Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Hebatnya Cita-Citaku
Halaman 62
Ayo
Mengamati
Amatilah
gambar di atas! Ceritakan pendapatmu
tentang gambar tersebut!
Jawab
Pada gambar tersebut menceritakan tentang seorang guru
yang sedang mengajari seorang siswa yang berkebutuhan khusus untuk belajar.
Apakah
kamu mengetahui jenis pekerjaan yang dilakukan orang pada gambar tersebut?
Jawab
Jenis pekerjaan oarng pada gambar tersebut adalah Guru
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 1 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 63 64
Ayo Membaca
Berdasarkan
bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Siapakah Sangita Lachman?
Jawab
Sangita Lachman adalah seorang dokter yang beralih
profesi menjadi seorang guru anak-anak prasekolah
2.
Mengapa ia ingin menjadi guru?
Jawab
Karena kepeduliannya terhadap kurangnya pendidikan
yang sesuai bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia
3.
Sikap apakah yang ditunjukkan oleh Sangita untuk menjadi guru yang baik?
Jawab
Sikap yang di tunjukkan Sangita untuk menjadi guru
yang baik adalah Sangita menimba ilmu dan keterampilan yang membantunya untuk
memahami anak-anak berkebutuhan khusus
4.
Menurutmu, sikap apakah yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik?
Jawab
Sikap yang diperlukan untuk menjadi guru yang baik
adalah sikap tanggungjawab, peduli, sabar, dan baik hati
Bacalah puisi berikut
ini di dalam hati. Perhatikanlah bagian-bagian di dalam puisi dengan seksama!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Hebatnya
Cita-Citaku Halaman 65
Berdasarkan
puisi tersebut, diskusikanlah bersama teman sekelompokmu untuk menjawab
pertanyaan berikut!
1.
Apakah judul puisi tersebut?
Jawab
Judul puisi tersebut adalah Cita-citaku
2.
Siapakah yang membuat puisi tersebut?
Jawab
Yang membuat puisi tersebut adalah M. Ridwan Hafidz
3.
Bercerita tentang apakah puisi tersebut?
Jawab
Bercerita tentang seorang anak yang bercita-cita
menjadi dokter agar dapat membantu orang lain dan berjar dengan sungguh sungguh
agar cita-cita tersebut dapat tercapai
4.
Apakah yang membedakan puisi tersebut dengan bacaan sebelumnya?
Jawab
Yang membedakan puisi dengan bacaan sebelumnya adalah
:
– Jika puisi mempunyai rima, sedangkan bacaan
sebelumnya tidak mempunyai rima
– Puisi terdiri dari bait-bait sedangkan bacaan
sebelumnya dalam bentuk paragraf
5.
Buatlah sebuah gambar yang dapat mewakili isi puisi tersebut!
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 1 Hebatnya
Cita-Citaku Halaman 66
Ayo Mencoba
Carilah
satu atau dua buah puisi anak dari koran, majalah, atau bukubuku. Salinlah puisi tersebut di dalam buku
tulismu. Baca dan amati bentuk dan isi puisi pilihanmu. Lalu jawablah pertanyaan di atas di dalam
buku tulismu! Kesimpulan apakah yang
kamu dapatkan tentang puisi? Tuliskanlah
kesimpulanmu di dalam buku tulismu!
