Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas mengenai nilai nilai dalam bekerjasama
di tengah tengah keberagaman. Penanaman nilai persatuan dan kesatuan dari sikap
gotong royong dan bekerjasama.
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas mengenai nilai nilai dalam bekerjasama
di tengah tengah keberagaman. Penanaman nilai persatuan dan kesatuan dari sikap
gotong royong dan bekerjasama.
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini juga mempelajari materi sudut. Sudut tumpul,
sudut lancip. Serta penerapan sudut pada benda benda di kehidupan sehari hari.
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini juga mempelajari materi sudut. Sudut tumpul,
sudut lancip. Serta penerapan sudut pada benda benda di kehidupan sehari hari.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan
dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah
agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya
ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD
Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan
zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa majunya
ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD
Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda dengan
zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 88,
89, 90
Ayo
Membaca
Membaca
Bacalah
teks berikut.
teks berikut.
Tong Sampah Gotong Royong
Ada
yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan
berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong,
bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok
kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan
beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan
berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong,
bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok
kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan
beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Pagi
hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura.
Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat
sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam
bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah
kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah
pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada
ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di
karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa
hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura.
Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat
sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam
bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah
kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah
pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada
ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di
karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa
dipakai
kembali menjadi tempat sampah kering.
kembali menjadi tempat sampah kering.
Kira-kira
pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah.
Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat
pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya,
warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari
meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara
bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam,
sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.
pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah.
Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat
pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya,
warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari
meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara
bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam,
sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.
Ayo
Berdiskusi
Berdiskusi
Berdasarkan
teks yang kamu baca, isilah grafik berikut!
teks yang kamu baca, isilah grafik berikut!
Setelah kamu mengisi grafik
di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.
di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.
1. Apa itu kerjasama?
Jawab:
Kerjasama merupakan usaha
yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.
yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.
2. Apa manfaat kerjasama?
Jawab:
- Pekerjaan cepat selesai
- Kerukunan warga terjalin
- Memperkuat persatuan dan kesatuan
3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Jawab:
- Saling menolong seama warga masyarakat.
- Bahu membahu membangun
- Saling mendukung
Kerja sama merupakan usaha
yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana
dengan warga di daerahmu? Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman.
Ceritakan satu bentuk kerja sama yang dilakukan di tempat tinggalmu.
yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana
dengan warga di daerahmu? Apakah mereka juga bekerja sama dalam keberagaman.
Ceritakan satu bentuk kerja sama yang dilakukan di tempat tinggalmu.
Ceritakan satu bentuk
kerjasama yang di lakukan di tempat tinggalmu.
1.
Keberagaman di lingkunganmu
Keberagaman di lingkunganmu
Jawab:
Keberagaman yang ada di
lingkungan tempat tinggal saya meliputi keberagaman agama (islam, kristen,
katolik, hindu, protestan), keberagaman suku (suku jawa, suku minang, suku
batak, suku palembang, suku lampung, suku bali, suku sunda, suku bugis dll),
keberagaman adat istiadat
lingkungan tempat tinggal saya meliputi keberagaman agama (islam, kristen,
katolik, hindu, protestan), keberagaman suku (suku jawa, suku minang, suku
batak, suku palembang, suku lampung, suku bali, suku sunda, suku bugis dll),
keberagaman adat istiadat
2.
Memberikan satu contoh kerjasama dan menjelaskan sikap yang menunjukkan
persatuan dan kesatuan saat kerjasama
Memberikan satu contoh kerjasama dan menjelaskan sikap yang menunjukkan
persatuan dan kesatuan saat kerjasama
Jawab:
Contoh kerjasama yang
dilakukan di daerah tempat tinggal saya adalah gotong royong membersihkan
lingkungan tempat tinggal. Mulai dari membersihkan parit atau selokan,
membersihkan fasilitas umum seperti Puskesmas, Gardu Siskamling.
dilakukan di daerah tempat tinggal saya adalah gotong royong membersihkan
lingkungan tempat tinggal. Mulai dari membersihkan parit atau selokan,
membersihkan fasilitas umum seperti Puskesmas, Gardu Siskamling.
