Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita-
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 1 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 112
Ayo Mengamati
Sungai Pesanggrahan Dahulu dan Sekarang.
Amatilah gambar di bawah dengan saksama! Ceritakan pendapatmu tentang kondisi
kedua sungai tersebut kepada teman sebangkumu Menurutmu, siapakah yang berperan
untuk mengubah sungai tersebut? Ternyata semuanya berasal dari satu orang yang
peduli dan bertekad baja!
Gambar diatas menunjukkan kondisi sungai di Jakarta dahulu dan sekarang.
Terdapat perbedaan yang sangat besar antara kondisi sungai dahulu dengan
kondisi saat ini. Dahulu sungai Pesanggrahan sangat tidak terawat hal ini
terlihat dari keadaan sungai yang kotor, banyak sampah pada sungai, air sungai
berwarna coklat kotor dan bisa dipastikan sungai tersebut airnya berbau.
Akan tetapi saat ini kondisi sungai sudah sangat berbeda. Sungai
Pesanggrahan sudah bersih dan terawat. Hal ini dapat kita lihat dengan air
sungai yang mengalir deras, kondisi air sungai sangat bersih. Di sekitar sungai
sangat bersih dan rapi. Di sisi sungai di tumbuhi pohon-pohon rindang yang
tertata dengan baik.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 1 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 114
Ayo Berdiskusi
Bacalah bacaan berikut ini.
Berdasarkan
bacaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut ini!
Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan
bacaan tersebut!
Cita-cita
Bang Idin :
Melihat Kali Pesanggrahan yang bersih
Halangan yang dihadapi Bang Idin :
- Banyak
anggota masyarakat yang menentangnya karena dianggap sebagai perusuh. - Masyarakat
sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya
Sikap yang dimiliki Bang Idin :
- Tidak
mudah marah dan anti kekerasan - Kerja
keras, kesabaran dan tekad kuat
Usaha yang dilakukan Bang Idin :
- Membersihkan
sampah-sampah yang menutupi sungai - Melakukan
berbagai cara menyadarkan masyarakat pentingnya merawat sungai - Menanam
ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran kali
Apa kesimpulanmu terhadap usaha Bang Idin untuk meraih cita-citanya?
Jawab
Usaha Bang Idin untuk meraih cita-citanya yaitu melihat sungai
Pesanggrahan bersih sangat besar sekali. Bang Idin sangat kerja keras, sabar
dan dengan tekad yang kuat untuk menggapai cita-citanya. Cita – cita Bang Idin
adalah cita-cita yang sangat mulia.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 1 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 115
Ayo Membaca
Berikut ini adalah sebuah puisi untuk para
pelestari lingkungan Indonesia
Setelah
membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berkisah tentang apakah puisi tersebut?
Jawab
Puisi diatas berkisah tentang semangat seseorang yang mencintai alam.
Tanpa lelah, tanpa putus asa, tidak menyerah dalam menjaga dan memeilhara alam.
Menganggap alam seperti ibunya.
2. Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam?
Jawab
Usaha yang harus dilakukan untuk menjaga alam adalah dengan merawat
alam, memilharanya dan menjaganya tanpa lelah, tanpa putus asa dan pantang
menyerah
3. Mengapa alam dalam puisi di atas disebut sebagai ibu?
Jawab
Alam dalam puisi diatas disebut sebagai ibu karena perumpamaan seorang
ibu yang sangat penting untuk di jaga, untuk di rawat. Karena sangat pentingnya
alam seperti pentingnya seorang ibu bagi anaknya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 1 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 116
Ayo Mencoba
1.
Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.
2.
Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.
3.
Latihkan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu
buat.
4.
Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut.
5.
Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta teman
sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada saat kamu mendeklamasikannya.
6.
Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.
