Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 5 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 102

 

Tahukah Kamu

 


Pernahkah kamu melihat buku-buku cerita?

Jawab

Pernah

 

Apakah buku cerita kesukaanmu?

Jawab

Aku Bisa Terbang

 

Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu?

Jawab

Punya..Penulis kesayangan saya adalah Clara Ng

 

Tahukah kamu apa yang dilakukan para penulis cerita atau sastra
Indonesia?

Jawab

Yang dilakukan para penulis cerita atau sastra Indonesia adalah dia
menggunakan imajinasi atau daya nalar mereka yang kemudian di tuangkan dalam
bentuk tulisan atau cerita yang menarik

 

Buku-buku cerita seperti Kapan Hujan Berhenti, Ambilkan Bulan Yah, Aku
Bisa Terbang merupakan beberapa karya penulis cerita anak Indonesia yang
bernama Clara Ng. Beliau telah menulis berbagai macam buku cerita anak yang
sangat menarik. Tahukah kamu tentang penulis-penulis cerita anak lainnya?

Jawab

Penulis cerita anak lainnya seperti

Arleen Alexandra Judul Buku nya : I Love u Mom, Kumpulan
Dongeng Binatang 2, Kumpulan Dongeng Inspiratif

Renny Yaniar Judul Bukunya : Keajaiban pagi hingga dini hari,
Dongen-Dongen Ajaib, Lautan Susu Cokelat

 

Ayo Berdiskusi

 

Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan
anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.

  1. Memperkenalkan
    negara dan bangsa dan semua keunikkannya
  2. Melestarikan
    Budaya Bangsa
  3. Membantu
    anak senang membaca
  4. Membantu
    Anak Mengenal sekitar dengan cara yang menyenangkan

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 103

 

Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?

Jawab

Dapat memberikan contoh atau teladan yang baik melalui cerita

Dapat menumbuhkan semangat dan optimisme kepada anak-anak melalui cerita

Dapat membangkitkan jiwa kreatifitas anak melalui cerita

 

Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?

Jawab

Manfaat membaca buku cerita untuk saya adalah memberikan rasa terhibur
atau senang setelah membaca cerita, menambah pengetahuan baru dari cerita yang
dibaca

 

Apakah manfaat membaca untukmu?

Jawab

Manfaat membaca untuk sayaadalah dengan membaca dapat menambah ilmu
pengetahuan dan memperluas wawasan


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 104

 

Ayo Mencoba

 

Menjelaskan Makna Puisi

Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu,
lakukan hal-hal berikut.

  1. Bayangkan
    cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan
    bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu.
  2. Buatlah
    beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki.
  3. Rangkailah
    gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh.
  4. Pilihlah
    kata-kata yang memiliki rima hampir serupa.
  5. Tuliskan
    puisimu di dalam buku catatanmu.
  6. Bacakan
    puisimu kepada teman sebangkumu.
  7. Tukarkan
    puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu.
  8. Cobalah
    untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf.
    Tuliskan makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan.
  9. Bacakan
    makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.

Jawab

Jawaban disini hanya sekedar contoh.. Kakak akan coba sajikan beberapa
contoh puisi anak tentang cita – cita

Puisi

Isi
Puisi

Cita
Citaku Menjadi Guru

 

Anganku melayang ke masa depan

Aku ingin mejadi seorang Guru

Guru adalah pejuang ilmu di garis depan

Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

 

Aku akan berusaha mencapai cita-cita

Aku takkan lelah untuk mencari ilmu

Takkan aku berpangkutangan saja

Demi menggapai cita-citaku

Menceritakan tentang cita – cita menjadi guru. Karena guru adalah
pejuang ilmu tanpa pamrih di garda depan. Aku juga akan berusaha untuk
mencapai cita-cita ku

Menjadi
Seorang Polwan

 

Wajahmu sangat cantik

Matamu terlihat berani

Caramu terlihat pandai

Engkau polwan idaman.

 

Aku ingin sepertimu

Kepada sesama selalu membantu

Sopan santun tutur katamu

Cantik rupawan wajahmu.

Menceritakan tentang cita – cita menjadi seorang polwan atau polisi
wanita. Polisi wanita yang cantik, berani, pandai, santu, rupawan dan selalu membantu
sesama.

Polisi
Gagah Berani

 

Ibu pernah bertanya padaku

Apa cita-citamu?

 

Akupun berkata

Jadi polisi, itulah cita-cita.

 

Berjalan dengan gagah

Mata ke depan badannya gagah

 

Berderap dalam barisan

Serempak jika berjalan.

