Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 1 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 2 ini membahas tentang sikap
kita dalam memanfaatkan air bersih. Kita harus menghemat dalam pemakaian air
bersih. Kita juga harus seimbang dalam melaksanakan hak dan kewajiban.
Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang
pelajaran seni yaitu not angka. Untuk matematika kita diajarkan bagaimana cara
menaksir suatu angka dalam perhitungan dengan cara pembulatan satuan, puluhan,
ratusan, ribuan dan ratusan ribu.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 11
panas matahari. Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu
pertumbuhan tanaman.
Jagung’.
notasi angka lagu tersebut. Apa yang kamu temukan?
menanam jagung adalah irama lagu 4/4. Terdapat notasi angka do = 1, re = 2 , mi
= 3 , fa = 4 , sol = 5 , la = 6 , si = 7. Terdapat angka 0 yang artinya adalah
tanda istirahat. Juga terdapat tanda titik setelah not angka yang menandakan
bahwa not angka sebelum tanda titik ketukannya bertambah misal 1 . dibaca do
dengan 2 ketukan.
diberi tanda garis. Ini mempunyai arti bahwa kedua not tersebut dibaca dalam satu
ketukan atau masing masing 1/8 ketukan sehingga nada terdengar cepat.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 12
sebanyak-banyaknya manfaat air bagi kamu.
kebutuhan pokok bagi manusia. Karena setiap orang hampir setiap hari memerlukan
air. Berikut ini adalah manfaat air bagi manusia:
Air untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi,
cuci dan pekerjaan lainnya,
Air untuk keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar,
pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi, air mancur, dan
lain-lainnya.
Air untuk keperluan industri, seperti untuk pabrik dan bangunan
pembangkit tenaga listrik.
Air untuk keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
Air untuk keperluan pertanian dan peternakan
Air untuk keperluan pelayaran dan lain sebagainya
Setiap orang berhak mendapatkan air yang bersih. Perhatikan gambar berikut
1. Mengapa anak tersebut minum?
tubuh memerlukan air
2. Mengapa anak tersebut mandi?
badan. Air dapat membersihkan kotoran yang menempel pada badan.
3. Apakah mandi dan minum adalah kebutuhan?
4. Apa yang terjadi jika ia tidak mempunyai air bersih?
mereka tidak bisa minum dan mandi. Karena mandi dan minum harus menggunakan air
bersih
5. Apakah kita semua harus mendapatkan air bersih?
bagi manusia. Tubuh kita sangat memerlukan air. Untuk itu diperlukan air yang
bersih bagi tubuh kita. Jika kita menggunakan air tidak bersih maka tubuh kita
bisa menjadi tidak sehat. Oleh karena itu kita semua harus mendapatkan air
bersih.
6. Apa yang dimaksud dengan hak?
lahir dan penggunaannya tergantung pribadi masing-masing
7. Carilah contoh hak-hak kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasanya.
negara Indonesia. Seorang Warga Negara Indonesia mempunyai hak diantaranya
adalah;
dalam pemerintahan
dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
Indonesia atau nkri dari serangan musuh
berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang
yang berlaku
Setiap orang berhak mendapatkan air bersih.
Untuk itu, setiap anggota masyarakat juga harus melaksanakan kewajibannya
dengan baik
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 13
Tulislah dalam
diagram berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 14
kelompokmu
dilakukan dari gambar A?
tentang gotong royong. Dampak dari gotong royong adalah pekerjaan menjadi cepat
selesai. Selokan menjadi bersih
2. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar A?
gotong royong maka pekerjaan akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selokan
juga akan menjadi kotor dan tersumbat
3. Apa dampak yang dilakukan dari gambar B?
air di bak telah penuh sama saja kita sudah melakukan kegiatan menghemat air
bersih. Jika kita tidak boros dalam menggunakan air bersih maka secara tidak
langsung kita sudah ikut menjaga ketersediaan air bersih teap terjaga.
4. Apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan seperti gambar B?
kran air padahal air sudah penuh itu sama saja kita melakukan kegiatan pemborosan air, karena air menjadi terbuang
percuma. Pemborosan pemakaian air bersih menyebabkan persediaan air bersih
cepat habis.
5. Apakah kita harus melakukan seperti gambar A dan B?
individu dan masyarakat yang baik harus aktif dalam kegiatan gotong royong, karena
dengan gotong royong membuat pekerjaan terasa leih ringan dan mempererat rasa
kekeluargaan. Kita juga harus menghemat air bersih, karena dengan menghemat
pemakaian air bersih kita juga sudah ikut menjaga sumber daya alam dengan baik
6. Apa yang dimaksud dengan kewajiban?
adalah sesuatu yang harus dilaksanakan dan apabila tidak dilaksanakan akan
mendapat sanksi.
7. Carilah contoh kewajiban kita dalam kehidupan masyarakat berikut alasannya.
Kewajiban menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat
masyarakat karena dengan menaati peraturan kita akan jadi lebih
disiplin,hidup menjadi tenteram dan teratur
Kewajiban menjaga kebersihan karena dengan lingkungan yang bersih
kesehatan masyarakat terjaga.
Kewajiban menjaga keamanan karena dengan lingkungan yang aman hidup
tenteram dan damai
Kewajiban tolong menolong pada setiap warga, dengan tolong
menolong terjalin persatuan dan kesatuan
Kewajiban membayar pajak, karena dengan membayar pajak pembangunan dapat
dilaksanakan.
Tulislah dalam
diagram berikut
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 15
Perhatikan Gambar
Berikut
paling penting bagi manusia. Setiap orang berhak mendapatkan air bersih. Kita
wajib menghemat penggunaannya. Jadi, apa perbedaan hak dan kewajiban?
Hak didefinisikan sebagai kuasa untuk
menerima segala sesuatu yang semestinya di terima olehnya, hak bersifat
universal. Sedangkan kewajiban adalah segala sesuatu yang harus di lakukan
seseorang entah itu karena hukum, kebutuhan, atau karena tugas mereka.
Hak merupakan untuk diri sendiri,
sedangkan kewajiban sebagian besar untuk orang lain.
Hak dapat dipertahankan atau ditantang
oleh pengadilan, sedangkan kewajiban warga negara tidak bisa ditantang oleh
pengadilan.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 16
bersih di rumah setiap minggunya.
semua teman-teman siti. Lakukan penaksiran untuk mempercepat menghitungnya.
Nama Siswa
|
Penggunaan air bersih di
rumah dalam satuan liter setiap minggu |
Siti
|
273 = mendekati 270
|
Edo
|
324 = mendekati 320
|
Lani
|
363 = mendekati 360
|
Dayu
|
262 = mendekati 260
|
Udin
|
291 = mendekati 290
|
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 17
Jawab
cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya dibagian belakang nilainya
sama dengan 500 atau 500 ke atas berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika
nilai ratusannya dibawah 500 maka dibulatkan ke ribuan bawahannya
Bilangan
|
penaksiran
|
Cara melakukan penaksiran
|
Hasil
|
45
|
Puluhan
|
dibulatkan ke puluhan terdekat
|
50
|
477
|
Ratusan
|
dibulatkan ke ratusan terdekat
|
500
|
4.567
|
Ribuan
|
dibulatkan ke ribuan terdekat
|
5.000
|
23.458
|
Puluhan ribu
|
dibulatkan ke puluhan ribu terdekat
|
23.000
|
236.679
|
Ratusan ribu
|
dibulatkan ke ratusan ribu terdekat
|
200.000
|
2.345.678
|
Jutaan
|
dibulatkan ke jutaan terdekat
|
2.000.000
|
penaksiran terhadap operasi hitung. Operasi hitung bisa penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian. Melakukan penaksiran adalah melakaukan
perkiraan. Jadi menaksir itu sama dengan mengira, memperkirakan, mengira-ngira.
terlebih dahulu kemudian baru melakukan operasi hitung.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 18
Nama Siswa
|
Penggunaan air bersih di
rumah dalam satuan liter setiap minggu |
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti dan Edo
|
273 + 324 = 270 + 320 = 590
|
Jumlah air yang digunakan di rumah Lani, Dayu dan Udin
|
363+262+291=360+260+290=910
|
Jumlah air yang digunakan di rumah Dayu dan Edo
|
262+324 = 260+320=580
|
Jumlah air yang digunakan di rumah Siti, Edo, Lani,
Dayu, dan Udin |
273+324+363+262+291=270+320+360+260+290=1.500
|
Selisih air yang digunakan di rumah Siti dan Dayu
|
273 – 262 = 270 – 260 =10
|
Selisih air yang digunakan di rumah Dayu dan Lani
|
363 -262 = 360 – 260 = 100
|
Selisih air yang digunakan di rumah Udin dan Edo
|
324 – 291 = 320 – 290 = 30
|
Operasi
Hitung |
Taksiran
ke
ribuan
|
Taksiran
ke
ratusan
|
Taksiran
ke
puluhan
|
Hasil
sebenarÂ
nya
|
Mana
hasil
yang
menurutmu
paling
mendekati
|
2.345 + 1.256 + 2.357
|
5.000
|
6.000
|
5.970
|
5.958
|
5.970
|
20.456 + 4.577 + 8.456
|
33.000
|
33.600
|
33.500
|
33.489
|
33.500
|
23.456 + 45.4599 – 23.567
|
44.000
|
45.400
|
45.350
|
45.348
|
45.350
|
3.657 + 4.568 – 3.467
|
6.000
|
4.800
|
4.760
|
4.758
|
4.760
|
= 5000
20.000 + 5.000 + 8000 = 33.000
– 24.000 = 44.000
= 6.000
= 6.000
+ 4.600 +8.500 = 33.600
– 23.600 = 45.400
= 4.800
2.360 = 5.970
8.460 = 33.500
– 23.570 = 45.350
= 4.760
adalah taksiran puluhan
ratusan, ribuan?
ratusan, ribuan adalah
dengan cara melihat angka satuannya. Jika angka satuan di bagian belakang nilainya
sama dengan 5 atau 5 ke atas berati di bulatkan ke puluhan atasnya. Jika nilai satuannya
dibawah 5 maka dibulatkan ke puluhan bawahnya.
dengan cara melihat angka puluhanya. Jika angka puluhannya dibagian belakang
nilainya sama dengan 50 atau 50 ke atas berarti dibulatkan ke ratusan
atasannya. Jika nilai puluhannya dibawah 50 maka dibulatkan ke ratusan
bawahannya.
cara melihat angka ratusannya. Jika angka ratusannya dibagian belakang nilainya
sama dengan 500 atau 500 ke atas berarti dibulatkan ke ribuan atasannya. Jika
nilai ratusannya dibawah 500 maka dibulatkan ke ribuan bawahannya
ribu?
Jika angka puluhan ribunya dibagian belakang nilainya sama dengan 50.000 atau
50.000 ke atas berarti dibulatkan ke ratusan ribu atasannya. Jika nilai puluhan
ribunya dibawah 50.000 maka dibulatkan ke ratusan ribu bawahannya
menghitung? Jelaskan.
sifatnya mudah dan cepat dimengerti dalam menghitung bilangan dan memudahkan
menghitung bilangan yg rumit karna bilangan yg ditaksirkan akan dibulatkan sehingga
menjadi lebih simpel.
ini?
nilai – nilai tentang menjaga sumber energi air. Tidak boleh terlalu berlebihan
dalam menggunakan air bersih. Selain itu kita harus seimbang dalam menjalankan
hak dan kewajiban. Tidak hanya menuntut hak saja tanpa mau menjalankan kewajiban
Jelaskan?
yaitu dengan mematikan keran air jika air di tampungan sudah penuh. Tidak
membuang buang air bersih untuk keperluan yang tidak semestinya.