Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi- Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 2 kegiatan pembelajaran 5 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 5 Sumber Energi Halaman 83 84 85

Ayo Mengamati
Indonesia
adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam. Batu bara adalah salah
satunya. Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari batu bara?
Perhatikan
gambar berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi
Buatlah
pertanyaan tentang pemanfaatan batu bara pada gambar di atas dan tuliskan pada
kolom berikut.
Jawab
1.       
Apa saja manfaat batu bara?
2.       
Berasal dari apakah batu bara itu?
3.       
Termasuk sumber daya apakah batu bara itu?
4.       
Bagaimana cara menambang batu bara?
5.       
Di daerah manakah di Indonesia banyak ditemukan batu bara?
Apakah
kamu tahu manfaat lain dari batu bara? Ayo, cari tahu lebih lanjut.

Perhatikan dan
analisis informasi tentang batu bara berikut.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Batu
bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai
bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri. Batu
bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.
Batu
bara merupakan bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen.
Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun
lamanya. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian
mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.
Berdasarkan
hasil analisismu, nyatakan apakah pernyataan 1, 2, dan 3, BENAR Atau SALAH.
1.
Batu bara termasuk sumber daya alam yang berlimpah dan mudah diperoleh.
Jawab
Salah
Alasan:
Batu bara adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Proses
pembentukan batu bara dari fosil tumbuh-tumbuhan membutuhkan waktu hingga
berjuta-juta tahun lamanya. Persediaan batu bara juga terbatas. Untuk
mendapatkan batu bara dapat dikatakan cukup sulit karena harus melalui proses
penambangan terlebih dahulu.

2. Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Jawab
Salah
Alasan:
Batu bara mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Karena batu
bara banyak dimanfaatkan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menunjang
kegiatan ekonomi masyarakat. Misalnya pemanfaatan batu bara sebagai pambangkit
listrik, sehingga secara tidak langsung batu bara mempunyai pengaruh terhadap
kegiatan ekonomi masyarakat.

3. Kita harus menghemat penggunaan batu bara.

Jawab
Benar
Alasan:
Batu bara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Ketersediaannya
dialam juga terbatas. Untuk itu kita harus menghemat dalam penggunaan batu
bara.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 5 Sumber Energi Halaman 85 86 87 88

Ayo Berdiskusi



Ibu
Aminah, Ibu Melani, dan Ibu Ratna memasak menggunakan briket batubara. Ibu
Aminah menggunakan 3/4 kg briket batubara setiap hari. Ibu Melani menggunakan
1/2 kg dan Ibu Ratna menggunakan 2/3 kg.
Siapa
yang menggunakan briket batu bara paling banyak?
Jawab
Untuk
menyelesaikannya kita terlebih dahulu harus menyamakan pecahan yang sudah
diketahui kemudian menyamakan penyebutnya.
Ibu
Aminah = 3/4
Ibu
Melani = 1/2
Ibu
Ratna = 2/3
Kita
samakan penyebutnya :
3/4
x 3/3 = 9/12
1/2
x 6/6 = 6/12
2/3
x 4/4 = 8/12
Jadi
Yang menggunakan briket paling banyak adalah Ibu Aminah. Karena ibu Aminah
menggunakan briket 3/4 kg atau 9/12 kg yang nilainya lebih besar dari pada 1/2 kg
dan 2/3 kg

Siapa yang menggunakan briket batubara paling sedikit?

Jawab
Untuk
menyelesaikannya kita terlebih dahulu harus menyamakan pecahan yang sudah
diketahui kemudian menyamakan penyebutnya.
Ibu
Aminah = 3/4
Ibu
Melani = 1/2
Ibu
Ratna = 2/3
Kita
samakan penyebutnya :
3/4
x 3/3 = 9/12
1/2
x 6/6 = 6/12
2/3
x 4/4 = 8/12
Jadi
yang menggunakan briket batu bara paling sedikit adalah Ibu Melani yaitu 6/12
kg

Urutkan penggunakan briket batubara tersebut dari yang terbesar hingga
terkecil. Jelaskan alasanmu.

Jawab
Untuk mengurutkan pecahan harus disamakan dahulu pembilangnya. 3/4, 1/2, dan
2/3 dapat disamakan penyebutnya dengan bilangan 12 sehingga menjadi 9/12, 6/12,
dan 8/12. Setelah penyebutnya sama baru bisa diurutkan dengan melihat
pembilangnya sehingga urutan dari yang terbesar adalah 9/12, 8/12, dan 6/12
atau 3/4, 2/3, dan 1/2.

Kamu baru saja berlatih mengurutkan pecahan. Jika kamu memahami dengan baik
cara membandingkan pecahan, maka kamu juga sekaligus akan dapat mengurutkannya.

1. Mengurutkan
pecahan dengan penyebut yang sama.

Urutkan pecahan 1/4, 2/4, dan 3/4
Arsirlah daerah yang menunjukkan pecahan

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 2 Sumber Energi

Berdasarkan
gambar yang diarsir coba urutkan pecahan dari kecil ke besar?
Jawab
1/4,
2/4, 3/4.

