Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2

5 min read

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas mengenai permainan bakia. Pada permainan
bakia ini mengajarkan kita tentang kerjasama antar anggota tim, mengajarkan
kekompakan tim.
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang rasa gotong royong
dalam membersihkan lingkungan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Ayo Mencoba
Salah satu permainan tradisional Indonesia
yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra
Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan
permainan yang membutuhkan kekompakkan.
Hari ini kamu akan mencoba permainan
tradisional bakiak dengan teman-temanmu.
Sebelum melakukan permainan Bakiak, kamu
harus memperhatikan hal berikut.
1.       
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3
orang.
2.       
Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali
Bakiak.
3.       
Anggota kedua memegang bahu anggota di
depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.
4.       
Anggota paling depan memberi tanda kapan
berjalan dan kapan berhenti.
5.       
Diskusikan kaki mana yang akan diangkat
terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
6.       
Untuk menjaga kekompakan, semua anggota
bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,…
7.       
Cobalah berkali-kali permainan ini dengan
kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
8.       
Kelompok yang pertama mencapai garis akhir
adalah pemenangnya.

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 101,
102

Setelah
bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
1.       
Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan
tepat waktu? Mengapa?
Jawab
Kelompok
kami berhasil mencapai tujuan tepat waktu karena saat bermain kelompok kami
dapat bekerjasama dengan baik
2.       
Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan
setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
Jawab
Gerak
yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam
permainan sangat berpengaruh sekali. Jika setiap anggota kelompok bergeraknya
selaras, berbarengan, kompak, maka hasil permainan akan dapat dicapai dengan
baik
3.
Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
Jawab:
Kesulitan
yang dihadapi adalah memadukan gerak kelompok agar dapat bergerak secara
bersamaan.
4.
Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Jawab
Sikap
saya terhadap teman satu kelompok kami saling menghargai karena kemampuan
masing-masing anggota kelompok berbeda, saling mendukung antar anggota kelompok
Ayo
Berlatih
Saat
bermain Bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan
aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik.
Masih
ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya
kembali.

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 103

Bekerjalah dalam
kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2

Nah,
sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti
pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan
mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas,
kayu, dan sebagainya.
Lakukanlah
permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa
menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.
 • Ambillah berbagai macam benda.
 • Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di
tempat berbeda sambil memegang benda.
 • Bunyikan benda secara bergantian. Minta
temanmu menebak siapa pemegang benda.
 • Tebak sumber bunyi benda dengan temanmu
secara bergantian.

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 105

Berapa
kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
Sumber
bunyi mana yang mudah kamu tebak?
Sumber
bunyi mana yang sulit kamu tebak?
Tulislah
laporanmu pada tempat yang tersedia.
Laporan
Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan
Benda Bergetar Sebagai Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan
Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi
Alat-alat
Ember
Kaleng biskuit
Botol minuman
Langkah Kerja
1.       
Ambilah berbagai macam benda.
2.       
Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di
tempat berbeda sambil memegang benda.
3.       
Secara bergantian bunyikan benda. Minta
temanmu menebak siapa pemegang benda.
4.       
Bergantianlah dengan temanmu untuk menebak
sumber bunyi
Hasil Percobaan
Telinga merupakan indera untuk mendengar. Kemampuan setiap orang untuk
mendengar suara/bunyi bervariasi atau tidak sama satu dengan yang lain.
Setelah dilakukan percobaan siswa dapat menebak asal suara, namun juga
beberapa kali salah menenbak asal suara.
Kesimpulan
Kemampuan telinga manusia untuk mendengar bunyi sangat terbatas.
Telinga manusia normal umumnya hanya dapat mendengar bunyi dengan frekuensi
natara 20-20.000 Hz

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 106,
107, 108

Ayo Membaca

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah
Gotong Royong.
Tong Sampah Gotong Royong
Ada
yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan
berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong,
bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok
kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan
beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Pagi
hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura.
Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat
sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam
bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah
kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah
pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada
ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di
karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa
dipakai
kembali menjadi tempat sampah kering.
Kira-kira
pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah.
Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling
membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu.
Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah.
Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan
warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang
anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik
Bacalah
sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.
Gunakan diagram-diagram berikut.
No.
Paraggraf
Gagasan Utama
Gagasan Pendukung
1.
Paragraf 1
Warga berkumpul di lapangan kampung
Warga membawa berbagai peralatan dan perlengkapan seperti ember bekas,
bilah bilah bambu, kuas, wadah cat, dan lain lain.
2.
Paragraf 2
Warga bergotong royong
Sejak pagi warga bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru
seperti menganyam, memoles cat, menambal lubang lubang dikarung plastik. 
3.
Paragraf 3
Warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan temoat sampah
Keluarga
pak Made berkeliling membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Warga saling
membantu, gotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah.

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 109

Ayo
Renungkan
Apa
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawab
Yang
saya pelajari dari kegiatan hari ini adalah pada kegiatan kali ini mengajari
kita tentang permainan yang melatih kerjasama, kekompakan anggota tim. Hari ini
juga mempelajari tentang gotong royong dalam kegiatan di lingkungan.
Mengapa
saling menghormati perbedaan sangat penting?
Jawab
Saling
menghormati perbedaan sangat penting karena dengan saling menghormati maka
perbedaan yang ada menjadi tidak bermasalah. Sehingga perpecahan atau konflik
tidak terjadi.
Artikel Penting Lainnya

KunciJawaban Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 3
Pembelajaran 6

Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2
Kebersamaan dalam Keberagaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan