Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita – Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 5 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 45
Ayo Membaca
Jawab
Isi bait kesatu puisi cita – citaku tersebut adalah keindahan
suara alat musik.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 46
2.
Apa isi dari bait kedua puisi tersebut?
Jawab
Isi bait kedua puisi cita-citaku tersebut adalah penulis
ingin menjadi pemain biola
3.
Apa isi dari bait ketiga puisi tersebut?
Jawab
Isi bait ketiga puisi cita-citaku tersebut adalah
semangat penulis untuk menggapai cita-citanya
4.
Apa cita-cita yang disebutkan dalam puisi tersebut?
Jawab
Cita-cita yang disebutkan dalam puisi tersebut adalah menjadi
pemain biola
5.
Berilah judul lain yang sesuai dengan puisi tersebut!
Jawab
Judul lain yang sesuai dengan puisi tersebut adalah Cita-Citaku
Pemain Biola
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 47
Ayo Bernyayi
Nyanyikan lagu di
bawah ini dengan tempo yang sesuai!
1. Apa
judul lagu itu?
Jawab
Judul lagu diatas adalah Aku Ingin Jadi Penerbang
2.
Tempo apakah yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut?
Jawab
Tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu “aku
ingin jadi penerbang” adalah menggunakan tempo Allegro moderato yaitu agak
cepat
3.
Nyanyikan bait lagu yang pertama! Tandailah kata-kata yang memiliki nada
tinggi!
Jawab
Kata-kata
yang memiliki nada tinggi pada bait pertama
Aku ingin menjadi penerbang
Langit biru tempat bermain
Melayang-melayang
Terbang setinggi mungkin
4.
Nyanyikan bait lagu yang kedua! Tandailah kata-kata yang memiliki nada rendah!
Jawab
Kata-kata
yang memiliki nada rendah pada bait ke dua
Tangkas berani laksana elang
Jauh terbangku di ruang angkasa
Melayang-melayang
Antara bintang-bintang
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 48
Ayo Berlatih
Bacalah
syair lagu “Aku Ingin Jadi Penerbang”!
Tuliskan
isi syair lagu pada bait pertama!
Jawab
Isi syair lagu pada bait pertama lagu aku ingin jadi
penerbang adalah keinginan menjadi penerbang
Tuliskan
isi syair lagu pada bait kedua!
Jawab
Isi syair lagu pada bait kedua lagu aku ingin jadi
penerbang adalah sifat pemberani seperti elang yang terbang melayang diangkasa
Menurutmu,
kegiatan apa yang harus dilakukan agar cita-cita menjadi penerbang dapat
tercapai?
Jawab
Kegiatan yang harus dilakukan agar cita-cita menjadi penerbang
dapat tercapai adalah dengan rajin belajar, rajin olah raga dan selalu berlatih
dengan gigih dan pantang menyerah
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 49 – 50
Ayo Mencoba
Kita
akan membuat puisi berdasarkan isi puisi yang sudah kita tentukan. Sebelumnya,
cobalah baca bait puisi berikut dan tentukan isinya!
Aku
memandang bintang bertaburan
Betapa
indah kerlip bintang di tengah langit malam
Ingin
kulukis indahnya pemandangan malam
Pada
kertas gambarku
Isi
bait puisi di atas adalah
Jawab
Keindahan pemandangan langit di malam hari yang ingin
di lukiskan pada kertas
Isi
bait puisi tersebut adalah
Jawab
Menceritakan tentang seorang gadis kecil penari dengan
selendang warna warni, paras ayu, bibir mungil, jari lentik yang manari dengan
indah dan mendapat tepuk tangan penonton
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 51
Ayo Mengamati
Manfaat
apa saja yang didapatkan mereka dengan melakukan kegiatan tersebut?
Jawab
Manfaat
yang didapatkan mereka dengan melakukan kegiatan mereka masing-masing adalah
1. Dayu
gemar menari sedangkan Ia bercita-cita menjadi pelukis manfaat yang didapatkan
oleh Dayu saat gemar menari adalah badan Dayu menjadi sehat, keterampilan gerak
Dayu juga terlatih, jiwa seni pada Dayu semakin terasah. Jadi saat ia menjadi
pelukis juga dapat memberikan manfaat kedepannya, seperti menjadi pelukis dengan
fokus objek penari atau seni tari.
