Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di
Lingkungan Rumahku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 1 kegiatan pembelajaran
2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Sebelumnya
kamu sudah belajar tentang tanaman padi. Betapa banyak manfaat padi. Sebagian
besar orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan utama. Begitu juga Beni.
Beni makan nasi sebagai makanan pokoknya.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman
7, 8
Ayo Berdiskusi
Setiap
hari Beni, Adik, dan kedua orangtuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga
Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni
selalu berpesan, ambil secukupnya.
Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah
kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau
menghabiskannya. Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya.
Dia selalu mengambil secukupnya.
Diskusikan dengan kelompokmu.
1. Apa yang dilakukan adik Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Adik Beni
sering tidak menghabiskan nasinya ketika makan dengan alasan ia sudah kenyang.
Walaupun Ibu Beni sudah mengingatkan akan tetapi masih saja nasinya tidak
dihabiskan.
2. Apa yang dilakukan Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Beni
selalu menghabiskan makanannya karena dia mengambil makanan secukupnya saja
3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap makanan? Beni atau
adiknya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Menurut
saya sikap Beni terhadap makanan lebih bijak dibanding adiknya karena Beni
selalu menghabiskan makanannya dan mengambil secukupnya saja berbeda dengan
adiknya yang tidak menghabiskan makanannya. Dengan tidak menghabiskan makanan
yang kita makan maka makanan itu akan mubazir. Maka kita tidak boleh
menyia-nyiakan makanan, ambilah makanan secukupnya saja jangan berlebihan.
4. Ketika adik Beni membuang makanan, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan
alasanmu.
Jawab
Pihak
yang dirugikan adalah ayah dan ibu yang telah berusaha mencari dan menyediakan
makanan tersebut untuk anak-anaknya. Pihak lain yang dirugikan adalah para
petani karena mereka dengan susah payah menanam padi sampai menjadi beras.
5. Ketika adik Beni makan malam, apakah dia sudah mendapatkan haknya? Jelaskan
alasanmu.
Jawab
Saat
makan malam adik Beni sudah mendapatkan Haknya yaitu iya diberi kebebasan untuk
mengambil makanannya sendiri.
6. Ketika adik Beni membuang makanannya, apakah dia sudah melaksanakan
kewajibannya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Ketika
adik Beni membuang makanan berati dia belum melaksanakan kewajibannya.
Seharusnya kita bijak dalam memanfaatkan makanan. Sebagai bentuk kewajiban kita
terhadap makanan adalah mengambil secukupnya dan menghabiskannya.
7. Ketika Beni menghabiskan makanannya, apakah dia sudah melaksanakan
kewajibannya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Ketika
Beni menghabiskan makananya berarti Beni telah melaksanakan kewajibannya, kita
tidak boleh menyia-nyiakan makanan, kita harus bijak memanfaatkan makanan.
Tanaman mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk makanan, tanaman
juga menghasilkan oksigen. Kita berhak menikmati manfaat dari tanaman. Namun,
kita juga wajib untuk bijak menggunakannya. Salah satu cara bijak dalam
menikmati manfaat dari tanaman adalah dengan tidak membuang-buang makanan.
Bayangkan kalau semua orang seperti adik Beni, berapa banyak nasi yang terbuang
sia-sia setiap hari? Berapa banyak sumber daya alam dan energi yang terbuang
setiap hari?
Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu memanfaatkan makananmu dengan baik?
Karena
ternyata untuk memperoleh sepiring nasi dibutuhkan perjuangan panjang dari
mulai menanam padi sampai tersedia sepiring nasi.
Perhatikan gambar berikut.
Amati
gambar berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman
9, 10
Berdasarkan
gambar di atas diskusikan.
Pertanyaan |
Gambar A |
Gambar B |
Gambar C |
Apa |
Menebang |
Menanam |
Merusak |
Apakah tindakan |
Kurang |
Baik |
Tidak |
Dampak |
Hutan |
Lingkungan |
Banyak |
Dampak |
Hutan |
Orang |
Jika |
Apakah |
Ya, |
Tidak, |
Ya, |
Apakah |
Belum, |
Sudah, |
Belum |
Apakah |
Kita |
Menanam |
Kita |
Bijak
memanfaatkan tumbuhan berarti kita menghematnya, tidak membuang-buangnya, tidak
mengambil secara berlebih dan tidak merusaknya. Ketika kita tidak memanfaatkan
tumbuhan dengan baik berarti kita sudah mengambil hak orang lain untuk
menikmati lingkungan yang nyaman. Sekarang, lihatlah diri kamu. Apakah kamu
sudah memanfaatkan tumbuhan dengan bijak.
Pernyataan |
Uraian |
Contoh |
Merawat |
Dampak |
Tanaman |
Contoh |
Membiarkan |
Dampak |
Tanaman |
Apa |
Tanaman |
Mengambil
makanan secukupnya adalah hal yang bijak yang bisa dilakukan untuk menghemat
makan. Kamu berkewajiban menghemat makanan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman
11, 12, 13
Ayo Berlatih
Tahukah kamu bahwa diperkirakan 1,3 miliar ton makanan hilang atau dibuang
setiap tahunnya. Fakta dari PBB. Diperkirakan 1,3 miliar ton adalah bilangan
taksiran. Sekarang, bagaimana cara menaksirkan bilangan desimal?
Untuk menaksirkan bilangan desimal kamu bisa membulatkannya. Caranya hampir
sama dengan kamu membulatkan bilangan bulat.
Diskusikan
dengan temanmu, cara membulatkan bilangan desimal.
Jawab
Cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat adalah
dengan melihat angka persepuluhannya.
Jika angka persepuluhannya ≥ 5 yaitu 5, 6, 7, 8 atau 9, maka kita
bulatkan ke atas yaitu angka satuannya bertambah 1 dan angka dibelakang komanya
menjadi nol
Jika angka persepuluhannya < 5 yaitu 4, 3, 2, 1 atau 0, maka kita
bulatkan ke bawah yaitu angka satuannya tetap dan angka dibelakang komanya
menjadi nol
Contoh:
26,71
Karena angka persepuluhannya ≥ 5, yaitu 7 > 5, maka kita bulatkan ke
atas yaitu dibulatkan menjadi 27
26,71 = 27
8,2
Karena angka persepuluhannya < 5, yaitu 2 < 5, maka kita bulatkan
ke bawah yaitu dibulatkan menjadi 8
8,2 = 8
13,81
Karena angka persepuluhannya ≥ 5, yaitu 8 > 5, maka kita bulatkan ke
atas yaitu dibulatkan menjadi 14
13,81 = 14
4,975
Karena angka persepuluhannya ≥ 5, yaitu 9 > 5, maka kita bulatkan ke
atas yaitu dibulatkan menjadi 5
4,975 = 5
Jika
bilangan desimal setelah koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas Jika
bilangan desimal setelah koma kurang dari 5, maka dibulatkan ke bawah
Misalkan
bulatkan nilai 5,3
Lebih
dekat kemanakah bilang 5,3? Ke 5,0 atau 6,0? Jelaskan.
Jawab
5,3 lebih
dekat ke 5,0 dari pada ke 6,0. Karena jarak 5,3 ke 5,0 hanya 3 skala sedangkan
5,3 ke 6,0 jaraknya 7 skala.
Bilangan 5,3 lebih dekat ke 5,0 daripada ke 6,0 sehingga 5,3 dibulatkan menjadi
5,0
Letakkan bilangan 5,23 ke garis bilangan berikut
Lebih
dekat ke manakah bilang 5,23? Ke 5,20 atau 5,30? Jelaskan?
Jawab
Bilangan
5,23 lebih dekat ke 5,20 daripada ke 5,30 maka 5,23 dibulatkan menjadi 5,20.
Bagaimana melakukan pembulatan desimal?
Jawab
Cara
melakukan pembulatan desimal bisa dilakukan dengan melihat angka dibelakang
koma. Jika angka dibelakang koma nilainya dibawah 5 maka angka dibelakang koma dibulatkan
ke 0, sedangkan jika angka dibelakang koma 5 atau lebih besar dari 5 maka angka
dibelakang koma di bulatkan ke bilangan atasnya.
Cara selanjutnya
adalah dengan merefleksikan bilangan yang akan di bulatkan ke garis bilangan
Bagimana
melakukan pembulatan ke perseratus terdekat?
