Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 73
Perhatikanlah
gambar-gambar berikut ini!
Profesi
apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?
Jawab
1.
Pelukis
2.
Sutradara
3.
Penari
4.
Pesulap
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 75
Ayo Membaca
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?
Jawab
Nama
Tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah adalah Tari Gandrung yang berasal dari
daerah Banyuwangi Jawa Timur
2.
Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?
Jawab
Peran
tari gandrung pada saat perjuangan melawan penjajahan adalah Tari Gandrung sebagai
tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan
Bayu tahun 1771
3.
Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari
daerah?
Jawab
Sikap
dan nilai yang di tunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah adalah Sikap
Nasionalisme karena Bangga dengan kebudayaan daerah dan melestarikan kebudayaan
daerah bahkan mengenalkannya hingga ke mancanegara
4.
Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi
seorang penari?
Jawab
Nilai
yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penari adalah nilai kedisiplinan dan
kerja keras. Sementara sikap yang dibutuhkan adalah tidak pantang menyerah dalam
berlatih.
Adapun
keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan teknik menari seperti : tenkik
gerak tari, pengaturan tempo menari, penjiwaan
5.
Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.
Jawab
- Jejer merupakan gerakan pada babak awal
tarian yang merupakan sebuah rangkaian gerakan yang membuka tarian. Para penari
pada babak ini akan menyanyikan beberapa lagu pembuka dan menari secara
sendiri-sendiri. - Ngibing atau maju merupakan gerakan pada
babak pertengahan dimana pada babak ini para penari mulai bergerak menarikan
tarian seraya memainkan selendangnya dan menari bersama-sama serentak mengikuti
ritme dan irama musik yang mengiringinya. - Seblang subuh merupakan gerakan pada babak
terakhir terakhir tarian dimana gerakan yang dominan pada seblang subuh adalah
gerak perlahan yang penuh penghayatan dengan menggunakan kipas sebagai
properti.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 76 77
Ayo Berdiskusi
1.
Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?
Jawab
Judul : Puisi Penari
Penulis : Hascahya Trilion Laksono
2.
Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?
Jawab
Puisi penari terdiri dari 6 bait
3.
Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?
Jawab
Terdiri dari 12 baris
4.
Bercerita tentang apakah Puisi Penari?
Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut!
Jawab
Puisi penari karya Hascahya Trilion Laksana adalah menceritakan
keindahan seorang penari ketika sedang menari.
Paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut adalah
Penari
itu bergerak dengan anggun. Jemarinya yang lentik berpadu indah dan derap
langkahnya yang gemulai mengikuti irama yang mengalun syahdu. Lirikan matanya
dapat berubah dari tajam menjadi indah. Selendang emasnya mengibas pelan di
lehernya yang mengundang kekaguman. Sang penari terus menari dengan senyum dan
ketulusan. Aku mengagumi gerakanmu yang indah karena engkau menari dengan
hatimu.
5.
Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya
Cita-Citaku Halaman 78
Ayo
Mengamati
Amatilah
gambar tari berikut ini!
Pasangkan keterangan
berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal
tari daerah tersebut!
Ayo Berlatih
Pilihlah
salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.
1. Carilah
informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan
cerita tentang tari pilihanmu.
Jawab
Nama Tari |
Asal Tari |
Cerita Tentang |
Tari Saman |
Aceh |
Tari Saman adalah tari yang berasal dari Aceh. Tari |
Tari Gending Sriwijaya |
Sumatera Selatan |
Tari Gending Sriwijaya difungsikan untuk menyambut |
Tari Jaipong |
Jawa Barat |
Tari |
2. Carilah
informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.
Jawab
Nama Tari |
Gerakan Tari |
Tari |
Tarian |
Tari |
Di |
Tari |
Gerakan |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 80, 81
Ayo Membaca
Berdasarkan
bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan
kegiatan berikut.
1.
Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan
terhadap kehidupan manusia.
2.
Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.
Jawab
Manfaat
tumbuhan bagi lingkungan sekitar adalah
·
Membantu lingkungan untuk menyediakan
oksigen.
·
Membuat udara yang ada di sekitar jadi
sejuk.
·
Menahan air hujan biar tidak terjadi
erosi.
·
Sebagai pelindung tanah yang miring biar
tidak mudah longsor.
·
Menghasilkan bermacam buah-buahan.
·
Menghasilkan kayu yang bisa dipakai untuk
bahan bangunan.
·
Tempat berteduh untuk berbagai makhluk
hidup lainnya
3.
Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.
Jawab
Manfaat
hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah
·
Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan
sisa makanan menjadi zat makanan yang bisa diserap oleh tumbuhan sebagai zat
hara.
·
Pada rantai makanan, hewan menjaga
keseimbangan alam.
·
Menghasilkan bahan pangan seperti daging,
telur, susu, dll.
·
Menghasilkan bahan sandang seperti serat
kain sutra, wol, dll.
·
Menghasilkan pupuk yang bisa dipakai untuk
kesuburan tanah.
·
Menghasilkan tenaga untuk membantu
pekerjaan, misalnya menarik delman, membajak sawah, dll.
·
Menghasilkan bahan kerajinan seperti
wayang kulit
4.
Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit
tumbuh?
Jawab
Yang
akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh adalah
·
Daerah menjadi gersang karena tidak ada
tumbuhan yang hidup
·
Sulit mendapatkan air (karena tidak ada
tumbuhan yang menyimpan air pada tanah )
·
Udara menjadi kotor / polusi udara, karena
tidak ada tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida
·
Udara menjadi terasa panas, karena tidak
ada tumbuhan sebagai penghasil oksigen
5.
Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah
dirusak oleh kegiatan manusia?
Jawab
Yang
akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh
kegiatan manusia adalah seperti berikut:
·
Hewan menjadi kehilangan habitat
·
Hewan herbivora (pemakan tumbuhan) kehilangan
sumber makanan
·
Hewan lama kelamaan akan mati atau bahkan
bisa punah
·
Hewan dapat turun gunung, bahkan masuk ke
pemukiman
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 82
Ayo
Mengamati
Perhatikan
lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!
1.
Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada
di sana.
2.
Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu
baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.
Jawab
Di
Rumah
Nama Tumbuhan |
Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah |
Nama Hewan |
Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Rumah |
Bunga |
Pewangi |
Ayam |
Daging Kotoran |
Bunga |
Pewangi |
Ikan |
Ikan |
Kunyit |
Pewarna |
Bebek |
Daging Kotoran |
Belimbing |
Obat |
Cacing |
Membantu |
Jeruk |
Untuk |
Kupu-Kupu |
Membantu |
Pohon |
Daun |
Lebah |
Penghasil |
Serai |
Untuk |
Kambing |
Daging Kotoran |
Di
Sekolah
Nama Tumbuhan |
Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekolah |
Nama Hewan |
Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekolah |
Pohon |
Sebagai |
Ikan |
Hewan |
Bunga |
Sebagai |
Kupu – |
Membantu |
Bunga |
Sebagai |
Lebah |
Membantu |
Bunga |
Sebagai |
Cacing |
Membantu |
Bunga |
Sebagai |
Burung |
Membantu |
3.
Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut
ini.
a.
Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Jawab
Ada yaitu
bunga mawar dan bunga melati
b. Jika
ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Jawab
Ya..
sebagian dimanfaatkan dengan cara sama hanya saja ada sedikit yang berbeda jika
bunga melati di rumah terkadang dipakai oleh ibu untuk campuran saat membuat teh
c.
Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Jawab
Ada..
ikan, cacing tanah, kupu-kupu, lebah
d. Jika
ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Jawab
Ada
yang di manfaatkan sama ada yang berbeda
Yang
sama yaitu kupu-kupu dan cacing tanah : kupu – kupu untuk membantu penyerbukan
tanaman sedangkan cacing tanah dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah
Yang
berbeda yaitu ikan dan lebah.
Ikan di
rumah dimanfaatkan untuk konsumsi sedangkan disekolah dimanfaatkan sebagai ikan
hias
Lebah
di rumah dimanfaatkan sebagai penyerbukan dan sumber penghasil madu, sedangkan
di sekolah sebagai pembantu penyerbukan tanaman
Apakah
yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
Jawab
Setiap
Tumbuhan dan Hewan yang hidup baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan
rumah memiliki manfaat bagi manusia ataupun lingkungan sekitar.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 83
Ayo
Renungkan
1.
Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!
Jawab
Tiga
hal penting yang saya pelajari hari ini adalah
·
Tarian daerah di Indonesia sangat beragam
·
Hewan dan Tumbuhan banyak memberikan
manfaat bagi lingkungan tempat tinggal
· Hewan
dan Tumbuhan banyak memberikan manfaat bagi manusia
2.
Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan
rumahmu?
Jawab
Cara
memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumah kita adalah
dengan cara memanfaatkannya seperlunya saja dan berusaha untuk menjaga
kelestarian hewan dan tumbuhan tersebut