Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran
3 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku- Pada kesempatan kali ini admin
akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 1
kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD
kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 3 ini membahas mengenai permainan tradisional. Keberagaman
Budaya pada permainan tradisional gobak sodor dan permainan benteng-bentengan.
Pada kedua permainan tersebut adalah permainan yang membutuhkan kekompakan, dan
kerjasama tim yang baik.
Kebersamaan Pembelajaran 3 ini membahas mengenai permainan tradisional. Keberagaman
Budaya pada permainan tradisional gobak sodor dan permainan benteng-bentengan.
Pada kedua permainan tersebut adalah permainan yang membutuhkan kekompakan, dan
kerjasama tim yang baik.
Di Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 kelasIV SD ini juga membahas mengenai perambatan bunyi. Bunyi dapat didengar telinga
manusia dengan cara merambat melalui media perambatan. Dapat di buktikan dengan
beberapa contoh skema percobaan tentang media perambatan bunyi.
manusia dengan cara merambat melalui media perambatan. Dapat di buktikan dengan
beberapa contoh skema percobaan tentang media perambatan bunyi.
Kunci Jawaban Buku
Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di
dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di
rumah.
Benteng-Bentengan
Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah
permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing
kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu
tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon,
atau pilar.
permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing
kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu
tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon,
atau pilar.
Gobak
Sodor
Sodor
Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau
Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang
dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.
Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang
dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 35-36
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 35-36
Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah
satu permainan tradisional.
satu permainan tradisional.
Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman
sekelompokmu!
sekelompokmu!
1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan
kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
Jawab:
Yang membuat saya tertarik dengan kedua
permainan tersebut adalah karena kedua permainan tersebut yaitu
benteng-bentengan dan gobak sodor dapat dilakukan dengan secara beramai-ramai
sehingga suasananya menjadi ceria, semangat. Selain itu permainan benteng-bentengan
dan gobak sodor membuat badan menjadi lebih sehat karena saat bermain kita
seperti olahraga.
permainan tersebut adalah karena kedua permainan tersebut yaitu
benteng-bentengan dan gobak sodor dapat dilakukan dengan secara beramai-ramai
sehingga suasananya menjadi ceria, semangat. Selain itu permainan benteng-bentengan
dan gobak sodor membuat badan menjadi lebih sehat karena saat bermain kita
seperti olahraga.
2. Bagaimana aturan permainan tradisional
tersebut?
tersebut?
Jawab:
Peraturan permainan tradisional Benteng –
Bentengan adalah sebagai berikut
Bentengan adalah sebagai berikut
Peraturan
Permainan Benteng-Bentengan
Permainan Benteng-Bentengan
a. Permainan bentengan terdiri dari 2
kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
b. Permainan bentengan dilakukan dengan
menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, dapat
juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing masing
kelompok.
menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, dapat
juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing masing
kelompok.
c. Permain bentengan yang keluar dari
basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh
musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang tertangkap ditempatkan tawanan
basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh
musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang tertangkap ditempatkan tawanan
d. Peman ini dapat kembali mempertahankan
bentengnya apabila telah diselamatkan temannya, dengan cara menyentuh tangan
atau bagian tubuhnya.
bentengnya apabila telah diselamatkan temannya, dengan cara menyentuh tangan
atau bagian tubuhnya.
e. Kelompok pemain dinyatakan mendapatkan
nilai apabila dapat menyentuh basecamp musuh. Berakhirnya permainan ditentukan
oleh kesepakatan para pemain. Kelompok yang kalah akan mendapatkan hukuman,
yaitu mengendong kelompok yang menang dari benteng satu ke benteng lainnya,
jumlah gendongan tergantung kesepakatan.
nilai apabila dapat menyentuh basecamp musuh. Berakhirnya permainan ditentukan
oleh kesepakatan para pemain. Kelompok yang kalah akan mendapatkan hukuman,
yaitu mengendong kelompok yang menang dari benteng satu ke benteng lainnya,
jumlah gendongan tergantung kesepakatan.
