Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 4 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 4 ini membahas mengenai gotong royong dan kerjasama
dalam kegiatan sehari hari.
Kebersamaan Pembelajaran 4 ini membahas mengenai gotong royong dan kerjasama
dalam kegiatan sehari hari.
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 4 ini juga mempelajari tentang penghitungan sudut menggunakan
busut
Kebersamaan Pembelajaran 4 ini juga mempelajari tentang penghitungan sudut menggunakan
busut
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 111
Dengan
kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan
baik.
kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan
baik.
Seperti
apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat
ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah
berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan
teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan
telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan
tanggung jawab bersama.
ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah
berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan
teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan
telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan
tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah
hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin
pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu
di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak
keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah
Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan
teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan
Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak
menghalangi niat kerja sama mereka.
hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin
pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu
di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak
keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah
Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan
teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan
Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak
menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah
terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas.
Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai
ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali
Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik
ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu
dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur,
Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya.
Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah
sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah
selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama
selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas.
Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai
ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali
Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik
ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu
dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur,
Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya.
Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah
sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah
selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama
selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Dari
teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.
teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.
Tulislah pada tabel
berikut
Jawab
No.
|
Paraggraf
|
Gagasan Utama
|
Gagasan Pendukung
|
1.
|
Paragraf 1
|
Menghias
kelas tanggungjawab bersama |
Hari
Minggu sekolah ramai. Siswa menghias kelas. Lomba menyambut kemerdekaan. Pembagian tugas membuat hiasan |
2.
|
Paragraf 2
|
Siswa
semua hadir |
Edo dan Marta terlambat. Mengambil bahan hiasan di rumah Marta
|
3.
|
Paragraf 3
|
Siang hari sekolah semakin ramai
|
Kelas
terlihat indah. Mereka berbagi tugas. Menjalankan ibadah |
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 113
Ayo
Berdiskusi
Berdiskusi
Duduklah
dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang
salah satu kerja sama di lingkunganmu.
dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang
salah satu kerja sama di lingkunganmu.
Presentasikan
hasilnya di depan kelas
Ayo
Mencoba
Mencoba
Tahukah
kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat
kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara
ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya.
kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat
kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara
ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 114,
115
Temukan
sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
Ukurlah
besarnya sudut dengan menggunakan busur!
besarnya sudut dengan menggunakan busur!
Hitunglah
dengan menggunakan busur besar sudut berikut.
dengan menggunakan busur besar sudut berikut.
Ayo
Renungkan
Renungkan
Nilai-nilai
apa yang kamu pelajari hari ini?
apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab
Nilai
nilai yang dapat kami pelajari hari ini adalah kami mempelajari nilai gotong
royong, nilai kerjasama. Dengan menerapkan sikap gotong royong dan kerjasama membuat
pekerjaan menjadi erasa lebih mudah, menjadi terasa ringan.
nilai yang dapat kami pelajari hari ini adalah kami mempelajari nilai gotong
royong, nilai kerjasama. Dengan menerapkan sikap gotong royong dan kerjasama membuat
pekerjaan menjadi erasa lebih mudah, menjadi terasa ringan.
Apakah
manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari?
manfaat kerja sama dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab
pekerjaan
menjadi ringan dan cepat selesai.
menjadi ringan dan cepat selesai.
menumpuhkan
rasa persodaraan dan kerukunan dapat terjalin dengan baik.
rasa persodaraan dan kerukunan dapat terjalin dengan baik.
menciptakan
suasana kerja sama yang terlihat kompak dan harmonis.
suasana kerja sama yang terlihat kompak dan harmonis.
Dapat
mempererat ikatan kerjasama.
mempererat ikatan kerjasama.
Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 2. Semoga
bermanfaat