Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 3 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

 

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 4 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 95

 

Ayo Berlatih

 

Lengkapilah
diagram berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi yang kamu
miliki!

 

Kehebatan lain seorang arsitek adalah
mampu membuat gedung dengan desain yang unik dengan perhitungan yang tepat.

 

Jenjang pendidikan yang harus ditempuh
untuk menjadi arsitek adalah minimal pendidikan S1 Jurusan Teknik Arsitektur dan
jika ingin mendapatkan profesional sebagai arsitek di Indonesia dapat mengikuti
program sertifikasi dari Ikatan Arsitek Indonesia

 

Keterampilan yang harus dimiliki seorang
arsitek adalah mendesain atau menggamar bangunan, menghitung jumlah bahan atau
material yang digunakan, dapat memperkirakan dana yang akan dihabiskan untuk
membangun suatu bangunan.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 4 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 96

 

Ayo Mencoba

 

Sekarang, mari lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompokmu!

1.       
Buatlah kelompok yang terdiri atas tiga orang siswa. Kamu dapat bekerja
dalam kelompok yang sama pada kegiatan sebelumnya.

2.       
Tentukan dua suku asal dari orang-orang sekitarmu, bisa orang tuamu,
atau temanmu.

3.       
Carilah informasi tentang rumah adat dari suku-suku tersebut.

4.       
Carilah informasi tentang kegunaan dan cara masyarakat menggunakan rumah
adat mereka.

5.       
Bandingkan keterangan yang kamu peroleh di antara keduanya. Carilah
persamaan dan perbedaan serta kegunaan dan manfaat rumah adat tersebut.

6.       
Buatlah dalam bentuk diagram seperti contoh di bawah.

7.       
Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas.

8.       
Apa kesimpulan yang kamu peroleh dari presentasi tersebut?

Jawab

Keragaman Budaya Indonesia

 

Gambar
Rumah Adat Daerah

Gambar Rumah Adat Daerah

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2

Manfaat dan Kegunaan Rumah Adat:

Manfaat dan Kegunaan Rumah Adat:

1.        
Rumah Kebaya sebagai tempat tinggal suku Betawi
di daerah Jakarta

2.        
Rumah adat ini juga berfungsi sebagai rumah
kebesaran suku Betawi

1.        
Rumah Gadang sebagai tempat tinggal
bersama, mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri

2.        
Rumah Gadang berfungsi sebagai rumah
kebesaran suku Minang

Persamaan dan perbedaan kegunaan dan manfaat
rumah adat bagi masyarakat adat:

Persamaan rumah
adat bagi masyarakat adat adalah sama sama sebagai rumah tinggal dan rumah
kebesaraan para suku di Indonesia.

Sedangkan perbedaannya adalah memiliki
arsitek bangunan yang berbeda dan mempunyai sejarah berbeda

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 4 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 98

 

Ayo Berlatih

 

Manfaat Sumber Daya Alam di sekitar kita

 

Perhatikanlah kehidupan masyarakat di sekitarmu! Lalu, lakukanlah
kegiatan berikut ini!

1.       
Lakukanlah survei sederhana kepada teman-teman sekelasmu untuk
mengetahui pekerjaan orang tua mereka.

2.       
Lakukanlah wawancara singkat kepada temanmu tentang bagaimana orang tua
mereka bekerja.

3.       
Cari tahu sumber daya alam apa yang mereka olah atau gunakan.

4.       
Catatlah hasilnya ke dalam tabel seperti contoh di bawah ini.

Jawab

Jawaban di sini hanyalah sebagai contoh atau gambaran untuk adik adik
semua. Bisa disesuaikan dengan kondisi daerah masing masing. Di sini kakak coba
tampilkan beberapa jenis pekerjaan dengan sumberdaya alam yang digunakan.

 

No.

Nama

Pekerjaan Orang Tua

Sumber Daya Alam Yang Digunakan

1.

Udin

Petani

Tanah, air, dan tumbuhan

2.

Budi

Pekebun

Tanah, tumbuhan, air

3.

Siti

Peternak

Hewan dan tumbuhan

4.

Robi

Petambak

Hewan dan Air

5.

Dayu

Nelayan

Laut dan ikan

6.

Lani

Karyawan Pabrik Kertas

Tumbuhan (Kayu)

7.

Edo

Pedagang sayuran

Tumbuhan

8.

Sinta

Pengrajin Keramik

Tanah

9.

Yuni

Pengrajin Kursi

Tumbuhan

10.