Sikap yang menunjukkan
persatuan dan kesatuan saat kerjasama contohnya sikap saling tolong menolong
saat membersihkan selokan, sikap gotong royong, sikap mementingkan kepentingan
umum dari pada kepentingan peribadi
persatuan dan kesatuan saat kerjasama contohnya sikap saling tolong menolong
saat membersihkan selokan, sikap gotong royong, sikap mementingkan kepentingan
umum dari pada kepentingan peribadi
3.
Manfaat kerjasama
Manfaat kerjasama
Jawab:
Manfaat kerjasama diantaranya
adalah membuat pekerjaan lebih cepat selesai, menjalin kerukunan antar warga,
memperkuat persatuan dan kesatuan
adalah membuat pekerjaan lebih cepat selesai, menjalin kerukunan antar warga,
memperkuat persatuan dan kesatuan
4.
Kesimpulan (apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman)
Kesimpulan (apa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman)
Jawab:
Pentingnya persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman adalah dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan
akan membuat keberagaman yang ada menjadi tidak masalah, justru adanya
keberagaman menjadikan suatu kekayaan bangsa yang patut untuk dilestarikan.
Dengan adanya persatuan dan kesatuan juga membuat kita tidak mudah dipecah belah.
kesatuan dalam keberagaman adalah dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan
akan membuat keberagaman yang ada menjadi tidak masalah, justru adanya
keberagaman menjadikan suatu kekayaan bangsa yang patut untuk dilestarikan.
Dengan adanya persatuan dan kesatuan juga membuat kita tidak mudah dipecah belah.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 91,
92
Ayo Mengamati
Keragaman budaya Indonesia
juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat.
Mari amati rumah adat berikut.
juga terlihat dalam rumah adat. Rumah adat mencerminkan ciri khas suatu tempat.
Mari amati rumah adat berikut.
Diskusikan hasil jawabanmu
dengan teman!
dengan teman!
Temukan sudut lancip, tumpul, dan siku-siku pada
kedua rumah adat tadi dengan cara melingkari dan memberi nama tiap sudutnya!
Menggunakan
Busur
Busur
Alat yang digunakan untuk mengukur
sudut secara baku adalah busur. Sudut dilambangkan dengan “∠“. Satuan sudut adalah derajat. Untuk
mengukur sudut secara lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur
derajat seperti gambar berikut.
sudut secara baku adalah busur. Sudut dilambangkan dengan “∠“. Satuan sudut adalah derajat. Untuk
mengukur sudut secara lebih akurat, mulai sekarang kamu dapat menggunakan busur
derajat seperti gambar berikut.
∠AOB besarnya 45°
Besar sudut BOC adalah 45
derajat
derajat
Besar sudut COD adalah 45
derajat
derajat
Besar sudut DOE adalah 45
derajat
derajat
Berapakah besar setiap
sudut berikut?
sudut berikut?
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 94
Lihatlah benda-benda di
sekitarmu!
sekitarmu!
Temukan lima benda yang
mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan
dahulu sebelum kamu mengukurnya!
mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan
dahulu sebelum kamu mengukurnya!
No.
|
Nama Benda
|
Perkiraan Besar Susut
|
Besar Sudut Hasil Pengukuran
|
Jenis Sudut
|
1.
|
Ujung buku
|
90º
|
90º
|
Siku-siku
|
2.
|
Ujung Penggaris Segitiga
|
60º
|
60º
|
Tumpul
|
3.
|
Bendera Semaphore
|
90º
|
90º
|
Siku-siku
|
4.
|
Staples
|
35º
|
40º
|
Lancip
|
5.
|
Papan Tulis
|
90º
|
90º
|
Siku-siku
|
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 95
Mencetak Sudut.
Temukan tiga benda yang memiliki sudut yang
sama. Gambarlah sudutnya!
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 96
Apakah kamu menemukan benda
yang besar sudutnya sama?
yang besar sudutnya sama?
