Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita Ku Pembelajaran 1 ini membahas mengenai
Cita – cita dan keragaman cita-cita.

 

Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita ku Pembelajaran 1 ini juga
mempelajari tentang membuat ringkasan dari suatu wacana.

 

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 2

 

Ayo Mengamati

 

Amatilah
gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan
dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis
pekerjaannya.

Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku
seorang : Guru

Kegiatan utamaku
sehari-hari adalah mengajar dan mendidik anak murid ku di sekolah

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku
seorang : Arsitektur

Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah merancang dan mendesain suatu bangunan

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku
seorang : Dokter Hewan

Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah memeriksa dan mengobati hewan yang sakit

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku
seorang : Pelukis

Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah melukis pemandangan atau objek lainnya yang bernilai
seni

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1

Aku
seorang : Masinis

Kegiatan
utamaku sehari-hari adalah menjalankan kereta api

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 3


Tuliskan
tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu miliki sehubungan
dengan cita-citamu itu!

Jawab

Cita – Cita

Kegiatan Utama

Keahlian Yang
Harus Di Miliki

Pemain Bola Timnas

Berlatih dan Bermain sepak bola

Harus mempunyai keahlian dalam mengolah bola

Sutradara Film

Mengatur dan membuat suatu film

Harus mempunyai keahlian tentang film, produksi film
dan lainnya

Tentara

Menjaga dan melindungi Negara Indonesia

Harus terampil dalam menggunakan senjata, beladiri,
dan disiplin

Polisi

Menjaga ketertiban masyarakat

Harus terampil dalam mengatur tata tertip di
masyarakat

Dokter

Memeriksa dan mengobati pasien atau orang sakit

Harus terampil dan mengusai ilmu kedokteran

Perawat

Membantu dokter Merawat dan menjaga pasien

Harus terampil dalam merawat pasien, disiplin

 

Ayo Membaca

 

Bacalah
teks yang ditemukan Udin berikut!

Cita-Citaku

Anganku melayang ke masa depan

Aku ingin menjadi seorang guru

Guru adalah pejuang ilmu di garis depan

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita

Tak kan lelah aku mencari ilmu

Tak kan aku berpangku tangan saja

Demi tercapainya cita-citaku

 

Teks berjudul Cita-Citaku di atas
merupakan sebuah karya yang disebut puisi.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 4

 

Ayo,
kita cari tahu ciri-ciri puisi tersebut!

Jawab

Ciri –
Ciri Puisi

1.       
Pola bunyi ( rima )

Rima
adalah bunyi vokal akhir pada baris – baris puisi. Pada puisi lama, rimanya
adalah a-b-a-b sedangkan pada syair rimanya a-a-a-a. Pada pusi modern biasanya
berupa suara yang sama disetiap akhir baris

2.       
Irama ( ritme )

Irama
merupakan keindahan pelafalan yang sangat jelas terlihat saat puisi dibacakan.
Intonasi, penekanan kata, tempo ( cepat lambat pengucapan ) dan penataan rima
memunculkan irama puisi

3.       
Pilihan kata ( diksi )

Kata
yng dipilih penyair berfungsi untuk menyampaikan maksud atau makna puisi
sekaligus menjadikan kalimat itu indah.

4.       
Amanat

Amanat
adalah nilai yang terkandung dalam puisi. Pesan moral tentang kehidupan atau
suatu ajaran kebaikan.

 Ayo
Berdiskusi

1.       
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.

2.       
Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut.
Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.

Jawab


Contoh Puisi kelompok 1

Guruku,
engkaulah pahlawanku

Yang mengajariku
dengan penuh kasih sayang

Dengan
apa aku harus membalas kebaikanmu

Dirimu
akan selalu kukenang


Tak kenal
lelah pantang menyerah

Itulah
prinsipmu

Aku pun
takkan pernah menyerah

Aku ingin
sama seperti dirimu

 

Engkau
ibaratkan pelita

Yang
selalu menerangi jalanku

Kau ajar
kami tanpa iba

Agar
tercapai semua cita-citaku

 

Guruku
tak pernah lelah kau mengajari kami

Kan
kuingat semua nasehatmu

Walaupun
kita tak berjumpa lagi

Namun
engkau akan selalu ada didalam hatiku

 

Contoh Puisi Kelompok 2

Sahabat
engkau selalu dihati

Engkau
selalu membuatku ceria

Disaat
hari-hariku sepi

Engkau
selalu ada dan membuatku bahagia

 

Hanya
engkau yang selalu ada sahabat

Di saat
aku susah maupun senang

Engkau
selalu memberiku semangat

Keindahan
hari bersamamu akan kukenang

 

Saat ku
ingat masalalu

Ku sedih
ku berduka

Karna
sahabatku tak lagi disisiku

Dan tak
lagi membuatku bahagia

 

Sahabat
mengapa engkau meninggalkanku

Di saat
dirimu pergi hidupku hampa

Aku rindu
saat kau masih menjadi sahabatku

Kini
tiada lagi yang membuatku tertawa

 

Contoh Puisi Kelompok 3

Kuingin menjadi penari

Bergerak kesana kemari

Dengan gerakan elok nan
gemulai

Menyajikan tarian dengan
lihai

 

Kuingin menjadi petani

Bekerja disawah setiap hari

Merawat tanaman padi
sepenuh hati

Menghasilkan bulir – bulir
pada cikal bakal nasi

 

3.       
Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan
ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu
dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

a.        
Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas
kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?

Jawab

Ya.. saya menemukan kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris. Seperti
:

Guruku,
engkaulah pahlawanku

Yang mengajariku
dengan penuh kasih sayang

Dengan
apa aku harus membalas kebaikanmu

Dirimu akan selalu kukenang

 

b.       
Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul
menjadi beberapa bagian?

Jawab

Ya.. Saya menemukan baris-baris terkumpul menjadi
beberapa bagian.. Ada yang terkumpul menjadi 2 bagian dalam satu puisi, ada
juga yang 3 bagian dalam satu puisi.

 

c.        
Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!

Jawab

Contoh bunyi vokal terakhir dari Puisi kelompok 1

Guruku,
engkaulah pahlawank
u

Yang mengajariku
dengan penuh kasih sayang

Dengan
apa aku harus membalas kebaikanmu

Dirimu
akan selalu kukenang

(u-g-u-g)

Tak kenal
lelah pantang menyera
h

Itulah
prinsipmu

Aku pun
takkan pernah menyerah

Aku ingin
sama seperti dirimu

(h-u-h-u)

 Engkau
ibaratkan pelit
a

Yang
selalu menerangi jalanku

Kau ajar
kami tanpa iba

Agar
tercapai semua cita-citaku

(a-u-a-u)

 Guruku
tak pernah lelah kau mengajari kam
i

Kan
kuingat semua nasehatmu

Walaupun
kita tak berjumpa lagi

Namun
engkau akan selalu ada didalam hatiku

(i-u-i-u)

 

d.       
Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata
terakhir dalam setiap baris?

Jawab

Ya.. saya menemukan bunyi keteraturan vokal kata
terakhir dalam setiap baris

 

e.        
Tunjukkan keteraturan itu!

Jawab

Puisi Kelompok 1 : (u-g-u-g), (h-u-h-u), (a-u-a-u),
(i-u-i-u)

Puisi Kelompok
2 : (i-a-i-a), (t-g-t-g), (u-a-u-a), (u-a-u-a)

Puisi
Kelompok 3 : (i-i-i-i), (i-i-i-i)

 

4.       
Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut
ini!

Jawab

Puisi
adalah sekumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris. Kemudian baris-baris
tersusun menjadi bait. Dalam puisi bisa terdiri dari lebih dari satu bait, bisa
dua bait, tiga bait dan seterusnya yang paling sedikit adalah satu bait dalam
satu puisi.

 

Puisi
juga mempunyai pola bunyi atau rima pada kata terakhirnya. Ada puisi yang pola
bunyinya adalah a-b-a-b seperti contoh pada puisi kelompok 1 dan 2. Ada juga
puisi yang pola rimanya adalah a-a-a-a seperti contoh puisi kelompok 3. Ada
juga puisi dengan pola rimanya a-b-b-a, ada yang polanya a-a-b-b. Tergantung
dengan pembuat puisi.

 

Puisi
dengan pola lama adalah pola rimanya a-b-a-b, sedangkan puisi modern menggunakan
pola bebas seperti a-a-a-a dan pola lainya

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 5

 

Ayo Berlatih

 

Susunlah
baris-baris puisi ini menjadi bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang
disediakan.

Jawab

Sungguh
berjasa guruku

Guru
selalu membimbingku

Guru
mengajakku untuk maju

Ku
ingin membalas jasamu

 

Ayo Mengamati

 

Apakah
kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu?

Jawab

Iya..
Saya mempunyai hewan peliharaan di rumah. Seperti Kucing, Ayam, dan Ikan Cupang

 

Bagaimana
kamu memeliharanya?

Jawab

Saya
memeliharanya dengan cara memberi makan setiap hari, membersihkan kandangnya

 

Amatilah
hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai
anak?

Jawab

Iya..
hewan hewan peliharaan kebanyakan mempunyai anak

 

Ayo Membaca

 

Semua
makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Hewan
dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam
kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah
siklus hidup atau daur hidup.

 

Hewan
mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis
hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula
hewan yang tidak mengalami

 

Hewan
yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis.
Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya
berarti tidak mengalami metamorfosis.

 

Di
antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan
bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami
perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan
mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan
bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami perubahan
bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja. metamorfosis yang
tidak sempurna.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 8

 

Ayo Berdiskusi


1.       
Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.

2.       
Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!

3.       
Susunlah tahapan pertumbuhan dan
perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar.
Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.

Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1


4.
Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.

Jawab

Tahapan
siklus hidup hewan sebagai berikut.

Tahapan
siklus hidup hewan kucing : Anak kucing – kucing remaja – kucing dewasa

Tahapan
siklus hidup hewan ayam : telur – anak ayam – ayam remaja – ayam dewasa

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 1 Aku dan Cita – cita ku Halaman 9

 

Ayo Renungkan

 

1.
Ingin menjadi apakah kamu kelak?

Jawab

Saya
ingin menjadi dokter

 

2.
Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?

Jawab

Yang
ingin saya lakukan agar cita-cita ku tercapai adalah saya harus rajin belajar,
disiplin dan menjaga kesehatan

 

3.
Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada
orang lain?

Jawab

Manfaat
yang dapat saya berikan kepada orang lain adalah saya dapat membantu orang lain
yang sedang sakit atau membutuhkan pertolongan pengobatan

 

Demikianlah
artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 1
Aku dan Cita – cita ku. Semoga bermanfaat

Leave a Comment