Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita – cita ku Halaman 25
Ayo Membaca
Bacalah artikel
berikut dengan saksama!
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel!
1.
Siapakah Triyono?
Jawab
Pengusaha
Muda
2.
Apa saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha?
Jawab
Yang
telah dilakukan Triyono untuk menjadi pengusaha adalah Ia memulai usahanya dari
peternakan bebek potong, lalu ia membentuk kelompok bersama dan mengumpulkan
dana dari teman-temannya. Triyono lalu membeli lahan untuk membangun kandang.
Untuk memulai beternak sapi, kemudian membangun peternakan dan pemotongan
ayam.
3.
Kendala apa sajakah yang dihadapinya?
Jawab
Kendala
yang dialami oleh Triyono adalah modal yang kurang dan lahan yang kurang luas
4.
Apakah mimpinya?
Jawab
Ia
bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor
dari luar negeri.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita – cita ku Halaman 26-27
Ayo Berlatih
Keahlian
apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan hewan ternak
yang berkualitas? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Jawab
Keahlian
yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan hewan ternak yang
berkualitas adalah keahlian dalam
a.
menjaga kebersihan hewan, kandang dan
pakan ternak
b.
memberi pakan secara teratur dan bergizi
bagi hewan ternak
c.
memberi pengobatan untuk mencegah agar
hewan tetap sehat bugar dan tidak sakit
Perhatikan
gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
Menurutmu,
dilingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan
subur?
Jawab
Pohon Apel dapat tumbuh dengan subur di pegunungan
atau dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Sedangkan mangga dapat tumbuh
subur di dataran rendah.
Tumbuhan atau pohon dapat tumbuh subur jika dirawat
dengan baik salah satunya dengan pemberian pupuk yang tepat. Tumbuhan juga
memerlukan lingkungan yang sesuai untuk dapat tumbuh dengan baik
Di
lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan
subur?
Jawab
Sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan
subur di lingkungan dataran tinggi dengan tinggi area sekitar 600 m dari
permukaan air laut
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita – cita ku Halaman 28
Ayo Berlatih
Peta
konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung.
Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan
menggunakan bagan atau diagram.
Buatlah
peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.
Jawab
Peta konsep tentang
lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur adalah peta konsep yang
menggambarkan lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh dengan subur itu
meliputi Lingkungan harus cukup mendapat sinar cahaya matahari, mempunyai
Nutrisi pada tanah ( Humus ), Cukup Air, Suhunya sesuai dengan Tanaman yang
akan tumbuh, Kelembaban udaranya juga harus sesuai, Tanahnya harus gembur.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Aku
dan Cita – cita ku Halaman 29
Ayo
Berdiskusi
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.
Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a.
Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah
daerah tempat tinggalmu?
- Pegunungan
- Dataran
rendah - Pantai
- Lainnya (tuliskan
menurut pengamatanmu)
b.
Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c.
Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!
3.
Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti
berikut!
Jawab
Contoh Laporan Hasil Diskusi Tentang Lingkungan Tempat Tinggal dengan
Potensi Sumber Daya dan Mata Pencaharian Penduduknya
Lingkungan Daerah Tempat Tinggal |
Potensi Sumber Daya |
Mata Pencaharian atau |
Pegunungan |
Tanaman |
Pekebun, |
Dataran |
Padi, Palawija, |
Pekebun, |
Pantai |
Ikan, |
Nelayan, |
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan
berikut!
a. Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan
lingkungannya?
Jawab
Ya..Potensi sumber daya alam yang ada didaerahku sesuai dengan
lingkungannya seperti :
Potensi Sumber Daya Alam adalah Padi, Palawija, Kelapa Sawit, Tebu
karena Lingkungannya adalah Dataran Rendah
Potensi Sumber Daya Alam adalah Ikan, Rumput laut, Garam, Hutan
Mangrove karena lingkungannya adalah Daerah Pantai
Potensi Sumber Daya Alam adalah Tanaman Kopi, Tanaman Teh, Tanaman Lada,
Tanaman Apel karena lingkungannya adalah Pegunungan
b. Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai
dengan lingkungannya?
