Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 59
Setiap
hari, untuk menulis dan menggambar kamu menggunakan kertas. Tahukah kamu
bagaimana kertas dibuat? Energi apa yang dimanfaatkan dalam proses pembuatannya?
hari, untuk menulis dan menggambar kamu menggunakan kertas. Tahukah kamu
bagaimana kertas dibuat? Energi apa yang dimanfaatkan dalam proses pembuatannya?
Ayo Mengamati
Mengapa
Harus Menghemat Kertas?
Harus Menghemat Kertas?
Kertas
diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar.
Bahan
diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar.
Bahan
utama
pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan
1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2
gelas air.
pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan
1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2
gelas air.
Amati
di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui.
di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui.
Jawab
Manfaat kertas sangat banyak sekali seperti :
Untuk menulis, untuk membuat buku, untuk surat
menyurat, untuk fotocopy, untuk membuat kerajinan, untuk mencetak gambar
menyurat, untuk fotocopy, untuk membuat kerajinan, untuk mencetak gambar
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 60
Budi,
sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan
banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa
kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu
dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!
sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan
banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa
kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu
dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!
Jawab
Saya tidak setuju. Hal ini dikarenakan Budi tidak
menghemat kertas. Padahal sebaiknya kita harus berusaha menghemat kertas. Jika
kita menulis menggunakan pensil saat salah bisa kita hapus dengan penghapus,
jika menggunakan pena bisa kita benahi dengan tipex.
menghemat kertas. Padahal sebaiknya kita harus berusaha menghemat kertas. Jika
kita menulis menggunakan pensil saat salah bisa kita hapus dengan penghapus,
jika menggunakan pena bisa kita benahi dengan tipex.
Mengapa
kita harus menghemat penggunaan kertas?
kita harus menghemat penggunaan kertas?
Jawab
Kita harus menghemat kertas karena dalam proses
pembuatan kertas memerlukan banyak bahan baku dan energi. Proses pembuatan
kertas memerlukan bahan kimia, air, energi panas, serta bahan baku utama kertas
yaitu pohon. Jadi kita menghemat dalam penggunaan kertas itu berarti kita juga
berusaha menghemat penggunaan energi dan sumber daya alam.
pembuatan kertas memerlukan banyak bahan baku dan energi. Proses pembuatan
kertas memerlukan bahan kimia, air, energi panas, serta bahan baku utama kertas
yaitu pohon. Jadi kita menghemat dalam penggunaan kertas itu berarti kita juga
berusaha menghemat penggunaan energi dan sumber daya alam.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 61
Tulislah
beberapa cara untuk menghemat kertas!
beberapa cara untuk menghemat kertas!
Jawab
Beberapa cara untuk menghemat kertas:
1. Tidak
dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut
digunakan untuk hal-hal lainnya.
dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut
digunakan untuk hal-hal lainnya.
2. Memaksimalkan
penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat
mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat
mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
3. Mengumpulkan
sisa-sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi
sisa-sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi
4. Koran,
majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
5. Ketika
akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya.
Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya.
Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
6. Menggunakan
kertas hanya saat-saat dibutuhkan saja,
kertas hanya saat-saat dibutuhkan saja,
Tulis
contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.
contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.
Ceritakan
pengalamanmu menggunakan kertas.
pengalamanmu menggunakan kertas.
Jawab
1. Hak
mendapatkan pendidikan yang layak, kewajiban membantu orang tua.
mendapatkan pendidikan yang layak, kewajiban membantu orang tua.
2. Hak
mendapatkan kesempatan untuk berkembang di lingkungannya, kewajiban berbuat
baik kepada semua orang.
mendapatkan kesempatan untuk berkembang di lingkungannya, kewajiban berbuat
baik kepada semua orang.
