Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di
Lingkungan Rumahku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 1 kegiatan pembelajaran
4 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 3
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 4
Sikap baik
apa lagi yang bisa kita lakukan untuk tumbuhan di sekitar kita?
Selain
menggunakan dengan tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kita rawat. Tanaman
yang kita rawat menjadi subur. Ketika tanaman subur kita akan mendapatkan
manfaat yang lebih baik dari tanaman. Lani juga senang merawat tanaman.
Ayo Membaca
Lani dan
adiknya
Lani
Mempunyai tanaman yang ditanamnya di rumah. Setiap pagi dan sore hari, Lani
selalu menyiram tanamannya. Selain menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu
sekali. Tanaman Lani tumbuh dengan subur.
Adik Lani
juga mempunyai tanaman yang ditanam di rumah. Seringkali, ia lupa untuk
menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk. Lani sudah sering
mengingatkan adiknya. Namun, Adik Lani selalu lupa. Ia lebih senang menonton TV
dan bermain. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 4 Halaman 25
Diskusikan
dengan kelompokmu.
1.
Apa yang dilakukan Lani
terhadap tanamannya? Jelaskan.
Jawab
Lani menyiram tanamannya
setiap pagi dan sore serta memberi pupuk seminggu sekali
2.
Apa yang dilakukan adik
Lani terhadap tanamannya? Jelaskan.
Jawab
Adik Lani sering lupa untuk
menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk.
3. Manakah yang menurutmu
telah bersikap bijak terhadap tanaman? Lani atau adiknya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Lani lebih bijak terhadap
tanaman, karena Lani memperlakukan tanaman dengan baik yaitu merawat tanaman,
menyiram, memupuk.
4. Ketika adik Lani tidak menyiram
tanamannya, siapa saja yang dia rugikan?Jelaskan alasanmu.
Jawab
Ketika tanaman tidak
disiram maka yang dirugikan adalah kita sendiri karena tanaman yang tidak
disiram akan layu dan lama kelamaan akan mati. Jika tanaman mati maka halaman
rumah menjadi segar, kurang cantik .
5. Ketika adik Lani lupa
menyiram tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan
alasanmu.
Jawab
Belum, karena kewajiban
kita terhadap tanaman adalah merawatnya dengan baik seperti menyiram tanaman,
memberikan pupuk, menjaga dari gangguan serangga, membersihkan gulma pengganggu.
6. Ketika Lani menyiram
tanamannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibanya? Jelaskan alasanmu.
Jawab
Sudah, Dengan menyiram tanaman sudah termasuk sikap peduli terhadap
tanaman. Karena tanaman harus dirawat dengan baik agar tumbuh subur.
7.
Mengapa memperoleh hak
untuk mendapatkan tanaman subur itu penting?
Jawab
Karena setiap orang berhak
untuk mendapatkan yang terbaik, termasuk mendapatkan tanaman yang terbaik yaitu
tanaman yang subur.
8.
Mengapa melakukan kewajiban
untuk merawat tanaman itu penting?
Jawab
Melakukan kewajiban merawat
tanaman sangat penting karena dengan tanaman kita rawat maka tanaman dapat tumbuh
dengan subur dan bisa memperindah halaman dan menyehatkan lingkungan
Tanaman perlu kita rawat agar terus bisa tumbuh. Oksigen yang diberikan
oleh tanaman membantu kita untuk bernafas. Jika semua orang seperti adik Lani,
bayangkan apa yang terjadi dengan semua tanaman
Jawab
Jika semua
orang seperti adik Lani yang tidak perduli dengan tanaman maka tanaman akan
banyak yang layu dan mati. Jika tanaman banyak yang mati maka supali oksigen
dipermukaan bumi lama kelamaan akan berkurang sehingga bumi menjadi panas dan
tersemar udaranya.
Apakah
kamu sudah merawat tanamanmu dengan baik? Mengapa kita harus merawatnya?
Jawab
Kita harus merawat tanaman agar tanaman dapat tumbuh subur sehingga
tanaman dapat optimal dalam memproduksi Oksigen yang mengakibatkan udara di
bumi menjadi sejuk dan tidak tercemar
Perhatikan
gambar berikut
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman
26
Berdasarkan
gambar di atas diskusikan.
Pertanyaan |
Gambar A |
Gambar B |
Gambar C |
Apa yang dilakukan |
Menyiram tanaman |
Membakar hutan |
Merawat Tanaman |
Apakah tindakan |
Tindakan terebut baik terhadap tanaman kita wajib merawatnya |
Tidak baik, kita tidak boleh membakar hutan |
Baik, tanaman harus kita rawat |
Dampak bagi |
Tanaman menjadi subur dan lingkungan menjadi segar dan sehat |
Hutan menjadi gundul dan dapat mengakibatkan bencana |
Tanaman tumbuh dengan baik |
Dampak bagi orang |
Dengan lingkungan yang sehat kesehatan warga juga terjaga |
Kebakaran hutan akan merugikan orang lain |
Lingkungan menjadi sehat dan penghuninya juga sehat |
Apakah perbuatan |
Tidak, dengan menyiram tanaman kita tidak melanggar hak orang lain |
Ya, karena setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang sehat |
Tidak, justru apabila lingkungan hijau masyarakat menjadi sehat |
Apakah orang |
Sudah, tanaman harus kita rawat |
Belum, karena tanaman seharusnya dirswat bukan dirusak |
Sudah, tanaman harus kita pelihara |
Apakah yang |
Tanaman harus kita rawat agar dapat tumbuh dengan baik |
Hutan harus kita jaga kelestariannya agar bermanfaat bagi manusia |
Tanaman harus kita pelihara agar dapat berkembang dengan baik |
Buatlah
jadwal merawat tanaman yang sudah kamu tanam. Disiplinlah dalam melakukannya.
Hari |
Kegiatan di pagi hari |
Kegiatan di sore hari |
Senin |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan membuang daun-daun yang kering |
Selasa |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan memberi pupuk bagi tanaman yang sudah harus |
Rabu |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan membersihkan gulma yang ada di sekitar tanaman |
Kamis |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan membersihkan hama tanaman seperti ulat dan |
Jumat |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman |
Sabtu |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman |
Minggu |
Menyiram tanaman |
Menyiram tanaman dan mengganti media tanam yang sudah lama digunakan |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 4 Halaman 27
Ayo
Mengamati
Beberapa
pecahan mudah untuk diingat. Pecahan- pecahan tersebut bisa membantu kita untuk
mempermudah melakukan operasi. Pecahan- pecahan tersebut juga mudah untuk
digambarkan.
Diskusikan
dengan temanmu.
Taksirlah
nilai pecahan 3/8, 1/10, 15/16. Letakkan bilangan-bilangan tersebut pada garis
bilangan. Amati nilai yang paling dekat apakah 0, 1/2 atau 1?
Jawab
3/8 lebih dekat dengan 1/2
1/10 lebih
dekat dengan 0
15/16
lebih dekat dengan 1
Apa yang
bisa kamu simpulkan untuk melakukan penaksiran pecahan.
Jawab
Untuk
melakukan penaksiran pecahan dapat dilakukan dengan memasukkan pecahan kedalam
garis bilangan
Jika pembilang mendekati setengah dari penyebut. Tunjukkan pecahan 3/8 dengan garis bilangan
Jawab
Perhatikan pecahan 1/2
Pecahan 1/2 = 4/8
Jadi
pecahan 3/8 mendekati 4/8 atau ½
2. Jika
pembilang, terlalu jauh kurangnya dari setengah penyebut.
Tunjukkan 1/10 dengan garis bilangan
Jawab
Perhatikan pecahan 1/2
Pecahan
1/2 = 5/10
Jadi
pecahan 1/10 mendekati 0
3. Jika
pembilang, terlalu jauh lebihnya dari setengah penyebut.
Tunjukkan pecahan 14/16 dalam garis bilangan
Jawab
Perhatikan pecahan 1/2.
Pecahan
1/2 = 8/16
Jadi
pecahan 15/16 mendekati 1
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 4 Halaman 28
Latihan
Taksirlah
nilai yang mendekati pecahan 2/6, 4/16, 7/12, 6/16, 2/15
Buktikan
hasilnya dengan garis bilangan.
Jawab
Pecahan 2/6 lebih mendekati 0
Pecahan
4/16 lebih mendekati 1/2
Pecahan
7/12 lebih mendekati 1/2
Pecahan
6/16 lebih mendekati 1/2
Pecahan
2/15 lebih mendekati 0
Mudahkan menaksir nilai
pecahan? Lalu bagaimana dengan persen?
Bilangan
Persen Acuan
Beberapa
persen mudah untuk diingat. Bilangan-bilangan tersebut juga mudah untuk
dioperasikan. Bilangan-bilangan persen berikut bisa kita jadikan acuan ketika
kita membulatkan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman
29
Siti
melakukan survey untuk mengetahui seberapa rajin teman-temannya menyiram
tanaman. Berikut data yang Siti dapatkan.
Hari |
Banyaknya |
Hasil taksiran |
Selalu |
11% |
10% |
Sering |
37% |
40% |
Kadang-kadang |
23% |
20% |
Jarang |
29% |
30% |
Ayo
Berdiskusi
Lihat kembali pertanyaanmu. Kamu akan memilih dan mengelompokkan
pertanyaanmu berdasarkan kriteria berikut