Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan-Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 3 subtema 3 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 3

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat
baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya
mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
3 Pembelajaran 1 Halaman 95

 

Tumbuhan dan hewan dapat terus memberikan manfaat jika terawat dengan
baik. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan hal ini. Kamu sudah berlatih
membuat daftar pertanyaan dan menggunakannya saat wawancara. Bacalah hasil
wawancaramu dan tuangkan dalam bentuk laporan. Pergunakanlah format laporan
yang sudah diberikan oleh gurumu. Sampaikan laporanmu kepada gurumu untuk
diberikan masukan.
Jawab


Menulis Laporan Hasil Wawancara



I. Latar Belakang
Tumbuhan dan hewan adalah makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan manusia.
Tumbuhan dan hewan sangat banyak dan bervariasi di masing-masing tempat. Untuk
lebih memahami tentang tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar tempat
tinggal kita kami siswa kelas 4 mendapatkan tugas untuk melakukan wawancara
tentang tumbuhan dan hewan. Wawancara ini kami lakukan kepada masyarakat di
sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan
memperdalam pemahaman kami tentang berbagai hewan dan tumbuhan di sekitar
tempat tinggal kami, yang meliputi karakteristik tumbuhan dan hewan dan
kaitannya dengan tempat hidupnya serta hak dan tanggung jawab terhadap
lingkungan.

III. Topik Wawancara
Tumbuhan dan Hewan di Sekitarku

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, 26 september 2020
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Mekar Sari

V. Laporan Hasil Wawancara
Narasumber : Bapak Supriadi
Pewawancara: Hafizah Nur Hikmah
Hasil Wawancara :
Pada hari Sabtu, 26 september 2020, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan
wawancara kepada Bapak Supriadi tentang hewan langka di sekitar tempat
tinggalku. Beliau menjelaskan bahwa banyak hewan di sekitar kita yang saat ini
masuk kedalam hewan yang harus di lindungi. Seperti contohnya adalah Burung Cucak
Hijau. Burung Cucak Hijau saat ini adalah termasuk burung yang di lindungi
karena jumlahnya yang sudah mulai sedikit.

 

Burung cucak hijau banyak yang di pelihara oleh masyarakat padahal sebaiknya
burung ini harus di lepaskan ke alam bebas atau sebaiknya di pelihara di
margasatwa untuk di tangkarkan dan di lindungi.


Menurut beliau sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab
untuk melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya
yang bisa kita lakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:

  1. Melakukan
    penangkaran hewan langka.
  2. Mendirikan
    tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar
    alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:

  1. Menjaga
    keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan
    baik;
  2. Melestarikan
    keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan
    masyarakat;
  3. Memenuhi
    kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

VI. Kesimpulan
Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama.
Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang
ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian
hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi.

Pernahkah kamu berpetualang ke desa? Tanpa kita sadari, lingkungan alam
memberikan manfaat bagi kehidupan kita.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1
Halaman 97

Ayo, amati gambar berikut. Berilah tanda centang
(√) pada gambar yang menunjukkan tanaman dan hewan yang terawat.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1
Halaman 98

 

Dari gambar-gambar yang ada, menurutmu bagaimanakah ciri-ciri tumbuhan
dan hewan yang terawat dan tidak terawat?

Jawab

  1. Ciri-ciri
    tumbuhan yang terawat :

Umumnya
daun berwarna hijau, bebas dari hama atau gulama , daunnya tidak berlubang
akibat dimakan hama, tumbuhannya subur.

Sedangkan
ciri-ciri tumbuhan yang tidak terawat :

Batang
atau daunnya layu, daun berwarna kekuningan atau cokelat, dipenuhi oleh banyak
hama dan tidak subur pertumbuhannya

  1. Ciri-ciri
    hewan terawat:

Bulunya
bersih, tubuhnya tegap, bergerak lincah, jarang sakit, badannya gemuk.
Sedangkan ciri-ciri hewan tak terawat :

Malas
bergerak, baunya tidak sedap , banyak kutu di tubuhnya, dan bulunya kotor.

 

Bagaimana sikapmu jika menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat?

