Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci
jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 kegiatan pembelajaran 4 yang merupakan
pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 4 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 138
Jika cita-cita dapat disamakan dengan sebuah impian
yang ingin diraih, apakah impian besarmu? Simaklah cerita tentang seseorang
yang bermimpi besar dan kerja kerasnya untuk mewujudkannya!
1. Cita-cita Andrea Hirata adalah bersekolah di negeri seberang yaitu Perancis.
2.
Halangan yang dihadapi Andrea Hirata adalah
a.
Menuntut ilmu di sekolah yang hampir roboh
b.
Anak seorang pegawai rendahan di perusahaan
c.
Jarak sekolah dari rumah sangat jauh yaitu 30 km
3. Sikap
yang dimiliki Andrea Hirata adalah Rajin belajar, gigih, pantang menyerah
4. Usaha yang dilakukan Andrea Hirata adalah
- Memilikimotivasi
yang besar untuk mengejar cita-cita - Semangat
belajar ke sekolah mesti menempuh jarak 30 km ke sekolah - Rajin
belajar
Apa kesimpulanmu terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya?
Jawab
Kita harus memiliki cita-cita. Cita-cita yang kita miliki harus kita perjuangkan
walaupun banyak hambatan yang harus di lalui. Dukungan dan motivasi dari keluarga,
teman, guru dan lingkungan sekitar sangat membantu untuk menggapai cita-cita
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 4 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 139
Bacalah puisi di bawah ini dalam hati dengan saksama. Pahamilah arti dan
maknanya.
Laskar Pelangi
Karya: Nidji
Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya
Laskar pelangi takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa
Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia, selamanya
Cinta kepada hidup
Memberikan senyuman abadi
Walau hidup kadang tak adil
Tapi cinta lengkapi kita
Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah-langkah berikut ini!
1.
Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu
Jawab
Makna puisi laskar pelangi adalah pesan kepada kita semua bahwa kita
harus mempunyai mimpi
karena mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia atau masa depan. Kita
tidak boleh berhenti untuk terus bermimpi. Selalu bersyukur atas karunia Yang
Kuasa dan untuk selalu mencintai dan mengasihi sesama.
2.
Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda
jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya
Jawab
Laskar Pelangi
Karya: Nidji
Mimpi/adalah kunci//
Untuk kita/ menaklukkan dunia//
Berlarilah/ tanpa lelah//
Sampai engkau/ meraihnya//
Laskar/ pelangi/takkan terikat waktu//
Bebaskan mimpimu/di angkasa//
Warnai bintang/di jiwa//
Menarilah/dan terus tertawa//
Walau dunia/tak seindah surga//
Bersyukurlah/pada yang/kuasa//
Cinta kita/di dunia,//
selamanya//
Cinta/kepada hidup//
Memberikan/senyuman abadi//
Walau hidup/kadang tak adil//
Tapi cinta/lengkapi kita///
3.
Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan
pemenggalannya
4.
Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan
tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat
5.
Bacakan puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 4 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 140-141
Ayo Berlatih
Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada
banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber
daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!
Jawab
Beberapa jenis Sumber Daya Alam Tambang dan manfaatnya yang ada di
Indonesia
No. |
Bahan Tambang |
Manfaat |
1. |
Minyak Bumi |
Sebagai Bahan Bakar, Bahan Industri Kimia, Sumber Produksi Polimer |
2. |
Batu Bara |
Pembangkit Listik Tenaga Uap, Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Industri |
3. |
Nikel |
Pembuatan Stainless Steel dan Koin, Campuran pada Besi Baja, Pembuatan |
4. |
Timah |
Sebagai Lapisan Produk Baja, Penyambung Logam dengan Solder, Menjadi |
5. |
Emas |
Bahan perhiasan, Konduktor dalam Smartphone, Pemantul Radiasi Sinar |
6. |
Perak |
Sebagai perhiasan selain emas, Sebagai Investasi, Sebagai ornament dan |
7. |
Platina |
Perawatan Gigi, Pembuatan alat pacu jantung, Treatment patah tulang, |
8. |
Tembaga |
Bahan Kerajinan (Kriya), Bahan Elektronik, Bahan alat Kesehatan, Bahan |
9. |
Besi |
Bahan Peralatan Rumah Tangga, Bahan Konstruksi Bangunan, Bahan Mesin |
10. |
Bauksit |
Bahan utama pembuatan wajan, Pembuatan lapisan luar panci, bahan |
11. |
Fosfat |
Sebagai bahan yang dibutuhkan untuk industri pupuk |
12. |
Aspal |
Aspal digunakan untuk bahan pengecoran jalan raya |
13. |
Intan |
Intan digunakan sebagai perhiasan yang nilainya sangat mahal, sebagian |
14. |
Alumunium |
Alumunium digunakan sebagai bahan untuk membuat peralatan atau |
15. |
Gas Alam |
Gas Alam merupakan bahan tambang yang pemanfaatannya sangat besar |
16. |
Gipsum |
Gipsum digunakan sebagai bahan untuk mempercantik bangunan seperti |
17. |
Belerang |
Belerang banyak digunakan dalam industri pupuk, |
Berdasarkan tabel dan peta sumber daya bahan tambang tersebut, jawablah
beberapa pertanyaan berikut!
1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu?
Jawab
Untuk jawaban pertanyaan ini disesuaikan dengan Provinsi dari Adik adik
semua. Kakak disini hanya memberikan daftar Provinsi beserta Bahan Tambang yang
ada di wilayah tersebut. Jadi Adik-adik tinggal menyesuaikan saja
No. |
Bahan Tambang |
Provinsi / Daerah |
1. |
Minyak Bumi |
Aceh, Riau dan juga Muara Enim (Sumatera Selatan), Wonokromo Surabaya |
2. |
Batu Bara |
Bukitasam di Tanjungenim (Sumatera Selatan), Kotabaru atau Pulau Laut |
3. |
Nikel |
Sulawesi selatan dan juga di Pomala , Sulawesi tenggara |
4. |
Timah |
Bangka, Singep dan juga daratan Riau |
5. |
Emas |
Papua |
6. |
Perak |
Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Cikotok di Jawa Barat, Meuleaboh |
7. |
Platina |
Bengkalis, Riau dan di Martapura (Kalimantan Selatan) |
8. |
Tembaga |
Papua |
9. |
Bijih Besi |
Cilacap pasir besi di jawa Tengah, Cilegon Banten, Longkana dan |
10. |
Bauksit |
Riau, Kalimantan Barat dan Bangka Belitung |
11. |
Fosfat |
Jawa Barat yakni Bogor dan Pangandaran. Jawa Tengah diantaranya di |
12. |
Aspal |
Pulau Buton di Sulawesi Tenggara |
13. |
Intan |
Kalimantan Selatan |
14. |
Alumunium |
Papua |
15. |
Gas Alam |
Arun di Daerah Istimewa Aceh, Bontang di Kalimantan, juga tersebar di |
16. |
Gipsum |
Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selaan dan |
17. |
Belerang |
Jawa Tengah, gunung Solok di Sumatera Barat, gunung Kerinci di Jambi |
2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?
Jawab
Untuk jawaban di sini disesuaikan dengan tabel diatas. Disesuaikan
dengan provinsi dari adik adik tinggal. Misal kakak tinggal di daerah provinsi
Papua maka jawabnnya adalah :
Barang tambang yang tidak dimiliki di provinisi saya (Papua) adalah Batu
Bara, Minyak Bumi, Belerang, Aspal, Intan, Bijih Besi, Platina, Perak
3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?
Jawab
Jawaban disini disesuakan dengan kondisi daerah adik-adik. Misal kalau
Kakak berasal dari Papua, tinggal dilihat saja pada Tabel Bahan Tambang dan
Manfaatnya
Sehingga jawabannya adalah
Barang tambang yang ada di daerah saya (Papua) digunakan untuk pembuatan
perhiasan
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 4 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 142-143
Ayo Berlatih
Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber
informasi.
Jelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahmu
merayakannya. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan. Gunakan kalender tahun
ini untuk mengetahui hari raya keagamaan.
Agama |
||||
No. |
Nama Hari Raya Keagamaan |
Umat yang Merayakan |
Tujuan Perayaan |
|
1. |
Idulfitri (1 Syawal) |
Islam |
Perayaan berakhirnya ibadah puasa bulan Ramadan |
|
2. |
Iduladha (10 Dzulhijjah) |
Islam |
Peringatan peristiwa ketika Nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk |
|
3. |
Maulid Nabi Muhammad (10 Muharam) |
Islam |
Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. |
|
4. |
Isra Mikraj (27 Rajab) |
Islam |
Peringatan perjalanan spiritual Nabi Muhammad S.A.W. dalam waktu satu |
|
5. |
Nuzululquran (17 Ramadhan) |
Islam |
Peringatan turunnya Al-Qur’an |
|
Hindu |
||||
No. |
Nama Hari Raya Keagamaan |
Umat yang Merayakan |
Tujuan Perayaan |
|
1. |
Saraswati (hari raya) |
Hindu |
Pada hari saraswati dilakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai |
|
2. |
Nyepi |
Hindu |
hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa |
|
3. |
Galungan |
Hindu |
Peringatan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma |
|
4. |
Kuningan |
Hindu |
Hari Kuningan merupakan hari resepsi bagi hari Galungan |
|
5. |
Deepawali |
Hindu |
Festival ini melambangkan kemenangan baik atas buruk, dan lampu |
|
Budha |
||||
No. |
Nama Hari Raya Keagamaan |
Umat yang Merayakan |
Tujuan Perayaan |
|
1. |
Waisak |
Budha |
Peringatan kelahiran Pangeran Siddhartha, penerangan sempurna menjadi |
|
2. |
Magha Puja |
Budha |
Mengenang peristiwa ketika sang Buddha bertemu dengan 1250 murid |
|
3. |
Asadha Puja |
Budha |
Memperingati penyampaian khotbah pertama sang Buddha Gautama |
|
4. |
Kathina |
Budha |
Waktu bagi para umat awam untuk berderma atau berdana kepada para |
|
5. |
Ulambana |
Budha |
Hari dimana semua anak-anak mempraktikkan rasa hormat dan kasih sayang |
|
Kong Hu Cu |
||||
No. |
Nama Hari Raya Keagamaan |
Umat yang Merayakan |
Tujuan Perayaan |
|
1. |
Tahun Baru Imlek |
Kong Hu Cu |
Perayaan pergantian tahun Imlek |
|
2. |
Cap Go Meh |
Kong Hu Cu |
Perayaan dua minggu setelah Tahun Baru Imlek. |
|
3. |
Ceng Beng |
Kong Hu Cu |
Ziarah kubur bagi warga keturunan Tionghoa |
|
4. |
Peh Cun |
Kong Hu Cu |
Satu bentuk peringatan dan penghormatan kepada nenek moyang |
|
5. |
Sembahyang Tiong Chiu |
Kong Hu Cu |
Festival Bulan atau Festival Kue Bulan merupakan hari raya panen |
|
Katholik |
||||
No. |
Nama Hari Raya Keagamaan |
Umat yang Merayakan |
Tujuan Perayaan |
|
1. |
Natal |
Katholik |
Memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. |
|
2. |
Epifani |
Katholik |
Memperingati peristiwa yang terjadi setelah kelahiran Yesus Kristus |
|
3. |
Rabu Abu |
Katholik |
Masa berpuasa dan berpantang bagi umat Katolik. |
|
4. |
Minggu Palem |
Katholik |
Memperingati kedatangan Yesus ke Yerusalem sebelum disalibkan. |
|
5. |
Jumat Agung |
Katholik |
Memperingati peristiwa penyaliban Yesus. |
|
Protestan |
||||
No. |
Nama Hari Raya Keagamaan |
Umat yang Merayakan |
Tujuan Perayaan |
|
1. |
Hari Raya Paskah |
Protestan |
Perayaan Yesus berhasil bangkit dari maut |
|
2. |
Hari Raya Pentakosta |
Protestan |
Perayaan atas “pencurahan” rahmat Tuhan dalam kehidupan mereka |
|
3. |
Hari Raya / Perayaan Ekaristi |
Protestan |
Peringatan mengenang wafat dan kebangkitan Yesus Kristus |
|
4. |
Kenaikan Yesus Kristus |
Protestan |
Peringatan kenaikan Yesus ke surga |
|
5. |
Hari Raya Natal |
Protestan |
Memperingati hari kelahiran Yesus Kristus |
|
Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain. Diskusikan
beberapa perbedaan yang ditemui. Carilah informasi yang tepat untuk
memperbaikinya.
Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan
masyarakat di daerah kamu tinggal. Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf,
dan tuliskan di bawah ini!
Nama Perayaan: Hari Raya
Idul Fitri
Tujuan Perayaan:
Untuk Merayakan Hari Kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah
puasa dibulan Ramadhan
Sejarah Singkat Tentang Perayaan:
Hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan
istilah lebaran. Hari Raya Idul Fitri pertama kali dijalani oleh umat Islam mulai
pada tahun ke-2 Hijriah. Perayaan Idul Fitri ini sebenarnya bertepatan dengan perayaan
kemenangan kaum Muslimin dalam perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan 2
Hijriah.
Cara Masyarakat Merayakan Idul Fitri:
Perayaan Hari Raya Idul Fitri untuk masing-masing Negara berbeda beda.
Untuk di Indonesia cara masyarakat merayakan Idul Fitri pada umumnya sebagai berikut
:
1. Membayar
Zakat Fitrah yang biasanya dilakukan 3 hari sebelum perayaan Idul Fitri
2. Takbir yang
dimulai dari habis sholat maghrib dihari terakhir puasa Ramadhan hingga menjelang
shalat idul fitri
3. Membersihkan
Diri dan Menggunakan Wewangian Sebelum berangkat ke Masjid untuk sholat Idul
Fitri
4. Melaksanakan
Shalat Idul Fitri yang biasanya dilakukan di Masjid atau di Tanah yang Lapang
5. Mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri antar sesama Umat Muslim
6. Bersilaturahmi
ke keluarga dan tetangga disekitar rumah
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
3 Pembelajaran 4 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Halaman 144
Ayo Renungkan
Adakah kesamaan kisah antara kamu dan kisah Andrea Hirata dalam mencapai
cita-citanya?
Jawab
Kesamaan kisah antara saya dengan Andrea Hirata adalah sama sama
mempunyai cita-cita untuk sekolah walaupun terkadang ekonomi orang tua sedang
kurang baik
Nilai-nilai apa yang diperlukan pada saat merayakan kegiatan
keagamaanmu?
Jawab
Nilai yang diperlukan saat merayakan kegiatan keagamaan adalah nilai kesederhanaan,
sikap selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan, saling berbagi dengan
sesama, saling mengasihi dan saling menghormati.
Sikap apakah yang perlu dikembangkan pada saat ada perayaan keagamaan
dari umat beragama yang berbeda denganmu?
Jawab
Sikap yang perlu dikembangkan saat ada perayaan keagamaan dari umat
beragama yang berbeda dengan saya adalah sikap untuk saling menghormati dan
menghargai, sikap toleransi antar umat beragama.
Keterampilan apa sajakah yang kamu kembangkan pada hari ini?
Jawab
Keterampilan yang saya kembangkan hari ini adalah
keterampilan dalam membaca puisi