Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Halaman 73 75 76 77 78 79 80 81 82 83

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 73

 

Perhatikanlah
gambar-gambar berikut ini!

Profesi
apa sajakah yang ditunjukkan oleh gambar-gambar tersebut?

Jawab

1.       
Pelukis

2.       
Sutradara

3.       
Penari

4.       
Pesulap

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 75

Ayo Membaca

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1.
Apa nama dan asal daerah dari tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah?

Jawab

Nama
Tarian yang menjadi profesi Ibu Supinah adalah Tari Gandrung yang berasal dari
daerah Banyuwangi Jawa Timur

 

2.
Apakah peran tarian tersebut pada saat perjuangan melawan penjajahan?

Jawab

Peran
tari gandrung pada saat perjuangan melawan penjajahan adalah Tari Gandrung sebagai
tari penyampai pesan untuk para pejuang yang bergerilya pada Perang Puputan
Bayu tahun 1771

 

3.
Sikap dan nilai apa sajakah yang ditunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari
daerah?

Jawab

Sikap
dan nilai yang di tunjukkan Ibu Supinah sebagai seorang penari daerah adalah Sikap
Nasionalisme karena Bangga dengan kebudayaan daerah dan melestarikan kebudayaan
daerah bahkan mengenalkannya hingga ke mancanegara

 

4.
Menurutmu, nilai, sikap, dan keterampilan apa saja yang diperlukan untuk menjadi
seorang penari?

Jawab

Nilai
yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penari adalah nilai kedisiplinan dan
kerja keras. Sementara sikap yang dibutuhkan adalah tidak pantang menyerah dalam
berlatih.

Adapun
keterampilan yang dibutuhkan adalah keterampilan teknik menari seperti : tenkik
gerak tari, pengaturan tempo menari, penjiwaan

 

5.
Cobalah lakukan beberapa gerakan tari Gandrung atau tari khas daerahmu.

Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2

Tari Gandrung
sendiri memiliki gerakan yang dibagi berdasarkan pembabakan sebagai berikut :

  • Jejer merupakan gerakan pada babak awal
    tarian yang merupakan sebuah rangkaian gerakan yang membuka tarian. Para penari
    pada babak ini akan menyanyikan beberapa lagu pembuka dan menari secara
    sendiri-sendiri.
     
  • Ngibing atau maju merupakan gerakan pada
    babak pertengahan dimana pada babak ini para penari mulai bergerak menarikan
    tarian seraya memainkan selendangnya dan menari bersama-sama serentak mengikuti
    ritme dan irama musik yang mengiringinya.
     
  • Seblang subuh merupakan gerakan pada babak
    terakhir terakhir tarian dimana gerakan yang dominan pada seblang subuh adalah
    gerak perlahan yang penuh penghayatan dengan menggunakan kipas sebagai
    properti.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 76 77

Ayo Berdiskusi

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2

Diskusikan
bersama dengan teman sebangkumu untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut!

 

1.
Apakah judul puisi di atas? Siapakah penulisnya?

Jawab

Judul : Puisi Penari

Penulis : Hascahya Trilion Laksono

 

2.
Terdiri atas berapa baitkah Puisi Penari?

Jawab

Puisi penari terdiri dari 6 bait

 

3.
Terdiri atas berapa bariskah puisi tersebut?

Jawab

Terdiri dari 12 baris

 

4.
Bercerita tentang apakah Puisi Penari? 
Buatlah sebuah paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut!

Jawab

Puisi penari karya Hascahya Trilion Laksana adalah menceritakan
keindahan seorang penari ketika sedang menari
.

 

Paragraf yang menceritakan isi puisi tersebut adalah

 

        Penari
itu bergerak dengan anggun. Jemarinya yang lentik berpadu indah dan derap
langkahnya yang gemulai mengikuti irama yang mengalun syahdu. Lirikan matanya
dapat berubah dari tajam menjadi indah. Selendang emasnya mengibas pelan di
lehernya yang mengundang kekaguman. Sang penari terus menari dengan senyum dan
ketulusan. Aku mengagumi gerakanmu yang indah karena engkau menari dengan
hatimu.

 

5.
Buatlah sebuah gambar yang menggambarkan kisah dalam Puisi Penari!

Jawab

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya
Cita-Citaku Halaman 78

Ayo
Mengamati

Amatilah
gambar tari berikut ini!

Pasangkan keterangan
berikut ini dengan gambar yang sesuai agar kamu mengetahui nama tari dan asal
tari daerah tersebut!