Jawab:
Iya.. Saya menemukan benda
yang mempunyai besar sudutnya sama. Walaupun ukuran bendanya berbeda tetapi
sudutnya setelah di ukur sama
yang mempunyai besar sudutnya sama. Walaupun ukuran bendanya berbeda tetapi
sudutnya setelah di ukur sama
Apakah gambar sudutnya
sama?
sama?
Jawab:
Iya.. Gambar sudutnya
sama.. Jika benda tersebut mempunyai besar sudut yang sama maka gambar sudutnya
juga sama
sama.. Jika benda tersebut mempunyai besar sudut yang sama maka gambar sudutnya
juga sama
Apa yang dapat kamu
simpulkan?
simpulkan?
Jawab:
Kesimpulan saya adalah di
lingkungan sekitar kita banyak kita jumpai benda benda yang mempunyai sudut
yang sama, walaupun ukuran bendanya berbeda. Jika benda mempunyai besar sudut
yang sama, maka saat kita lukis akan mempunyai gambar sudut yang sama juga.
lingkungan sekitar kita banyak kita jumpai benda benda yang mempunyai sudut
yang sama, walaupun ukuran bendanya berbeda. Jika benda mempunyai besar sudut
yang sama, maka saat kita lukis akan mempunyai gambar sudut yang sama juga.
Apakah besar sudut gambar
berikut sama besar? Jelaskan!
berikut sama besar? Jelaskan!
Jawab
Besar sudut gambar tersebut
sama. Karena mempunyai jarak kedua garisnya sama. Pada gambar A jarak kedua
garisnya setelah kita ukur sama dengan jarak kedua garis pada gambar B. Jika
dilihat dari bentuk sudutnya, sama sama sudut lancip
sama. Karena mempunyai jarak kedua garisnya sama. Pada gambar A jarak kedua
garisnya setelah kita ukur sama dengan jarak kedua garis pada gambar B. Jika
dilihat dari bentuk sudutnya, sama sama sudut lancip
Mana yang sudutnya lebih
besar? Jelaskan!
besar? Jelaskan!
Jawab
Yang lebih besar sudutnya
adalah gambar B. Hal ini dapat kita lihat dari jarak kedua garisnya. Pada
gambar A jarak kedua garisnya adalah 2 cm, sedangkan jarak kedua garis gambar B
adalah 4 cm. Jadi gambar B mempunyai sudut yang lebih besar dari pada gambar A
adalah gambar B. Hal ini dapat kita lihat dari jarak kedua garisnya. Pada
gambar A jarak kedua garisnya adalah 2 cm, sedangkan jarak kedua garis gambar B
adalah 4 cm. Jadi gambar B mempunyai sudut yang lebih besar dari pada gambar A
Apa yang memengaruhi besar
sudut?
sudut?
Jawab
Besar sudut dipengaruhi
oleh bukaan kaki-kakinya. Besar Sudut tidak dipengaruhi oleh panjang sinar
garis.
oleh bukaan kaki-kakinya. Besar Sudut tidak dipengaruhi oleh panjang sinar
garis.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 99
Ayo Renungkan
Nilai-nilai apa yang kamu
pelajari hari ini?
pelajari hari ini?
Jawab
Nilai yang saya pelajari
hari ini adalah nilai semangat bekerjasama, nilai gotong royong, nilai
persatuan dan kesatuan
hari ini adalah nilai semangat bekerjasama, nilai gotong royong, nilai
persatuan dan kesatuan
Apakah kamu sudah bisa
bekerja sama dengan teman-temanmu yang berbeda?
bekerja sama dengan teman-temanmu yang berbeda?
Jawab
Sudah.. saya sudah bisa
bekerjasama dengan teman-teman saya yang berbeda. Baik berbeda agama, berbeda
suku, berbeda adat istiadat. Semuanya bisa bekerjasama dengan baik.
bekerjasama dengan teman-teman saya yang berbeda. Baik berbeda agama, berbeda
suku, berbeda adat istiadat. Semuanya bisa bekerjasama dengan baik.