Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita Ku Pembelajaran 2 ini membahas mengenai
Cita – cita dan keragaman cita-cita.
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Aku dan Cita – Cita ku Pembelajaran 2 ini juga
mempelajari tentang membuat ringkasan dari suatu wacana.
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 2 Aku dan Cita – cita ku Halaman 12
Ayo Bernyayi
Nyanyikan lagu di
bawah ini bersama-sama dengan temanmu
Bagaimana
kamu menyanyikan lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” tersebut?
Jawab
Saya menyanyikan lagu kupu-kupu yang lucu dengan baik,
sesuai dengan ketukan nada yang ada
Apakah
kamu menyanyikan dengan cepat?
Jawab
Tidak.. saya menyanyikan lagu kupu-kupu yang lucu
dengan lambat
Apakah
kamu menyanyikan dengan lambat?
Jawab
Iya..saya menyanyikan lagu kupu-kupu yang lucu dengan lambat
Bagaimana
perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Jawab
Perasaan saya jika menyanyikan lagu kupu-kupu yang
lucu dengan cepat terasa tidak nyaman, lagunya juga menjadi tidak enak di
dengar
Setiap
hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air
dapat berasal dari air hujan atau sumber air.
Coba
bandingkan dengan lagu berikut!
Jawab
Lagu Kupu-kupu yang lucu dengan lagu tik tik bunyi
hujan memiliki tempo yang berbeda. Jika lagu kupu – kupu yang lucu mempunyai
tempo 4/4 sehingga terdapat 4 ketukan dalam satu birama. Sedangkan lagu Tik-Tik
Bunyi Hujan mempunyai tempo 2/4 sehingga mempunyai 2 ketukan dalam satu birama.
Hal ini menandakan lagu kupu-kupu yang lucu dinyayikan dengan lambat sedangkan
lagu tik tik bunyi hujan dinyanyikan dengan tempo sedang ( Moderato )
Tanda Tempo Pada Lagu
Tempo lagu adalah
cepat atau lambatnya lagu yang dinyanyikan. Berikut ini beberapa istilah tempo
lagu :
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Aku
dan Cita – cita ku Halaman 14
Ayo Mengamati
Amatilah
kembali penulisan lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi
Hujan” di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut.
Kemudian, cocokkan dengan keterangan
atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu
berikut.
1.
Tanda tempo apakah yang terdapat pada
notasi lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi
Hujan”?
Jawab
Tanda
tempo yang terdapat pada notasi lagu Kupu-Kupu yang Lucu adalah 4/4 ( Lento )
Sedangkan
Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan adalah 2/4 (
Moderato )
2.
Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu
“Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”
tersebut?
Jawab
Perbedaan tempo pada lagu Kupu – Kupu yang Lucu dengan
Tik-Tik Bunyi Hujan adalah jika lagu Kupu-Kupu yang Lucu mempunyai tempo 4/4 artinya
terdapat 4 ketukan dalam satu birama. Sedangkan lagu Tik-Tik Bunyi Hujan mempunyai
tempo 2/4 artinya mempunyai 2 ketukan dalam satu birama.
3.
Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah
tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Jawab
No |
Judul |
Tempo |
1 |
Bintang Kecil |
4/4 ( Lambat ) |
2 |
Naik Delman |
2/4 ( Allegro ) |
3 |
Potong Bebek Angsa |
2/4 ( Allegro ) |
4 |
Pelangi-Pelangi |
2/4 ( Sedang ) |
Ayo Membaca
Simaklah puisi
berikut!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Aku
dan Cita – cita ku Halaman 16
Ayo Berlatih
Setelah
menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Apakah judul puisi tersebut?
Jawab
Judul puisi tersebut adalah cita – citaku
2.
Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
Jawab
Kesukaan ku
3.
Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
Jawab
Jumlah bait dalam puisi diatas adalah 3 bait
4.
Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
Jawab
Jumlah baris pada setiap bait puisi diatas adalah 4
baris
Ayo Mengamati
Perhatikan
kembali puisi “Cita-Citaku” dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir
pada setiap baris puisi!
Perhatikan
contoh berikut!