Berikut ini peraturan-peraturan yang
berlaku dalam permainan Gobak Sodor adalah sebagai berikut:
berlaku dalam permainan Gobak Sodor adalah sebagai berikut:
Peraturan
Permainan Gobak Sodor
Permainan Gobak Sodor
a.
Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang
yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang
yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
b.
Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang
juga sebagai sodor.
Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang
juga sebagai sodor.
c. Masing-masing pemain tim serang dari
pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain
saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang
menang.
pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain
saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang
menang.
d. Bila pemain tim jaga bisa menyentuh
salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti
menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti
menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
e. Jika satu petak terisi 2 atau lebih
pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.
pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.
3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk
dapat memenangkan permainan itu?
dapat memenangkan permainan itu?
Jawab:
Strategi kelompok agar dapat memenangkan
permainan benteng-bentengan ataupun permainan gobak sodor adalah dengan membagi
anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari
celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga ‘benteng’ harus menjaga
benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang
sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama team. Dengan kerjasama tim
yang baik, maka kekompakan akan terjalin dengan baik antar anggota, jadi
memungkinkan sekali untuk memenangkan permainan gobak sodor maupun permainan
benteng-bentengan.
permainan benteng-bentengan ataupun permainan gobak sodor adalah dengan membagi
anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari
celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga ‘benteng’ harus menjaga
benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang
sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama team. Dengan kerjasama tim
yang baik, maka kekompakan akan terjalin dengan baik antar anggota, jadi
memungkinkan sekali untuk memenangkan permainan gobak sodor maupun permainan
benteng-bentengan.
4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan
saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
Jawab:
Sikap yang sebaiknya kamu tunjukkan saat
kelompokmu menang atau kalah dalam permainan adalah dengan sikap yang sportif
artinya ketika kelompok kita menang kita harus bersyukurlah dan jangan sombong
karna kemenangan tidak akan selamanya kita pegang. Akantepai saat kelompok kita kalah, terimalah
hasil yang ada dengan sportif dan lapang dada, bersyukurlah sudah bisa
mengikuti kompetisi itu, dan memberi semangat kelompok agar di kompetisi
selanjutnya bisa lebih baik dan jangan lupa beri selamat pada kelompok yang
memenangkan.
kelompokmu menang atau kalah dalam permainan adalah dengan sikap yang sportif
artinya ketika kelompok kita menang kita harus bersyukurlah dan jangan sombong
karna kemenangan tidak akan selamanya kita pegang. Akantepai saat kelompok kita kalah, terimalah
hasil yang ada dengan sportif dan lapang dada, bersyukurlah sudah bisa
mengikuti kompetisi itu, dan memberi semangat kelompok agar di kompetisi
selanjutnya bisa lebih baik dan jangan lupa beri selamat pada kelompok yang
memenangkan.
5. Hal baik apa saja yang dapat kamu
pelajari dari permainan itu?
pelajari dari permainan itu?
Jawab:
Hal baik yang dapat kita pelajari dari
permainan gobak sodor dan permainan benteng bentengan adalah Dari permainan gobak
sodor dan permainan benteng bentengan tersebut kita dapat belajar bagaimana cara
bergotong royong dan kerjasama tim. Dengan kerjasama yang baik permainan dapat
berjalan dengan baik pula.
permainan gobak sodor dan permainan benteng bentengan adalah Dari permainan gobak
sodor dan permainan benteng bentengan tersebut kita dapat belajar bagaimana cara
bergotong royong dan kerjasama tim. Dengan kerjasama yang baik permainan dapat
berjalan dengan baik pula.
Selain memiliki permainan tradisional yang
beragam, Indonesia memiliki musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang
dihasilkan suatu benda berbeda-beda.
Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.
beragam, Indonesia memiliki musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang
dihasilkan suatu benda berbeda-beda.
Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.
Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke
telinga kita?
telinga kita?
Buatlah pertanyaan tentang perambatan
bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian
sampaikan hasilnya di depan kelas!
bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian
sampaikan hasilnya di depan kelas!