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 2 Hebatnya
Cita-Citaku Halaman 79

Ayo Berlatih

Pilihlah
salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal.

1.    Carilah
informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan
cerita tentang tari pilihanmu.

Jawab

Nama Tari

Asal Tari

Cerita Tentang
Tari

Tari Saman

Aceh

Tari Saman adalah tari yang berasal dari Aceh. Tari
saman biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Selain
itu biasanya tari saman juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi
Muhammad SAW. Tari saman di Aceh diciptakan dan dikembangkan oleh Syekh
Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh.

Tari Gending Sriwijaya

Sumatera Selatan

Tari Gending Sriwijaya difungsikan untuk menyambut
tamu-tamu kehormatan. Penarinya adalah 9 perempuan muda nan cantik berbusana
adat Aesan Gede, Selendang Mantri, Paksangkong, Dodot dan Tanggai. Selain 9
penari inti tadi, ada 2 penari lain pembawa payung dan tombak.
Ragam
gerakan dalam Tari Gending Sriwijaya mengkombinasikan unsur-unsur gerak
Buddhisme dan gerak tapa Budhaa dengan unsur-unsur adat istiadat Batanghari
Sembilan.

Tari Jaipong

Jawa Barat

Tari
jaipong di ciptakan oleh Gugum Gumbira. Tarian jaipong tercipta dengan
menggabungkan beberapa kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Pencak
Silat dan Ketuk Tilu. Tari jaipong biasanya ditampilkan pada acara-acara
penting atau sebagai salah satu pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu dari
Negara asing yang datang ke Jawa Barat.

 

2.    Carilah
informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya.

Jawab

Nama Tari

Gerakan Tari

Tari
Saman

Tarian
Saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian
saman, Yakni tepuk tangan dan tepuk dada.

Tari
Gending Sriwijaya

Di
mulai gerak masuk, kecubung berdiri bawah kanan kiri dan atas kanan kiri,
ukur benang. Lanjut gerak sembah duduk, duduk kanan kiri, memohon duduk
kanan, kecubung duduk kanan kiri. Lanjut stupa kanan kiri, tutur sabda,
borobudur, ulur benang, tolak balak berdiri kanan kiri, nyumping berdiri
kanan kiri, tumpang tali, ulur benang kanan kiri, dan hormat akhir

Tari
Jaipong

Gerakan
dalam Tari Jaipong meliputi bukaan, pencungan, ngala, mincit

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 80, 81


Ayo Membaca

 

Berdasarkan
bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan
kegiatan berikut.

 

1.
Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan
terhadap kehidupan manusia.

Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2

2.
Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.

Jawab

Manfaat
tumbuhan bagi lingkungan sekitar adalah

·          
Membantu lingkungan untuk menyediakan
oksigen.

·          
Membuat udara yang ada di sekitar jadi
sejuk.

·          
Menahan air hujan biar tidak terjadi
erosi.

·          
Sebagai pelindung tanah yang miring biar
tidak mudah longsor.

·          
Menghasilkan bermacam buah-buahan.

·          
Menghasilkan kayu yang bisa dipakai untuk
bahan bangunan.

·          
Tempat berteduh untuk berbagai makhluk
hidup lainnya

3.
Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.

Jawab

Manfaat
hewan bagi lingkungan sekitarnya adalah

·          
Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan
sisa makanan menjadi zat makanan yang bisa diserap oleh tumbuhan sebagai zat
hara.

·          
Pada rantai makanan, hewan menjaga
keseimbangan alam.

·          
Menghasilkan bahan pangan seperti daging,
telur, susu, dll.

·          
Menghasilkan bahan sandang seperti serat
kain sutra, wol, dll.

·          
Menghasilkan pupuk yang bisa dipakai untuk
kesuburan tanah.

·          
Menghasilkan tenaga untuk membantu
pekerjaan, misalnya menarik delman, membajak sawah, dll.

·          
Menghasilkan bahan kerajinan seperti
wayang kulit
 

4.
Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit
tumbuh?

Jawab

Yang
akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh adalah

·          
Daerah menjadi gersang karena tidak ada
tumbuhan yang hidup

·          
Sulit mendapatkan air (karena tidak ada
tumbuhan yang menyimpan air pada tanah )

·          
Udara menjadi kotor / polusi udara, karena
tidak ada tumbuhan yang dapat menyerap karbon dioksida

·          
Udara menjadi terasa panas, karena tidak
ada tumbuhan sebagai penghasil oksigen

5.
Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah
dirusak oleh kegiatan manusia?