3. Hak
mendapatkan uang saku, kewajiban belajar dengan baik
mendapatkan uang saku, kewajiban belajar dengan baik
4. Hak
menggunakan kertas, kewajiban menghemat pemakaian kertas
menggunakan kertas, kewajiban menghemat pemakaian kertas
Pengalaman
menggunakan kertas
menggunakan kertas
Saya mempunyai pengalaman dalam menggunakan kertas. Kebetulan
kertas yang saya gunakan adalah kertas minyak. Kertas minyak adalah kertas warna
warni. Ada yang berwarna merah, putih, kuning dan banyak lagi. Kertas ini
banyak di jual di toko toko klontong atau warung dekat rumah.
kertas yang saya gunakan adalah kertas minyak. Kertas minyak adalah kertas warna
warni. Ada yang berwarna merah, putih, kuning dan banyak lagi. Kertas ini
banyak di jual di toko toko klontong atau warung dekat rumah.
Kertas minyak ini merupakan kertas yang sangat populer
untuk kami pecinta layang-layang. Karena layang-layang yang kami gunakan
rata-rata adalah bikinan kami sendiri. Untuk membuat layang-layang kita
menggunakan kertas minyak sebagai pembungkus kerangka layang-layang.
untuk kami pecinta layang-layang. Karena layang-layang yang kami gunakan
rata-rata adalah bikinan kami sendiri. Untuk membuat layang-layang kita
menggunakan kertas minyak sebagai pembungkus kerangka layang-layang.
Karena menggunakan kertas minyak maka layang-layang
yang terbuat cukup bervariasi warnanya. Sehingga layang-layang kami cukup
menarik saat diterbangkan.
yang terbuat cukup bervariasi warnanya. Sehingga layang-layang kami cukup
menarik saat diterbangkan.
Ayo Mencoba
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 63
Perhatikan
pecahan 1/2 . Pecahan apa yang sama panjang dengan ½
pecahan 1/2 . Pecahan apa yang sama panjang dengan ½
Pecahan
yang panjangnya sama tadi juga bisa disebut pecahan senilai.
Pecahan senilai untuk 1/2 adalah 2/4, 3/6, 4/8, 5/10, dan 6/12.
yang panjangnya sama tadi juga bisa disebut pecahan senilai.
Pecahan senilai untuk 1/2 adalah 2/4, 3/6, 4/8, 5/10, dan 6/12.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 64
Temukan pecahan yang senilai dengan 1/4 dan 1/3
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 65
Tulislah
hasil temuanmu pada tabel berikut.
hasil temuanmu pada tabel berikut.
No.
|
Pecahan
|
Pecahan Senilai
|
1.
|
1/2
|
2/4,
3/6, 4/8, 5/10. 6/12, 7/14, 8/16, 9,18, 10/20, 11/22, 12/24 |
2.
|
1/3
|
2/6,
3/9, 4/12, 5/15/, 6/18, 7/21, 8/24, 9/36, 10/30, 11/33, 12/36 |
3.
|
1/4
|
2/8,
3/12, 4/15, 5/20, 6/24, 7/28, 8/32, 9/36, 10/40, 11/44, 12/48 |
Bagaimana hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai?
Jawab
Hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai adalah Nilai
dari pembilang adalah dua kalinya penyebut
dari pembilang adalah dua kalinya penyebut
Untuk menemukan pecahan senilai, kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang
dan penyebut dengan bilangan yang sama.
dan penyebut dengan bilangan yang sama.
1/2 = 1/2 x 2/2 = 2/4
2/4 = 2/4 : 2/2 = 1/2
Apakah bilangan bulat untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai
bisa bilangan 0?
bisa bilangan 0?
Jawab
Tidak bisa.. Untuk pembagi dan pengali pada pecahan senilai tidak boleh
menggunakan nilai 0 karena semua bilangan jika dikalikan 0 maka hasilnya adalah
0
menggunakan nilai 0 karena semua bilangan jika dikalikan 0 maka hasilnya adalah
0
1/2 = 1/2 x 0/0 = 0/0
2/4 = 2/4 : 0/0 = 0/0
Apa kesimpulanmu?
Jawab
Dalam pecahan senilai, untuk memudahkan dalam menyelesaikannya adalah
dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang
nilainya sama atau bernilai 1 bukan 0.
dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang
nilainya sama atau bernilai 1 bukan 0.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 2 Sumber Energi Halaman 66
Kerjakan Latihan berikut.
