Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk
Hidup di Lingkunganku –Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran
3 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Sebelumnya kamu sudah belajar tentang tanaman padi. Betapa banyak
manfaat padi. Sebagian besar orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan
utama. Begitu juga Beni. Beni makan nasi sebagai makanan pokoknya.
Sebelumnya kita telah belajar tentang keragaman hewan yang ada di Indonesia.
Sekarang, kita tingkatkan kesehatan kita dengan berolahraga lompat seperti
katak.
Ayo Membaca
Ketika pulang sekolah bersama teman-temannya, Edo melewati sebuah kolam
kecil yang ditinggali beberapa ekor katak. Mereka berhenti di kolam itu dan
melihat katak-katak berlompatan. Edo memberitahu teman-temannya bahwa katak
adalah hewan pelompat yang ulung.
Katak memiliki kaki-kaki yang panjang dan kuat. Hewan ini dikenal
sebagai pelompat yang ulung. Jenis katak tertentu dapat melompat hingga sejauh
20 kali panjang tubuhnya.
Sebelum kamu berolahraga, bacalah petunjuk berikut
Sebelum memulai kegiatan miswa melakukan pemanasan dengan mempraktikkan
gerakan non
lokomotor:
- Memutar
pinggang - Menekuk
badan, tangan, dan kaki, - Memiringkan
badan - Membentang
tangan dan kaki - Memutar
badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang. - Minta
satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang
lain.
Bahan yang dibutuhkan
- Bola
kecil 2 - Kardus
2
Cara bermain
- Kelas dibagi menjadi
dua kelompok. - Setiap
kelompok berbaris. - Letakkan
bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan. - Letakkan
kardus sekitar 3 meter dari bola. - Setiap
anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola. - Siswa
mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter
dari siswa. - Anggota
kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan. - Anggota
berikutnya mendapat giliran. - Kelompok
yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 3 Halaman 64 65
Apa keterampilan yang diperlukan dalam permainan lompat katak?
Jawab
Keterampilan yang diperlukan dalam permainan lompat katak adalah gerak
melompat, kemampuan melemparkan bola
Keterampilan mana yang sudah kamu lakukan dengan baik? Jelaskan.
Jawab
Keterampilan yang sudah dilakukan dengan baik adalah keterampilan
melompati kardus sebagai rintangan
Keterampilan mana yang belum dapat kamu lakukan dengan baik? Jelaskan
Jawab
Keterampilan yang belum dilakukan dengan baik adalah keterampilan saat
memasukkan bola ke kardus, terkadang tidak tepat sasaran
Apa rencanamu untuk masa yang akan datang agar keterampilan keterampilan tersebut
lebih baik
lagi?
Jawab
Rencana yang akan dilakukan kedepan adalah dengan melakukan latihan yang
lebih sering lagi
Bagaimana perasaanmu setelah bermain lompat katak? Katak adalah hewan
yang berada di sekitar kita. Selain katak, hewan apa yang berada di
lingkunganmu?
Jawab
Selain katak, di lingkungan tempat tinggal saya terdapat hewan seperti
burung merpati, burung dara, bebek, ayam, itik, ikan, kucing, anjing, sapi,
kambing, kerbau.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 3 Halaman 66
Ayo Berdiskusi
Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung
yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu
hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo
dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo
menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka
pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo
merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian
tubuh burung yang terluka. Bantulah Edo menuliskan bagian-bagian tubuh burung merpati
dan lengkapi tabel di bawahnya
No |
Bagian |
Fungsi |
1. |
Paruh |
Paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung bentuknya |
2 |
Sayap |
Sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan |
3 |
Ekor |
Ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang. |
4 |
Cakar/Kaki |
Cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya dan untuk bertengger |
5 |
Mata |
Mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya. |
Apa yang akan kamu lakukan apabila menemukan hewan dalam keadaan seperti
burung tersebut?
Jawab
Apabila saya menemukan burung dalam keadaan tertembak saya akan menolong
burung tersebut. Saya akan obat dan rawat burung tersebut semampu dan sebisa
saya. Jika saya tidak bisa, saya akan meminta bantuan oaran tua atau lainnya
yang lebih mengerti. Karena sebagai sesama makhluk Tuhan kita harus saling
menyayangi.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 3 Halaman 67 68
Ayo Mengamati
Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat
menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara laba-laba dan kumbang
dengan melengkapi gambar dan tabel di bawah ini.
Bagian |
Laba-laba |
Serangga |
Banyak Kaki |
8 |
6 |
Banyak Sayap |
Tidak |
Ada |
Banyak Mata |
4 |
2 |
Ciri-ciri lain |
|
|
Lengkapi diagram berikut untuk menampilkan
persamaan dan perbedaan antara laba-laba dan kumbang.
Kamu
sudah mengetahui bahwa kupu-kupu perlu dilestarikan agar tercipta keseimbangan,
begitu pula dengan serangga seperti laba-laba dan kumbang. Tuhan menciptakan
sumber daya alam tentunya mempunyai maksud dan tujuan tertentu.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 3 Halaman 69
Ayo Menulis
Ambillah daftar pertanyaan yang kamu miliki. Lengkapilah daftar pertanyaan
tersebut. Kamu bisa membuat pertanyaan tentang bagian-bagian hewan serta fungsinya.
Perlihatkan daftar pertanyaanmu kepada gurumu.
Jawab
Daftar Pertanyaan
Nama |
Daftar |
Ikan Paus |
Dimanakah habitat ikan paus? Apakah fungsi ekor pada ikan paus? Ikan paus bernapas menggunakan apa? Bagaimanakah ikan paus berkembang biak? Mengapa ikan paus termasuk hewan mamalia? Apakah makanan ikan paus? |
Kura – Kura |
Dimanakah habitat kura kura? Apakah makanan kura kura? Bagaimanakah kura kura bekembang biak? Apakah kegunaan tempurung pada kura kura? |
Lebah |
Dimakanakah habitat lebah? Apakah makanan lebah? Apakah manfaat lebah? Bagaimanakah lebah berkembang biak? Apa fungsi sayap pada lebah? Apakah fungsi sengat pada ekor lebah? |
Kupu-Kupu |
Dimanakah habitat kupu-kupu? Bagaimanakah perkembangbiakan kupu-kupu? Apakah makanan kupu-kupu? Berapakah mata pada kupu-kupu? Mengapa sayap kupu-kupu sangat rapuh? |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 3 Halaman 69
Kerjasama dengan Orang Tua
Kamu adalah seorang
detektif hewan. Kamu akan melakukan petualangan di sekitar rumah. Ajaklah orang
tuamu melakukan petualangan ini. Temukan ciri-ciri hewan di sekitar rumahmu dan
lengkapi tabel berikut. Hasil petualanganmu akan dilaporkan kepada guru dan diskusikan
bersama teman.
Ciri-Ciri Hewan