Jawab
Penjaga Alamku
Karya: D. Karitas
Kau / tidak pernah lelah /
Kau / tidak pernah putus asa /
Kau / tidak pernah menyerah /
Mencintai alam / di mana kau dibesarkan //
Angin dan badai / adalah sahabatmu /
Hujan dan panas / adalah penolongmu /
Air sungai / adalah kehidupanmu /
Alammu / adalah ibumu //
Maka / engkau menjaganya /
Maka / engkau memeliharanya /
Maka / engkau merawatnya /
Karena alam / adalah ibumu ///
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 1 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 117
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah poster dengan memilih satu dari dua tema berikut.
1.
Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)
Jawab
2.
Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)
Jawab
Bersama
dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut!
1. Pilihlah
salah satu tema yang tersedia.
2. Carilah
beberapa informasi tentang pentingnya sumber daya alam tersebut dengan
menggunakan beberapa pertanyaan berikut.
Bagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya
alam tersebut?
Jawab
Sumber Daya Tumbuhan
Manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya tumbuhan
untuk:
a.
Mengurangi polusi karena tumbuhan menyerap
karbondioksida
b.
Penyejuk lingkungan karena tumbuhan
menghasilkan oksigen
c.
Peneduh tempat yang panas dari sengatan sinar
matahari
d.
Mencegah terjadinya erosi, tanah longsor, dan
banjir
e.
Penghasil bahan makanan dan minuman dari
tumbuhan
f.
Sebagai produsen untuk hewan herbivora
g.
Sebagai bahan obat-obatan
h.
Sebagai peredam suara bising dari kendaraan
atau mesin lainnya
i.
Sebagai media belajar untuk anak-anak
j.
Mencegah terjadinya kekeringan
k.
Sebagai bahan untuk membuat rumah tempat
tinggal
Sumber Daya Hewan
Manusia dan
makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya Hewan untuk:
a.
Sumber bahan makanan hewani ( susu, daging,
telur )
b.
Sebagai bahan obat-obatan
c.
Sebagai bahan kerajinan ( bulu hewan, kulit
hewan, cangkang hewan )
d.
Untuk membantu meringankan pekerjaan manusia
( membajak, menggiling kopi )
e.
Kotoran hewan bisa digunakan sebagai pupuk alami
f.
Sebagai alat transportasi
g.
Sebagai hewan peliharaan
Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?
Jawab
Sumber daya alam harus dilestarikan agar tetap terjaga kelestariannya
sehingga kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya dapat terpenuhi dan
terjaga. Sekaligus dapat menjaga keseimbangan ekosistem dialam
Akibat apa sajakah yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut tidak
dilestarikan?
Jawab
Akibat yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut tidak
dilestarikan adalah
1.
Terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah
longsor
2.
Terjadi kekeringan atau sulit mendapatkan air
bersih
3.
Terjadi kerusakan lingkungan
4.
Banyak tumbuhan yang punah dan binatang yang
punah
5.
Persediaan sumber daya alam menipis
6.
Kebutuhan manusia seperti sandang, pangan,
dan papan tidak terpenuhi
7.
Ekosistem alam menjadi kacau
3. Buatlah
sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut
Jawab
Peta pikiran tentang sumber daya alam dan
manfaatnya untuk manusia sera lingkungan sekitarnya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Giat
Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 118
Ayo Renungkan
Nilai dan sikap apa yang diperlukan untuk mencapai cita-cita yang dapat
kamu pelajari hari ini?
Jawab
Sikap yang dibutuhkan untuk mencapai cita-cita adalah kerja keras,
pantang menyerah, percaya diri dan kreativitas
Keterampilan baru apa sajakah yang kamu miliki pada hari ini?
Jawab
Pada hari ini saya sudah belajar keterampilan mendeklamasikan puisi
dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar, membuat poster tentang
pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
Kegiatan pelestarian lingkungan seperti apa yang hendak kamu lakukan?
Jawab
Kegiatan pelestarian lingkungan yang hendaknya saya lakukan adalah menanam
pohon di sekitar rumah, membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan saluran
air yang macet