Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif-Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 3 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 118
hasil pengamatan yang kamu lakukan? Apakah warga di sekitarmu sudah menghemat
energi? Apakah ada di antara mereka yang menggunakan energi alternatif?
saya sebagian sudah ada yang menghemat energi. Hal ini dapat dilihat dari
kebiasan sehari-hari yang mereka lakukan seperti mematikan keran air saat sudah
tidak digunakan, mematikan lampu listrik saat sudah tidak digunakan, menghidupkan
TV saat ingin menonton saja dan mematikan saat sudah tidak di tonton, membiasakan
jalan kaki atau naik sepeda saat bepergian yang jaraknya tidak jauh.
seperti menggunakan sepeda listrik, sepeda motor listrik, menggunakan sel surya
sebagai penerangan alternatif saat listrik padam.
punya cara khusus untuk menghemat energi.
Pastikan ukuran air yang diperlukan.
Ketika air kurang kita perlu memasak kembali hal itu juga boros energi.
Gunakan panci yang besarnya sesuai dengan
air yang dimasak. Wadah terlalu besar dan isi yang sedikit akan membuang energi
lebih banyak.
Masak air dengan panci tertutup. Air akan
cepat mendidih jika panci tertutup. Saat
tidak tertutup energi panas akan terbuang sia-sia.
itu bisa kita contoh di rumahnya.
Dayu ingin membuat dua gelas teh manis. Ia merebus 0,5 liter air. Dayu
menyiapkan gelas dan memasukkan 1 sendok gula ke dalam masing-masing gelas.
Dayu juga memasukkan teh. Setelah air mendidih dayu menungkan 0,25 liter ke
setiap masing-masing gelas. Gelas terisi 1/2 nya. Dayu mengaduk hingga
gula larut dan warna teh agak pekat. Dayu menambahkan air dingin ke
masing-masing gelas.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 119
Temukan bilangan-bilangan dari cerita di atas.
Apa itu bilangan desimal?
penyebutnya merupakan kelipatan 10 kemudian ditulis dengan menggunakan koma (,)
serta sebagai pemisah antara bilangan bulat serta bilangan pecahannya.
pecahan 1/8 dapat diartikan “satu” dibagi “delapan” ditulis 1:8. Sehingga
terdapat 1 dari 8 daerah “seperdelapan” Arsirlah yang menunjukkan 1/8.
desimal ke pecahan.
bilangan di belakang koma menunjukkan pembagi. 0,25 bisa diartikan 25/100
0,25 menjadi pecahan.
pembaginya adalah 100. Jadi 0,25 adalah 25/100
yang bisa kamu simpulkan? Apa hubungan desimal dengan pecahan?
bagi pembilang dan penyebut suatu pecahan.
Pada Desimal
Mana yang lebih besar 0,125 atau 0, 34?
Untuk mengetahui kita bisa memasukkan ke dalam nilai tempat.
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,125
|
0
|
1
|
2
|
5
|
0,34
|
0
|
3
|
4
|
Ubahlah bentuk berikut ke pecahan biasa
0,4 (1 angka dibelakang koma berarti persepuluh) = 4/10
0, 25 (2 angka dibelakang koma berarti perseratus) = 25/100
0,75 (2 angka dibelakang koma berarti perseratus) = 75/100
Ubahlah bentuk berikut ke desimal
nilai berikut
a. 0,123…..0,23
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,123
|
0
|
1
|
2
|
3
|
0,23
|
0
|
2
|
3
|
kecil dari persepuluhan 0,23 yaitu 2)
b. 0,24 …. 0,5
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,24
|
0
|
2
|
4
|
|
0,5
|
0
|
5
|
0,24 adalah 2 sedangkan persepuluhan 0,5 adalah 5)
c. 1/4 …..0,45
Catatan : 1/4 = 0,25
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,25
|
0
|
2
|
5
|
|
0,45
|
0
|
4
|
5
|
adalah 2 lebih kecil dari persepuluhan 0,45 yaitu 4)
d. 1/2 ….0,234
Catatan : 1/2 = 0,5
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,5
|
0
|
5
|
||
0,234
|
0
|
2
|
3
|
4
|
yaitu 5 lebih besar dari persepuluhan 0,234 yaitu 2)
d. 1/5 ….2/8
Catatan = 1/5 = 0,2 dan 2/8 = 0,25
Pecahan
|
satuan
|
Persepuluh
|
Perseratus
|
Perseribu
|
0,2
|
0
|
2
|
||
0,25
|
0
|
2
|
5
|
(Perseratusan 0,2 yaitu 2 lebih kecil dari perseratusan 0,25 yaitu 5)
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 120
Ayo Membaca
Bagaimana hasil pengamatanmu? (buka kembali pembelajaran 2) Sampaikan kepada
temanmu, hasil pengamatan di lingkunganmu. Buatlah petunjuk hemat energi sesuai
dengan masalah yang kamu
temukan. Jika warga di lingkunganmu masih banyak yang belum hemat listrik
buatlah petunjuk tentang listrik. Begitu pula air atau BBM Contoh-contoh yang
bisa membantumu.
Jawab
di lingkunganmu. Ajak mereka untuk hemat energi ya. Membuat masyarakat sadar
akan hemat energi juga kewajiban kita.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4
Halaman 122
apa yang kamu pelajari hari ini?
energi. Kita sebagai manusia diwajibkan untuk menghemat penggunaan energi
cara lain untuk membuat masyarakat sadar akan hemat energi?
untuk membuat masyarakat sadar akan hemat energi adalah
Dengan menyebar poster akan pentingnya
hemat energi
Memasang poster atau spanduk tentang
pentingnya hemat energi
Menyiarkan di radio tentang pentingnya
hemat energi