2. Mengurutkan pecahan dengan penyebut berbeda
Urutkan pecahan 3/4, 2/3, dan 1/2



Cara 1: Menyamakan penyebut
Carilah pecahan yang senilai dengan pecahan-pecahan tersebut. Pecahan tersebut
mempunyai penyebut yang sama.
3/4 = 6/8 = 9/12
2/3 = 4/6 = 8/12
1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8 = 5/10 = 6/12



Apakah
pecahan-pecahan tersebut bisa dijadikan pecahan yang penyebutnya sama?
Jawab
Bisa..
3/4
= 9/12
2/3 = 8/12
1/2 = 6/12
Bagaimana
urutan pecahan dari terkecil sampai terbesar.
Jawab
6/12,
8/12, 9/12
Cara 2: Menggunakan pendekatan
Urutkan pecahan 3/4, 2/3, 1/3
Berdasarkan
gambar yang kamu arsir urutkan pecahan yang paling kecil ke besar.
Jawab
1/2,
2/3, 3/4



Cara
mana yang menurutmu paling mudah? Jelaskan.
Jawab
Cara
yang paling mudah adalah dengan menyamakan penyebut pecahan. Karena dengan
menyamakan penyebut pecahan hanya melihat pembilangnya saja untuk mengetahui
besar atau kecil suatu pecahan
Apakah
kamu menemukan cara lain?
Jawab
Mengubah
pecahan ke dalam bentuk desimal, contoh 1/2 = 0,5  atau 1/4 = 0,25

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema
2 Pembelajaran 5 Sumber Energi Halaman 88 89

Ayo Berlatih
Urutkan
pecahan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar.
a.    1/8,
1/2 , 1/4
Jawab
Samakan
penyebut
1/8 =
1/8 x 1/1 = 1/8
1/2 =
1/2 x 4/4 = 4/8
1/4 =
1/4 x 2/2 = 2/8
Urutan
pecahan dari terkecil ke besar = 1/8, 1/4, 1/2
b.    5/8,
5/6, 5/7
Jawab
Karena
soal ini pembilangnya yang sama yaitu sama sama 5 maka semakin besar
penyebutnya maka pecahan tersebut nilainya makin kecil semakin kecil
penyebutnya maka pecahan tersebut nilainya makin besar. Jadi 5/8, 5/6, 5/7  urutannya dari terkecil hinggan terbesar adalah
5/8 , 5/7 , 5/6
c.    2/4,1/4,3/4
Jawab
Penyebutnya
sudah sama maka urutanya adalah 1/4, 2/4 , ¾
d.    5/6,
1/6, 3/6
Jawab
Penyebutnya
sudah sama maka urutannya 1/6, 3/6, 5/6
e.    2/3,
2/2, 2/4
Jawab
Pembilangnya
sama maka pecahan yang penyebutnya paling besar mempunyai nilai paling kecil
maka urutannya adalah
2/4,
2/3, 2/4
f.     1/5,2/5,0/5
Jawab
Penyebutnya
sudah sama maka urutannya adalah 0/5, 1/5, 2/5
Urutkan
pecahan berikut dari yang terbesar ke yang tekecil.
a.   
1/8,5/8,2/8
Jawab
Penyebutnya sudah
sama maka urutan dari terbesar hingga kecil adalah
5/8,2/8,1/8
b.   
2/3, 5/3, 1/3
Jawab
Penyebutnya sudah
sama maka urutanya adalah 5/3, 2/3, 1/3
c.   
2/4, 1/4, 3/4
Jawab
Penyebutnya sudah
sama urutannya adalah 3/4, 2/4, ¼
d.   
5/6, 1/6, 3/6
Jawab
Penyebutnya sudah
sama maka urutannya adalah 5/6, 3/6, 1/6
e.   
2/3, 2/2, 2/4
Jawab
Samakan dahulu
penyebutnya
2/3 = 2/3 x 4/4 =
8/12
2/2 = 2/2 x 6/6 =
12/12
2/4 = 2/4 x 3/3 =
6/12
Maka urutan dari
besar ke kecil
2/2, 2/3 , 2/4
f.    
1/5,2/5,0/5
Jawab
Penyebutnya sudah
sama maka urutannya adalah
2/5, 1/5, 0/5
Urutkan
pecahan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar.
a.   
3 2/5 , 4 3/6 , 4 2/3
Jawab
Ubah dahulu
pecahan campuran ke pecahan biasa
3  2/5  =
17/5
4  3/6  =
27/6
4  2/3  =
14/3
Samakan
penyebutnya
17/5 = 17/5 x 6/6
= 102/30
27/6 = 27/6 x 5/5
= 135/30
14/3 = 14/3 x
10/10 = 140/30
Maka urutan dari
kecil ke besar adalah : 3 2/5, 4 3/6, 4 2/3
b.    4 2/5,
4 5/6, 5 2/3
Jawab
Ubah dahulu
pecahan campuran ke pecahan biasa
4 2/5 =
22/5
4 5/6 =
29/6
5 2/3 =
17/3
Ubah
bilangan pecahan ke bilangan desimal :
22/5 =
4,4
29/6 =
4,8
17/3 =  5,6
Maka
urutannya adalah : 4 2/5, 4 5/6, 5 2/3
c.    3 3/5,
4 5/6, 5 2/3
Jawab
Ubah dahulu
pecahan campuran ke pecahan biasa
3 3/5 =
18/5
4 5/6 =
29/6
5 2/3 =
17/3
Ubah
bilangan pecahan ke bilangan desimal :
18/5 =
3,6
29/6 =
4,8
17/3 =
5,6
Maka
urutannya adalah : 3 3/5, 4 5/6, 5 2/3
Ayo
Renungkan
Apa
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Jawab
Yang
saya pelajari tentang kegiatan hari ini adalah batu bara. Manfaat batu bara
dalam kehidupan manusia. Serta mempelajari pecahan
Apakah
hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab
Sangat
bermanfaat sekali. Untuk materi tentang batu bara kita lebih memahami kalau
batu bara bisa digunakan secara langsung untuk memasak yaitu briket batu bara.
Sedangkan konsep pecahan sangat penting sekali dalam kehidupan kita misal
menghitung pecahan uang, barang dan lainnya.
Bagaimana
perasaanmu selama belajar?
Jawab
Perasaan
saya selama belajar saya sangat senang sekali

Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 2 Sumber
Energi. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment