Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci
jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan
pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita Halaman 129

Lengkapilah
diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3

Halangan
yang dihadapi Frederich Silaban :

1.       
Harus bersaing dengan 30 arsitek untuk
memenangkan desain Majid Istiqlal

2.       
Frederich Silaban bukan lulusan sekolah
arsitektur

3.       
Frederich Silaban bukan seorang muslim

 

Sikap yang dimiliki Frederich Silaban:

Sikap yang dimiliki oleh Frederich Silaban adalah usaha yang gigih,
pantang menyerah, dan bekerja keras

 

Usaha yang dilakukan Frederich Silaban:

1.       
Frederich Silaban berhasil menyelesaikan
Majid Istiqlal dalam waktu 17 tahun

2.       
Frederich Silaban berhasil menyandingkan
pembangunan masjid istiqlal dengan Gereja Katedral di Jakarta

3.       
Frederich Silaban ikut merancang 700 bangunan
di seluruh Indonesia

 

Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban dengan usaha dan
kerja kerasnya?

Jawab

a.       
memenangkan sayembara untuk membuat desain
masjid istiqal yg di adakan oleh presiden soekarno pada tahun 1955

b.       
menerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang
Jasa Sipil berupa Bintang Jasa Utama dari pemerintah

c.        
merancang tugu khatulistiwa di pontianak pada
tahun 1938

d.       
merancang monumen nasional monas di jakarta pada
tahun 1960

e.        
merancang gerbang taman makam kalibata di
provinsi jakarta pd tahun 1953

f.         
ikut merancang 700 bangunan di seluruh
Indonesia

 

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Frederich Silaban untuk meraih
citacitanya?

Jawab

Untuk meraih cita-citanya menjadi seorang arsitek Frederich Silaban berusaha
dengan sangat gigih, pantang menyerah walaupun sebenarnya Ia bukanlah lulusan
sekolah Arsitektur.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 130

 

Ayo Mengamati

 

Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama
di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di
atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3

Jawab

Gambar di atas adalah tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
Masing-masing Agama mempunyai tempat ibadah masing-masing.

Masid adalah tempat ibadah umat agama islam

Gereja adalah tempat ibadah umat agama kristen dan katolik

Pura adalah tempat ibadah umat agama hindu

Vihara adalah tempat ibadah umat agama budha

Klenteng adalah tempat ibadah umat agama konghuchu

 

Tempat-tempat ibadah tersebut ada di daerah saya. Karena di tempat
tinggal saya masyarakatnya beragam ada yang beragama Islam, Katolik, Kristen,
Hindu, Budha dan Konghuchu

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 131

 

Ayo Berlatih

 

Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat
beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi
kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan
yang khas.

 

Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah
kegiatan berikut.

1.    Kamu akan
dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari informasi
tentang dua tempat ibadah keagamaan.

2.    Carilah
informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia.
Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah
informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat
ibadah tesebut.

3.    Carilah
gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan
ibadah tersebut.

4.    Dengan
menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah
tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.

5.    Tuliskanlah
juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.

6.    Aturlah sedemikian
rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya.
(Gunakan contoh di bawah ini).

7.    Jelaskan
kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.

8.    Presentasikan
hasil karyamu di depan kelas.

9.    Catatlah
informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain.

Gambar A

Gambar B

Nama

Masjid Agung Palembang

Nama

Kelenteng Kwam Im

Tahun berdri

1738

Tahun berdiri

1773

Tempat ibadah umat

Islam

Tempat ibadah umat

Tao dan Konghucu

Sejarah singkat : Masjid Agung Palembang pada awalnya bernama
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I yang dibangun pada tahun 1738 dan
dibuka pada tahun1748. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di
Indonesia. Masjid ini dibangun dengan 3 pengaruh arsitektur yaitu Indonesia,
China dan Eropa.  

Sejarah singkat : Klenteng Kwam Im atau Klenteng Tri
Dharma Chandra Nadi (Soei Goeat Kiang) yang sudah berdiri sejak tahun 1773.
Klenteng ini berdiri pada masa Kesultanan Palembang Darussalam dan Kolonial
Belanda.

