Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para
Pahlawan-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci
jawaban buku kelas 4 SD tema 5 subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan
pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat
baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya
mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 1
Hari ini kamu akan belajar tentang pahlawan. Tahukah kamu apa yang
dimaksud dengan pahlawan?
Jawab
Pahlawan adalah orang orang yang sangat berjasa, berani dan penuh
pengorbanan bagi bangsa, negara, dan agama. pahlawan juga orang yang sangat
gagah berani karena mereka telah rela mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan
kemerdekaan.
Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan
dibawah ini
1. Apa yang mereka lakukan?
Jawab
Menjenguk teman yang sakit
Melakukan kegiatan belajar dengan mengamati lingkungan sekitar
Belajar atau diskusi kelompok
2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?
Jawab
Pendapat saya mengenai hal diatas adalah sangat baik. Karena kegiatan
yang dilakukan pada gambar di atas seperti menjenguk orang yang sedang sakit
itu adalah hal yang baik dan terpuji karena dengan kita menjenguk teman atau
orang yang sedang sakit akan memberikan semangat bagi yang sedang sakit untuk
segera sembuh.
Kegiatan belajar di alam atau melakukan kegiatan dengan mengamati
langsung di lingkungan sekitar itu sangat baik untuk meningkatkan kreatifitas
kita dalam pembelajaran. Karena kita akan merasakan langsung kondisi yang sebenarnya.
3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?
Jawab
Hal baik
yang bisa kita contoh adalah
a.
membiasakan menjenguk teman atau orang lain
yang sedang sakit
b.
membantu teman atau orang yang sedang
mengalami kesulitan
c.
membiasakan belajar atau diskusi kelompok
dengan teman
d.
menghibur teman yang sedang kesusahan atau
sedang sakit
Ayo Membaca
Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada
masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran
air dan memberantas perompak.
Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki
aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki
dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh
kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran
sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim
kemarau
Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk
memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan.
Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi
aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.
Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman,
telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti
Ciaruteun.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 3
Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!
1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
Jawab
Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah sebagai berikut
- Beliau
memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon - Ia
memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke
seluruh kerajaan - Raja
Purnawarman memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi
bajak laut
2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
Jawab
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan
pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan
rakyatnya.
3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang
dilakukan oleh Purnawarman?
Jawab
Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman bagi rakyat
Tarumanegara adalah ladang milik penduduk mendapatkan air dari aliran sungai
sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau,
keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan
Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.
4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika Rajanya
tidak memiliki sikap kepahlawanan?
Jawab
Kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap
kepahlawanan adalah kehidupan rakyatnya tidak akan terasa aman karena adanya
gangguan dari perompak. Kesejahteraan rakyat juga dapat dipastikan kurang baik karena
lahan pertanian akan sulit mendapatkan air dan kekeringan sebab tidak ada yang
memperbaiki saluran air
5. Ceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus
memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar
Jawab
Raja Purnawarman adalah raja dari Kerajaan Tarumanegara yang hidup di
masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara
hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan
kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan
gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak
yang merajalela. Beliau juga yang membuat saluran air sehingga lahan pertanian
di kerajaan menjadi subur dan tidak kekeringan. Sebagai wujud kecintaan rakyat
Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam
bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.
Ayo Mengamati
Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan
kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka
wariskan bukan saja benda bersejarah, namun juga pemikiran dan nilai-nilai
perjuangan yang telah mengispirasi bangsa Indonesia.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5
Halaman 5
Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?
Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
Jawab
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
- Membangun
armada laut yang kuat - Pada
masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya. - Raja
Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan
Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar
agama Budha di Nalanda - Perkembangan
pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang
dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?
- Memperluas
wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya. - Aceh
mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan &
pengembangan ajaran islam - Gigih,
pemberani, rela berkorban.
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?
- Sultan
Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC. - Beliau
berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk
membela kehormatan bangsa dan negaranya. - Beliau
membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya
dengan tetesan darah. - Gigih,
pemberani, rela berkorban
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
- Gajah
Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara. - Gajah
Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih
menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang. - Tatkala
kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja
Jayanagara beserta keluarganya.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 6
Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan
yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya
dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.
Jawab
Nama Pahlawan |
Info Perjuangan |
Benda Bersejarah |
Nilai Kepahlawanan |
Sultan Iskandar Muda |
Membangun Angkatan Perang di daerah kekuasaannya Mengatur masalah perekenonomian dengan Baitulmal Sultan Iskandar Muda membangun Masjid Baitur Rahman Memimpin serangan besar-besaran melawan bangsa Portugis |
Masjid Raya Baiturrahman |
Anti dengan penjajah Cinta tanah air Pantang menyerah Gagah berani Rela berkorban |
Sultan Hasanuddin |
Melawan penjajah Belanda |
Benteng Ujung Pandang Batu Pallantikan Masjid Katangka Benteng Somba Opu Nisan dengan seni dan kaligrafi |
Anti dengan penjajah Cinta tanah air Pantang menyerah Gagah berani Rela berkorban |
Raja |
· menjadikan · memperluas · mendirikan |
Prasati |
Berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga |
Gajah Mada dan Hayam Wuruk |
Mahapatih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk membuat wilayah pemerintahan |
Sumpah Palapa |
Semangat persatuan Gagah berani Rela berkorban |
Ayo Mencoba
Sifat-sifat cahaya
Alat dan Bahan Percobaan
- Cahaya merambat lurus. Percobaan menggunakan
tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut.
Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin
tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser
posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya! - Cahaya menembus benda
bening. Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter,
gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan
benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada
gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang
terjadi. - Cahaya dapat
dipantulkan. Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba
pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin
yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi
pada cahaya pantul! - Cahaya dapat
dibiaskan. Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya
berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar
gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 8
Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya
Aspek |
Percobaan |
Percobaan |
Percobaan |
Percobaan |
Nama |
Percobaan Cahaya Merambat Lurus |
Percobaan Cahaya |
Percobaan Cahaya Dapat Dipantulkan |
Percobaan Cahaya Dapat Dibiaskan |
Tujuan |
Mengetahui cahaya dapat merambat Lurus |
Mengetahui Cahaya |
Mengetahui cahaya dapat dipantulkan |
Mengetahui cahaya dapaty dibiaskan |
Alat dan Bahan |
Tiga buah karton |
Cermin datar |
Cermin datar |
Sebuah gelas berisi air |
Langkah Kerja. |
Lubangi bagian tengah |
Percobaan menggunakan |
Pantulkan cahaya |
Pensil setengah bagian |
Hasil |
Cahaya lilin/ senter |
Cahaya senter yang |
Cahaya senter yang |
Pensil yang dimasukan ke dalam air akan |
Kesimpulan :
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya
dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat
memantul.