Burhan

Penjual Kue

Tumbuhan

 

5.       
Bekerjalah bersama teman dalam kelompok untuk melihat hasil identifikasi
yang dibuat bersama-sama.

6.       
Buatlah kesimpulan tentang:

a.
Pekerjaan apa yang paling banyak dilakukan oleh orang tua temanmu,

Jawab

Pekerjaan
yang paling banyak dilakukan oleh oarng tua teman saya adalah petani

 

b. Sumber
daya alam apa sajakah yang paling banyak dimanfaatkan

Jawab

Sumber daya
alam yang paling banyak dimanfaatkan adalah tanah, air dan tumbuhan

 

c. Dari
mana asal sumber daya alam tersebut

Jawab

Asal
sumber daya alam tersebut adalah berasal dari alam

 

7.       
Presentasikanlah hasil indetifikasimu di depan kelas.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 4 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 99

 

Ayo Mencoba

 

Membuat Puisi dan Menjelaskan Makna.

 

Perhatikanlah rangkaian puisi berikut ini. Lengkapilah puisi ini dengan
menggunakan kata-katamu agar puisi ini lebih bermakna.

 

Kawan Sejatiku

Karya: Lani

Untuk Beni, Made, dan Siti

 

Wahai, kawan sejatiku,

Kamu selalu bermain bersamaku

Selalu menemaniku mengerjakan tugas
sekolahku

Selalu menemani saat aku pilu

 

Wahai, kawan sejati

Walau kita berbeda suku dan
agama

Kau selalu mengingatkanku untuk beribadah

Dan mengucapkan selamat saat
hari raya

 

Wahai, kawanku

Tak akan pernah kulupa selamanya

Kita akan selalu bersama-sama

Untuk meraih cita-cita

 

Bacakanlah puisimu dengan percaya diri secara bergantian di kelasmu.
Tanggapilah pernyataan-pernyataan di bawah ini dengan kata ya atau tidak,
sesuai isi puisi di atas.

 

1.       
Puisi ini berkisah tentang kawan yang tidak setia (tidak)

2.       
Lani memberikan pendapat yang baik terhadap kawannya (ya)

3.       
Kita yang dimaksud dalam puisi ini adalah Lani dan Siti (tidak) Kita =
Lani, Beni, Made, dan Siti

4.       
Kawan yang dimaksud memiliki suku yang berbeda dengan Lani (ya)

5.       
Lani akan melupakan kawannya (tidak)

6.       
Mereka ingin meraih cita-cita bersama (ya)

 

Berdasarkan jawaban di atas, jelaskanlah isi puisi tersebut ke dalam bentuk
paragraf di bawah ini. Bekerjalah bersama temanmu untuk menyelesaikan kalimat
yang telah dibuat tersebut!

Jawab

Isi puisi diatas adalah Lani menulis puisi ini ditujukan untuk
teman-temannya, yaitu Beni, Made, dan Siti. Mereka sering bermain bersama di
sekolah. Mereka juga selalu mengerjakan tugas sekolah bersama-sama, dan teman-temannya
akan menghiburnya ketika Lani sedih. Walaupun Lani dan teman-temannya berbeda
suku dan agama, mereka tidak lupa untuk saling mengingatkan untuk beribadah dan
mengucapkan selamat hari raya. Lani tidak akan melupakan teman-temannya dan
mereka selalu bersama-sama untuk meraih cita-cita.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 4 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 100

 

Ayo Renungkan

 

1. Apa saja hal yang menurutmu menarik tentang arsitek? Apakah kamu
ingin menjadi seorang arsitek suatu saat nanti? Mengapa?

Jawab

Menurut saya hal yang menarik dari seorang arsitek adalah kemampuan
mereka merancang sebuah bangunan. Seorang arsitek mampu merancang suatu
bangunan dengan sangat rinci mulai dari bentuk bangunnya, material apa saja
yang akan digunakan, berapa jumlah bahan yang akan di pakai, dan termasuk
jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun suatu bangunan.

Saya ingin sekali menjadi seorang arsitek suatu saat nanti karena menjadi
seorang arsitek sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

 

2. Manfaat apa sajakah yang kamu dapatkan dengan mempelajari
keanekaragaman budaya masyarakat melalui pengenalan rumah adat suku yang berbeda-beda?

Jawab

Manfaat yang saya peroleh dengan mempelajari keanekaragaman rumah adat
adalah saya semakin mengetahui tentang keanekaragaman arsitektur rumah adat
suku-suku yang ada di Indonesia. Setiap suku yang ada di Indonesia hampir semua
mempunyai Rumah adat khas suku masing-masing, dengan ciri khas dan cerita
sejarah dari rumah adat tersebut.

 

3. Sebutkan dan jelaskan paling sedikit dua hal yang paling kamu sukai
dari kegiatan belajar hari ini!

Jawab

Kegiatan pembelajaran yang paling saya sukai adalah mengenal rumah adat
dan menulis puisi.


Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya
Cita – citaku. Semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran yang sifatnya
membangun dapat di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih
 

Leave a Comment