1. Carilah pecahan yang senilai
dengan pecahan berikut.
dengan pecahan berikut.
Jawab
3/8
Pecahan yang senilai dengan 3/8 adalah 6/16
Diperoleh dari : 3/8 x 2/2 = 6/16
Pecahan yang senilai dengan 3/8 adalah 9/24
Diperoleh dari : 3/8 x 3/3 = 9/24
Pecahan yang senilai dengan 3/8 adalah
Diperoleh dari : 3/8 x 4/4 = 12/32
4/5
Pecahan yang senilai dengan 4/5 adalah 8/10
Diperoleh dari : 4/5 x 2/2 = 8/10
Pecahan yang senilai dengan 4/5 adalah 12/15
Diperoleh dari : 4/5 x 3/3 = 12/15
Pecahan yang senilai dengan 4/5 adalah 16/20
Diperoleh dari : 4/5 x 4/4 = 16/20
2/3
Pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah 4/6
Diperoleh dari : 2/3 x 2/2 = 4/6
Pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah 6/9
Diperoleh dari : 2/3 x 3/3 = 6/9
Pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah 8/12
Diperoleh dari : 2/3 x 4/4 = 8/12
2. Temukan bilangan yang belum diketahui.
Jawab
3/4 = 18/24 Diperoleh dari 3/4 = 3/4 x 6/6 = 18/24
3/5 = 9/15 Diperoleh dari 3/5 =
3/5 x 3/3 = 9/15
3/5 x 3/3 = 9/15
2/4 = 6/12 Diperoleh dari 2/4 = 2/4 x 3/3 = 6/12
3. Pohon pecahan senilai.
Temukan dan warnai pecahan senilai.
Temukan dan warnai pecahan senilai.
Jawab
a.
Warna biru untuk pecahan yang senilai dengan 1/2
Warna biru untuk pecahan yang senilai dengan 1/2
b.
Warna hijau untuk pecahan yang senilai dengan 1/3
Warna hijau untuk pecahan yang senilai dengan 1/3
c.
Warna kuning untuk pecahan yang senilai dengan 1/4
Warna kuning untuk pecahan yang senilai dengan 1/4
d.
Warna merah muda untuk pecahan yang senilai dengan 1/5
Warna merah muda untuk pecahan yang senilai dengan 1/5
e.
Warna jingga untuk pecahan yang senilai dengan 1/6
Warna jingga untuk pecahan yang senilai dengan 1/6
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2 Sumber
Energi Halaman 67
Ayo
Renungkan
Renungkan
Apa yang
kamu pelajari hari ini?
kamu pelajari hari ini?
Jawab
Yang saya
pelajari hari ini adalah tentang kertas. Bagaimana cara menghemat kertas, mengapa
kita harus menghemat kertas, serta mempelajari pecahan senilai
pelajari hari ini adalah tentang kertas. Bagaimana cara menghemat kertas, mengapa
kita harus menghemat kertas, serta mempelajari pecahan senilai
Sudahkah
kamu menghemat penggunaan kertas?
kamu menghemat penggunaan kertas?
Jawab
Saya sudah
menghemat dalam penggunaan kertas misalnya saat saya menggunakan kertas untuk
menulis dan ternyata tulisan saya salah, saya tidak langsung membuang kertas
tersebut melainkan saya merevisi tulisan saya dengan cara menghapus dengan
penghapus atau saya tipex jika menulisnya menggunakan pulpen.
menghemat dalam penggunaan kertas misalnya saat saya menggunakan kertas untuk
menulis dan ternyata tulisan saya salah, saya tidak langsung membuang kertas
tersebut melainkan saya merevisi tulisan saya dengan cara menghapus dengan
penghapus atau saya tipex jika menulisnya menggunakan pulpen.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD
Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi. Semoga bermanfaat untuk kita
semua
Disclaimer
Artikel
ini dibuat untuk membantu orang tua atau guru di Sekolah Dasar
ini dibuat untuk membantu orang tua atau guru di Sekolah Dasar
Masalah kebenaran
dari jawaban saya kembalikan ke masing-masing pembaca