Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 1 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas mengenai permainan bakia. Pada permainan
bakia ini mengajarkan kita tentang kerjasama antar anggota tim, mengajarkan
kekompakan tim.
Kebersamaan Pembelajaran 2 ini juga mempelajari tentang rasa gotong royong
dalam membersihkan lingkungan.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra
Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan
permainan yang membutuhkan kekompakkan.
tradisional bakiak dengan teman-temanmu.
harus memperhatikan hal berikut.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3
orang.
Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali
Bakiak.
Anggota kedua memegang bahu anggota di
depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.
Anggota paling depan memberi tanda kapan
berjalan dan kapan berhenti.
Diskusikan kaki mana yang akan diangkat
terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
Untuk menjaga kekompakan, semua anggota
bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,…
Cobalah berkali-kali permainan ini dengan
kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
Kelompok yang pertama mencapai garis akhir
adalah pemenangnya.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 101,
102
bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan
tepat waktu? Mengapa?
kami berhasil mencapai tujuan tepat waktu karena saat bermain kelompok kami
dapat bekerjasama dengan baik
Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan
setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam
permainan sangat berpengaruh sekali. Jika setiap anggota kelompok bergeraknya
selaras, berbarengan, kompak, maka hasil permainan akan dapat dicapai dengan
baik
Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
yang dihadapi adalah memadukan gerak kelompok agar dapat bergerak secara
bersamaan.
Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
saya terhadap teman satu kelompok kami saling menghargai karena kemampuan
masing-masing anggota kelompok berbeda, saling mendukung antar anggota kelompok
Berlatih
bermain Bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan
aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik.
ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya
kembali.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 103
Bekerjalah dalam
kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.
sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti
pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan
mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas,
kayu, dan sebagainya.
permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa
menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.
tempat berbeda sambil memegang benda.
temanmu menebak siapa pemegang benda.
secara bergantian.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 105
kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
bunyi mana yang mudah kamu tebak?
bunyi mana yang sulit kamu tebak?
laporanmu pada tempat yang tersedia.
Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan
|
Benda Bergetar Sebagai Sumber Bunyi
|
Tujuan Percobaan
|
Menjelaskan penyebab timbulnya bunyi dan cara perambatan bunyi
|
Alat-alat
|
Ember
Kaleng biskuit Botol minuman |
Langkah Kerja
|
1.
Ambilah berbagai macam benda.
2.
Kamu dan beberapa temanmu bersembunyi di tempat berbeda sambil memegang benda.
3.
Secara bergantian bunyikan benda. Minta temanmu menebak siapa pemegang benda.
4.
Bergantianlah dengan temanmu untuk menebak sumber bunyi |
Hasil Percobaan
|
Telinga merupakan indera untuk mendengar. Kemampuan setiap orang untuk
mendengar suara/bunyi bervariasi atau tidak sama satu dengan yang lain. Setelah dilakukan percobaan siswa dapat menebak asal suara, namun juga beberapa kali salah menenbak asal suara. |
Kesimpulan
|
Kemampuan telinga manusia untuk mendengar bunyi sangat terbatas.
Telinga manusia normal umumnya hanya dapat mendengar bunyi dengan frekuensi natara 20-20.000 Hz |
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 106,
107, 108
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah
Gotong Royong.
yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan
berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong,
bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok
kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan
beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura.
Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat
sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam
bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah
kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah
pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada
ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di
karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa
kembali menjadi tempat sampah kering.
pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah.
Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling
membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu.
Setelahnya, warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah.
Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan
warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang
anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik
sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.
Gunakan diagram-diagram berikut.
No.
|
Paraggraf
|
Gagasan Utama
|
Gagasan Pendukung
|
1.
|
Paragraf 1
|
Warga berkumpul di lapangan kampung
|
Warga membawa berbagai peralatan dan perlengkapan seperti ember bekas,
bilah bilah bambu, kuas, wadah cat, dan lain lain. |
2.
|
Paragraf 2
|
Warga bergotong royong
|
Sejak pagi warga bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru
seperti menganyam, memoles cat, menambal lubang lubang dikarung plastik. |
3.
|
Paragraf 3
|
Warga bergotong royong mengecat dan memperindah hiasan temoat sampah
|
Keluarga
pak Made berkeliling membuat pola hiasan di tempat tempat sampah baru. Warga saling membantu, gotong royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. |
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 109
Renungkan
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
saya pelajari dari kegiatan hari ini adalah pada kegiatan kali ini mengajari
kita tentang permainan yang melatih kerjasama, kekompakan anggota tim. Hari ini
juga mempelajari tentang gotong royong dalam kegiatan di lingkungan.
saling menghormati perbedaan sangat penting?
menghormati perbedaan sangat penting karena dengan saling menghormati maka
perbedaan yang ada menjadi tidak bermasalah. Sehingga perpecahan atau konflik
tidak terjadi.