Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Energi Alternatif-Pada
kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku
kelas 4 SD tema 2 subtema 3 kegiatan pembelajaran 5 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5
Halaman 123
makanan yang terbuat dari singkong berikut.
kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang terbuat dari singkong di
lingkungan tempat tinggalmu? Diskusikan dengan temanmu. Tuliskan hasil
diskusimu pada kolom berikut.
Singkong rebus adalah singkong yang disajikan
dengan cara direbus dengan air. Singkong pertama dikupas kemudian direbus
sampai matang.
Singkong bakar adalah singkong yang disajikan
dengan cara di benamkan di bara api. Setelah beberapa menit di angkat lalu siap
di makan.
Kripik singkong dibuat dengan cara memotong
singkong tipis-tipis kemudian digoreng dan diberi bumbu penyedap.
Gethuk dibuat dari singkong rebus yang
dihaluskan kemudian diberi gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa.
Singkong crispy adalah singkong goreng yang
diolah dengan cara modern. Penyajiannya ditambahkan bumbu penyedap rasa, rasa
ayam, rasa daging, rasa baso dll
Singkong goreng dibuat dengan cara menggoreng
singkong dengan ditambah bumbu penyedap.
Tape singkong dibuat dengan cara menambahkan
ragi pada singkong yang sudah dikukus.
Comro adalah makanan olahan dari parutan
singkong yang diberi bahan oncom dan bumbu lainnya kemudian digoreng.
Misro merupakan versi manis dari comro karena
di dalamnya diberi gula merah.
matarroda merupakan olahan parutan singkong yang digunakan untuk membungkus
pisang.
cari tahu lebih lanjut tentang singkong.
Singkong
Indonesia merupakan daerah tropis yang kaya akan hasil sumber daya alam. Salah
satunya adalah singkong. Singkong mempunyai potensi besar untuk dikembangkan.
Singkong merupakan sumber kalori pangan yang murah. Singkong dikonsumsi sebagai
salah satu makanan pokok oleh masyarakat.
Singkong merupakan makanan yang kaya karbohidrat. Terdapat kandungan gizi
seperti protein, vitamin c, kalsium, posfor, kalori, lemak, zat besi dan
vitamin B1 pada singkong. Dengan berbagai kandungan gizi yang terdapat pada
singkong, maka singkong baik untuk dikonsumsi.
Umbi singkong merupakan sumber energi yang kaya serat dan karbohidrat, namun
miskin protein. Sumber protein justru terdapat pada daun singkong. Hampir semua
bagian pohon singkong bisa dimanfaatkan, mulai dari umbinya hingga daunnya.
Umbi singkong biasanya hanya diambil dagingnya saja untuk digoreng atau direbus
serta dijadikan tepung tapioka, bagian daunnya dijadikan sebagai sayuran, dan
bagian daun dan kulit bisa dijadikan sebagai makanan ternak. Singkong dapat
digunakan sebagai sumber karbohidrat di samping beras, selain dapat pula
digunakan untuk keperluan bahan baku industri, seperti tepung tapioka.
Di sekitar kita, banyak sekali makanan yang diolah dari singkong, misalnya
keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain dan bahkan
hasil olahan singkong tersebut menjadi mata pencaharian bagi sebagian
masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5
Halaman 125
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.
Singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi. Apakah
kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!
karena singkong harganya cukup murah. Selain itu singkong juga kaya akan serat
dan karbohidrat serta mengandung banyak zat gizi seperti protein, vitamin c,
kalsium, posfor, kalori, lemak, zat besi dan vitamin B1.
Bagaimana singkong dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
dikonsumsi sebagai salah satu makanan pokok oleh masyarakat, selain itu
singkong juga dijadikan makanan olahan misalnya keripik singkong, comro, misro,
getuk, tape, donat, dan lain-lain. Singkong juga dapat diolah menjadi tepung
tapioka.
