Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 2 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 2 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur
atas keberagaman Pembelajaran 2 ini membahas mengenai perhitungan sudut pada segibanyak beraturan.
atas keberagaman Pembelajaran 2 ini membahas mengenai perhitungan sudut pada segibanyak beraturan.
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur
atas keberagaman Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang kerjasama. Pentingnya kerjasama.
atas keberagaman Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang kerjasama. Pentingnya kerjasama.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Keberagaman Indonesia tercermin pada rumah
adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah adat tersebut.
adat. Kita harus mensyukuri keberagaman dan keindahan rumah adat tersebut.
Berikut adalah rumah adat dari berbagai
provinsi di Indonesia.
provinsi di Indonesia.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 140 , 141
Ayo Mengamati
Salah satu keunikan dari rumah adat
Indonesia adalah bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segi banyak juga
menjadi satu keunikan.
Indonesia adalah bentuk sudut atapnya. Sudut-sudut pada segi banyak juga
menjadi satu keunikan.
Coba amati segi banyak berikut. Bisakah
kamu mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan berdasarkan
sudutnya.
kamu mengelompokkan segi banyak beraturan dan tidak beraturan berdasarkan
sudutnya.
Ya, segi banyak beraturan memiliki sudut
dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang keunikan sudut pada
segi banyak beraturan.
dan sisi yang sama. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang keunikan sudut pada
segi banyak beraturan.
Amatilah segi banyak beraturan
berikut.
berikut.
Ukurlah besar setiap sudut pada segi
banyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya.
banyak. Hitung pula jumlah besar seluruh sudutnya.
Apa yang dapat kamu simpulkan?
No.
|
Nama
|
Banyak Sisi
|
Besar sudut pada
segibanyak |
Jumlah besar sudut pada
segibanyak |
1.
|
Segitiga samasisi (Trigon)
|
3
|
60°
|
90°
|
2.
|
Persegi (Tetragon)
|
4
|
90°
|
360°
|
3.
|
Segilima beraturan (Pentagon)
|
5
|
108°
|
540°
|
4.
|
Segitujuh beraturan (Heptagon)
|
7
|
128,6°
|
900°
|
5.
|
Segienam beraturan (Heksagon)
|
6
|
120°
|
720°
|
Apa yang dapat kamu simpulkan? Apa
hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya?
hubungan besar sudut pada segi banyak dengan sisinya?
Jawab
Segi banyak beraturan memiliki besar sudut
yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak
dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka
semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.
yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak
dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka
semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.
Sekarang tanpa mengukur, coba kamu hitung
sudut dalam pada bangun datar berikut.
sudut dalam pada bangun datar berikut.
Jawab
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawab
Segi banyak beraturan memiliki besar sudut
yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak
dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka
semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.
yang sama dan panjang sisi yang sama. Hubungan besar sudut pada segi banyak
dengan sisinya adalah semakin banyak sisi pada segi banyak beraturan maka
semakin besar sudut yang dibentuk oleh masing-masing sisinya.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 142,
143
Ayo Berdiskusi
Mozaik
Kreasi Bersama
Kreasi Bersama
Lani duduk termenung di meja ruang tengah
rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak
Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri.
Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo.
Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum
menemukan yang sesuai.
rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak
Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri.
Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo.
Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum
menemukan yang sesuai.
“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.
Tugas bersama akan lebih baik hasilnya
jika dikerjakan bersama.
jika dikerjakan bersama.
Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar
saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah
membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar
rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat
juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya
dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera
Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.
saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah
membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar
rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat
juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya
dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera
Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.
Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang
menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka
akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.
menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka
akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.
Pak Burhan memang sengaja memberikan tugas
membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas,
tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah
bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma
menjadi gambar yang indah.
membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas,
tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah
bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma
menjadi gambar yang indah.
Berdasarkan teks di atas. Diskusikan
pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
1. Apa ide yang dimiliki Lani?
Jawab
Ide yang di miliki Lani adalah membuat mozaik
rumah adat daerah lain.
rumah adat daerah lain.
2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo?
Jawab
Ide yang dimiliki oleh Edo adalah membuat
mozaik rumah adat Maluku
mozaik rumah adat Maluku
3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?
Jawab
Cara menyikapi ide yang berbeda adalah dengan
cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide yang disampaikan
teman itu baik, bisa untuk dilaksanakan akan tetapi jika ide yang disampaikan
kurang tepat, sebaiknya kita tetap menghargai ide itu tanpa harus terjadi
keributan atau perpecahan.
cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide yang disampaikan
teman itu baik, bisa untuk dilaksanakan akan tetapi jika ide yang disampaikan
kurang tepat, sebaiknya kita tetap menghargai ide itu tanpa harus terjadi
keributan atau perpecahan.
4. Apakah ide mereka yang berbeda
memberikan manfaat? Jelaskan!
memberikan manfaat? Jelaskan!
Jawab
Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat
yaitu dengan adanya ide yang berbeda akan memperkaya ide yang sudah ada.
Sehingga pilihan ide semakin banyak, semakin beragam, dan dapat menambah
wawasan baru untuk kita.
yaitu dengan adanya ide yang berbeda akan memperkaya ide yang sudah ada.
Sehingga pilihan ide semakin banyak, semakin beragam, dan dapat menambah
wawasan baru untuk kita.
5. Kerja sama apa yang terlihat pada
cerita di atas?
cerita di atas?
Jawab
Kerjasama yang terlihat adalah kerjasama dalam
membuat mozaik rumah adat.
membuat mozaik rumah adat.
6. Apa manfaat kerja sama dalam
keberagaman?
keberagaman?
Jawab
Manfaat kerjasama dalam keberagaman adalah
agar tercipta kerukunan, kekeluargaan, saling menghargai, saling menghormati dan
saling mendukung.
agar tercipta kerukunan, kekeluargaan, saling menghargai, saling menghormati dan
saling mendukung.
7.
Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?
Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?
Jawab
Hal baik yang bisa didapatkan ketika
bekerjasama dalam keberagaman adalah akan menumbuhkan rasa saling memahami,
saling menghargai antar sesama manusia. Dan yang paling penting adalah bahwa
setiap orang sudah ditakdirkan berbeda, akan tertapi berbeda bukan berarti
tidak dapat bekerjasama dan bersatu.
bekerjasama dalam keberagaman adalah akan menumbuhkan rasa saling memahami,
saling menghargai antar sesama manusia. Dan yang paling penting adalah bahwa
setiap orang sudah ditakdirkan berbeda, akan tertapi berbeda bukan berarti
tidak dapat bekerjasama dan bersatu.
8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh
dari cerita Lani di atas?
dari cerita Lani di atas?
Jawab
Nilai kerjasama, Nilai menghargai pendapat
orang lain
orang lain
Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kamu
bekerja sama dalam perbedaan.
bekerja sama dalam perbedaan.
Coba ceritakan pengalamanmu
1. Jenis kerja sama.
2. Perbedaan yang ada.
3. Manfaat dari kerja sama dalam
perbedaan.
perbedaan.
4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.
Tulislah ceritamu, dan ceritakan
kepada temanmu.
kepada temanmu.
Saya akan menceritakan pengalaman saya
melakukan kerjasama dengan teman-teman satu kelas. Kami melakukan kerjasama
dalam memperindah taman dan ruang kelas. Hal ini kami lakukan secara
bersama-sama, dengan perasaan suka cita.
melakukan kerjasama dengan teman-teman satu kelas. Kami melakukan kerjasama
dalam memperindah taman dan ruang kelas. Hal ini kami lakukan secara
bersama-sama, dengan perasaan suka cita.
Pagi itu ibu guru kelas kami mengatakan
bahwa kelas yang bersih, rapi dan mempunyai taman yang indah akan membuat
suasana belajar menjadi menyenangkan. Setelah istirahat, kami dan teman-teman
berdiskusi membahas perkataan ibu guru kelas tadi. Kami semua sepakat bahwa
akan melakukan kerja bakti pada hari minggu untuk memperindah taman dan ruang
kelas.
bahwa kelas yang bersih, rapi dan mempunyai taman yang indah akan membuat
suasana belajar menjadi menyenangkan. Setelah istirahat, kami dan teman-teman
berdiskusi membahas perkataan ibu guru kelas tadi. Kami semua sepakat bahwa
akan melakukan kerja bakti pada hari minggu untuk memperindah taman dan ruang
kelas.
Saat hari minggu tiba, kami sudah
berkumpul di sekolahan sekitar pukul 07.00 pagi. Akan tetapi ada sebagian teman
kami yang belum datang, karena harus beribadah terlebih dahulu ke gereja. Kami
tidak mempermasalahkannya. Kita semua menghormati perbedaan agama yang ada
diantara kami semua.
berkumpul di sekolahan sekitar pukul 07.00 pagi. Akan tetapi ada sebagian teman
kami yang belum datang, karena harus beribadah terlebih dahulu ke gereja. Kami
tidak mempermasalahkannya. Kita semua menghormati perbedaan agama yang ada
diantara kami semua.