2. Lani
gemar menyanyi sedangkan ia bercita-cita menjadi ahli komputer, manfaat yang
didapatkan oleh Lani yang gemar menyanyi adalah karena gemar menyanyi dapat
membuat suasana hati menjadi gembira. Walaupun menyanyi tidak dapat menunjang
cita-cita Lani yaitu Ahli Komputer.
3. Siti
gemar membaca, Ia bercita-cita menjadi ilmuwan, manfaat yang didapat dari Siti yang
gemar membaca adalah membuat Siti memperoleh wawasan yang luas, pengetahuan
yang luas sehingga sangat mendukung Siti yang mempunyai cita-cita sebagai
Ilmuwan
4. Udin
gemar melukis, Ia bercita – cita menjadi guru, manfaat yang didapatkan Udin
dari kegemarannya melukis adalah Udin menjadi seorang yang ahli dalam melukis,
mempunyai jiwa seni lukis yang baik sehingga saat Udin menjadi guru misalnya
guru seni lukis akan sangat mendukung cita-citanya
5. Beni
gemar berolahraga, ia bercita-cita menjadi pemain bulutangkis, manfaat yang
diperoleh oleh Beni dengan berolahraga adalah badan menjadi sehat dan bugar
sangat bermanfaat untuk menunjang cita-cita Beni sebagai pemain bulutangkis
Bagaimanakah
kegiatan tersebut dapat membantu mereka meraih cita-cita mereka?
Jawab
Kegiatan kegemaran yang mereka lakukan tidak selamanya
membatu mereka dalam meraih cita-cita. Ada kegemaran yang dapat secara langsung
berpengaruh untuk membantu meraih cita-cita tetapi ada juga kegemaran yang
tidak berpengaruh dengan cita-cita kedepan.
Apakah
kesimpulanmu?
Jawab
Kesimpulannya adalah bahwa kegiatan kegemaran yang kita
lakukan ada yang dapat membantu kita dalam meraih cita-cita ada juga yang tidak
berhubungan dengan cita-cita kita. Maka sebaiknya kita memilih atau melakukan
kegiatan yang dapat membantu menunjang cita-cita kita kedepan, misalnya
cita-citan ingin menjadi Musisi maka sebaiknya mencari kegiatan atau kegemaran
seperti bermain alat musik, belajar menciptakan lagu dan sebagainya.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Cita – cita ku Halaman 52
Ayo Berlatih
Mari
lakukan kegiatan berikut ini untuk mencari tahu.
1.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa.
2.
Buatlah data kegemaran setiap anggota kelompok dan cita-citanya.
3.
Laporkanlah data tersebut dalam bentuk tabel seperti berikut.
Jawab
No |
Nama |
Kegemaran |
Cita – |
1 |
Ani |
Menyanyi |
Penyanyi |
2 |
Budi |
Olah Raga |
Pemain Basket |
3 |
Cinta |
Membaca |
Ilmuwan |
4 |
Dani |
Menyayi |
Polisi |
5 |
Eko |
Bermain Gitar |
Musisi |
6 |
Fandi |
Menyayi |
Pengusaha |
7 |
Ghani |
Memasak |
Koki / Chef |
4.
Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai cita-citanya?
Jawab
Kegemaran siswa bervariasi, ada yang dapat secara
langsung sesuai untuk membantu mereka mencapai cita-citanya akan tetapi ada
juga kegemaran yang tidak berhubungan dengan cita-cita.
5.
Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita? Apabila ada,
mintalah temanmu untuk menjelaskan alasannya!
Jawab
Ada.. Yaitu kegemarannya menyayi akan tetapi
cita-citanya adalah Polisi. Menurut dia, walaupun menyayi tidak membantunya
meraih cita-cita sebagai polisi, tetapi dengan menyanyi dapat membuat dia
merasa senang sehingga saat setelah menyanyi ia dapat melakukan kegiatan dengan
baik.