Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1

6 min read

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para
Pahlawan-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci
jawaban buku kelas 4 SD tema 5 subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan
pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat
baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya
mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 1

 

Hari ini kamu akan belajar tentang pahlawan. Tahukah kamu apa yang
dimaksud dengan pahlawan?

Jawab

Pahlawan adalah orang orang yang sangat berjasa, berani dan penuh
pengorbanan bagi bangsa, negara, dan agama. pahlawan juga orang yang sangat
gagah berani karena mereka telah rela mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan
kemerdekaan.



Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1

Jawablah pertanyaan
dibawah ini

1. Apa yang mereka lakukan?

Jawab

Menjenguk teman yang sakit

Melakukan kegiatan belajar dengan mengamati lingkungan sekitar

Belajar atau diskusi kelompok

 

2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?

Jawab

Pendapat saya mengenai hal diatas adalah sangat baik. Karena kegiatan
yang dilakukan pada gambar di atas seperti menjenguk orang yang sedang sakit
itu adalah hal yang baik dan terpuji karena dengan kita menjenguk teman atau
orang yang sedang sakit akan memberikan semangat bagi yang sedang sakit untuk
segera sembuh.

 

Kegiatan belajar di alam atau melakukan kegiatan dengan mengamati
langsung di lingkungan sekitar itu sangat baik untuk meningkatkan kreatifitas
kita dalam pembelajaran. Karena kita akan merasakan langsung kondisi yang sebenarnya.

 

3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?

Jawab

Hal baik
yang bisa kita contoh adalah

a.       
membiasakan menjenguk teman atau orang lain
yang sedang sakit

b.       
membantu teman atau orang yang sedang
mengalami kesulitan

c.        
membiasakan belajar atau diskusi kelompok
dengan teman

d.       
menghibur teman yang sedang kesusahan atau
sedang sakit

 

Ayo Membaca


Raja Purnawarman, Panji Segala Raja


Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada
masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran
air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki
aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki
dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh
kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran
sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim
kemarau

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk
memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan.
Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi
aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman,
telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti
Ciaruteun.



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 3


Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!


1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Jawab

Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah sebagai berikut

  • Beliau
    memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon
  • Ia
    memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke
    seluruh kerajaan
  • Raja
    Purnawarman memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi
    bajak laut

 

2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
Jawab

Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan
pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan
rakyatnya.

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang
dilakukan oleh Purnawarman?
Jawab

Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman bagi rakyat
Tarumanegara adalah ladang milik penduduk mendapatkan air dari aliran sungai
sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau,
keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan
Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera
.

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika Rajanya
tidak memiliki sikap kepahlawanan?
Jawab

Kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap
kepahlawanan adalah kehidupan rakyatnya tidak akan terasa aman karena adanya
gangguan dari perompak. Kesejahteraan rakyat juga dapat dipastikan kurang baik karena
lahan pertanian akan sulit mendapatkan air dan kekeringan sebab tidak ada yang
memperbaiki saluran air


5. Ceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus
memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar

Jawab

Raja Purnawarman adalah raja dari Kerajaan Tarumanegara yang hidup di
masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara
hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan
kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan
gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak
yang merajalela. Beliau juga yang membuat saluran air sehingga lahan pertanian
di kerajaan menjadi subur dan tidak kekeringan. Sebagai wujud kecintaan rakyat
Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam
bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.

 

Ayo Mengamati

Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan
kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka
wariskan bukan saja benda bersejarah, namun juga pemikiran dan nilai-nilai
perjuangan yang telah mengispirasi bangsa Indonesia.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5
Halaman 5

 

Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?
Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!

Jawab

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

  1. Membangun
    armada laut yang kuat
  2. Pada
    masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  3. Raja
    Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan
    Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar
    agama Budha di Nalanda
  4. Perkembangan
    pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang
    dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?

  1. Memperluas
    wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya.
  2. Aceh
    mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan &
    pengembangan ajaran islam
  3. Gigih,
    pemberani, rela berkorban.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?

  1. Sultan
    Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC. 
  2. Beliau
    berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk
    membela kehormatan bangsa dan negaranya. 
  3. Beliau
    membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya
    dengan tetesan darah.
  4. Gigih,
    pemberani, rela berkorban

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?

  1. Gajah
    Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
  2. Gajah
    Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih
    menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang. 
  3. Tatkala
    kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja
    Jayanagara beserta keluarganya.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 6

 

Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan
yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya
dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Jawab

Nama Pahlawan

Info Perjuangan

Benda Bersejarah

Nilai Kepahlawanan

Sultan Iskandar Muda

Membangun Angkatan Perang di daerah kekuasaannya

Mengatur masalah perekenonomian dengan Baitulmal

Sultan Iskandar Muda membangun Masjid Baitur Rahman

Memimpin serangan besar-besaran melawan bangsa Portugis

Masjid Raya Baiturrahman

Anti dengan penjajah

Cinta tanah air

Pantang menyerah

Gagah berani

Rela berkorban

Sultan Hasanuddin

Melawan penjajah Belanda

Benteng Ujung Pandang

Batu Pallantikan

Masjid Katangka

Benteng Somba Opu

Nisan dengan seni dan kaligrafi

Anti dengan penjajah

Cinta tanah air

Pantang menyerah

Gagah berani

Rela berkorban

Raja
Balaputradewa

·     menjadikan
Sriwijaya sebagai kerajaan maritim yang kuat

·     memperluas
wilayah kerajaan Sriwijaya

·     mendirikan
biara di Nalanda, pusat agama Budha di India

Prasati
Nalanda

Berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga
keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin

Gajah Mada dan Hayam Wuruk

Mahapatih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk membuat wilayah pemerintahan
Kerajaan Majapahit seluas wilayah Indonesia sekarang

Sumpah Palapa

Semangat persatuan

Gagah berani

Rela berkorban

 

Ayo Mencoba


Sifat-sifat cahaya
Alat dan Bahan Percobaan

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1

  1. Cahaya merambat lurus. Percobaan menggunakan
    tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut.
    Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin
    tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser
    posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!
  2. Cahaya menembus benda
    bening. Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter,
    gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan
    benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada
    gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang
    terjadi.
  3. Cahaya dapat
    dipantulkan. Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba
    pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin
    yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi
    pada cahaya pantul!
  4. Cahaya dapat
    dibiaskan. Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya
    berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar
    gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 5 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 8

 

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

 

Aspek

Percobaan
1

Percobaan
2

Percobaan
3

Percobaan
4

Nama
percobaan

Percobaan Cahaya Merambat Lurus

Percobaan Cahaya
Menembus Benda
Bening

Percobaan Cahaya Dapat Dipantulkan

Percobaan Cahaya Dapat Dibiaskan

Tujuan
Percobaan

Mengetahui cahaya dapat merambat Lurus

Mengetahui Cahaya
dapat menembus
benda bening

Mengetahui cahaya dapat dipantulkan

Mengetahui cahaya dapaty dibiaskan

Alat dan Bahan

Tiga buah karton
Sebuah lilin
Korek api
Isolasi

Cermin datar
Lampu senter

Cermin datar
Lampu senter

Sebuah gelas berisi air
Sebuah pensil

Langkah Kerja.

Lubangi bagian tengah
ketiga karton tersebut.
Letakkan dengan posisi
tiga  lubang tersebut sejajar
dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang.
Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar.

Percobaan menggunakan
cahaya matahari/ cahaya
senter,  gelas/benda-benda transparan/bening,
benda-benda berwarna
gelap, dan benda-benda
bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar.
Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih.

Pantulkan cahaya
senter menggunakan
cermin. Coba
berbagai posisi
cermin yang
berbeda dan gunakan lebih banyak cermin.

Pensil setengah bagian
panjanganya berada
di dalam gelas berisi air. Amati pensil
dari sisi samping luar gelas

Hasil
Pengamatan

Cahaya  lilin/ senter
dari depan  rangkaian
kardus yang sudah
diberi lobang sejajar cahaya dapat
merambat lurus

Cahaya senter yang
melewati benda bening
dapat terlihat sedangkan
sebaliknya pada
benda tidak bening seperti kardus cahaya
tidak bisa menembus.

Cahaya senter yang
diarahkan kecermin datar dapat memantul.

Pensil yang dimasukan ke dalam air akan
kelihatan bengkok

 

Kesimpulan :


Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya
dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat
memantul.

 

Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1.
Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan