Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 2 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 74
Banyak
hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan seharihari untuk menghemat
hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan seharihari untuk menghemat
energi.
Seperti hemat air, hemat listrik, hemat kertas, hemat bahan bakar. Hemat energi artinya menggunakan energi
sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia. Jika energi
yang kita gunakan lebih sedikit, maka akan menghemat biaya yang kita keluarkan,
dan menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Hemat energi adalah kewajiban
kita semua.
Seperti hemat air, hemat listrik, hemat kertas, hemat bahan bakar. Hemat energi artinya menggunakan energi
sesuai kebutuhan, sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia. Jika energi
yang kita gunakan lebih sedikit, maka akan menghemat biaya yang kita keluarkan,
dan menjadikan bumi kita lebih ramah lingkungan. Hemat energi adalah kewajiban
kita semua.
Ayo Mencoba
Amati
poster hemat air di bawah ini.
poster hemat air di bawah ini.
Tulis
informasi yang kamu dapatkan dari poster tersebut.
informasi yang kamu dapatkan dari poster tersebut.
Jawab
Informasi
yang didapat dari poster diatas adalah cara untuk menghemat air. Untuk
menghemat air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
yang didapat dari poster diatas adalah cara untuk menghemat air. Untuk
menghemat air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.
Manfaatkan air secara optimal! Jangan
biarkan air kran terus menerus terbuka
Manfaatkan air secara optimal! Jangan
biarkan air kran terus menerus terbuka
2.
Mandi berendam paling boros air. Mandi
dengan gayung lebih boros 3x. Usahakan mandi dengan pancuran dan tidak berendam
Mandi berendam paling boros air. Mandi
dengan gayung lebih boros 3x. Usahakan mandi dengan pancuran dan tidak berendam
3.
Lebih hemat air. menggunakan mesin cuci
dan pakaian jika yang dicuci sangat banyak.
Lebih hemat air. menggunakan mesin cuci
dan pakaian jika yang dicuci sangat banyak.
4.
Saat gosok gigi, cuci muka atau mencukur.
Kran wastafel jangan dibiarkan bebas mengucur. 1 menit air mengalir 9 liter air
terbuang.
Saat gosok gigi, cuci muka atau mencukur.
Kran wastafel jangan dibiarkan bebas mengucur. 1 menit air mengalir 9 liter air
terbuang.
5.
Jika cucian banyak, pakai saja 3 ember. 1.
untuk merendam dan menyabun 2. untuk membersihkan 3. untuk membilas
Jika cucian banyak, pakai saja 3 ember. 1.
untuk merendam dan menyabun 2. untuk membersihkan 3. untuk membilas
6.
Lebih baik mencuci mobil dengan lap dan
ember. Mengguyur mobil 1/4 jam berarti beratusratus liter terbuang.
Lebih baik mencuci mobil dengan lap dan
ember. Mengguyur mobil 1/4 jam berarti beratusratus liter terbuang.
Pesan
apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?
apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?
Jawab
Pesan yang ingin disampaikan dalam poster tersebut
adalah kita harus menghemat air
adalah kita harus menghemat air
Apa
yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster?
yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster?
Jawab
Poster
|
Penyajian
|
Kalimat
|
Menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti Kalimatnya singkat, padat, jelas dan berisi Kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat |
Gambar
|
Gambar
dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan Komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar |
Penyajian
|
Poster
dipasang di tempat yang strategis. Ukuran disesuaikan dengan tempat pemasangan dan target pembaca Dapat dibaca sambil lalu Ditempel di dinding, tempat-tempat umum atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin Dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat |
Pada
poster kamu bisa menggunakan teks petunjuk untuk menunjukkan langkah-langkah
melakukan sesuatu hal. Gambar dalam poster kamu harus mendukung isi.
Penyajiannyapun harus menarik dan mudah dipahami.
poster kamu bisa menggunakan teks petunjuk untuk menunjukkan langkah-langkah
melakukan sesuatu hal. Gambar dalam poster kamu harus mendukung isi.
Penyajiannyapun harus menarik dan mudah dipahami.
Buatlah poster tentang hemat energi.
- Pilih
satu hal yang menurutmu paling menarik. - Kamu bisa mengisi grafik ini terlebih dahulu
supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber
Energi Halaman 76
Kamu
dapat mengisi diagram berikut, supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
dapat mengisi diagram berikut, supaya poster yang kamu buat lebih fokus.
Jawab
Sekarang
buatlah poster tentang hemat listrik . Poster harus berisi hak untuk mendapatkan
energi listrik dan kewajiban untuk hemat energi listrik. Kamu bisa menggunakan
bahan dari kalender bekas.
buatlah poster tentang hemat listrik . Poster harus berisi hak untuk mendapatkan
energi listrik dan kewajiban untuk hemat energi listrik. Kamu bisa menggunakan
bahan dari kalender bekas.
Jawab
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Sumber
Energi Halaman 77
Ayo
Berdiskusi
Berdiskusi
Siti ingin sekali mengetahui bagaimana teman-temannya menghemat energi. Kali
ini Siti mendata cara teman-temannya berangkat ke sekolah.
Cara Berangkat Sekolah
|
Banyaknya
|
Sepeda
|
5
|
Jalan
Kaki |
9
|
Angkutan
Umum |
6
|
Jumlah
|
20
|
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1.
Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda?
Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda?
Jawab
Pecahan
yang menunjukkan pengguna sepeda adalah banyaknya pengguna sepeda / total
pengguna = 5/20
yang menunjukkan pengguna sepeda adalah banyaknya pengguna sepeda / total
pengguna = 5/20
2.
Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum?
Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum?
Jawab
Pecahan
yang menunjukkan pengguna angkutan umum = banyaknya pengguna angkutan umum /
totol pengguna = 6/20
yang menunjukkan pengguna angkutan umum = banyaknya pengguna angkutan umum /
totol pengguna = 6/20
3.
Tulislah pecahan yang menunjukkan pejalan kaki?
Tulislah pecahan yang menunjukkan pejalan kaki?
Jawab
Pecahan
yang menunjukkan pengguna pejalan kaki = banyaknya pejalan kaki / totol
pengguna = 9/20
yang menunjukkan pengguna pejalan kaki = banyaknya pejalan kaki / totol
pengguna = 9/20
4.
Mana yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki atau sepeda. Jelaskan.
Mana yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki atau sepeda. Jelaskan.
Jawab
Yang
lebih besar pecahan pejalan kaki atau sepeda adalah Pecahan Pejalan kaki
lebih besar pecahan pejalan kaki atau sepeda adalah Pecahan Pejalan kaki
Karena masing
masing pecahan mempunyai penyebut yang sama yaitu 20. Jadi untuk melihat
pecahan yang lebih besar cukup dengan melihat pembilang yang angkanya lebih
besar. Pecahan Pejalan kaki adalah 9/20 dengan pembilang 9 sedangkan pecahan
sepeda adalah 5/20 dengan pembilang 5. Karena 9 nilainya lebih besar dari pada
5 maka 9/20 lebih besar dari pada 5/20 sehingga pecahan pejalan kaki lebih
besar dari pada pecahan pengguna sepeda.
masing pecahan mempunyai penyebut yang sama yaitu 20. Jadi untuk melihat
pecahan yang lebih besar cukup dengan melihat pembilang yang angkanya lebih
besar. Pecahan Pejalan kaki adalah 9/20 dengan pembilang 9 sedangkan pecahan
sepeda adalah 5/20 dengan pembilang 5. Karena 9 nilainya lebih besar dari pada
5 maka 9/20 lebih besar dari pada 5/20 sehingga pecahan pejalan kaki lebih
besar dari pada pecahan pengguna sepeda.
5.
Mana yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna sepeda atau angkutan umum.
Jelaskan.
Mana yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna sepeda atau angkutan umum.
Jelaskan.
Jawab
Yang
lebih kecil pecahan pengguna sepeda atau angkutan umum adalah pecahan pengguna
sepeda. Karena masing masing pecahan mempunyai penyebut yang sama yaitu 20.
Jadi untuk melihat pecahan yang lebih kecil cukup dengan melihat pembilang yang
angkanya lebih kecil. Pecahan pengguna sepeda adalah 5/20 dengan pembilang 5 sedangkan
pecahan angkutan umum adalah 6/20 dengan pembilang 6. Karena 5 nilainya lebih kecil
dari pada 6 maka 5/20 lebih kecil dari pada 6/20 sehingga pecahan pengguna
sepeda lebih kecil dari pada pecahan pengguna pengguna angkutan umum.
lebih kecil pecahan pengguna sepeda atau angkutan umum adalah pecahan pengguna
sepeda. Karena masing masing pecahan mempunyai penyebut yang sama yaitu 20.
Jadi untuk melihat pecahan yang lebih kecil cukup dengan melihat pembilang yang
angkanya lebih kecil. Pecahan pengguna sepeda adalah 5/20 dengan pembilang 5 sedangkan
pecahan angkutan umum adalah 6/20 dengan pembilang 6. Karena 5 nilainya lebih kecil
dari pada 6 maka 5/20 lebih kecil dari pada 6/20 sehingga pecahan pengguna
sepeda lebih kecil dari pada pecahan pengguna pengguna angkutan umum.
Bagaimana cara membandingkan pecahan yang penyebut sama? Jelaskan.
Jawab
Ketika pecahan berpenyebut sama, untuk membandingkannya kita hanya perlu
membandingkan pembilangnya saja. Tinggal yang ingin dicari lebih besar atau
lebih kecil, cukup di lihat dari nilai pembilangnya saja.
membandingkan pembilangnya saja. Tinggal yang ingin dicari lebih besar atau
lebih kecil, cukup di lihat dari nilai pembilangnya saja.
Jika jarak rumah kamu dengan sekolah cukup dekat, sebaiknya kamu
berjalan kaki atau menggunkan sepeda, ya. Hal itu juga akan bisa menghemat
energi
berjalan kaki atau menggunkan sepeda, ya. Hal itu juga akan bisa menghemat
energi
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 78-79
Bagaimana cara
membandingkan pecahan?
Perhatikan gambar berikut.
Tulislah
pecahan yang sesuai untuk gambar di atas. Pecahan mana yang lebih besar?
Jelaskan.
pecahan yang sesuai untuk gambar di atas. Pecahan mana yang lebih besar?
Jelaskan.
Jawab
Pecahan
yang lebih besar antara 8/10 dengan 1/3 adalah 8/10 lebih besar dari 1/3 hal
ini dapat kita buktikan dengan cara mengalikan pecahan tersebut dengan suatu
bilangan sehingga penyebut kedua pecahan sama.
yang lebih besar antara 8/10 dengan 1/3 adalah 8/10 lebih besar dari 1/3 hal
ini dapat kita buktikan dengan cara mengalikan pecahan tersebut dengan suatu
bilangan sehingga penyebut kedua pecahan sama.
1/3
x 10/10 = 10/30
x 10/10 = 10/30
8/10
x 3/3 = 24/30
x 3/3 = 24/30
Sehingga
terbukti bahwa 8/10 lebih besar daripada 1/3
terbukti bahwa 8/10 lebih besar daripada 1/3
Coba
kamu samakan penyebut kedua pecahan. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
kamu samakan penyebut kedua pecahan. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.
Jawab
1/3
x 10/10 = 10/30
x 10/10 = 10/30
8/10
x 3/3 = 24/30
x 3/3 = 24/30
Sehingga
8/10 lebih besar daripada 1/3
8/10 lebih besar daripada 1/3
Apa
yang bisa kamu simpulkan? Bagaimana cara membandingkan pecahan.
yang bisa kamu simpulkan? Bagaimana cara membandingkan pecahan.
Jawab
Cara
membandingkan pecahan adalah dengan melihat pecahan yang akan kita bandingkan penyebutnya
sama atau tidak. Jika sama maka kita lihat pembilangnya, jika ingin mencari
yang lebih besar maka pilih pembilang yang lebih besar dan sebaliknya.
membandingkan pecahan adalah dengan melihat pecahan yang akan kita bandingkan penyebutnya
sama atau tidak. Jika sama maka kita lihat pembilangnya, jika ingin mencari
yang lebih besar maka pilih pembilang yang lebih besar dan sebaliknya.
Jika
penyebut dari pecahan yang kita bandingkan tidak sama maka cara
membandingkannya adalah dengan cara meletakkan kedua pecahan tersebut pada garis
bilangan. Jika letaknya semakin ke kanan, nilai pecahan tersebut lebih besar.
penyebut dari pecahan yang kita bandingkan tidak sama maka cara
membandingkannya adalah dengan cara meletakkan kedua pecahan tersebut pada garis
bilangan. Jika letaknya semakin ke kanan, nilai pecahan tersebut lebih besar.
Juga
bisa dengan cara menyamakan penyebutnya kemudian membandingkan pembilangnya.
bisa dengan cara menyamakan penyebutnya kemudian membandingkan pembilangnya.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 80
Ayo Berlatih
Kerjakan
latihan berikut.
latihan berikut.
Bandingkan
pecahan berikut. (Berilah tanda <, >, atau =)
pecahan berikut. (Berilah tanda <, >, atau =)
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 4 Sumber Energi Halaman 81
Ayo Renungkan
Apa
yang kita pelajari hari ini?
yang kita pelajari hari ini?
Jawab
Yang
kita pelajari hari ini adalah cara menghemat air dalam kehidupan sehari hari.
Kita juga mempelajari cara membuat poster. Selain itu kita juga mempelajari
cara membandingkan pecahan
kita pelajari hari ini adalah cara menghemat air dalam kehidupan sehari hari.
Kita juga mempelajari cara membuat poster. Selain itu kita juga mempelajari
cara membandingkan pecahan
Apakah
kamu sudah menghemat energi?
kamu sudah menghemat energi?
Jawab
Saya
sudah berupaya untuk menghemat energi. Contohnya menghemat energi listrik
dengan cara hanya menghidupkan TV saat ingin menonton saja, mematikan lampu
kamar dan lampu rumah ketika sudah tidak digunakan.
sudah berupaya untuk menghemat energi. Contohnya menghemat energi listrik
dengan cara hanya menghidupkan TV saat ingin menonton saja, mematikan lampu
kamar dan lampu rumah ketika sudah tidak digunakan.
Apa
yang dapat kamu lakukan untuk lebih menghemat energi?
yang dapat kamu lakukan untuk lebih menghemat energi?
Jawab
Yang
dapat saya lakukan untuk menghemat energi adalah dengan memulai dari diri
sendiri dengan melakukan kegiatan yang dapat menghemat energi. Selain itu kita
juga bisa mengajak teman atau orang lain untuk berusaha menghemat energi.
dapat saya lakukan untuk menghemat energi adalah dengan memulai dari diri
sendiri dengan melakukan kegiatan yang dapat menghemat energi. Selain itu kita
juga bisa mengajak teman atau orang lain untuk berusaha menghemat energi.