Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di
Lingkungan Rumahku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 1 kegiatan pembelajaran
5 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 3
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 5
Ayo Mengamati
Amati
gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh berikut.
PADI |
TEH |
Padi Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah 23 °C. Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi berkisar antara 0-1500m di atas Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah sawah yang |
Teh Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman Tanah yang cocok untuk tanaman teh adalah tanah yang subur dan banyak |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 31
Di
manakah padi dan teh biasa tumbuh?
Jawab
Padi
tumbuh di daerah yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan
yang cukup.
Teh
tumbuh di daerah pegunungan. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh
adalah berkisar 13°C – 15° C dengan curah hujan tahunan tidak kurang dari 2.000
mm3.
Lingkungan
yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?
Jawab
Lingkungan
yang baik untuk padi lingkungan yang berhawa panas, banyak mengandung uap air,
curah hujan banyak, sinar matahari cukup, tempatnya berkisar 0-1500 m diatas
permukaan laut
Lingkungan
yang baik untuk tumbuh the adalah di daerah pegunungan, suhunya berkisar 13°C –
15° C, tanahnya harus subur dan banyak mengandung bahan organik
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 32
Apa
kesimpulanmu tentang tanaman padi dan teh di atas?
Jawab
Tanaman padi
dan the memiliki tempat untuk tumbuh dan berkembang yang berbeda. Padi
cenderung lingkungan yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, curah hujan
banyak, sinar matahari cukup, tempatnya berkisar 0-1500 m diatas permukaan laut.
Sedangkan
tanaman teh tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu 13-15 derajat
celsius.
Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh?
Jawab
Padi
tumbuh baik di daerah dataran rendah dan berhawa panas, sedangkan teh tumbuh
baik di daerah pegunungan dengan berhawa dingin.
Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan?
Jawab
Padi
dapat tumbuh di pegunungan akan tetapi tumbuhnya Tidak dengan baik hal ini
dikarenakan di daerah pegunungan suhunya cukup dingin sedangkan padi tumbuh
baik disuhu panas, dipegunungan juga pengairannya sedikit susah sehingga padi
tidak cukup baik tumbuh sebab padi butuh pengairan yang baik.
Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu.
Jawab
The tidak
dapat tumbuh dengan baik di daerah persawahan. Hal ini dikarenakan teh dapat
tumbuh di daerah dengan suhu 13-15 derajat sedangakn daerah persawahan rata-rata
bersuhu 23 derajat celsius. Suhu yang cukup panas akan menghambat pertumbuhan
teh.
Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan
tanaman? Jelaskan!
Jawab
Ya,
keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Hal
ini karena tanaman memerlukan kondisi suhu, curah hujan, ketinggian dan jenis tanah
tertentu agar bisa hidup. Akibatnya tanaman yang dapat tumbuh pada kondisi
iklim dan bentuk muka bumi yang berbeda juga berbeda.
Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar
tanaman dapat tumbuh dengan baik?
Jawab
Sebelum
menanam tumbuhan, kita perlu memperhatikan: kualitas tanaman itu sendiri,
kualitas tanah, kondisi lingkungan (suhu), cuaca (Hujan atau Kemarau), dan
perawatan tanaman.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 33
Ayo Berdiskusi
Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang
hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan
karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka
bumi).
Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kamu dapat menggali
informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).
Jawab
Daerah |
Iklim |
Bentuk Muka Bumi |
Tanaman Yang Cocok |
Lampung |
Panas |
Dataran |
Padi, |
Bandung |
Dingin |
Dataran |
Teh, |
Malang |
Dingin |
Dataran |
The, |
Simalungun |
Dingin |
Dataran |
Teh |
Kerinci |
Dingin |
Dataran |
Teh |
Cisarua |
Dingin |
Dataran |
Teh |
Ciwidey |
Dingin |
Dataran |
Teh |
Brebes |
Dingin |
Dataran |
Teh |
Wonosobo |
Dingin |
Dataran |
Teh |
Indramayu |
Panas |
Dataran |
Padi |
Karawang |
Panas |
Dataran |
Padi |
Subang |
Panas |
Dataran |
Padi |
Banyuasin |
Panas |
Dataran |
Padi |
Lamongan |
Panas |
Dataran |
Padi |
Ngawi |
Panas |
Dataran |
Padi |
Bone |
Panas |
Dataran |
Padi |
Grobogan |
Panas |
Dataran |
Padi |
Sragen |
Panas |
Dataran |
Padi |
Cilacap |
Panas |
Dataran |
Padi |
Tumbuhan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Selain untuk
makanan, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk karya seni, seperti karya seni
kolase yang telah kamu buat.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 36
Ayo Berlatih
Apakah kamu masih ingat cara melakukan penaksiran terhadap penjumlahan dan
pengurangan pecahan? Coba taksir jumlah beras yang terdapat dalam 3 karung
berikut!
