Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 1

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 1 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Buku
Kelas 4 SD Tema 2 Subtema Sumber Energi Pembelajaran 3 ini membahas tentang sikap
kita dalam memanfaatkan air bersih. Kita harus menghemat dalam pemakaian air
bersih. Kita juga harus seimbang dalam melaksanakan hak dan kewajiban.  
Buku
Kelas 4 SD Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pembelajaran 3 ini juga mempelajari tentang
permainan tangkap bola. Dalam permainan ini mengajarkan kita tentang arti
kerjasama tim.
Selain itu kita juga mempelajari tentang kincir air dan kincir angin
dimana kedua kincir tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kehidupan manusia.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.

Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 21

Ayo Berlatih
Hari ini kamu akan ke luar kelas untuk
bermain bola bersama guru olahragamu. Kalian akan bermain ‘Ayo, Tangkap Bola!’
Bagaimana cara bermainnya? Ayo, ikuti petunjuknya!
Setelah melakukan kegiatan, diskusikanlah
hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.
Apakah kamu dapat melakukan teknik
melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jawab
Saya dapat melakukan teknik melempar dan
menangkap bola dengan baik hal ini dikarenakan guru kami membimbing kami untuk
melakukan teknik dasar melempar dan menangkap bola dengan sungguh sungguh dan
bijaksana
Bagaimana dengan siswa lain dalam
kelompokmu? Apakah mereka dapat melempar dan menangkap bola dengan baik?
Jelaskan.
Jawab
Teman – teman saya dalam satu kelompok
rata-rata dapat melakukan melempar dan menangkap bola dengan baik. Karena selain
diajari oleh guru kami dengan sabar kami juga saling bantu satu sama lain untuk
belajar melempar dan menangkap bola
Apa rencanamu untuk lebih meningkatkan
keterampilanmu dalam melempar dan menangkap bola?
Jawab
Rencana saya untuk lebih meningkatkan
keterampilan dala melempar dan menangkap bola adalah dengan cara saya akan
berlatih dengan giat, tidak hanya pada saat di sekolah saya akan coba berlatih
saat di rumah
Apabila kamu diberi kesempatan untuk
mengulangi kegiatan, perbaikan apa  yang
harus dilakukan?
Jawab
Jika diberi kesempatan untuk mengulangi
kegiatan, perbaikan yang akan saya lakukan adalah pada teknik melempar bola,
khususnya teknik melempar bola lambung. Karena tingkat akurasi dan power yang
saya berikan masih belum maksimal
Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok
lain. Apakah hasil diskusi mereka  memiliki
persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?
Jawab
Sebagian besar hasil diskusi kami hampir
mirip dengan kelompok lain.

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 23

Ayo Mencoba
Siti memiliki kincir yang terbuat dari
kertas. Ia senang memainkannya. Kincirnya berputar jika tertiup angin.
Bawa kincir anginmu yang terbuat dari
kertas ke luar kelas. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari
atau ditiup. Bawa kincir airmu yang terbuat dari plastik ke luar kelas,
tuangkan air ke bagian atas baling-baling. Perhatikan apa yang terjadi!
Diskusikan persamaan dan perbedaan kedua
kincir tersebut dengan temanmu.
a. 
Persamaan kedua kincir
Jawab
Persamaan kedua kincir adalah kedua kincir
sama sama dapat bergerak jika mendapat energi dari luar. Energi tersebut adalah
energi kinetik
b. 
Perbedaan kedua kincir
Jawab
Perbedaan kedua kincir adalah jika kincir
kertas bergeraknya oleh angin sedangkan kincir plastik bergeraknya digerakkan
oleh air