Kita memulai kerja bakti dengan kegiatan
yang sudah dibagi-bagi pada hari sebelumnya. Ada yang membersihkan kelas, menyapu
kelas, membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada dinding kelas,
membersihkan sarang laba-laba yang sudah mulai terlihat banyak di langit-langit
kelas kami.
yang sudah dibagi-bagi pada hari sebelumnya. Ada yang membersihkan kelas, menyapu
kelas, membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada dinding kelas,
membersihkan sarang laba-laba yang sudah mulai terlihat banyak di langit-langit
kelas kami.
Hordeng dikelas kami juga ditata rapi oleh
sebagian anak-anak perempuan. Hordeng yang menutupi jendela kelas kami di ikat
dan dipercantik agar terlihat lebih enak dipandang mata. Selain hordeng, ruang
kelas kami juga diberi pengharum ruangan alami yang berasal dari vas bunga yang
kita isi dengan bungan lavender.
sebagian anak-anak perempuan. Hordeng yang menutupi jendela kelas kami di ikat
dan dipercantik agar terlihat lebih enak dipandang mata. Selain hordeng, ruang
kelas kami juga diberi pengharum ruangan alami yang berasal dari vas bunga yang
kita isi dengan bungan lavender.
Teman-teman kami yang laki-laki sudah dari
tadi memulai dengan mencabuti rumput yang tumbuh subur di taman kelas kami.
Mereka melakukannya dengan penuh semangat dan riang gembira. Pagar taman juga
sudah dikerjakan oleh teman kami yang lainnya sesuai dengan kesepakatan yang
kami buat pada saat diskusi kemarin.
tadi memulai dengan mencabuti rumput yang tumbuh subur di taman kelas kami.
Mereka melakukannya dengan penuh semangat dan riang gembira. Pagar taman juga
sudah dikerjakan oleh teman kami yang lainnya sesuai dengan kesepakatan yang
kami buat pada saat diskusi kemarin.
Sekitar pukul 09.30 pagi teman kami
Marchel dan Kristiawan datang dari gereja dan langsung membantu pekerjaan kami.
Kami sangat senang mereka datang dan bisa membantu kami. Karena dengan
pekerjaan yang dikerjakan secara bersama-sama membuat pekerjaan menjadi cepat
selesai, selain itu juga kami menjadi semakin akrab karena bekerjasama.
Marchel dan Kristiawan datang dari gereja dan langsung membantu pekerjaan kami.
Kami sangat senang mereka datang dan bisa membantu kami. Karena dengan
pekerjaan yang dikerjakan secara bersama-sama membuat pekerjaan menjadi cepat
selesai, selain itu juga kami menjadi semakin akrab karena bekerjasama.
Dari sini saya menyadari, bahwa kerjasama
sangat baik untuk dilakukan. Kerjasama dapat dilakukan tanpa memandang
perbedaan yang ada. Walaupun kita berbeda agama, berbeda suku, adat dan budaya
akan tetapi itu semua jangan samapi menghalangi kita untuk tetap bekerjasama.
sangat baik untuk dilakukan. Kerjasama dapat dilakukan tanpa memandang
perbedaan yang ada. Walaupun kita berbeda agama, berbeda suku, adat dan budaya
akan tetapi itu semua jangan samapi menghalangi kita untuk tetap bekerjasama.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 144
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari
ini?
ini?
Jawab
Yang kami pelajari dari kegiatan hari ini
adalah tentang menghitung sudut pada segibanyak beraturan. Selain itu kita juga
mempelajari tentang sikap bekerjasama dengan orang lain dalam menyelesaikan
suatu persoalan. Mengerjakan pekerjaan dengan kerjasama jauh lebih baik
dibandingkan dengan dikerjakan sendiri sendiri.
adalah tentang menghitung sudut pada segibanyak beraturan. Selain itu kita juga
mempelajari tentang sikap bekerjasama dengan orang lain dalam menyelesaikan
suatu persoalan. Mengerjakan pekerjaan dengan kerjasama jauh lebih baik
dibandingkan dengan dikerjakan sendiri sendiri.
Apakah kamu merasakan manfaat kerja sama
dalam perbedaan?
dalam perbedaan?
Jawab
Iya..Saya merasakan manfaat kerjasama
dalam perbedaan. Perbedaan tidak menghalangi kami untuk tetap bekerjasama dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan.
dalam perbedaan. Perbedaan tidak menghalangi kami untuk tetap bekerjasama dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan.