Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif-Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 3 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 102
penggunaan energi alternatif bisa mengurangi kerusakan lingkungan? Apa lagi
yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan?
kerusakan lingkungan. Karena dengan menggunakan energi alternatif, maka
ketergantungan manusia akan energi yang tidak dapat diperbaharui semakin
berkurang misalnya minyak bumi. Pemakaian minyak bumi dapat menyebabkan
kerusakan lingkungan misalnya asap dari pembakaran pabrik, motor dan lainnya
yang dapat memicu pemanasan global.
lingkungan adalah dengan cara berhemat dalam pemakaian energi atau hemat
energi.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 103, 104
Ayo, Hemat Energi!
Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal
pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan
minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat … sangat … sangat panjang.
Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran “Hemat Energi” di
mana-mana. Ketika berjalan pulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti
berbincang- bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada
yang bisa mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk
melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah
sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.
Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau
tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung
menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja,
dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu
satu hal yang bisa Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat
penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak
masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya
membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!
Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai motor untuk urusan apapun. Bahkan
belanja ke warung Mpok Minah di ujung kampung pun, ibu mengendarai motor. Lani
menyadari, ia harus mengingatkan ibu untuk menggunakan kendaraan seperlunya. Ibu
perlu menghemat bahan bakar motor. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan
kaki atau naik sepeda. Lebih hemat, lebih murah, dan lebih sehat! Hmm,.. Udin
dan Siti jadi berpikir keras. Pasti ada yang bisa mereka lakukan untuk mengajak
keluarga dan warga sekitar menghemat energi. Walaupun masih anak-anak, mereka
pun menggunakan hak mereka sebagai pemakai energi. Jadi, mereka pun mempunyai
kewajiban untuk melakukan penghematan. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa
menjadi pengingat warga.
hemat Energi!
Berdasarkan teks di atas analisis pertanyaan berikut.
1. Mengapa kita perlu menghemat energi?
jika tidak digunakan dengan bijak maka energi tersebut akan habis. Sumber
energi yang tersisa bisa kita manfaatkan lagi di kemudian hari, terutama pada
SDA yang tidak dapat diperbarui. bahkan hingga anak cucu kita bisa merasakan
sumber energi yang ada di bumi.
2. Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi.
menggunakan kendaraan seperlunya saja, menghemat penggunaan listrik, mematikan
tv jika tidak ditonton,
3. Tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi.
tidak ditonton, setiap hari ibu Lani menggunakan motor untuk urusan apapun.
4. Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita di atas.
adalah kita harus dibiasakan menghemat energi sejak dini. Hemat energi berarti
menjaga kelangsungan hidup generasi mendatang.
Ya, selalu berhemat energi juga cara yang paling bijak untuk mengurangi
kerusakan lingkungan. Sebagai bagian dari masyarakat itu adalah kewajiban kita.
Hal-hal apa saja yang sudah kamu dilakukan untuk menghemat energi?
Gunakan Air secukupnya. Dalam kehidupan air
adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, maka gunakanlah
air dengan abik serta secukupnya. Misalnya biasakan menggunakan air saat mandi
atau pun aktifitas yang menggunakan air secara wajar jangan
menghambur-hamburkan nya.
Matikan pompa air. Kebanyakan orang jarang
mengontrol bak mandi atau pun tempat air lainnya sat pengisian air, kini
biasakan selalu mematikan mesin air bila bak mandi atau tempat penyimpanan air
yang lainnya telah terisi penuh.
Matikan peralatan listrik bila tidak
digunakan. Mematikan peralatan listrik di rumah bila tidak kita gunakan, adalah
salah satu cara menghemat energi.
Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat
energi. Pilihlah peralatan rumah tangga saat anda membelinya yang hemat akan
energi.
Gunakan kendaraan secara bersama-sama. Saat
anda kendaraan dalam melakukan kegiatan sehari-hari gunakan secara
bersama-sama, misalnya saat anda akan pergi kerja berangkat lah lebih pagi
serta antarkan anak-anak anda ke sekolah terlebih dahulu.
Kurangi penggunaan kendaraan. Jika kegiatan
sehari-hari anda memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh maka hindari
menggunakan kendaraan bermotor, gunakan alat transpormasi yang lain misalnya
bersepedah.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman
105
amatilah lingkunganmu. Tulislah fakta-fakta yang kamu temui mengenai kesadaran masyarakat
dalam menghemat energi. Kamu dapat melakukan wawancara kepada ketua RT atau
warga di lingkunganmu.
fakta-fakta yang kamu temukan pada tabel berikut.
yang dilakukan masyarakat.
- Warga
selalu mematikan lampu saat siang hari. - Ada
warga yang membiarkan kran air tetap terbuka sehingga air terus keluar. - Ada
warga yang membiarkan lampu teras tetap menyala di siang hari. - Ada
warga yang belum menggunakan alat listrik hemat energi. - Ada
warga yang bepergian menggunakan kendaraan bersama-sama. - Tetanggaku
selalu mematikan komputer ketika tidak digunakan - Ayahku
selalu mematikan tv ketika selesai menonton tv. - Banyak
anak menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah - Banyak
warga menggunakan motor untuk pergi ke warung - Banyak
warga membiarkan lampu halaman menyala di siang hari
fakta yang kamu temukan kelompokkan hal yang sudah baik dan hal yang belum baik.
Hal yang sudah baik
|
Hal yang belum baik
|
Warga
selalu mematikan lampu saat siang hari. |
Ada
warga yang membiarkan kran air tetap terbuka sehingga air terus keluar. |
Ada
warga yang bepergian menggunakan kendaraan bersama-sama. |
Ada
warga yang membiarkan lampu teras tetap menyala di siang hari. |
Tetanggaku
selalu mematikan komputer ketika tidak digunakan |
Ada
warga yang belum menggunakan alat listrik hemat energi. |
Ayahku
selalu mematikan tv ketika selesai menonton tv. |
Ada
warga yang selalu menggunakan motor ke warung |
Banyak
anak menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah |
Banyak
warga membiarkan lampu halaman menyala di siang hari |
Apa yang bisa kamu simpulkan. Apakah warga di sekitarmu sudah hemat energi.
Jelaskan.
melakukan kegiatan hemat energi. Kebanyakan mereka semua belum memahami akan
pentingya untuk hemat energi, sehingga masih banyak yang belum melakukan
tindakan hemat energi.
2. Apa dampak dari tindakan yang dilakukan.
menghemat energi mengakibatkan dampak jangka panjang. Jika hal ini dilakukan
secara terus menerus, maka dapat menyebabkan kelangkaan energi, khususnya
energi yang tidak dapat diperbaharui sehingga semua orang akan terkena
dampaknya.
3. Tulislah saranmu.
menghemat energi karena energi yang ada jumlahnya terbatas.
Menghemat energi adalah kewajiban seluruh masyarakat. Dengan menghemat energi
kita ikut menjaga lingkungan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 106
Ayo
Mencoba
sedang berpikir bagaimana cara menghemat energi. Setiap hari dia pergi ke
sekolah diantar motor oleh ayahnya. Kata ayah Lani setiap hari untuk mengantar
jemput, memerlukan 1/4 liter bensin. Lani mencoba menghitung selama 6 hari
berapa liter bensin yang dibutuhkan. Bantu lani ya.
Karena jarak rumah yang tidak terlalu jauh. Lani memutuskan untuk berangkat ke
sekolah dengan menggunakan sepeda. Lani sudah berhemat energi. Bagaimana dengan
kamu? Apakah kamu punya cara untuk berhemat energi?
yang saya lakukan untuk berhemat energi adalah
berjalan kaki atau naik sepeda saat mau ketempat yang tidak terlalu jauh
keran air jika sudah tidak digunakan
lampu penerangan rumah jika sudah tidak digunakan
Tv saat perlu saja, dan mematikannya jika sudah tidak ingin di tonton
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 107, 108, 109
Tahukah kamu?
Ketika pembilang pecahan nilainya lebih besar dari penyebutnya, maka pecahan
tersebut dapat dituliskan dalam bentuk pecahan campuran.
Ketika pembilang dan penyebutnya mempunyai nilai yang sama, maka pecahan
tersebut sama dengan satu. Amatilah pecahan-pecahan berikut.
kamu ubah pecahan campuran 1 ¾ menjadi
pecahan biasa.
pecahan campuran.
kamu bagi antara pembilang dan penyebutnya.
dapat kamu simpulkan untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran.
membagi pembilang
campuran.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 110, 111
Ubahlah pecahan berikut ke dalam pecahan
campuran.
bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa? Diskusikan kembali dengan
kelompokmu.
campuran
menjadi pembilang pada pecahan biasa
pecahan biasa.
kesimpulanmu?
juga dapat di ubah menjadi pecahan biasa.
kesimpulanmu?
membagi pembilang dengan penyebut yang nilai hasil baginya sama dengan bilang
bulat tersebut.
dan penyebutnya sama sehingga jika pembilang dan penyebut di bagi, maka akan
menghasilkan bilangan bulat 1.
pembilangnya.
Jawab
kesimpulanmu?
campuran
menjadi pembilang pada pecahan biasa
1. Apa hubungan antara pecahan biasa dan pecahan campuran.
penyebutnya.
2. Bagaimana mengubah pecahan biasa ke dalam pecahan campuran.
membagi pembilang
campuran.
3. Bagaimana mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa.
campuran
menjadi pembilang pada pecahan biasa
4. Cara mana yang menurutmu paling mudah untuk mengubah pecahan biasa ke
pecahan campuran?
dijumlahkan dengan pembilang pecahan.
5. Cara mana yang menurutmu paling mudah untuk mengubah pecahan campuran ke
pecahan biasa?
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 112
Berbagai hal sederhana yang dilakukan Lani untuk menghemat energi juga bisa
kita contoh. Coba kamu bayangkan kalau sebagian besar orang di lingkunganmu
pergi ke sekolah dengan sepeda atau berjalan kaki, Seberapa besar energi yang
bisa dihemat. Ayo coba lakukan seperti lani ya.
sepeda atau berjalan kaki maka energi yang dapat di hemat sangat besar sekali.
Karena dapat menghemat pemakaian bahan bakar bensin yang asalnya adalah dari
minyak bumi. Jadi dengan bersepeda atau jalan kaki secara tidak langsung dapat
menghemat pemakaian sumber energi minyak bumi.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
3 Pembelajaran 2 Halaman 113
Ayo
Renungkan
apa yang kamu pelajari hari ini?
tentang hemat energi. Dimana sikap hemat dalam pemakaian energi sangat besar
manfaatnya untuk masa depan. Karena dengan berhemat energi maka kita sama saja
sudah menyelamatkan generasi masa depan akan krisis energi.
warga di sekitarmu menghemat energi? Jelaskan?
terlalu memperhatikan pentingnya hemat energi. Hal ini dapat dilihat dari masih
banyaknya warga yang aktivitas sehari harinya menggunakan kendaraan bermotor,
padahal jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.
lampu penerangan jalan di luar rumah mereka walaupun hari sudah terang.