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 24

Amatilah proses kerja kincir. Tulis hasil
pengamatanmu pada tabel berikut.
Kincir Angin
Proses kerja kincir angin adalah saat baling
baling pada kincir angin tertiup oleh angin maka baling-baling dari kincir angin
akan berputar pada porosnya. Semakin kencang angin bertiup maka baling-baling
kincir angin akan berputar semakin kuat.
Kincir Air
Proses kerja kincir air adalah saat air
mengalir mengenai kincir pada kincir air maka kincir akan berputar pada
porosnya. Semakin kuat air mengalir mengenai kincir maka kincir air akan
berputar samakin kuat juga.
Kamu dapat memasang kincir yang telah kamu
buat di halaman sekolah.
Kapan kincirmu berputar?
Jawab
Kincir Angin akan berputar saat baling
balingnya tertiup angin. Semakin kuat angin berhembus maka kincir angin akan
semakin kuat berputar
Kincir air akan berputar saat kincir nya
dialiri oleh air yang mengalir. Semakin kuat air mengalir maka kincir air akan
semakin kuat berputarnya
Ayo Menulis
Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang
telah kamu lakukan!
Nama percobaan:
Uji Energi Angin
Tujuan percobaan:
Membuktikan bahwa energi angin dapat menggerak kincir.
Alat-alat yang dibutuhkan:
Lidi/sumpit kayu
Gunting
Penggaris
Pinsil
Lem
Kertas berbentuk persegi
Jarum/pin/paku payung
Langkah kerja:
  1. Ambil
    kertas lalu buat garis pada kedua diagonal persegi. Buat persegi kecil
    di bagian tengah untuk memberi batas guntingan.
  2. Potong
    kertas mengikuti diagonal sampai garis persegi kecil di tengah.
  3. Lipat
    ke atas masing-masing ujung potongan dan masing-masing ujung bertemu
    pada satu titik.
  4. Lem
    bagian pertemuan masing-masing ujung potongan.
  5. Setelah
    baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum.
    Pastikan baling-baling bisa berputar.
Hasil Percobaan
  1. Kincir
    angin hanya dapat berputar saat angin bertiup.
  2. Baling-baling
    pada kincir yang berputar menggerakkan benda yang diletakkan di pusat
    baling-baling.
Kesimpulan
“Dari hasil percobaan terbukti bahwa kincir angin dapat berputar saat
angin bertiup hal tersebut menunjukan bahwa energi angin dapat menggerakan
kincir”

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 25

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan hasil percobaanmu,
diskusikanlah pertanyaan berikut bersama  teman kelompokmu.
1.Apa
sumber energi kincir angin?
Jawab
Sumber
energi Kincir angin adalah Angin
2.Bagaimana kincir angin bisa berputar?
Jawab
Kincir angin bisa berputar jika adanya tekanan dari angin yang dapat
membuat kincir bergerak. Semakin besar tekanan angin maka kincir berputar
semakin cepat.

3.Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari?

Jawab
Manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari adalah
Pembangkit listrik tenaga angin
Membantu penyaluran air dalam irigasi
Energi yang ramah lingkungan
Alternative penggunaan bahan bakar fosil
Membantu proses pemotongan kayu
Membantu mengalihkan arah air
Sebagai pompa air dan penyalur air
Membantu proses penggilingan padi
Mengeringkan hasil panen
Sebagai Objek wisata
Sebagai
alat pengering air laut. contoh pengeringan air laut menggunakan kincir angin
sebagai pengering di Belanda

Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Sumber Energi Halaman 26

Ayo Renungkan
1.  Tuliskan lima manfaat kincir
angin dan kincir air dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab
Lima manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari hari
a.        
Pembangkit listrik tenaga angin
b.       
Membantu penyaluran air dalam irigasi
c.        
Energi yang ramah lingkungan
d.       
Alternative penggunaan bahan bakar fosil
e.        
Membantu proses pemotongan kayu
f.         
Membantu mengalihkan arah air
g.       
Sebagai pompa air dan penyalur air
h.       
Membantu proses penggilingan padi
i.         
Mengeringkan hasil panen
j.         
Sebagai Objek wisata
k.      
Sebagai alat pengering air laut. contoh
pengeringan air laut menggunakan kincir angin sebagai pengering di Belanda
Manfaat Kincir Air Dalam kehidupan sehari hari:
a.        
Untuk kepentingan irigasi (pengairan) persawahan.
b.       
Untuk menggerakan generator (Pembangkit Listrik Tenaga Air).
c.        
Untuk dijadikan sebagai obyek wisata.
d.       
Untuk digunakan sebagai alat pengering laut.
e.        
Untuk menggiling hasil pertanian seperti jagung, tebu, gandum, dll.
2.  Menurutmu apakah pelajaran
hari ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.
Jawab
Pelajaran hari ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari karena
dengan mempelajari permainan tangkap bola kita menjadi paham arti penting dari
kerjasama tim. Selain itu kita juga mempelajari tentang kincir air dan kincir
angin dimana kedua kincir tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kehidupan manusia.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku
Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 1 Sumber energi. Semoga bermanfaat

Leave a Comment