Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif-Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 3 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Energi matahari merupakan sumber energi utama di
bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat
menghangatkan bumi.
bumi. Energi panas yang dihasilkan dapat
menghangatkan bumi.
Ayo Berlatih
Pagi
hari adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Hari ini kamu dan temanmu akan bermain di luar.
hari adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Hari ini kamu dan temanmu akan bermain di luar.
Ayo Lemparkan
Bolanya!
Bolanya!
Perlengkapan:
2 Bola besar, 2 kardus besar.
2 Bola besar, 2 kardus besar.
Aturan
bermain:
bermain:
1.
Kelas dibagi menjadi dua kelompok,
kelompok A dan B.
Kelas dibagi menjadi dua kelompok,
kelompok A dan B.
2.
Setiap kelompok berbaris menghadap ke
depan.
Setiap kelompok berbaris menghadap ke
depan.
3.
Letakkan kardus besar di depan setiap
kelompok (berjarak 5 meter dari barisan paling depan).
Letakkan kardus besar di depan setiap
kelompok (berjarak 5 meter dari barisan paling depan).
4.
Letakkan bola di depan masing-masing
barisan.
Letakkan bola di depan masing-masing
barisan.
5.
Saat mendengar aba-aba mulai, anggota
paling depan harus mengambil bola. Bola
dipegang dengan kedua tangan
Saat mendengar aba-aba mulai, anggota
paling depan harus mengambil bola. Bola
dipegang dengan kedua tangan
6.
Anggota harus melompat ke depan lima kali
dan memasukkan bola ke dalam kardus.
Anggota harus melompat ke depan lima kali
dan memasukkan bola ke dalam kardus.
7.
Anggota pertama mengambil bola dan
meletakkan di depan anggota berikutnya.
Anggota pertama mengambil bola dan
meletakkan di depan anggota berikutnya.
8.
Anggota kedua melakukan hal yang sama.
Anggota kedua melakukan hal yang sama.
Kamu
sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Bacalah
lagi cara bermainnya dan diskusikanlah.
sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Bacalah
lagi cara bermainnya dan diskusikanlah.
Sebelum
melakukan permainan lakukan kegiatan pemanasan dengan tahapan:
melakukan permainan lakukan kegiatan pemanasan dengan tahapan:
1.
Peregangan: mempraktikkan gerakan non lokomotor: Memutar pinggang,
Menekuk badan, tangan, dan kaki, Memiringkan badan, Membentang tangan dan kaki,
Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
Peregangan: mempraktikkan gerakan non lokomotor: Memutar pinggang,
Menekuk badan, tangan, dan kaki, Memiringkan badan, Membentang tangan dan kaki,
Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
2.
Pemanasan: mempraktikan variasi gerak dasar Lokomotor: Jalan dengan
lintasan lurus dan zig-zag, serta Lari dengan lintasan lurus dan zig-zag
Pemanasan: mempraktikan variasi gerak dasar Lokomotor: Jalan dengan
lintasan lurus dan zig-zag, serta Lari dengan lintasan lurus dan zig-zag
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman
116
Ayo Menulis
Tulislah
hasil percobaanmu kedalam tabel berikut.
hasil percobaanmu kedalam tabel berikut.
Nama
percobaan: |
Percobaan
Baterai Jeruk Nipis |
Tujuan
percobaan: |
Membuktikan
bahwa jeruk nipis sebagai sumber energi alternatif |
Alat-alat
yang dibutuhkan: |
Buah
jeruk nipis Kabel Seng dan Tembaga (uang logam 500) Lampu LED Jepitan |
Langkah
kerja: |
|
Hasil
percobaan |
Setelah
dilakukan percobaan ternyata lampu LED dapat menyala. Energi listrik dihasilkan dari air asam jeruk nipis, dimana kutub positif terletak pada pangkal atas jeruk yang di tancapkan. Sedangkan kutub negatif dibagian yang lainya. |
Kesimpulan
|
Dari
percobaan tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa jeruk nipis dapat mengalirkan arus listrik. Dari hasil percobaan yang saya lakukan buah jeruk nipis dapat menyalakan lampu setelah dihubungkan secara seri. |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman
117
Kamu
sudah melakukan percobaan tentang energi alternatif bersama teman-temanmu.
Sekarang tulislah petunjuk bagaimana cara melakukan percobaan yang sudah kamu
lakukan.
sudah melakukan percobaan tentang energi alternatif bersama teman-temanmu.
Sekarang tulislah petunjuk bagaimana cara melakukan percobaan yang sudah kamu
lakukan.
Jawab
1.
Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan
percobaan.
Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan
percobaan.
2.
Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi
sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang
berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk
Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi
sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang
berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk
3.
Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn
dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel
langsung ditusukkan kedalam jeruk.
Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn
dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel
langsung ditusukkan kedalam jeruk.
4.
Hubungkan dengan lampu LED.
Hubungkan dengan lampu LED.
5.
Amati, apakah lampu menyala atau tidak
Amati, apakah lampu menyala atau tidak
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Halaman
117
Ayo Renungkan
Apa
yang sudah kamu pelajari hari ini?
yang sudah kamu pelajari hari ini?
Jawab
Yang kami pelajari hari ini adalah olah raga permainan
lempar bola ke dalam kardus. Permainan yang membutuhkan konsentrasi dan
kerjasama tim. Kita juga mempelajari tentang praktikum energi alternatif
menggunakan buah jeruk. Di mana pada buah jeruk terdapat kandungan elektrolit
yang bisa menghasilkan listrik.
lempar bola ke dalam kardus. Permainan yang membutuhkan konsentrasi dan
kerjasama tim. Kita juga mempelajari tentang praktikum energi alternatif
menggunakan buah jeruk. Di mana pada buah jeruk terdapat kandungan elektrolit
yang bisa menghasilkan listrik.
Mengapa
energi alternatif penting?
energi alternatif penting?
Jawab
Energi alternatif penting karena dengan adanya energi
alternatif maka pemakaian energi dari sumber daya yang tidak dapat diperbaharui
dapat di minimalisir sehingga bisa membuat sumber energi tidak cepat habis.
alternatif maka pemakaian energi dari sumber daya yang tidak dapat diperbaharui
dapat di minimalisir sehingga bisa membuat sumber energi tidak cepat habis.
Menurutmu
apakah pelajaran hari ini bisa diterapkan
dalam kehidupan Sehari-hari?
apakah pelajaran hari ini bisa diterapkan
dalam kehidupan Sehari-hari?
Jawab
Bisa.. Pelajaran hari ini bisa diaplikasikan dalam
kehidupan sehari hari. Seperti permainan lempar bola bisa dilakukan dengan
teman-teman saat bermain di lingkungan tempat tinggal serta untuk kegiatan praktikum
bisa kita lakukan di kehidupan sehari hari. Karena jeruk cukup mudah
didapatkan, LED, kabel, tembaga, seng mudah untuk di peroleh dari lingkungan
sekitar kita.
kehidupan sehari hari. Seperti permainan lempar bola bisa dilakukan dengan
teman-teman saat bermain di lingkungan tempat tinggal serta untuk kegiatan praktikum
bisa kita lakukan di kehidupan sehari hari. Karena jeruk cukup mudah
didapatkan, LED, kabel, tembaga, seng mudah untuk di peroleh dari lingkungan
sekitar kita.