Suara
indah alat musik
—————————- i
Alunannya
tenang mendayu ———————- u
Seakan
selalu berbisik
—————————– i
Aku
selalu ada untukmu
————————— u
Aku
suka alat musik itu —————————-
u
Karena
itu aku ingin menjadi pemainnya ——– a
Inilah
cita-citaku
———————————–
u
Menjadi
pemain biola
—————————— a
Langkah-langkah
kujalani ————————- i
Semua
cobaan kulewati —————————- i
Untuk
mendapatkan apa yang kuinginkan ——-
a
Semua
akan kuperjuangkan ————————
a
Apakah
kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi
di atas?
Tuliskan
kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Jawab
Bunyi akhir setiap baris pada puisi diatas mempunyai
keteraturan seperti i-u-i-u. Keteraturan bunyi akhir setiap baris membentuk
pola tertentu.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 2 Aku dan Cita – cita ku Halaman 17
Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!
Kupu-kupu
terbang ke sana ke mari
Mencari
bunga-bunga yang sedang mekar
Sungguh
indah warna sayapmu yang menari
Berpadu
dengan indahnya bunga yang mekar
Bagaimanakah
bunyi akhir baris-baris pada bait puisi tersebut?
Tuliskan
jawabanmu pada kolom berikut!
Kupu-kupu
terbang ke sana ke mari ———— i
Mencari
bunga-bunga yang sedang mekar ———— r
Sungguh
indah warna sayapmu yang menari ———— i
Berpadu
dengan indahnya bunga yang mekar ———— r
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 2 Aku dan Cita – cita ku Halaman 18
Ayo Mencoba
Carilah
sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di
majalah anak atau koran anak. Guntinglah
dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber
informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal
terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan
teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil
temuanmu. Apakah kesimpulanmu?
Jawab
Kesimpulan saya adalah bahwa puisi itu terdiri dari
kumpulan beberapa baris yang tersusun menjadi bait. Pada puisi minimal paling
sedikit harus mempunyai satu bait. Puisi mempunyai ciri pada bunyi vokal akhir
pada baris-barisnya yang disebut rima. Rima pada puisi membantuk pola yang
bermacam macam tergantung dari si pembuat puisi. Ada puisi yang rimanya a-b-a-b,
ada rimanya a-a-a-a, ada juga rima nya a-a-b-b ada juga yang mempunyai rima a-b-b-a.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 2 Aku dan Cita – cita ku Halaman 21
Ayo Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.
Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3.
Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang
tersebut.
4.
Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Jawab
Perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang adalah
kupu-kupu mengalami metamorphosis sempurna sedangkan belalang mengalami
metamormofis tidak sempurna. Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur, larva,
pupa dan imago sedangkan daur hidup belalang dimulai dari telur, nimfa dan
imago. Perubahan bentuk tubuh kupu-kupu dari telur menetas sampai dewasa sangat
ekstrim sedangkan perubahan bentuk tubuh belalang dari telur menetas tidak
terlalu ekstrim. Bentuk tubuh pada setiap tahap daur hidup kupu-kupu
berbeda-beda, sedangkan bentuk tubuh pada setiap tahap daur hidup belalang
cenderung mirip. Kupu-kupu mengalami masa puasa saat menjadi pupa, sedangkan
belalang tidak mengalami masa kepompong.
Dapatkah
kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak
sempurna?
Jawab
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:
Nyamuk, Lalat, Ngengat
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak
sempurna: Earwig atau
cocopet,Capung, Kepik, Kecoak
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 2 Aku dan Cita – cita ku Halaman 22
Ayo Renungkan
1.
Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
Jawab
Hal baru yang saya temukan hari ini adalah tentang
metamorfosis pada hewan. Ternyata metamorfosis pada hewan itu ada dua yaitu
metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna
2.
Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
Jawab
Keterampilan yang saya kembangkan hari ini adalah
keterampilan dalam membuat dan menganalisis suatu puisi
3.
Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Jawab
Hal yang menarik yang saya alami dalam kegiatan
pembelajaran hari ini adalah saat mengamati daur hidup yang terjadi pada
kupu-kupu dengan melihat gambar-gambar yang ada di perpustakaan sekolah