Lakukan percobaan berikut dalam
kelompokmu!
kelompokmu!
Kegiatan Percobaan Perambatan Bunyi
Percobaan 1
Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi
(merambat) melalui udara.
(merambat) melalui udara.
Alat dan bahan:
Slang plastik (Panjang 2 meter atau lebih)
Langkah kerja:
1. Pegang salah satu ujung selang dan
minta temanmu memegang ujung lainnya.
minta temanmu memegang ujung lainnya.
2. Dekatkan ujung slang ke telinga.
3. Minta temanmu berbicara melalui ujung
slang yang ia pegang.
slang yang ia pegang.
4. Dengarkan dan catat apa yang ia
sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.
sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa.
Percobaan 2
Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi
(merambat) melalui benda padat.
(merambat) melalui benda padat.
Alat dan bahan:
1. Gelas plastik 4 buah
2. Benang kasur
3. Paku (gurumu yang akan menggunakannya)
Langkah kerja:
1. Buatlah satu lubang kecil dengan ujung
paku di tengah dasar gelas plastik.
paku di tengah dasar gelas plastik.
2. Potong tali kasur sepanjang 2 sampai 3
meter.
meter.
3. Masukkan benang ke dalam gelas plastik
melalui lubang kecil.
melalui lubang kecil.
4. Buatlah simpul agar tidak lepas.
5. Berbicaralah dengan temanmu melalui
telepon gelas plastik.
telepon gelas plastik.
6. Lepaskan benang dari gelas plastik.
7.
Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik tanpa benang.
Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon gelas plastik tanpa benang.
8. Dengarkan dan
catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa
Percobaan 3
Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi
(merambat) melalui benda cair.
(merambat) melalui benda cair.
Alat dan bahan:
1. Ember besar
2. Air
3. Batu koral
4. Corong kecil
Langkah kerja:
1. Isi ember dengan air hingga penuh.
2. Masukkan corong ke dalam ember hingga
bagian bawahnya terendam. Usahakan corong tidak menempel pada ember.
bagian bawahnya terendam. Usahakan corong tidak menempel pada ember.
3. Ketuklah salah satu sisi ember dengan
menggunakan batu secara perlahan. Sementara itu dekatkan telingamu pada bagian
atas corong.
menggunakan batu secara perlahan. Sementara itu dekatkan telingamu pada bagian
atas corong.
4. Dengarkan dan
catat hasilnya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 39
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 39
Isilah tabel berikut berdasarkan hasil
percobaan!
percobaan!
Percobaan ke
|
Media atau perantara perambatan bunyi
|
Bunyi yang dihasilkan
|
|
Terdengar
|
Tidak terdengar
|
||
1
|
Udara ( Gas )
|
√
|
–
|
2
|
Benang Kasur
( Padat ) |
√
|
–
|
3
|
Air ( Cair )
|
√
|
–
|
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 40
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 40
Melalui media apa saja bunyi dapat
merambat dan sampai ke telinga kita?
merambat dan sampai ke telinga kita?
Jawab:
Bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga
kita melalui media udara, padat, cair
kita melalui media udara, padat, cair
Media atau benda apakah yang digunakan
untuk merambatkan bunyi?
untuk merambatkan bunyi?
Jawab:
Media atau benda apakah yang digunakan
untuk merambatkan bunyi adalah
untuk merambatkan bunyi adalah
Padat contohnya benang layangan, benang
kasur, benang nilon
kasur, benang nilon
Gas contohnya udara
Cair contohnya air, air raksa
Apakah
bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Jawab:
Bunyi
yang dihasilkan dari setiap media berbeda beda, tergantung dari tingkat
kerapatan media atau benda yang dilalui oleh bunyi. Semakin rapat medianya maka
cepat rambat bunyia akan semakin cepat, pada zat padat bunyi akan lebih cepat
merambat sehingga bunyi lebih jelas.
yang dihasilkan dari setiap media berbeda beda, tergantung dari tingkat
kerapatan media atau benda yang dilalui oleh bunyi. Semakin rapat medianya maka
cepat rambat bunyia akan semakin cepat, pada zat padat bunyi akan lebih cepat
merambat sehingga bunyi lebih jelas.
Apa
yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
Jawab:
Bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga
kita melalui media udara (gas), padat, dan cair
kita melalui media udara (gas), padat, dan cair
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 41
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 41
Ayo Menulis
Buatlah laporan dari salah satu percobaan
yang kamu lakukan!
yang kamu lakukan!
Laporan
Kegiatan Percobaan |
Nama Percobaan :
Perambatan Bunyi Pada Benda Padat
|
Tujuan Percobaan :
Mengidentifikasi sifat bunyi
(merambat) melalui benda padat. |
Alat dan Bahan :
1. Gelas plastik 4 buah
2. Benang kasur
3. Paku (gurumu yang akan
menggunakannya) |
Langkah Kerja :
1. Buatlah satu lubang kecil
dengan ujung paku di tengah dasar gelas plastik.
2. Potong tali kasur sepanjang 2
sampai 3 meter.
3. Masukkan benang ke dalam gelas
plastik melalui lubang kecil.
4. Buatlah simpul agar tidak
lepas.
5. Berbicaralah dengan temanmu
melalui telepon gelas plastik.
6. Lepaskan benang dari gelas
plastik.
7. Berbicaralah dengan temanmu melalui telepon
gelas plastik tanpa benang.
8. Dengarkan dan catat apa yang
ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa. |
Hasil Percobaan :
Bunyi atau suara yang diucapkan
siswa 1 terdengar jelas pada siswa 2 saat kedua gelas dihubungkan dengan benang
Bunyi atau suar yang diucapkan
siswa 1 tidak terdengar pada siswa 2 saat kedua gelas tidak dihubungkan dengan tali/benang |
Kesimpulan :
Bunyi dapat merambat melalui benda
padat contohnya benang. Bunyi akan semakin cepat merambat jika benang yang kita pakai lebih kencang saat kita menariknya sehingga suara akan semakin jelas terdengar. |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 41
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 41
Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah
membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan
tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram
berikut.
tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram
berikut.
Untuk Jawabannya silahkan bisa di BACA diARTIKEL INI
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 45
1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 45
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari
ini?
ini?
Jawab:
Yang dapat kita pelajari dari kegiatan ini
adalah kita bisa tahu bahwa Indonesia mempunyai keberagaman budaya contohnya
keberagaman alat musik tradisional.
adalah kita bisa tahu bahwa Indonesia mempunyai keberagaman budaya contohnya
keberagaman alat musik tradisional.
Kita juga mempelajari bahwa Bunyi atau
suara dapat kita dengar karena bunyi merambat melalui media. Media untuk meramat
bunyi adalah benda padat, benda cair dan benda gas
suara dapat kita dengar karena bunyi merambat melalui media. Media untuk meramat
bunyi adalah benda padat, benda cair dan benda gas
Keragaman apa yang kamu pelajari?
Jawab:
Keragaman yang dapat dipelajari adalah keragaman
budaya contohnya keragaman permainan tradisional dan keragaman alat musik
tradisional
budaya contohnya keragaman permainan tradisional dan keragaman alat musik
tradisional
Apa yang akan kamu lakukan agar alat musik
tradisional Indonesia tidak punah?
tradisional Indonesia tidak punah?
Jawab:
Yang harus kita lakukan agar alat musik tardisional
Indonesia tidak punah adalah dengan melestarikannya misalnya dengan cara
belajar menggunakan alat musik tradisional, mengajarkan kepada sesama teman
kita, memperkenalkan alat musik tradisional ke banyak orang.
Indonesia tidak punah adalah dengan melestarikannya misalnya dengan cara
belajar menggunakan alat musik tradisional, mengajarkan kepada sesama teman
kita, memperkenalkan alat musik tradisional ke banyak orang.
Artikel Penting Lainnya
KunciJawaban Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 3
Pembelajaran 6