Jawab
Contoh Puisi |
Bentuk Puisi |
Isi Puisi |
Menyesal Karya :A.Hasjmy Pagi ku hilang sudah melayang, Hari mudaku sudah pergi Kini petang datang membayang Batang usia ku sudah tinggi Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracun hati Miskin ilmu, miskin harta Ah, apa guna kusesalkan Menyesal tua tiada berguna Hanya menambah luka sukma Kepada yang muda kuharapkan Atur barisan di pagi hari Menuju arah padang bakti |
Pada puisi Menyesal terdapat rima sebagai berikut: Pada bait pertama a-b-a-b Pada bait kedua a-b-a-b Pada bait ketiga a-b-b Pada bait keempat a-b-b |
Aku menyadari bahwa usianya sudah tua dan waktunya Aku menyadari kelengahannya di masa muda membuatnya Aku menyadari bahwa penyesalan tidak menghasilkan Aku berpesan kepada para generasi muda untuk tidak |
Ibuku Tercinta Sejak kecil kau besarkan aku Kau rawat aku dengan cinta dan kasih sayangmu Besarnya kasih sayangmu telah membuatku tumbuh Tumbuh sebagai orang yang terpandang Ibu… Sungguh ku tak tahu cara balas kebaikanmu Aku hanya bisa menjagamu Menjaga dari orang-orang yang melukaimu Ibu…maafkan aku jika telah lukaimu Sungguh tak ada maksud dari hatiku menyakiti hatimu Aku hanya berusaha Berusaha untuk selalu membahagiakanmu |
Pada bait pertama a-a-b-b Pada bait kedua a-a-a-a Pada bait ketiga a-a-b-a |
Kasih seorang ibu tak pernah dapat tergantikan oleh |
Ayo Mengamati
gambar di atas! Profesi apakah yang
ditunjukkan pada gambar di atas? Adakah
di antara kamu yang ingin menjadi dokter hewan seperti pada gambar di atas?
Jawab
Profesi pada gambar diatas adalah Dokter hewan
Untuk
menjadi seorang dokter hewan, tentu kamu harus mengetahui segala hal tentang
hewan, termasuk daur hidupnya. Mengapa?
Jawab
Karena dengan mengetahui segala hal tentang hewan kita
akan lebih mengerti dan memahami perilaku dari hewan tersebut. Karena terkadang
penyakit pada hewan disebabkan karena kebiasaan pola hidup mereka. Daur hidup
atau siklus hewan juga harus kita pahami supaya pemahan tentang hewan lebih
baik.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 1 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 70 71
Ayo Berlatih
Jawaban daur hidup hewan
Daur Hidup Hewan I
Gambar hewan:
Nyamuk
Cara berkembang biak:
Nyamuk
berkembang biak dengan cara Bertelur
Gambar Daur Hidup
telur –
larva – pupa/imago – dewasa. Telur nyamuk biasanya berada di air
yang jika menetas mejadi jentik-jentik (larva). Jentik-jentik akan hidup dan
mendapat makanan di air tempatnya menetas. Larva ini akan berubah menjadi pupa
yang berpidah pada lairan air. Pupa akan menjadi nyamuk dewasa yang dapat
menelurkan telur kembali.
Jenis daur hidup
Metamorfosis
Sempurna
Daur hidup hewan
II
Gambar hewan:
Nama hewan:
Kecoa
Cara berkembang biak:
Kecoa
berkembang biak dengan cara Bertelur
Gambar daur hidup
Daur
hidup kecoa adalah Telur – nimpa – Kecoa Dewasa
Jenis daur hidup
Jenis
daur hidup Metamorfosis Tak Sempurna
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 1 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 72
Lengkapilah
tabel berikut untuk mendapat kesamaan dan perbedaan antara
Perbedaan daur hewan I dengan |
Kesamaan daur hidup hewan I dengan |
Nyamuk mengalami metamorfosis sempurna, sedangkan |
Antara nyamuk dan kecoa sama -sama mengalami |
Amatilah
hasil pekerjaan kelompok lain di kelasmu. Kemudian lengkapilah tabel berikut
untuk mencatat hasil pengamatanmu!
Hewan yang daur hidup metamorfosis |
Hewan yang daur hidup metamorfosis tidak sempurna |
Hewan yang daur hidup tanpa metamorfosis |
Kupu-kupu, katak,lalat, nyamuk |
Belalang, |
Kambing Kucing, Ayam, Kadal, Anjing, Ular |
Ayo Renungkan
Kesimpulan
apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan belajar hari ini?
Jawab
Kesimpulan yang saya dapat dari kegiatan belajar hari
ini adalah bahwa menjadi seorang guru itu adalah cita-cita yang baik karena
dapat bermanfaat untuk orang lain.
Hewan mempunyai daur hidup masing-masing. Ada yang
termasuk metamorfosis sempurna, ada yang metamorfosis tidak sempurna dan bahkan
ada hewan yang tidak mengalami metamorfosis
Nilai
dan sikap apa saja yang kamu akan kembangkan setelah melakukan kegiatan belajar
hari ini?
Jawab
Nilai dan sikap yang dapat saya kembangkan adalah tanggungjawab,
peduli, sabar, dan baik hati