Jawab

Sikap saya jika menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat adalah

Terhadap Hewan

– saya akan merawatnya dengan baik

– memberi makan, minum

– memberinya tempat atau kandang yang layak

 

Terhadap Tumbuhan

– merawat tumbuhan tersebut dengan baik

– memberi tumbuhan tersebut pupuk

– menyiram tumbuhan/tanaman tersebut setiap hari

– menjaga dari serangan hama atau serangga pengganngu

 

Sikap perbuatan di atas adalah salah satu cara peduli lingkungan yang
harus senantiasa ditumbuhkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Perilaku peduli lingkungan tersebut merupakan wujud rasa syukur atas nikmat
Tuhan Yang Maha Esa sekaligus wujud sikap sebagai manusia yang beradab dan
teladan bagi lingkungannya.



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
3 Pembelajaran 1 Halaman 98

 

Ayo Berdiskusi


Apa yang menyebabkan tumbuhan dan hewan menjadi terawat dan tidak terawat?
Ceritakan pula akibat kondisi tersebut terhadap manusia! Diskusikan jawabanmu
dengan teman kelompokmu.

Jawab
Hewan dan tumbuhan menjadi terawat dikarenakan manusia yang merawat hewan
atau tumbuhan tersebut sangat peduli dengan hewan dan tumbuhan. Mereka sadar
akan kewajiban dan haknya terhadap hewan dan tumbuhan.

 

Hewan dan tumbuhan menjadi tidak terawat disebabkan oleh manusia yang
tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka sibuk dengan aktifitasnya
masing-masing sehingga lupa kewajibannya terhadap lingkungan. Akibat hewan dan
tumbuhan yang tidak terawat dapat mengakibatkan kematian tumbuhan atau hewan
tersebut. Sehingga, jika hewan dan tumbuhan tersbut banyak yang mati, maka lama
kelamaan akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang ada
.

Ayo Mencoba


Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan
lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri
bersikap peduli lingkungan. Kemudian, mengajak teman dan anggota keluarga
melakukan hal yang sama. Bersama dengan teman sekelasmu, pergilah ke luar
kelas. Amati lingkungan sekolahmu.



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
3 Pembelajaran 1 Halaman 99

 
1. Bagaimana kondisi taman di sekolahmu? Apakah tanamannya terawat? Jelaskan!

Jawab

Kondisi tanaman di sekolahku terawat dengan baik. Tumbuhan tumbuh dengan
subur. Banyak bunga yang bermekaran. Rumput penggangu tanaman tidak ada karena
setiap hari kita selalu mencabutnya.

2. Apakah halaman sekolahmu sudah bersih? Jelaskan!

Jawab

Halaman sekolahku sudah bersih karena kami melaksankan piket setiap
hari. Salah satu kegiatan piket adalah membersihkan halaman sekolah. Kami saat
piket membersihkan halaman sekolah dari sampah plastik ataupun sampah lainnya.

3. Buatlah rencana dengan teman kelompokmu. Kamu dan temanmu akan menanam satu
macam tanaman. Tanaman dapat ditempatkan di kaleng atau ember bekas. Tentukan
tanaman yang akan ditanam, bagaimana caranya agar tanamanmu dapat tumbuh dengan
baik.

Jawab

Rencana Kegiatan Kelompok

 

Tujuan : Menanam Tanaman Bunga Mawar

Alat dan Bahan :

– Ember bekas / Kaleng bekas

– Tanah

– Sekam

– Bibit tanaman bungan mawar (Bisa Tanaman Jadi / Batang bungan mawar)

 

Langkah Kerja

– Ambil ember / kaleng bekas

– Campur antara tanah dengan sekam

– Masukkan campuran tanah dan sekam ke ember / kaleng

– Ambil bibit bunga mawar

– Tanam di ember / kaleng bekas

– Siram tanaman dengan air secukupnya

 

Cara Agar Tanaman Tumbuh dengan Baik

– Tanaman di letakkan di tempat yang cukup menerima sinar matahari ( di
teras kelas )

– Sirami tanaman setiap pagi hari

– Memberi pupuk tanaman setiap 1 minggu sekali

– Merawat tanaman jika terdapat rumput atau tanaman pengganggu lainnya


Demikianlah artikel tentang
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1
Tema 3 Subtema 3. Semoga bermanfaat

1 thought on “Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 3 Subtema 3”

  1. The outcomes reveal that the values of consecutive bets exhibit a strong positive correlation, with all of the correlation coefficients bigger than zero.5. It reveals that players’ subsequent wager values are largely dependent on their earlier wager values. At the identical time, the wager values are following gradual changes, rather than rapid changes. These conclusions may be confirmed by the small mean values and small variances of log-ratios between consecutive bets. With Instant Roulette we’ve taken Live Roulette for a totally 카지노사이트 new spin to fulfill many players’ need for near prompt outcomes.

Leave a Comment