Jawab

Yang
akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh
kegiatan manusia adalah seperti berikut:

·          
Hewan menjadi kehilangan habitat

·          
Hewan herbivora (pemakan tumbuhan) kehilangan
sumber makanan

·          
Hewan lama kelamaan akan mati atau bahkan
bisa punah

·          
Hewan dapat turun gunung, bahkan masuk ke
pemukiman

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 82

Ayo
Mengamati

Perhatikan
lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!

1.       
Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada
di sana.

2.       
Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu
baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.

 

Jawab

Di
Rumah

Nama Tumbuhan

Manfaat Tumbuhan

Bagi Lingkungan Rumah

Nama Hewan

Manfaat Hewan

Bagi Lingkungan Rumah

Bunga
Mawar

Pewangi
alami

Ayam

Daging
dan Telur sebagai Sumber protein hewani

Kotoran
ayam untuk pupuk

Bunga
Melati

Pewangi
dan tambahan rasa pada teh

Ikan

Ikan
sebagai sumber protein hewani

Kunyit

Pewarna
alami dan bumbu masak

Bebek

Daging
dan Telur sebagai Sumber protein hewani

Kotoran
bebek untuk pupuk

Belimbing
Wuluh

Obat
asam urat

Cacing
Tanah

Membantu
menyuburkan tanah

Jeruk
Nipis

Untuk
minuman dan vitamin C

Kupu-Kupu

Membantu
penyerbukan tanaman

Pohon
Salam

Daun
salam untuk bumbu masak dan obat darah tinggi

Lebah

Penghasil
madu dan membantu penyerbukan

Serai

Untuk
bumbu masak dan minuman sehat

Kambing

Daging
Kambing sebagai Sumber protein hewani

Kotoran
kambing untuk pupuk

Di
Sekolah

 

Nama Tumbuhan

Manfaat Tumbuhan

Bagi Lingkungan Sekolah

Nama Hewan

Manfaat Hewan

Bagi Lingkungan Sekolah

Pohon
Bunga Kertas

Sebagai
penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Ikan

Hewan
hias kolam di lingkungan sekolah

Bunga
Sepatu

Sebagai
penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Kupu –
Kupu

Membantu
penyerbukan tanaman

Bunga
Mawar

Sebagai
penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Lebah

Membantu
penyerbukan tanaman

Bunga
Melati

Sebagai
penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen

Cacing
Tanah

Membantu
menyuburkan tanah

Bunga
Matahari

Sebagai
penghias taman lingkungan sekolah, penghasil oksigen, bijinya di buat kuaci

Burung

Membantu
penyerbukan tanaman


3.
Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut
ini.

a.
Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?

Jawab

Ada yaitu
bunga mawar dan bunga melati

b. Jika
ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!

Jawab

Ya..
sebagian dimanfaatkan dengan cara sama hanya saja ada sedikit yang berbeda jika
bunga melati di rumah terkadang dipakai oleh ibu untuk campuran saat membuat teh

c.
Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?

Jawab

Ada..
ikan, cacing tanah, kupu-kupu, lebah
 

d. Jika
ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!

Jawab

Ada
yang di manfaatkan sama ada yang berbeda

Yang
sama yaitu kupu-kupu dan cacing tanah : kupu – kupu untuk membantu penyerbukan
tanaman sedangkan cacing tanah dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah
 

Yang
berbeda yaitu ikan dan lebah.

Ikan di
rumah dimanfaatkan untuk konsumsi sedangkan disekolah dimanfaatkan sebagai ikan
hias

Lebah
di rumah dimanfaatkan sebagai penyerbukan dan sumber penghasil madu, sedangkan
di sekolah sebagai pembantu penyerbukan tanaman
 

Apakah
yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?

Jawab

Setiap
Tumbuhan dan Hewan yang hidup baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan
rumah memiliki manfaat bagi manusia ataupun lingkungan sekitar.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 2 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 83
 

Ayo
Renungkan

1.
Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!

Jawab

Tiga
hal penting yang saya pelajari hari ini adalah

·     
Tarian daerah di Indonesia sangat beragam

·     
Hewan dan Tumbuhan banyak memberikan
manfaat bagi lingkungan tempat tinggal

·      Hewan
dan Tumbuhan banyak memberikan manfaat bagi manusia

2.
Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan
rumahmu?

Jawab

Cara
memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumah kita adalah
dengan cara memanfaatkannya seperlunya saja dan berusaha untuk menjaga
kelestarian hewan dan tumbuhan tersebut

Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya
Cita – citaku. Semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran yang sifatnya
membangun dapat di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Leave a Comment