 

Tekadku menjaga bangsa

Agar selalu aman sentosa

 

Agar rakyat bahagia

Jauh dari kejahatan

Menceritakan tentang cita-cita menjadi seorang polisi. Polisi yang
gagah, berderap dan serempak saat berjalan. Menjadi polisi agar dapat menjaga
bangsa, agar bangsa menjadi aman dan rakyat bahagia

Cita-citaku
Menjadi Dokter

 

Kuiringi langkahku dengan harapan

Semangat membara gapai tujuan

Demi cita-cita yang kuinginkan

Meski penuh cobaan dan tantangan

 

Seragam putih menebar senyuman

Pengabdian menjadi satu tujuan

Cekatan juga penuh kesabaran

Dipercaya dan penuh pengabdian

 

Penolong nyawa banyak orang

Yang sedang dalam kesusahan

Aku ingin seperti dia di masa datang

Jadi dokter untuk yang membutuhkan

Menceritakan tentang cita-cita menjadi seorang dokter. Menjadi seorang
dokter butuh kerja keras, harus rajin berangkat sekolah. Meskipun banyak
cobaan dan rintangan harus semangat. Menjadi Dokter dengan mengenakan seragam
putih untuk mengabdi, cekatan, sabar, dipercaya. Menolong orang yang sakit
dan mereka yang sedang kesusahan


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 106

 

Ayo Berlatih

 

Makanan khas daerah kini menjadi hal yang paling diburu oleh para
wisatawan lokal. Makanan khas daerah tentu saja dinamai dengan bahasa daerah setempat.
Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu!

1.       
Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang
keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan
kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang
berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan
makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.

2.       
Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah
kertas karton dengan ukuran yang sama.

3.       
Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati
sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.

4.       
Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati.
Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.

5.       
Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat
sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna
yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara. Pilihlah paling banyak
lima bahasa daerah.

6.       
Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.

7.       
Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa
daerah dan makanan khas daerah Nusantara.

8.       
Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas
dengan percaya diri.

Jawab

Berikut ini adalah nama bahasa daerah yang
artinya sama beserta nama makanan khas daerah yang ada di Indonesia

Bahasa
Daerah

Makanan Khas Nusantara

Sinten nami panjenengan?

(Jawa)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Nama : Jenang Kudus

Asal : Kudus Jawa Tengah

Keunikan : Teksturnya empuk dan lembut dan cita rasa manis yang khas

Bahan : Tepung ketan, santan, gula merah, gula pasir, vanili bubuk dan
garam

Saha nami anjeun?

(Sunda)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Nama : Nasi liwet

Asal : Jawa Barat

Keunikan : Semuanya bahan dan bumbu dimasak bersama nasi setengah
matang

Bahan : Beras, air secukupnya, bawang merah, bawang putih, serai, daun
salam, cabe rawit merah, garam, teri medan, pete goreng

Ise goarmu?

(batak)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Nama : Mie Gobak Pedas

Asal : Sumatera Utara

Keunikan : Rasanya mie nya yang pedas gurih, khas bumbu sumatera
utara

Bahan : bungkus mi lidi rebus, kol, Wortel, Daun bawang, Seledri, bawang
merah, Cabai secukupnya, Penyedap rasa, Garam, Gula, Kecap

Sia namo awak?

(padang)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Nama : Kue Pinyaram

Asal : Sumatera Barat

Keunikan : Rasanya gurih dan manis

Bahan : tepung beras, tepung terigu, gula merah, gula pasir, daun
pandan, kayu manis, air, minyak goreng

Nyen adane?

(Bali)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Nama : Bubur mengguh

Asal : Bali

Keunikan : Bubur ini gurih berkat menggunakan santan kelapa

Bahan :  beras,air,garam,daun
salam,santan kental,dada ayam,kacang panjang,kacang tanah,bawang goreng, bawang
merah,bawang putih,cabai merah,kunyit,kemiri,merica,ketumbar,garam

Nai Arenta’?

(Makasar)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2

Nama : Coto Makasar

Asal : Makasar

Keunikan : Rasa coto makasar ini sangat gurih. Kuahnya sangat gurih
yang berasal dari kaldu daging

Bahan : daging sapi,daun jeruk,daun salam, lengkuas, kacang tanah
goreng, Kayu manis, Garam, Air, Kaldu bubuk sapi, bawang merah, bawang putih,
jahe, lengkuas, ketumbar, merica, jintan, buah pala, kemiri, serai, Daun, bawang,seledri,Bawang
goreng, Jeruk nipis, Sambal

 

Name lu sape?

(Jakarta)

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2


 

Nama : Kerak Telor

Asal : Jakarta

Keunikan : Kerak telor memiliki rasa gurih dengan tekstur beras ketan
yang legit. Rasa gurihnya sangat menggoyang lidah

Bahan : Nasi ketan,cabai bubuk,bawang merah haluskan,telur,penyedap
rasa,bawang putih,garam,lada,minyak goreng,ebi sangrai, kelapa parut sangkrai/abon
ikan/sapi

 

 

Ayo Renungkan

 

Puisi manakah yang paling kamu sukai? Mengapa?

Jawab

Puisi yang paling saya sukai adalah cita-cita ku menjadi guru

 

Nilai-nilai apakah yang kamu pelajari hari ini?

Jawab

Nilai-nilai yang saya pelajari hari ini adalah nilai semangat untuk
mewujudkan cita-cita

 

Bagaimana peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa? Jelaskan
pendapatmu!

Jawab

Peran penari daerah untuk mempersatukan bangsa sangat besar. Karena
dengan adanya tari daerah dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan
semangat perjuangan atau nasionalisme

 

Demikianlah artikel
tentang Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya
Cita – citaku. Semoga bermanfaat. Untuk kritik dan saran yang sifatnya
membangun dapat di tuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Leave a Comment