Jawab
Mata pencaharian penduduk di sekitarku sesuai dengan lingkungannya
seperti :
Penduduk yang tinggal di daerah pegunungan kebanyakan menjadi pekebun teh,
pekebun kopi, pekebun lada, dan ada sebagian yang beternak karena tersedianya
lahan yang luas dan subur
Penduduk yang tinggal di dataran rendah bekerja sebagai petani padi, petani
jagung, petani palawija, ada juga yang bekerja sebagai pedagang, dan buruh
karena dataran rendah cocok untuk pertanian dan perdagangan.
Penduduk yang tinggal di daerah pantai bekerja sebagai nelayan, petani
garam, dan petambak karena mereka tinggal dekat dengan laut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita – cita ku Halaman 30
Ayo
Berlatih
1.
Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2.
Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a. Apa cita-citamu?
b. Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3.
Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi
tabel seperti berikut
Jawab
Tabel
Hasil Diskusi Tentang Cita-Cita
No. |
Nama |
Cita-cita |
Manfaat untuk Lingkungan |
1. |
Budi |
Guru |
Meningkatkan |
2. |
Danu |
Penari |
Melestariken |
3. |
Khayla |
Dokter |
Memberikan |
4. |
Fatih |
Pemain |
Mengharumkan |
5. |
Ahmad |
Polisi |
Menjaga |
6. |
Nurul |
Pengacara |
Memberikan |
7. |
Syahrini |
Penyanyi |
Menghibur |
8. |
Harto |
Wirausahawan |
Meningkatkan |
9. |
Muslimah |
PNS |
Memberikan |
10. |
Yani |
Pedagang |
Menyediakan |
Kamu
sudah mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan
tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut? Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah
ini.
Jawab
Cita-cita teman-teman sekelas saya beragam. Karena
cita-cita adalah keinginan masing-masing orang untuk kehidupannya di masa
depan. Setiap cita-cita yang di impikan seseorang akan memberikan manfaat untuk
lingkungan sekitarnya, orang disekelilingnya. Untuk itu cita-cita yang baik
harus di pupuk dan diperjuangkan sejak dini.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita – cita ku Halaman 31-32
Ayo Membaca
Ayo, simaklah puisi
berikut!
1.
Apa judul puisi tersebut? Siapakah
pengarangnya?
Jawab
Judul Puisi : Hidupku Penuh Warna
Pengarangnya : D. Karitas
2.
Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut
Jawab
Saya membayangkan begitu banyaknya cita-cita yang di
miliki oleh masing-masing orang. Dengan banyaknya perbedaan itu membuat hidup
menjadi indah
3.
Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?
Jawab
Menurut saya isi dari puisi tersebut adalah cita-cita dari
setiap orang itu beragam. Karena keberagaman cita-cita itu menjadikan hidup
menjadi penuh warna dan selalu bersyukur pada Ilahi
4.
Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?
Jawab
Jumlah bait puisi di atas adalah 4 bait
5.
Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
Jawab
Jumlah
baris dalam tiap bait puisi di atas adalah 4 baris
6.
Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!
Jawab
Rima
pada bait 1 adalah a-a-b-b (rima pasang)
Rima
pada bait 2 adalah a-b-b-a (rima peluk)
Rima
pada bait 3 adalah a-b-a-b (rima silang)
Rima
pada bait 4 adalah a-b-c-d (rima acak)
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita – cita ku Halaman 33
Ayo Renungkan
1.
Apakah manfaat keragaman bagimu?
Jawab
Manfaat keragaman bagi saya adalah dengan adanya keberagaman
akan menciptakan hidup lebih berwarna, akan saling mengisi dan melengkapi setiap
kelebihan dan kekurangan yang ada dalam kehidupan manusia
2.
Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
Jawab
Sikap yang perlu dikembangkan untuk menghadapi
keberagaman adalah sikap untuk saling menghargai, menghormati atas keberagaman
yang ada.
3.
Hal baru apa saja yang kamu temukan pada pembelajaran hari ini?
Jawab
Hal baru yang saya temukan dari pembelajaran hari ini
adalah tentang keberagaman yang ada di masyarakat misalnya keberagaman
cita-cita, keberagaman pekerjaan, keberagaman daerah tempat tinggal,
keberagaman sumber daya alam. Di mana kesemua keberagaman itu saling melengkapi
dang mengisi satu dengan lainnya.