Jawab
Pembulatan
perratusan terdekat: jika angka puluhan kurang dari 50 maka dibulatkan ke bawah
menjadi 0, jika angka puluhan sama dengan 50 atau lebih maka dibulatkan ke atas
menjadi 1 ratusan.
Misalkan
bilangan 2,456. Coba bulatkan ke seperseratus terdekat? Jelaskan
alasanmu.
Jawab
2,456
jika dibulatkan ke seperseratus terdekat adalah
Yang
menduduki posisi perseratus adalah 5
Disamping
kanan angka 5 adalah 6 yang nilainya lebih besar dari 5
Maka:
2,456 dibulatkan menjadi 2,46
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman
13
Siti dan
teman-temannya melakukan observasi untuk mengukur tinggi tanaman di sekitarnya.
Berikut adalah data yang Siti temukan.
Nama Tanaman |
Dalam centimeter |
Dalam meter (dibagi 100) |
Pembulatan ke Persepuluh terdekat |
Jambu |
136 |
1,36 |
1,4 |
Mangga |
125 |
1,25 |
1,3 |
Cocor |
33 |
0,33 |
0,3 |
Mawar |
56 |
0,56 |
0,6 |
Melati |
24 |
0,24 |
0,2 |
Temukan
bilangan-bilangan desimal di sekitarmu. Lalu mintalah temanmu untuk
membulatkannya.
Soal |
Jawaban |
Panjang |
Panjang |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman
14
Ayo
Mengamati
Bagaimana cara melakukakan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat?
Jawab
Cara melakukan
pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat adalah dengan cara melihat angka
dibelakang koma. Jika angka di belakang koma adalah kurang dari 5 maka di bulatkan
menjadi 0, sedangkan jika angka dibelakang koma adalah 5 atau lebih besar dari
5 maka dibuatkan ke angka atasnya 1 nilai.
Contoh :
0,3
dibulatkan menjadi 0
0,5
dibulatkan menjadi 1
Bagimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke persepuluh?
Jawab
Lihat
bilangan desimal yang menempati nilai tempat perseratus/peratusannya
Jika nilai perseratusnya 0-4 maka persepuluhannya tidak ditambah
Jika nilai perseratusnya 5-9 maka persepuluhnya ditambah 1 angka
Contoh:
3,43 dibulatkan
menjadi 3,4
3,46
dibulatkan menjadi 3,5
Bagaimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke perseratus?
Jawab
Jika
angka yang menempati nilai perseribu kurang dari 5 (<5) maka angka tersebut
dibulatkan ke perseratus di bawahnya. Misalnya:
0,254
dibulatkan ke perseratus terdekat menjadi 0,25.
Jika
angka yang menempati nilai perseribu lebih dari atau sama dengan 5 (>5) maka angka tersebut
dibulatkan ke perseratus di atasnya. Misalnya:
0,389
dibulatkan ke perseratus terdekat menjadi 0,39.
Bagaimana
cara melakukan pembulatan bilangan desimal
Jawab
Cara melakukan pembulatan bilangan desimal ke bilangan bulat adalah dengan
melihat angka persepuluhannya.
Jika angka persepuluhannya ≥ 5 yaitu 5, 6, 7, 8 atau 9, maka kita
bulatkan ke atas yaitu angka satuannya bertambah 1 dan angka dibelakang komanya
menjadi nol
Jika angka persepuluhannya < 5 yaitu 4, 3, 2, 1 atau 0, maka kita
bulatkan ke bawah yaitu angka satuannya tetap dan angka dibelakang komanya
menjadi nol
Apa
manfaat pembulatan bilangan desimal?
Jawab
Manfaat
membulatkan bilangan pecahan desimal adalah untuk mempermudah dalam proses
pengerjaan hitung bilangan pecahan desimal.
Untuk lebih
mudah menentukan angka penting dalam suatu bilangan
Bagaimana pembulatan membantumu memecahkan masalah?
Jawab
Dengan
pembulatan pecahan desimal pengerjaan hitung menjadi lebih mudah walaupun
hasilnya tidak seakurat bilangan asalnya.
Ayo Berkreasi
Saatnya kamu berkreasi membuat kolase dari bentuk dari tumbuhan yang ada di
sekitarmu.
Apa itu kolase? Kolase merupakan karya seni tempel pada permukaan gambar.
Amatilah kolase berikut.