Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk
Hidup di Lingkunganku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran
2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 2 Halaman 54
Ayo Berdiskusi
Dayu dan Si Mungil
Sudah sejak lama Dayu ingin punya binatang peliharaan. Dayu ingin memelihara
kucing. Dulu, ibu berjanji Dayu boleh memelihara kucing ketika Dayu sudah cukup
besar. Kata ibu, Dayu bisa mempunyai binatang peliharaan jika sudah mandiri dan
bisa bertanggung jawab.
Sekarang Dayu sudah kelas 4 SD. Senang sekali hatinya ketika suatu hari ibu
memberinya ijin untuk memelihara seekor kucing. Setiap sore, kucing belang
berwarna hitam-putih itu berkeliaran di halaman rumah Dayu. Dayu memberinya
nama Si Mungil, sesuai dengan tubuh mungilnya.
Benar kata ibu, ternyata memelihara binatang membutuhkan tanggung jawab. Pantas
saja. Seandainya Dayu masih kecil, belum mandiri dan belum bisa mengurus
dirinya sendiri, tentu Si Mungil menjadi tidak terurus. Setiap hari, Dayu
bertanggung jawab untuk memberi makan Si Mungil. Dayu juga harus menjalankan
kewajiban untuk membersihkan kotoran si Mungil. Ibu juga meminta Dayu untuk
rutin membersihkan keranjang tidur Si Mungil.
Dayu pun menjalankannya dengan senang hati. Ia sayang pada Si Mungil. Dayu
tahu, ia harus memberi hak Si Mungil untuk hidup terurus, nyaman, dan senang
tinggal bersama Dayu. Ibu memberi Dayu hak memelihara binatang. Dayu pun harus
menjalankan kewajiban untuk mengurus kebutuhan Si Mungil.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 2 Halaman 55, 56
Berdasarkan teks di atas diskusikan pertanyaan berikut.
1. Hewan apa
yang dipelihara Dayu?
Jawab
Kucing.
2. Bagaimana
perasaan Dayu ketika memelihara hewan peliharaan?
Jawab
Perasaan
Dayu sangat senang sekali
3. Apa yang
dilakukan Dayu terhadap hewan peliharaannya?
Jawab
Dayu memberi
makan, membersihkan kotoran, dan membersihkan keranjang tidur Si Mungil.
4. Apakah
Dayu sudah mendapatkan haknya? Jelaskan.
Jawab
Dayu
sudah mendapatkan haknya yaitu memelihara kucing.
5. Apakah
Dayu sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan.
Jawab
Dayu sudah
melaksanakan kewajibanya dengan memberi makan, membersihkan kotoran, dan
membersihkan keranjang tidur Si Mungil
6. Apakah
Dayu sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang?
Jawab
Sudah. Dayu
mendapatkan haknya untuk memelihara kucing dan melaksanakan kewajibannya yaitu
memberi makan, membersihkan kotoran, dan membersihkan keranjang tidur Si Mungil
Sampaikan hasilnya di depan kelas.
Tulislah hak dan kewajiban kita terhadap hewan peliharaan.
Tulislah |
Tulislah |
Bermain dengan hewan peliharaan |
Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan |
Mendapatkan hiburan dari hewan peliharaan |
Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan |
Hilang dari rasa kesepian |
Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang |
Mendapat rasa gembira saat mempunyai binatang peliharaan |
Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit |
Mendapat kepuasan hati |
Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang |
Tulislah dampak jika kamu melaksanakan kewajiban terhadap hewan
peliharaan.
Kewajiban |
Dampak |
Dampak bagi |
Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan |
Hewan menjadi sehat |
Tidak ada hewan peliharaan yang berkeliaran mencari makan |
Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan |
Hewan bersih dari kotoran dan kutu |
Lingkungan tidak terganggu dengan adanya hewan peliharaan |
Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang |
Hewan dapat hidup dengan baik |
Lingkungan tertib |
Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit |
Hewan menjadi sehat |
Lingkungan tidak khawatir adanya penyakit menular dari hewab |
Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang |
Hewan menjadi penurut |
Lingkungan hidup damai |
Tulislah dampak jika kamu tidak melaksanakan kewajiban terhadap hewan
peliharaan.
