Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif-Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 3 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 118
Bagimana
hasil pengamatan yang kamu lakukan? Apakah warga di sekitarmu sudah menghemat
energi? Apakah ada di antara mereka yang menggunakan energi alternatif?
hasil pengamatan yang kamu lakukan? Apakah warga di sekitarmu sudah menghemat
energi? Apakah ada di antara mereka yang menggunakan energi alternatif?
Jawab
Hasil pengamatan yang saya lakukan, warga disekitar
saya sebagian sudah ada yang menghemat energi. Hal ini dapat dilihat dari
kebiasan sehari-hari yang mereka lakukan seperti mematikan keran air saat sudah
tidak digunakan, mematikan lampu listrik saat sudah tidak digunakan, menghidupkan
TV saat ingin menonton saja dan mematikan saat sudah tidak di tonton, membiasakan
jalan kaki atau naik sepeda saat bepergian yang jaraknya tidak jauh.
saya sebagian sudah ada yang menghemat energi. Hal ini dapat dilihat dari
kebiasan sehari-hari yang mereka lakukan seperti mematikan keran air saat sudah
tidak digunakan, mematikan lampu listrik saat sudah tidak digunakan, menghidupkan
TV saat ingin menonton saja dan mematikan saat sudah tidak di tonton, membiasakan
jalan kaki atau naik sepeda saat bepergian yang jaraknya tidak jauh.
Sebagian sudah ada yang menggunakan energi alternatif
seperti menggunakan sepeda listrik, sepeda motor listrik, menggunakan sel surya
sebagai penerangan alternatif saat listrik padam.
seperti menggunakan sepeda listrik, sepeda motor listrik, menggunakan sel surya
sebagai penerangan alternatif saat listrik padam.
Dayu
punya cara khusus untuk menghemat energi.
punya cara khusus untuk menghemat energi.
1.
Pastikan ukuran air yang diperlukan.
Ketika air kurang kita perlu memasak kembali hal itu juga boros energi.
Pastikan ukuran air yang diperlukan.
Ketika air kurang kita perlu memasak kembali hal itu juga boros energi.
2.
Gunakan panci yang besarnya sesuai dengan
air yang dimasak. Wadah terlalu besar dan isi yang sedikit akan membuang energi
lebih banyak.
Gunakan panci yang besarnya sesuai dengan
air yang dimasak. Wadah terlalu besar dan isi yang sedikit akan membuang energi
lebih banyak.
3.
Masak air dengan panci tertutup. Air akan
cepat mendidih jika panci tertutup. Saat
tidak tertutup energi panas akan terbuang sia-sia.
Masak air dengan panci tertutup. Air akan
cepat mendidih jika panci tertutup. Saat
tidak tertutup energi panas akan terbuang sia-sia.
Hal
itu bisa kita contoh di rumahnya.
itu bisa kita contoh di rumahnya.
Ayo Berlatih
Dayu ingin membuat dua gelas teh manis. Ia merebus 0,5 liter air. Dayu
menyiapkan gelas dan memasukkan 1 sendok gula ke dalam masing-masing gelas.
Dayu juga memasukkan teh. Setelah air mendidih dayu menungkan 0,25 liter ke
setiap masing-masing gelas. Gelas terisi 1/2 nya. Dayu mengaduk hingga
gula larut dan warna teh agak pekat. Dayu menambahkan air dingin ke
masing-masing gelas.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 119
Temukan bilangan-bilangan dari cerita di atas.
Jawab
Bilangan bulat = 1
Bilangan Pecahan Desimal = 0,5, dan 0,25
Bilangan Pecahan Biasa = 1/2
Apa itu bilangan desimal?
Apa itu bilangan desimal?
Jawab
Bilangan desimal adalah bilangan pecahan yang
penyebutnya merupakan kelipatan 10 kemudian ditulis dengan menggunakan koma (,)
serta sebagai pemisah antara bilangan bulat serta bilangan pecahannya.
penyebutnya merupakan kelipatan 10 kemudian ditulis dengan menggunakan koma (,)
serta sebagai pemisah antara bilangan bulat serta bilangan pecahannya.
Ketika
pecahan 1/8 dapat diartikan “satu” dibagi “delapan” ditulis 1:8. Sehingga
terdapat 1 dari 8 daerah “seperdelapan” Arsirlah yang menunjukkan 1/8.
pecahan 1/8 dapat diartikan “satu” dibagi “delapan” ditulis 1:8. Sehingga
terdapat 1 dari 8 daerah “seperdelapan” Arsirlah yang menunjukkan 1/8.
Jawab
Mengubah
desimal ke pecahan.
desimal ke pecahan.
Banyak
bilangan di belakang koma menunjukkan pembagi. 0,25 bisa diartikan 25/100
bilangan di belakang koma menunjukkan pembagi. 0,25 bisa diartikan 25/100
Ubahlah
0,25 menjadi pecahan.
0,25 menjadi pecahan.
Jawab
0,25 diubah menjadi pecahan
Karena di belakang koma ada dua angka maka menandakan
pembaginya adalah 100. Jadi 0,25 adalah 25/100
pembaginya adalah 100. Jadi 0,25 adalah 25/100
25/100 : 25/25 = 1/4
Apa
yang bisa kamu simpulkan? Apa hubungan desimal dengan pecahan?
yang bisa kamu simpulkan? Apa hubungan desimal dengan pecahan?
Jawab
Pecahan adalah uraian dari desimal. Desimal adalah hasil
bagi pembilang dan penyebut suatu pecahan.
bagi pembilang dan penyebut suatu pecahan.
Nilai Tempat
Pada Desimal
Pada Desimal
Mana yang lebih besar 0,125 atau 0, 34?
Untuk mengetahui kita bisa memasukkan ke dalam nilai tempat.
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,125
|
0
|
1
|
2
|
5
|
0,34
|
0
|
3
|
4
|
Jadi 0,34 lebih besar dari 0,125
Ubahlah bentuk berikut ke pecahan biasa
0,4 (1 angka dibelakang koma berarti persepuluh) = 4/10
0, 25 (2 angka dibelakang koma berarti perseratus) = 25/100
0,75 (2 angka dibelakang koma berarti perseratus) = 75/100
Ubahlah bentuk berikut ke pecahan biasa
0,4 (1 angka dibelakang koma berarti persepuluh) = 4/10
0, 25 (2 angka dibelakang koma berarti perseratus) = 25/100
0,75 (2 angka dibelakang koma berarti perseratus) = 75/100
Ubahlah bentuk berikut ke desimal
Bandingkan
nilai berikut
nilai berikut
a. 0,123…..0,23
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,123
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0,23
|
0
|
2
|
3
|
Jadi 0,123 < 0,23 (persepuluhan 0,123 adalah 1 lebih
kecil dari persepuluhan 0,23 yaitu 2)
kecil dari persepuluhan 0,23 yaitu 2)
b. 0,24 …. 0,5
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,24
|
0
|
2
|
4
|
|
0,5
|
0
|
5
|
Jadi 0,24 < 0,5 (persepuluhan
0,24 adalah 2 sedangkan persepuluhan 0,5 adalah 5)
0,24 adalah 2 sedangkan persepuluhan 0,5 adalah 5)
c. 1/4 …..0,45
Catatan : 1/4 = 0,25
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,25
|
0
|
2
|
5
|
|
0,45
|
0
|
4
|
5
|
Jadi 1/4 < 0,45 (Persepuluhan 0,25
adalah 2 lebih kecil dari persepuluhan 0,45 yaitu 4)
adalah 2 lebih kecil dari persepuluhan 0,45 yaitu 4)
d. 1/2 ….0,234
Catatan : 1/2 = 0,5
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,5
|
0
|
5
|
||
0,234
|
0
|
2
|
3
|
4
|
Jadi 1/2 > 0,234 (Persepuluhan 0,5
yaitu 5 lebih besar dari persepuluhan 0,234 yaitu 2)
yaitu 5 lebih besar dari persepuluhan 0,234 yaitu 2)
d. 1/5 ….2/8
Catatan = 1/5 = 0,2 dan 2/8 = 0,25
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,2
|
0
|
2
|
||
0,25
|
0
|
2
|
5
|
Jadi 1/5 < 2/8
(Perseratusan 0,2 yaitu 2 lebih kecil dari perseratusan 0,25 yaitu 5)
(Perseratusan 0,2 yaitu 2 lebih kecil dari perseratusan 0,25 yaitu 5)
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 120
Ayo Membaca
Bagaimana hasil pengamatanmu? (buka kembali pembelajaran 2) Sampaikan kepada
temanmu, hasil pengamatan di lingkunganmu. Buatlah petunjuk hemat energi sesuai
dengan masalah yang kamu
temukan. Jika warga di lingkunganmu masih banyak yang belum hemat listrik
buatlah petunjuk tentang listrik. Begitu pula air atau BBM Contoh-contoh yang
bisa membantumu.
Jawab
Pasanglah
di lingkunganmu. Ajak mereka untuk hemat energi ya. Membuat masyarakat sadar
akan hemat energi juga kewajiban kita.
di lingkunganmu. Ajak mereka untuk hemat energi ya. Membuat masyarakat sadar
akan hemat energi juga kewajiban kita.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 122
Ayo Renungkan
Nilai-nilai
apa yang kamu pelajari hari ini?
apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab
Nilai yang saya pelajari hari ini adalah sikap hemat
energi. Kita sebagai manusia diwajibkan untuk menghemat penggunaan energi
energi. Kita sebagai manusia diwajibkan untuk menghemat penggunaan energi
Adakah
cara lain untuk membuat masyarakat sadar akan hemat energi?
cara lain untuk membuat masyarakat sadar akan hemat energi?
Jawab
Cara lain
untuk membuat masyarakat sadar akan hemat energi adalah
untuk membuat masyarakat sadar akan hemat energi adalah
1.
Dengan menyebar poster akan pentingnya
hemat energi
Dengan menyebar poster akan pentingnya
hemat energi
2.
Memasang poster atau spanduk tentang
pentingnya hemat energi
Memasang poster atau spanduk tentang
pentingnya hemat energi
3.
Menyiarkan di radio tentang pentingnya
hemat energi
Menyiarkan di radio tentang pentingnya
hemat energi