Kegunaan : Selain beribadah Masjid Agung Palembang juga digunakan untuk kegiatan
keagamaan lainnya seperti peringatan hari besar agama.

Kegunaan : Klenteng Kwam Im digunakan untuk ibadah tiga aliran yaitu Kong hu cu,
Toisme dan Budha

Kesimpulanku : Agama yang dipeluk oleh masyarakat yang ada
di Indonesia sangat beragam. Setiap agama mempunyai tempat ibadah masing-masing.
Hampir setiap rumah ibadah mempunyai bentuk bangunan yang dipengaruhi oleh
budaya masyarakat setempat sehingga menyebabkan tempat ibadah mempunyai
bangunan yang bernilai seni dan indah.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Giat
Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 133

 

Ayo Mencoba

 

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!

1.       
Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.

2.       
Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya
hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.

3.       
Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada
gurumu.

4.       
Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di
wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.

5.       
Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau
tumbuhan tertentu.

6.       
Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan
atau hewan lainnya.

7.       
Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu
tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.

8.       
Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang
paling banyak dihasilkan di daerahmu.

9.       
Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Jawab

Untuk jawaban pada soal diatas. Kakak hanya
memberikan contoh satu daerah saja. Cara menjawabnya adek adek tinggal browsing
peta daerah tempat tinggal adek-adek semua kemudian cari informasi daerah
penghasil tanaman dan hewan di daerah tersebut

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3

Kesimpulan:

 

Setiap daerah mempunyai potensi sumber daya alam masing-masing. Sumber
daya alam tersebut dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap
daerah mempunyai potensi sumber daya alam baik tumbuhan maupun hewan. Beberapa
daerah beserta sumber daya tumbuhan dan hewannya sebagai berikut :

Daerah

Tumbuhan

Hewan

Bandung Barat

Teh, Padi

Sapi, Kerbau, Kambing, Domba, Ayam Potong, Ayam Ras

Pringsewu Lampung

Padi

Sapi, Kambing, Domba, Ayam

Mesuji

Sawit, Singkong, Karet

Sapi, Kambing, Ayam

Lampung Barat

Kopi, Karet, Jagung, Sayur

Sapi, Kambing, Ayam

Musi Banyu Asin

Padi, Karet, Sawit, Jagung

Sapi, Kambing, Ayam Potong

Oku Timur

Padi, Sawit, Karet

Sapi, Kambing, Ayam Potong

Prabumulih

Padi, Nanas, Karet

Sapi, Kambing, Ayam

Garut

Padi, ubi kayu, kedelai, jagung

Sapi, Kambing

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 134

 

Ayo Membaca

 

Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.
Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.

1.       
V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.

2.       
VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.

3.       
VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.

 

Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran
pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris
kalimatnya.

Jawab

 

Penjaga Alamku

Karya: D. Karitas

 

Kau tidak pernah lelah VV

Kau tidak pernah putus asa VV

Kau tidak pernah menyerah VV

Mencintai alamV di mana kau dibesarkan VV

 

AnginVdan badaiV adalah sahabatmu VV

HujanV dan panasV adalah penolongmu VV

Air sungaiV adalah kehidupanmu VV

AlammuV adalah ibumu VV

 

Maka engkau menjaganya VV

Maka engkau memeliharanya VV

Maka engkau merawatnya VV

Karena alamV adalah ibumu VVV

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 134

 

Ayo Renungkan

 

Ceritakanlah bagaimana kamu bekerja sama dengan temanmu untuk
menyelesaikan tugasmu hari ini. Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan
untuk bekerja sama?

Jawab

Untuk bekerja sama kita harus mengembangkan sikap saling menghargai, saling
menghormati, kerja keras, dan persatuan dan kesatuan

 

Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?

Jawab

Yang saya lakukan di tempat ibadah saya selain berdoa adalah Mengaji,
melakukan shalat, membersihkan tempat ibadah,  memberikan infak/sedekah,
mengikuti kegiatan pengajian

 

Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?

Jawab

Ketika saya beribadah saya merasa tenang dan merasa dekat dengan Tuhan
yang Maha Esa

 

Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Giat
Berusaha Meraih Cita-Cita. Semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran yang
sifatnya membangun dapat di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Leave a Comment