Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 1 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku
Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 3 ini membahas tentang sikap
kita dalam memanfaatkan air bersih. Kita harus menghemat dalam pemakaian air
bersih. Kita juga harus seimbang dalam melaksanakan hak dan kewajiban.
Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 3 ini membahas tentang sikap
kita dalam memanfaatkan air bersih. Kita harus menghemat dalam pemakaian air
bersih. Kita juga harus seimbang dalam melaksanakan hak dan kewajiban.
Buku
Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 3 ini juga mempelajari tentang
permainan tangkap bola. Dalam permainan ini mengajarkan kita tentang arti
kerjasama tim. Selain itu kita juga mempelajari tentang kincir air dan kincir angin
dimana kedua kincir tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kehidupan manusia.
Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 3 ini juga mempelajari tentang
permainan tangkap bola. Dalam permainan ini mengajarkan kita tentang arti
kerjasama tim. Selain itu kita juga mempelajari tentang kincir air dan kincir angin
dimana kedua kincir tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kehidupan manusia.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 21
Ayo Berlatih
Hari ini kamu akan ke luar kelas untuk
bermain bola bersama guru olahragamu. Kalian akan bermain ‘Ayo, Tangkap Bola!’
Bagaimana cara bermainnya? Ayo, ikuti petunjuknya!
bermain bola bersama guru olahragamu. Kalian akan bermain ‘Ayo, Tangkap Bola!’
Bagaimana cara bermainnya? Ayo, ikuti petunjuknya!
Setelah melakukan kegiatan, diskusikanlah
hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.
hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.
Apakah kamu dapat melakukan teknik
melempar dan menangkap bola dengan baik?
melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jawab
Saya dapat melakukan teknik melempar dan
menangkap bola dengan baik hal ini dikarenakan guru kami membimbing kami untuk
melakukan teknik dasar melempar dan menangkap bola dengan sungguh sungguh dan
bijaksana
menangkap bola dengan baik hal ini dikarenakan guru kami membimbing kami untuk
melakukan teknik dasar melempar dan menangkap bola dengan sungguh sungguh dan
bijaksana
Bagaimana dengan siswa lain dalam
kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jelaskan.
kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jelaskan.
Jawab
Teman – teman saya dalam satu kelompok
rata-rata dapat melakukan melempar dan menangkap bola dengan baik. Karena selain
diajari oleh guru kami dengan sabar kami juga saling bantu satu sama lain untuk
belajar melempar dan menangkap bola
rata-rata dapat melakukan melempar dan menangkap bola dengan baik. Karena selain
diajari oleh guru kami dengan sabar kami juga saling bantu satu sama lain untuk
belajar melempar dan menangkap bola
Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan
keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?
keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?
Jawab
Rencana saya untuk lebih meningkatkan
keterampilan dala melempar dan menangkap bola adalah dengan cara saya akan
berlatih dengan giat, tidak hanya pada saat di sekolah saya akan coba berlatih
saat di rumah
keterampilan dala melempar dan menangkap bola adalah dengan cara saya akan
berlatih dengan giat, tidak hanya pada saat di sekolah saya akan coba berlatih
saat di rumah
Apabila kamu diberi kesempatan untuk
mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang
harus dilakukan?
mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang
harus dilakukan?
Jawab
Jika diberi kesempatan untuk mengulangi
kegiatan, perbaikan yang akan saya lakukan adalah pada teknik melempar bola,
khususnya teknik melempar bola lambung. Karena tingkat akurasi dan power yang
saya berikan masih belum maksimal
kegiatan, perbaikan yang akan saya lakukan adalah pada teknik melempar bola,
khususnya teknik melempar bola lambung. Karena tingkat akurasi dan power yang
saya berikan masih belum maksimal
Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok
lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki
persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?
lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki
persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?
Jawab
Sebagian besar hasil diskusi kami hampir
mirip dengan kelompok lain.
mirip dengan kelompok lain.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 23
Ayo Mencoba
Siti memiliki kincir yang terbuat dari
kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin.
kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Bawa kincir anginmu yang terbuat dari
kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari
atau ditiup. Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas,
tuangkan air ke bagian atas baling-baling. Perhatikan apa yang terjadi!
kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari
atau ditiup. Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas,
tuangkan air ke bagian atas baling-baling. Perhatikan apa yang terjadi!
Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua
kincir tersebut dengan temanmu.
kincir tersebut dengan temanmu.
a.
Persamaan kedua kincir
Persamaan kedua kincir
Jawab
Persamaan kedua kincir adalah kedua kincir
sama sama dapat bergerak jika mendapat energi dari luar. Energi tersebut adalah
energi kinetik
sama sama dapat bergerak jika mendapat energi dari luar. Energi tersebut adalah
energi kinetik
b.
Perbedaan kedua kincir
Perbedaan kedua kincir
Jawab
Perbedaan kedua kincir adalah jika kincir
kertas bergeraknya oleh angin sedangkan kincir plastik bergeraknya digerakkan
oleh air
kertas bergeraknya oleh angin sedangkan kincir plastik bergeraknya digerakkan
oleh air
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 24
Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil
pengamatanmu pada tabel berikut.
pengamatanmu pada tabel berikut.
Kincir Angin
Proses kerja kincir angin adalah saat baling
baling pada kincir angin tertiup oleh angin maka baling-baling dari kincir angin
akan berputar pada porosnya. Semakin kencang angin bertiup maka baling-baling
kincir angin akan berputar semakin kuat.
baling pada kincir angin tertiup oleh angin maka baling-baling dari kincir angin
akan berputar pada porosnya. Semakin kencang angin bertiup maka baling-baling
kincir angin akan berputar semakin kuat.
Kincir Air
Proses kerja kincir air adalah saat air
mengalir mengenai kincir pada kincir air maka kincir akan berputar pada
porosnya. Semakin kuat air mengalir mengenai kincir maka kincir air akan
berputar samakin kuat juga.
mengalir mengenai kincir pada kincir air maka kincir akan berputar pada
porosnya. Semakin kuat air mengalir mengenai kincir maka kincir air akan
berputar samakin kuat juga.
Kamu dapat memasang kincir yang telah kamu
buat di halaman sekolah.
buat di halaman sekolah.
Kapan kincirmu berputar?
Jawab
Kincir Angin akan berputar saat baling
balingnya tertiup angin. Semakin kuat angin berhembus maka kincir angin akan
semakin kuat berputar
balingnya tertiup angin. Semakin kuat angin berhembus maka kincir angin akan
semakin kuat berputar
Kincir air akan berputar saat kincir nya
dialiri oleh air yang mengalir. Semakin kuat air mengalir maka kincir air akan
semakin kuat berputarnya
dialiri oleh air yang mengalir. Semakin kuat air mengalir maka kincir air akan
semakin kuat berputarnya
Ayo Menulis
Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang
telah kamu lakukan!
telah kamu lakukan!
Nama percobaan:
|
Uji Energi Angin
|
Tujuan percobaan:
|
Membuktikan bahwa energi angin dapat menggerak kincir.
|
Alat-alat yang dibutuhkan:
|
Lidi/sumpit kayu
Gunting Penggaris Pinsil Lem Kertas berbentuk persegi Jarum/pin/paku payung |
Langkah kerja:
|
|
Hasil Percobaan
|
|
Kesimpulan
|
“Dari hasil percobaan terbukti bahwa kincir angin dapat berputar saat
angin bertiup hal tersebut menunjukan bahwa energi angin dapat menggerakan kincir” |
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 25
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan hasil percobaanmu,
diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.
diskusikanlah pertanyaan berikut bersama teman kelompokmu.
1.Apa
sumber energi kincir angin?
sumber energi kincir angin?
Jawab
Sumber
energi Kincir angin adalah Angin
energi Kincir angin adalah Angin
2.Bagaimana kincir angin bisa berputar?
Jawab
Jawab
Kincir angin bisa berputar jika adanya tekanan dari angin yang dapat
membuat kincir bergerak. Semakin besar tekanan angin maka kincir berputar
semakin cepat.
membuat kincir bergerak. Semakin besar tekanan angin maka kincir berputar
semakin cepat.
3.Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab
Manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari adalah
Pembangkit listrik tenaga angin
Membantu penyaluran air dalam irigasi
Energi yang ramah lingkungan
Alternative penggunaan bahan bakar fosil
Membantu proses pemotongan kayu
Membantu mengalihkan arah air
Sebagai pompa air dan penyalur air
Membantu proses penggilingan padi
Mengeringkan hasil panen
Sebagai Objek wisata
Sebagai
alat pengering air laut. contoh pengeringan air laut menggunakan kincir angin
sebagai pengering di Belanda
alat pengering air laut. contoh pengeringan air laut menggunakan kincir angin
sebagai pengering di Belanda
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 26
Ayo Renungkan
1. Tuliskan lima manfaat kincir
angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari?
angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab
Lima manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari hari
a.
Pembangkit listrik tenaga angin
Pembangkit listrik tenaga angin
b.
Membantu penyaluran air dalam irigasi
Membantu penyaluran air dalam irigasi
c.
Energi yang ramah lingkungan
Energi yang ramah lingkungan
d.
Alternative penggunaan bahan bakar fosil
Alternative penggunaan bahan bakar fosil
e.
Membantu proses pemotongan kayu
Membantu proses pemotongan kayu
f.
Membantu mengalihkan arah air
Membantu mengalihkan arah air
g.
Sebagai pompa air dan penyalur air
Sebagai pompa air dan penyalur air
h.
Membantu proses penggilingan padi
Membantu proses penggilingan padi
i.
Mengeringkan hasil panen
Mengeringkan hasil panen
j.
Sebagai Objek wisata
Sebagai Objek wisata
k.
Sebagai alat pengering air laut. contoh
pengeringan air laut menggunakan kincir angin sebagai pengering di Belanda
Sebagai alat pengering air laut. contoh
pengeringan air laut menggunakan kincir angin sebagai pengering di Belanda
Manfaat Kincir Air Dalam kehidupan sehari hari:
a.
Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
b.
Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
c.
Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
d.
Untuk digunakan sebagai alat pengering laut.
Untuk digunakan sebagai alat pengering laut.
e.
Untuk menggiling hasil pertanian seperti jagung, tebu, gandum, dll.
Untuk menggiling hasil pertanian seperti jagung, tebu, gandum, dll.
2. Menurutmu apakah pelajaran
hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.
hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.
Jawab
Pelajaran hari ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari karena
dengan mempelajari permainan tangkap bola kita menjadi paham arti penting dari
kerjasama tim. Selain itu kita juga mempelajari tentang kincir air dan kincir
angin dimana kedua kincir tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kehidupan manusia.
dengan mempelajari permainan tangkap bola kita menjadi paham arti penting dari
kerjasama tim. Selain itu kita juga mempelajari tentang kincir air dan kincir
angin dimana kedua kincir tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kehidupan manusia.