Amati 3 karung beras berikut.
Taksirlah
berat karung A dan B jika digabungkan.
Jawab
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga ditaksir menjadi 8 kg
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga ditaksir menjadi 6
Hasil penjumlahan karung A + karung B = 8 + 6 = 14 kg.
Taksirlah berat karung A dan C jika digabungkan.
Jawab
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga ditaksir menjadi 8 kg
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4 kg
Hasil penjumlahan karung A + karung C = 8 + 4 = 12 kg.
Taksirlah berat karung A, B, dan C jika digabungkan
Jawab
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga dibulatkan menjadi 8 kg
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 6 kg
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4 kg
Hasil penjumlahan A + B +C = 8 + 6 + 4 = 18 kg
Taksirlah selisih berat karung A dan B
Jawab
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga dibulatkan menjadi 8 kg
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6 kg
Hasil selisih/pengurangan A- B = 8 – 6 = 2 kg.
Taksirlah selisih berat karung A dan C
Jawab
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi dibulatkan 8 kg
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4 kg
Hasil pengurangan A – C = 8 – 4 = 4 kg
Taksirlah selisih berat karung B dan C
Jawab
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6 kg
Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4
Hasil pengurangan B – C = 6 – 4 = 2 kg.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 5 Halaman 37
Kamu akan berlatih melakukan penaksiran terhadap penjumlahan dan pengurangan
pecahan. Sebelumnya perhatikan soal cerita berikut.
Contoh:
Seorang petani berjalan 3 1/10 km dari rumahnya menuju sawah. Setelah itu, Ia
berjalan lagi sejauh 2 4/5 km ke ladangnya. Taksirlah berapa km petani tersebut
berjalan?
Jawab
Kamu hanya perlu mengetahui berapa km petani tersebut berjalan. Oleh sebab
itu, kamu bisa menaksir jumlah 3 1/10 dan 2 4/5 . Bagaimana caranya?.
1/10 lebih dekat dengan 0 sehingga 3 1/10 dibulatkan menjadi 3
4/5 lebih dekat dengan 1 sehingga 2 4/5 dibulatkan menjadi 3
Jadi petani tersebut berjalan 6 km dari rumah ke sawah dan dilanjutkan
ke ladang.
Contoh 2:
Dayu tinggal 6 4/10 km dari sekolah. Udin tinggal 2 9/10 km dari sekolah.
Kira-kira lebih jauh berapa km tempat tinggal Dayu dibandingkan Udin?
Jawab :
4/10 lebih dekat ke setengah sehingga 6 4/10 dibulatkan menjadi 6
9/10 lebih dekat ke 1 sehingga 2 9/10 dibulatkan menjadi 3
Selisih = 6 – 3 = 3 km.
Dayu tinggal kira-kira 3 km lebih jauh dari pada Udin dari sekolah.
Taksirlah penjumlahan dan pengurangan pecahan berikut
1. 2 1/4 + 1 1/3
Jawab
2 ¼ dibulatkan menjadi 2
1 1/3 dibulatkan menjadi 1
Sehingga : 2 ¼ + 1 1/3 + 2 + 1 = 3
2. 1/4 + 1 1/3
Jawab
¼ dibulatkan menjadi 0
1 1/3 dibulatkan menjadi 1
Sehingga ¼ + 1 1/3 = 0 + 1 = 1
3. 2 1/4 – 1
Jawab
2 ¼ dibulatkan menjadi 2
1 nilainya tetap 1
Sehingga 2 ¼ – 1 = 2 – 1 = 1
4. 4 3/4 – 2 = 5 -2 = 3
Jawab
4 ¾ dibulatkan menjadi 5
2 nilainya tetap 2
Sehingga 4 ¾ – 2 = 5 – 2 = 3
Buatlah soal cerita tentang penjumlahan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil
pejumlahan pecahan dalam soal cerita tersebut.
Jawab
Ibu berbelanja di pasar membeli 1/4 kg bawang merah , 1 1/4 kg bawang putih,
1/2 kg dan 4/5 kg minyak goreng. Berat seluruh belanjaan ibu kira-kira …kg.
Buatlah soal cerita pengurangan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil
pengurangan pecahan tersebut.
Jawab
Ahmad memiliki tali sepanjang 3 7/8 m. Kemudian tali tersebut dipotong
1 3/7 m, maka sisa tali Ahmad kira-kira … m.