Apa saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong?
olahan dari singkong adalah keripik singkong, tape, gethuk, comro, misro,donat
Bagaimana singkong dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat?
olahan singkong seperti keripik singkong, comro, misro, getuk, tape,
donat, bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat,
mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik. Sehingga
ekonomi masyarakat semakin berkembang yang berdampak pada kesejahteraan
masyarakat. Ayo Berlatih
Tahukah kamu bahwa singkong juga dapat dijadikan sebagai energi alternatif?
Selain dijadikan sebagai makanan, singkong dapat dijadikan sebagai bahan bakar
alternatif yang dikenal dengan sebutan Bioetanol. Bensin yang dicampur dengan
Bioetanol kualitasnya lebih baik. Cukup tambahkan 10 % dari total volume
bensin. Manfaat penggunaan bahan bakar alternatif bioetanol untuk kendaraan
bermotor adalah:
- Pembakaran
lebih sempurna - Gas
buang menjadi lebih bersih - Tarikan
mesin lebih ringan. - Suara
mesin lebih halus - Hemat
bahan bakar hingga 20 % - Memperpanjang
usia mesin - Ramah
lingkungan karena bisa dibudidayakan, menghemat penggunaan bahan bakar
fosil, dan mengurangi pencemaran.
singkong, sumber bioetanol lainnya dapat berupa ubi jalar, tebu, jagung, sorgum
biji, sorgum manis, sagu, aren, nipah, lontar, kelapa dan padi. Sumber
bioetanol yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia adalah singkong.
Wah … ternyata singkong juga bisa dijadikan energi alternatif. Bahkan bisa
menghemat bahan
bakar sekitar 1/5 atau 20%.
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
Penggunaan energi alternatif dari singkong atau bio-etanol dapat bahan bakar
sekitar 1/5 atau 20%. Apakah kamu tahu cara mengubah pecahan menjadi
persen dari pernyataan tersebut? Ayo, kita diskusikan lebih lanjut!
Persen (%) adalah nama lain dari per seratus
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5
Halaman 128
soal cerita berikut.
Pak Tagor biasanya mengisi tangki sepeda motornya dengan bensin sebanyak 28
liter dalam sebulan. Setelah menggunakan energi alternatif bioetanol, Pak Tagor
menghemat bahan bakar sekitar 1/4 dari
biasanya. Berapa persen penghematan yang dilakukan Pak Tagor? Jelaskan!
Jawab
soal cerita tentang mengubah pecahan menjadi persen dan sebaliknya.
Ibu membeli sayuran sebanyak 20 ikat, setelah disimpan dalam kulkas
ternyata 8 ikat sayur tersebut busuk. Berapa persenkah sayur ibu yang busuk?
sayuran = 20 ikat
Busuk = 8 ikat
sayur busuk adalah :
Dino mengatakan bahwa
Ia sudah mengerjakan PR nya sebesar 32 soal dari 40 soal yang diberikan Bu
Tika. Berapa persen soal yang sudah dikerjakan Dino?
= 40
dikerjakan = 32
yang sudah dikerjakan :
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5
Halaman 130
yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
saya pelajari hari ini adalah informasi tentang manfaat singkong. Ternyata
singkong adalah makanan yang mudah didapat, murah dan memiliki kandungan serat
dan karbohidrat yang cukup tinggi. Singkong digunakan sebagai makanan
pendamping nasi. Singkong juga bisa diolah menjadi jenis makanan lainnya
seperti keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat dan lainnya.
Cara menghitung pecahan desimal, serta cara menghitung persen
yang sudah saya pahami dengan baik adalah tentang informasi manfaat singkong.
Pecahan biasa, pecahan desimal dan persentase.
yang belum saya pahami adalah bagian soal cerita
hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti informasi tentang singkong.
Serta cara menghitung pecahan dan persentase.
perasaanmu selama belajar?
saya selama belajar sangat menyenangkan