Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita Ku Pembelajaran 1 ini membahas mengenai
Cita – cita dan keragaman cita-cita.
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita ku Pembelajaran 1 ini juga
mempelajari tentang membuat ringkasan dari suatu wacana.
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 2
Ayo Mengamati
Amatilah
gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan
dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis
pekerjaannya.
Jawab
Kegiatan utamaku
sehari-hari adalah mengajar dan mendidik anak murid ku di sekolah
Aku
seorang : Dokter Hewan
Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah memeriksa dan mengobati hewan yang sakit
Aku
seorang : Pelukis
Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah melukis pemandangan atau objek lainnya yang bernilai
seni
Aku
seorang : Masinis
Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah menjalankan kereta api
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 3
Tuliskan
tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan
dengan cita-citamu itu!
Jawab
Cita – Cita |
Kegiatan Utama |
Keahlian Yang |
Pemain Bola Timnas |
Berlatih dan Bermain sepak bola |
Harus mempunyai keahlian dalam mengolah bola |
Sutradara Film |
Mengatur dan membuat suatu film |
Harus mempunyai keahlian tentang film, produksi film |
Tentara |
Menjaga dan melindungi Negara Indonesia |
Harus terampil dalam menggunakan senjata, beladiri, |
Polisi |
Menjaga ketertiban masyarakat |
Harus terampil dalam mengatur tata tertip di |
Dokter |
Memeriksa dan mengobati pasien atau orang sakit |
Harus terampil dan mengusai ilmu kedokteran |
Perawat |
Membantu dokter Merawat dan menjaga pasien |
Harus terampil dalam merawat pasien, disiplin |
Ayo Membaca
Bacalah
teks yang ditemukan Udin berikut!
Cita-Citaku
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku
Teks berjudul Cita-Citaku di atas
merupakan sebuah karya yang disebut puisi.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 4
Ayo,
kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!
Jawab
Ciri –
Ciri Puisi
1.
Pola bunyi ( rima )
Rima
adalah bunyi vokal akhir pada baris – baris puisi. Pada puisi lama, rimanya
adalah a-b-a-b sedangkan pada syair rimanya a-a-a-a. Pada pusi modern biasanya
berupa suara yang sama disetiap akhir baris
2.
Irama ( ritme )
Irama
merupakan keindahan pelafalan yang sangat jelas terlihat saat puisi dibacakan.
Intonasi, penekanan kata, tempo ( cepat lambat pengucapan ) dan penataan rima
memunculkan irama puisi
3.
Pilihan kata ( diksi )
Kata
yng dipilih penyair berfungsi untuk menyampaikan maksud atau makna puisi
sekaligus menjadikan kalimat itu indah.
4.
Amanat
Amanat
adalah nilai yang terkandung dalam puisi. Pesan moral tentang kehidupan atau
suatu ajaran kebaikan.
Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.
2.
Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut.
Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
Jawab
Contoh Puisi kelompok 1
Guruku,
engkaulah pahlawanku
Yang mengajariku
dengan penuh kasih sayang
Dengan
apa aku harus membalas kebaikanmu
Dirimu
akan selalu kukenang
Tak kenal
lelah pantang menyerah
Itulah
prinsipmu
Aku pun
takkan pernah menyerah
Aku ingin
sama seperti dirimu
Engkau
ibaratkan pelita
Yang
selalu menerangi jalanku
Kau ajar
kami tanpa iba
Agar
tercapai semua cita-citaku
Guruku
tak pernah lelah kau mengajari kami
Kan
kuingat semua nasehatmu
Walaupun
kita tak berjumpa lagi
Namun
engkau akan selalu ada didalam hatiku
Contoh Puisi Kelompok 2
Sahabat
engkau selalu dihati
Engkau
selalu membuatku ceria
Disaat
hari-hariku sepi
Engkau
selalu ada dan membuatku bahagia
Hanya
engkau yang selalu ada sahabat
Di saat
aku susah maupun senang
Engkau
selalu memberiku semangat
Keindahan
hari bersamamu akan kukenang
Saat ku
ingat masalalu
Ku sedih
ku berduka
Karna
sahabatku tak lagi disisiku
Dan tak
lagi membuatku bahagia
Sahabat
mengapa engkau meninggalkanku
Di saat
dirimu pergi hidupku hampa
Aku rindu
saat kau masih menjadi sahabatku
Kini
tiada lagi yang membuatku tertawa
Contoh Puisi Kelompok 3
Kuingin menjadi penari
Bergerak kesana kemari
Dengan gerakan elok nan
gemulai
Menyajikan tarian dengan
lihai
Kuingin menjadi petani
Bekerja disawah setiap hari
Merawat tanaman padi
sepenuh hati
Menghasilkan bulir – bulir
pada cikal bakal nasi
3.
Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan
ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu
dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.
Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas
kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
Jawab
Ya.. saya menemukan kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris. Seperti
:
Guruku,
engkaulah pahlawanku
Yang mengajariku
dengan penuh kasih sayang
Dengan
apa aku harus membalas kebaikanmu
Dirimu akan selalu kukenang
b.
Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul
menjadi beberapa bagian?
Jawab
Ya.. Saya menemukan baris-baris terkumpul menjadi
beberapa bagian.. Ada yang terkumpul menjadi 2 bagian dalam satu puisi, ada
juga yang 3 bagian dalam satu puisi.
c.
Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
Jawab
Contoh bunyi vokal terakhir dari Puisi kelompok 1
Guruku,
engkaulah pahlawanku
Yang mengajariku
dengan penuh kasih sayang
Dengan
apa aku harus membalas kebaikanmu
Dirimu
akan selalu kukenang
(u-g-u-g)
Tak kenal
lelah pantang menyerah
Itulah
prinsipmu
Aku pun
takkan pernah menyerah
Aku ingin
sama seperti dirimu
(h-u-h-u)
ibaratkan pelita
Yang
selalu menerangi jalanku
Kau ajar
kami tanpa iba
Agar
tercapai semua cita-citaku
(a-u-a-u)
tak pernah lelah kau mengajari kami
Kan
kuingat semua nasehatmu
Walaupun
kita tak berjumpa lagi
Namun
engkau akan selalu ada didalam hatiku
(i-u-i-u)
d.
Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata
terakhir dalam setiap baris?
Jawab
Ya.. saya menemukan bunyi keteraturan vokal kata
terakhir dalam setiap baris
e.
Tunjukkan keteraturan itu!
Jawab
Puisi Kelompok 1 : (u-g-u-g), (h-u-h-u), (a-u-a-u),
(i-u-i-u)
Puisi Kelompok
2 : (i-a-i-a), (t-g-t-g), (u-a-u-a), (u-a-u-a)
Puisi
Kelompok 3 : (i-i-i-i), (i-i-i-i)
4.
Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut
ini!
Jawab
Puisi
adalah sekumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris. Kemudian baris-baris
tersusun menjadi bait. Dalam puisi bisa terdiri dari lebih dari satu bait, bisa
dua bait, tiga bait dan seterusnya yang paling sedikit adalah satu bait dalam
satu puisi.
Puisi
juga mempunyai pola bunyi atau rima pada kata terakhirnya. Ada puisi yang pola
bunyinya adalah a-b-a-b seperti contoh pada puisi kelompok 1 dan 2. Ada juga
puisi yang pola rimanya adalah a-a-a-a seperti contoh puisi kelompok 3. Ada
juga puisi dengan pola rimanya a-b-b-a, ada yang polanya a-a-b-b. Tergantung
dengan pembuat puisi.
Puisi
dengan pola lama adalah pola rimanya a-b-a-b, sedangkan puisi modern menggunakan
pola bebas seperti a-a-a-a dan pola lainya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 5
Ayo Berlatih
Susunlah
baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang
disediakan.
Jawab
Sungguh
berjasa guruku
Guru
selalu membimbingku
Guru
mengajakku untuk maju
Ku
ingin membalas jasamu
Ayo Mengamati
Apakah
kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu?
Jawab
Iya..
Saya mempunyai hewan peliharaan di rumah. Seperti Kucing, Ayam, dan Ikan Cupang
Bagaimana
kamu memeliharanya?
Jawab
Saya
memeliharanya dengan cara memberi makan setiap hari, membersihkan kandangnya
Amatilah
hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai
anak?
Jawab
Iya..
hewan hewan peliharaan kebanyakan mempunyai anak
Ayo Membaca
Semua
makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.
Hewan
dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam
kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah
siklus hidup atau daur hidup.
Hewan
mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis
hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula
hewan yang tidak mengalami
Hewan
yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis.
Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya
berarti tidak mengalami metamorfosis.
Di
antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan
bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami
perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan
mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan
bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami perubahan
bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja. metamorfosis yang
tidak sempurna.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 8
Ayo Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2.
Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
3.
Susunlah tahapan pertumbuhan dan
perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar.
Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
Jawab
4.
Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.
Jawab
Tahapan
siklus hidup hewan sebagai berikut.
Tahapan
siklus hidup hewan kucing : Anak kucing – kucing remaja – kucing dewasa
Tahapan
siklus hidup hewan ayam : telur – anak ayam – ayam remaja – ayam dewasa
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 9
Ayo Renungkan
1.
Ingin menjadi apakah kamu kelak?
Jawab
Saya
ingin menjadi dokter
2.
Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?
Jawab
Yang
ingin saya lakukan agar cita-cita ku tercapai adalah saya harus rajin belajar,
disiplin dan menjaga kesehatan
3.
Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada
orang lain?
Jawab
Manfaat
yang dapat saya berikan kepada orang lain adalah saya dapat membantu orang lain
yang sedang sakit atau membutuhkan pertolongan pengobatan