Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran
4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku- Pada kesempatan kali ini admin
akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 1
kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD
kurikulum 2013 revisi tema 1

Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 4 ini membahas mengenai permainan tradisional.
Keberagaman Budaya pada permainan tradisional gobak sodor dan permainan
benteng-bentengan. Pada kedua permainan tersebut adalah permainan yang
membutuhkan kekompakan, dan kerjasama tim yang baik.
Di Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 kelas
IV SD ini juga membahas mengenai perambatan bunyi. Bunyi dapat didengar telinga
manusia dengan cara merambat melalui media perambatan. Dapat di buktikan dengan
beberapa contoh skema percobaan tentang media perambatan bunyi.


Kunci Jawaban Buku
Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di
dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di
rumah.



Indonesia juga kaya akan keberagaman kain
tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut
merupakan kekayaan budaya bangsa. Ayo kita cari tahu lebih lanjut.
Ayo Mengamati
Amatilah kain tradisional nusantara
berikut ini.

Temukan segi banyak pada pola kain-kain di
atas.
Jawab:
Segi banyak pada pola kain-kain di atas
Persegi
Jajar
genjang
Segi
tiga
Layang
– layang
Lingkaran
Kita
akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya.

4. Tuliskan hasil
percobaanmu pada tabel berikut.



Berdasarkan
segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas. Kelompokkan ke dalam
tabel berikut.

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan
dan 3 bentuk segi banyak tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur
sisi dan sudutnya.



Kerjakan
latihan berikut.
1.
Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!

Jawab:
Yang
merupakan segi banyak beraturan adalah gambar yang sudah saya beri keterangan
SGB ( Segi Banyak Beraturan ) yaitu Segi Tiga Sama Sisi, Persegi, Pentagon,
Heksagon, Oktagon
Karena
semua bangun tersebut mempunyai panjang sisi yang sama dan mempunyai besar
sudut yang sama juga
2.  Buatlah desain batik dari bangun segi banyak.
Berikut adalah contohnya.
Jawab:
Contoh
desain batik dari segi banyak
Motif
Desain Batik Bangun Persegi











Motif
Desain Batik Bangun Segi Tiga














Motif
Desai Batik Bangun Lingkaran














Motif
Desain Batik Bangun Persegi Panjang



















Motif
Desain Batik Bangun Belah Ketupat












Ayo
Membaca
Bacalah
teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan
pada diagram-diagram yang tersedia!
Tari
Kipas Pakarena
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang
berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di
kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni
Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon,
sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino
cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam,
beternak,
dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna
gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam,
melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda
kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut
mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara
keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Menentukan
Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dari Bacaan Tari Kipas Pakarena

Paragraf
I
Gagasan
Pokok:
Tari
Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa
Gagasan
Pendukung:
Tarian
ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas
Kerajaan Gowa
Paragraf
II
Gagasan
Pokok:
Kisah
tari kipas pakarena berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi dan
penghuni Lino
Gagasan
Pendukung:
Sebelum
berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani
hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu
Paragraf
III
Gagasan
Pokok:
Cerita
itu diabadikan dalam gerakan tarian
Gagasan
Pendukung :
Makna
gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam,
melambangkan siklus hidup manusia
Gerakan
naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang
di atas
Cara
menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh,
dan hormat
Secara
keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur

Ayo
Mengamati

Diskusikan
hasilmu dengan hasil temanmu.
Seperti
yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di
dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman
yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah
kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi
indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.
Apa
sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk
menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
 • Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari
sapu tersebut.
 • Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk
menyapu.
 • Bandingkan hasilnya.
Tulislah
kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara
berpasangan!
Jawab:
Persatuan
dan Kesatuan jika ada dalam suatu keluarga, masyarakat, ataupun bangsa akan
membuat menjadi keluarga, masyarakat atau bangsa tersebut menjadi kuat. Dengan
sikap bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan
dan kesatuan dalam keberagaman.

Jawab:
Disini kita
harus menyebutkan sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan serta sikap
yang tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari yang
di dasari keberagaman
Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan
Sikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
TOLERAN,
artinya menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada termasuk dalam
agama dan kepercayaan sekalipun.
Membenci
agama yang dianut oleh orang lain, mengganggu peribadatan umat lain,
memaksakan agamanya pada pihak lain.
TIDAK
DISKRIMINATIF, memperlakukan semua orang dengan adil tanpa berpatokan pada
latar belakangnya. Berteman dengan siapa saja tanpa memandang suku, ras,
agama, asal daerahnya dan sebagainya.
Diskriminatif,
pilih-pilih teman, hanya mau bergaul dengan teman seagama, teman sedaerah, teman
sesuku, teman seras dan sebagainya.
MENDAHULUKAN
KEPENTINGAN BERSAMA daripada kepentingan pribadi, contohnya adalah dengan
giat ikut gotong royong dan kerja bakti
Tidak mau
bekerja sama, enggan ikut kerja bakti dan gotong royong.
Saling TOLONG
MENOLONG
Egois, Tidak
mau membantu orang lain
MUSYAWARAH,
ketika terjadi konflik atau perselisihan atau ketika hendak mengambil
keputusan demi kepentingan bersama maka penting diadakan melalui musyawarah
mufakat
Enggan bermusyawarah,
menyukai pertikaian dan perpecahan, provokatif dan lain sebagainya.
Menurutmu,
apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Jawab:
Yang akan
terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan hidup akan terasa aman,
damai karena semua orang akan saling menghormati, saling menghargai, saling tolong
menolong, saling toleransi.
Apa yang
akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Jawab:
Tidak
adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan
orang lain.
Kepentingan
golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh
masyarakat.
Muncul
pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat ketika misalnya visi dan misi
tidak sejalan.
Tidak
adanya kerja sama yang terjalin antar warga masyarakat, padahal dalam
masyarakat kita gotong-royong adalah yang paling diprioritaskan. Aktivitas
gotong-royong adalah salah satu contoh dari bentuk persatuan dan kesatuan yang
seharusnya dipertahankan.

Ayo
Renungkan

Nilai-nilai
apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab:
Nilai-nilai
yang dapat kami pelajari pada hari ini adalah nilai persatuan dan kesatuan,
nilai Saling menghargai, saling menghormati, tidak diskriminasi, toleransi
dengan sesama, gotong royong, musyawarah.
Apa yang
perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?
Jawab:
Yang perlu
kita lakukan untuk mempererat persatuan dan kesatuan dengan selalu menerapkan
pola atau sikap saling menghargai, saling menghormati, tidak diskriminasi,
toleransi dengan sesama, mau bergotong royong, dan selalu mengutamakan
kepentingan umum diatas kepentingan pribadi.
Artikel Penting Lainnya

KunciJawaban Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 3
Pembelajaran 6

Demikianlah artikel
tentang
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya
Bangsaku. Semoga bermanfaat..

Leave a Comment