Kewajiban |
Dampak |
Dampak |
Memberi Makan dan Minum Hewan Peliharaan |
Hewan menjadi kelaparan dan haus |
Menimbulkan suara berisik |
Membersihkan / Memandikan Binatang Peliharaan |
Hewan menjadi kotor dan tidak sehat |
Dapat menimbulkan penyakit |
Memberikan Kandang yang Baik dan Membersihkan Kandang |
Hewan tidak bisa tidur dengan baik |
Hewan berkeliaran kemana-mana |
Mengobati Ketika Sakit dan Memberi Vaksin Penyakit |
Hewan menjadi sakit |
Dapat menularkan penyakit kepada manusia |
Memberikan Perhatian dan Kasih Sayang |
Hewan menjadi liar dan tidak terurus |
Dapat mengganggu ketentraman lingkungan |
Ketika kita mempunyai hewan peliharaan kita wajib merawatnya. Ketika
kita merawatnya dengan baik akan membuat hewan peliharaan kita sehat. Misalkan
memberi makan, membersihkan, memberikan tempat yang bersih, mengobati jika
sakit, dan menyayanginya. Bayangkan jika hewan peliharaan kita kotor pasti akan
mengganggu lingkungan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 2 Halaman 57
Bagaimana dengan kamu, apakah kamu mempunyai hewan peliharaan. Apakah kamu
sudah merawatnya. Tulislah ceritamu. Hal-hal yang kamu tulis:
- Hewan
peliharaanmu. - Kenapa
kamu merawatnya. - Bagaimana
kamu merawatnya. - Apakah
kamu sudah melaksanakan kewajiban. - Dampak
bagi hewan peliharaan dan lingkunganmu. - Apakah
kamu sudah mendapatkan hak. - Apakah
kamu sudah melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
Jawab
Kelinciku Yang Manis
Di rumah aku memelihara seekor kelinci berbulu hitam. Kelakuannya yang
menggemaskan dan tingkah lakunya yang selalu aktif sehingga aku menamakan di Si
Manis. Kelinci tersebut belum lama kupelihara, baru sekitar dua mingguan. Si
Manis kuperoleh sebagai hadiah kenaikan kelas dari ibuku.
Aku memelihara Si Manis dengan penuh perhatian, setiap pagi sebelum berangkat
ke sekolah aku selalu memberinya makan dan minum. Setiap hari minggu aku juga
membersihkan kandang Si Manis. Si manis sekarang tumbuh dengan sehat.
Biasanya sepulang sekolah si manis kukeluarkan dari kandang agar dia bisa
bergerak bebas. Setelah penat belajar biasanya aku bermain-main dengan Si
Manis. Aku merasa terhibur dan merasa sangat senang. Tingkah lakunya yang lucu,
gerakan kepalanya manggut-manggut selalu membuat aku tertawa. Apalagi kalau dia
mengendus-endus kakiku, ada rasa geli tapi aku sangan menyukainya.
Tidak lupa setiap minggu aku juga memeriksan kesehatan Si Manis ke dokter hewan
agar kesehatannya tetap terjaga. Aku merasa sangat senang memiliki Si Manis
karena dapat menghiburku sehingga aku merasa senang. Si manispun mungkin dalam
hatinya merasa senang karena diperhatikan dan dipelihara dengan baik.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 2 Halaman 57, 58
Ayo Mencoba
Dayu selalu memberikan minum untuk kucing peliharaannya. Setiap kali minum
kucingnya menghabiskan 3/4 gelas kecil. Jika kucing Dayu minum selama 5 kali.
Berapa banyak air yang dibutuhkan. Taksirkan hasilnya.
Jawab
Setiap kali minum = ¾
Banyaknya minum = 5 kali
Ditanya : Banyak air yang di butuhkan
Pecahan ¾ di bulatkan menjadi 1 ( karena ¾ lebih dekat ke 1)
Sehingga
Banyak air yang dibutuhkan = 5 x 1 = 5 gelas
Bagaimana menaksirkan hasil perkalian pecahan?
Masih ingatkan kamu dengan pecahan acuan? Pecahan acuan adalah 0, 1/2 , 1.
Taksirkan nilai berikut:
Apa yang
bisa kamu simpulkan. Bagaimana cara menaksirkan perkalian pecahan?
Jawab
Untuk menaksir perkalian pecahan dapat dilakukan menggunakan pecahan
acuan yaitu 0, 1/2, dan 1, apabila nilai pecahan mendekati nol maka dibulatkan
ke bawah, apabila pecahan mendekati setengah maka dibulatkan ke setengah, dan
apabila pecahan mendekati 1 maka dibulatkan ke atas
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 2 Halaman 59
Buatlah soal perkalian dari bilangan berikut.
Mintalah temanmu untuk menaksirkan hasilnya.
Soal |
Jawaban |
3/7 x 4 |
3/7 mendekati 0 sehingga dibulatkan menjadi 0. Hasil perkalian = 0 x 4 |
1/7 x 5/9 |
1/7 lebih dekat ke nol sehingga dibulatkan menjadi 0 dan 5/9 lebih |
3 4/5 x 5 1/8 |
4/5 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. 1/8 lebih dekat ke |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 2 Halaman 60
Ayo Berkreasi
Amati mozaik, diskusikan dengan teman kelompokmu
1. Apa itu mozaik?
Jawab
Mozaik adalah karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang
dibuat dengan menempelkan potongan-potongan bahan.
2. Bagaimana teknik membuatnya?
Jawab
Teknik membuatnya dengan menempelkan bahan-bahan seperti biji-bijian,
daun, pecahan kaca, pecahan keramik atau lainnya dengan lem pada bidang datar (kertas
tebal)
3. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat mozaik?
Jawab
Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat mozaik adalah
a.Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih
b.Menentukan bahan yang akan digunakan. Pada mozaik, bahan yang digunakan hanya satu jenis saja.
c.Memotong bahan menjadi potongan kecil-kecil.
d.Menempelkan potongan-potongan bahan pada gambar.