanaman
yang berumur lama. Misalnya karet, kelapa sawit, damar, gaharu, kopi, lada dan
lain-lain. Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran
rendah dan perkebunan di dataran tinggi.
Usaha bidang perikanan yaitu
usaha dengan memanfaatkan lahan yang di peruntukkan untuk memelihara jenis-jenis
ikan. Bidang perikanan meliputi perikanan air laut dan perikanan air tawar. Perikanan laut merupakan bentuk usaha
menangkap ikan di laut. Hasil perikanan laut antara lain bandeng, tongkol, ikan
tuna, cumi-cumi, bawal dan udang. Hasil perikanan air tawar misalnya ikan nila,
ikan mas, mujaer, lele dan banyak lagi.
Usaha bidang peternakan
merupakan usaha memelihara hewan untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual. Usaha
peternakan di Indonesia cukup maju seperti peternakan sapi, peternakan kambing,
peternakan ayam, peternakan itik, peternakan kelinci dan lainnya. Hasil dari
usaha peternakan diantaranya adalah daging, telur dan susu.
Kerajian merupakan usaha
membuat suatu barang dengan ketrampilan tertentu. Orang yang melakukan usaha
kerajinan disebut perajin. Banyak bahan-bahan yang sebelumnya tidak begitu
berguna jika berada di tangan yang terampil berubah menjadi barang yang lebih
berguna dan menarik.
Perindustrian merupakan
usaha mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Usaha
perindustrian ada yang dilakukan dalam skala kecil, sedang dan besar. Industri
besar biasanya dilakukan dengan membuat pabrik.
Pertambangan merupakan
usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Usaha
pertambangan ada yang dilakukan dengan peralatan sederhana. Contohnya adalah
penambang pasir. Namun banyak usaha pertambangan yang harus dilakukan dengan
peralatan berat dan canggih. Misalnya pertambangan minyak bumi, batu bara,
bijih besi dan emas.
4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apakah ada dampaknya?
Apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan sumber daya alam yang digunakan?
Kegiatan ekonomi yang dilakukan dapat memberikan dampak yang baik dan dampak
buruk. Dampak buruknya adalah sumber daya alam semakin lama semakin berkurang
atau menipis. Dampak baiknya adalah kebutuhan manusia tercukupi dengan adanya
pemanfaatan sumber daya tersebut.
adalah dengan cara menjaga sumberdaya alam tetap lestari dengan cara menggunakan
sumber daya alam secukupnya, tidak boros serta mengolah sumber daya alam
tersebut agar dapat digunakan secara maksimal.
berlebihan akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia.
daya alam yang menurutmu patut dicontoh!
Gambarmu harus memuat
kegiatan ekonomi yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga
keberadaannya.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 Sumber Energi Halaman 9
ini?
adalah tentang sumber energi terbesar di bumi yaitu matahari. Hampir semua
makhluk hidup memerlukan sinar matahari. Sinar matahari termasuk sumber daya
alam yang dapat diberbaharui. Sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu sumber
daya alam dapat diperbaharui dan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui.
kehidupan sehari-hari?
hari. Karena dikehidupan sehari hari kita selalu memanfaatkan sumber daya alam
baik itu yang diperharui maupun yang tidak dapat diperbaharui.
menyenangkan. Saya sangat antusias dalam kegiatan belajar
bagaimana cara pengolahan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui seperti
batu bara dan minyak bumi agar menjadi bahan yang bisa dipakai manusia.