Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci
jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan
pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita Halaman 129
Lengkapilah
diagram berikut ini berdasarkan bacaan di atas
Halangan
yang dihadapi Frederich Silaban :
1.
Harus bersaing dengan 30 arsitek untuk
memenangkan desain Majid Istiqlal
2.
Frederich Silaban bukan lulusan sekolah
arsitektur
3.
Frederich Silaban bukan seorang muslim
Sikap yang dimiliki Frederich Silaban:
Sikap yang dimiliki oleh Frederich Silaban adalah usaha yang gigih,
pantang menyerah, dan bekerja keras
Usaha yang dilakukan Frederich Silaban:
1.
Frederich Silaban berhasil menyelesaikan
Majid Istiqlal dalam waktu 17 tahun
2.
Frederich Silaban berhasil menyandingkan
pembangunan masjid istiqlal dengan Gereja Katedral di Jakarta
3.
Frederich Silaban ikut merancang 700 bangunan
di seluruh Indonesia
Apa saja prestasi yang telah diraih Frederich Silaban dengan usaha dan
kerja kerasnya?
Jawab
a.
memenangkan sayembara untuk membuat desain
masjid istiqal yg di adakan oleh presiden soekarno pada tahun 1955
b.
menerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang
Jasa Sipil berupa Bintang Jasa Utama dari pemerintah
c.
merancang tugu khatulistiwa di pontianak pada
tahun 1938
d.
merancang monumen nasional monas di jakarta pada
tahun 1960
e.
merancang gerbang taman makam kalibata di
provinsi jakarta pd tahun 1953
f.
ikut merancang 700 bangunan di seluruh
Indonesia
Apa kesimpulanmu terhadap usaha Frederich Silaban untuk meraih
citacitanya?
Jawab
Untuk meraih cita-citanya menjadi seorang arsitek Frederich Silaban berusaha
dengan sangat gigih, pantang menyerah walaupun sebenarnya Ia bukanlah lulusan
sekolah Arsitektur.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 130
Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar tempat ibadah umat beragama
di Indonesia di atas dengan saksama. Dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di
atas? Apakah tempat-tempat ibadah itu ada di daerahmu?
Jawab
Gambar di atas adalah tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
Masing-masing Agama mempunyai tempat ibadah masing-masing.
Masid adalah tempat ibadah umat agama islam
Gereja adalah tempat ibadah umat agama kristen dan katolik
Pura adalah tempat ibadah umat agama hindu
Vihara adalah tempat ibadah umat agama budha
Klenteng adalah tempat ibadah umat agama konghuchu
Tempat-tempat ibadah tersebut ada di daerah saya. Karena di tempat
tinggal saya masyarakatnya beragam ada yang beragama Islam, Katolik, Kristen,
Hindu, Budha dan Konghuchu
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 131
Ayo Berlatih
Masyarakat Indonesia terdiri atas pemeluk agama yang berbeda-beda. Umat
beragama dari tiap-tiap agama memerlukan tempat beribadah untuk memenuhi
kebutuhan rohani mereka. Setiap tempat ibadah memiliki bentuk dan pengaturan
yang khas.
Amatilah daerah sekitarmu. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah
kegiatan berikut.
1. Kamu akan
dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan mencari informasi
tentang dua tempat ibadah keagamaan.
2. Carilah
informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia.
Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia. Catatlah
informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat
ibadah tesebut.
3. Carilah
gambar tentang rumah ibadah tersebut. Cari tahu makna setiap bagian bangunan
ibadah tersebut.
4. Dengan
menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah
tersebut dan berilah keterangan di bawahnya.
5. Tuliskanlah
juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
6. Aturlah sedemikian
rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya.
(Gunakan contoh di bawah ini).
7. Jelaskan
kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
8. Presentasikan
hasil karyamu di depan kelas.
9. Catatlah
informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain.
Gambar A |
Gambar B |
||
|
|
||
Nama |
Masjid Agung Palembang |
Nama |
Kelenteng Kwam Im |
Tahun berdri |
1738 |
Tahun berdiri |
1773 |
Tempat ibadah umat |
Islam |
Tempat ibadah umat |
Tao dan Konghucu |
Sejarah singkat : Masjid Agung Palembang pada awalnya bernama |
Sejarah singkat : Klenteng Kwam Im atau Klenteng Tri |
||
Kegunaan : Selain beribadah Masjid Agung Palembang juga digunakan untuk kegiatan |
Kegunaan : Klenteng Kwam Im digunakan untuk ibadah tiga aliran yaitu Kong hu cu, |
||
Kesimpulanku : Agama yang dipeluk oleh masyarakat yang ada |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 3 Giat
Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 133
Ayo Mencoba
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut!
1.
Bekerjalah bersama anggota kelompokmu yang terdiri atas tiga orang.
2.
Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya
hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
3.
Mintalah peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu kepada
gurumu.
4.
Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di
wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan.
5.
Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau
tumbuhan tertentu.
6.
Lakukan hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan
atau hewan lainnya.
7.
Jelaskan manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu
tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
8.
Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apa saja yang
paling banyak dihasilkan di daerahmu.
9.
Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelas.
Jawab
Untuk jawaban pada soal diatas. Kakak hanya
memberikan contoh satu daerah saja. Cara menjawabnya adek adek tinggal browsing
peta daerah tempat tinggal adek-adek semua kemudian cari informasi daerah
penghasil tanaman dan hewan di daerah tersebut
Kesimpulan:
Setiap daerah mempunyai potensi sumber daya alam masing-masing. Sumber
daya alam tersebut dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap
daerah mempunyai potensi sumber daya alam baik tumbuhan maupun hewan. Beberapa
daerah beserta sumber daya tumbuhan dan hewannya sebagai berikut :
Daerah |
Tumbuhan |
Hewan |
Bandung Barat |
Teh, Padi |
Sapi, Kerbau, Kambing, Domba, Ayam Potong, Ayam Ras |
Pringsewu Lampung |
Padi |
Sapi, Kambing, Domba, Ayam |
Mesuji |
Sawit, Singkong, Karet |
Sapi, Kambing, Ayam |
Lampung Barat |
Kopi, Karet, Jagung, Sayur |
Sapi, Kambing, Ayam |
Musi Banyu Asin |
Padi, Karet, Sawit, Jagung |
Sapi, Kambing, Ayam Potong |
Oku Timur |
Padi, Sawit, Karet |
Sapi, Kambing, Ayam Potong |
Prabumulih |
Padi, Nanas, Karet |
Sapi, Kambing, Ayam |
Garut |
Padi, ubi kayu, kedelai, jagung |
Sapi, Kambing |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 134
Ayo Membaca
Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V.
Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.
1.
V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.
2.
VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.
3.
VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.
Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran
pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris
kalimatnya.
Jawab
Penjaga Alamku
Karya: D. Karitas
Kau tidak pernah lelah VV
Kau tidak pernah putus asa VV
Kau tidak pernah menyerah VV
Mencintai alamV di mana kau dibesarkan VV
AnginVdan badaiV adalah sahabatmu VV
HujanV dan panasV adalah penolongmu VV
Air sungaiV adalah kehidupanmu VV
AlammuV adalah ibumu VV
Maka engkau menjaganya VV
Maka engkau memeliharanya VV
Maka engkau merawatnya VV
Karena alamV adalah ibumu VVV
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 134
Ayo Renungkan
Ceritakanlah bagaimana kamu bekerja sama dengan temanmu untuk
menyelesaikan tugasmu hari ini. Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan
untuk bekerja sama?
Jawab
Untuk bekerja sama kita harus mengembangkan sikap saling menghargai, saling
menghormati, kerja keras, dan persatuan dan kesatuan
Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
Jawab
Yang saya lakukan di tempat ibadah saya selain berdoa adalah Mengaji,
melakukan shalat, membersihkan tempat ibadah, memberikan infak/sedekah,
mengikuti kegiatan pengajian
Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?
Jawab
Ketika saya beribadah saya merasa tenang dan merasa dekat dengan Tuhan
yang Maha Esa