Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-Cita ku –
Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban
buku kelas 4 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 5 yang merupakan pecahan
kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 102
Tahukah Kamu
Pernahkah kamu melihat buku-buku cerita?
Jawab
Pernah
Apakah buku cerita kesukaanmu?
Jawab
Aku Bisa Terbang
Apakah kamu juga punya penulis cerita kesayanganmu?
Jawab
Punya..Penulis kesayangan saya adalah Clara Ng
Tahukah kamu apa yang dilakukan para penulis cerita atau sastra
Indonesia?
Jawab
Yang dilakukan para penulis cerita atau sastra Indonesia adalah dia
menggunakan imajinasi atau daya nalar mereka yang kemudian di tuangkan dalam
bentuk tulisan atau cerita yang menarik
Buku-buku cerita seperti Kapan Hujan Berhenti, Ambilkan Bulan Yah, Aku
Bisa Terbang merupakan beberapa karya penulis cerita anak Indonesia yang
bernama Clara Ng. Beliau telah menulis berbagai macam buku cerita anak yang
sangat menarik. Tahukah kamu tentang penulis-penulis cerita anak lainnya?
Jawab
Penulis cerita anak lainnya seperti
Arleen Alexandra Judul Buku nya : I Love u Mom, Kumpulan
Dongeng Binatang 2, Kumpulan Dongeng Inspiratif
Renny Yaniar Judul Bukunya : Keajaiban pagi hingga dini hari,
Dongen-Dongen Ajaib, Lautan Susu Cokelat
Ayo Berdiskusi
Penulis cerita anak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan
anak-anak. Berikut ini adalah beberapa peran mereka.
- Memperkenalkan
negara dan bangsa dan semua keunikkannya - Melestarikan
Budaya Bangsa - Membantu
anak senang membaca - Membantu
Anak Mengenal sekitar dengan cara yang menyenangkan
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 103
Tahukah kamu peran lain seorang penulis cerita anak yang kamu ketahui?
Jawab
Dapat memberikan contoh atau teladan yang baik melalui cerita
Dapat menumbuhkan semangat dan optimisme kepada anak-anak melalui cerita
Dapat membangkitkan jiwa kreatifitas anak melalui cerita
Apakah manfaat membaca buku cerita anak untukmu?
Jawab
Manfaat membaca buku cerita untuk saya adalah memberikan rasa terhibur
atau senang setelah membaca cerita, menambah pengetahuan baru dari cerita yang
dibaca
Apakah manfaat membaca untukmu?
Jawab
Manfaat membaca untuk sayaadalah dengan membaca dapat menambah ilmu
pengetahuan dan memperluas wawasan
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 104
Ayo Mencoba
Menjelaskan Makna Puisi
Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. Untuk itu,
lakukan hal-hal berikut.
- Bayangkan
cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan
bagaimana cita-citamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu. - Buatlah
beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki. - Rangkailah
gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh. - Pilihlah
kata-kata yang memiliki rima hampir serupa. - Tuliskan
puisimu di dalam buku catatanmu. - Bacakan
puisimu kepada teman sebangkumu. - Tukarkan
puisimu dengan puisi milik teman sebangkumu. - Cobalah
untuk menuliskan makna puisi puisi temanmu di dalam sebuah paragraf.
Tuliskan makna puisi temanmu di tempat yang telah disediakan. - Bacakan
makna puisi milik temanmu. Berdiskusilah.
Jawab
Jawaban disini hanya sekedar contoh.. Kakak akan coba sajikan beberapa
contoh puisi anak tentang cita – cita
Puisi |
Isi |
Cita
Anganku melayang ke masa depan Aku ingin mejadi seorang Guru Guru adalah pejuang ilmu di garis depan Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Aku akan berusaha mencapai cita-cita Aku takkan lelah untuk mencari ilmu Takkan aku berpangkutangan saja Demi menggapai cita-citaku |
Menceritakan tentang cita – cita menjadi guru. Karena guru adalah |
Menjadi
Wajahmu sangat cantik Matamu terlihat berani Caramu terlihat pandai Engkau polwan idaman.
Aku ingin sepertimu Kepada sesama selalu membantu Sopan santun tutur katamu Cantik rupawan wajahmu. |
Menceritakan tentang cita – cita menjadi seorang polwan atau polisi |
Polisi
Ibu pernah bertanya padaku Apa cita-citamu?
Akupun berkata Jadi polisi, itulah cita-cita.
Berjalan dengan gagah Mata ke depan badannya gagah
Berderap dalam barisan Serempak jika berjalan.
Tekadku menjaga bangsa Agar selalu aman sentosa
Agar rakyat bahagia Jauh dari kejahatan |
Menceritakan tentang cita-cita menjadi seorang polisi. Polisi yang |
Cita-citaku
Kuiringi langkahku dengan harapan Semangat membara gapai tujuan Demi cita-cita yang kuinginkan Meski penuh cobaan dan tantangan
Seragam putih menebar senyuman Pengabdian menjadi satu tujuan Cekatan juga penuh kesabaran Dipercaya dan penuh pengabdian
Penolong nyawa banyak orang Yang sedang dalam kesusahan Aku ingin seperti dia di masa datang Jadi dokter untuk yang membutuhkan |
Menceritakan tentang cita-cita menjadi seorang dokter. Menjadi seorang |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5 Hebatnya Cita-Citaku Halaman 106
Ayo Berlatih
Makanan khas daerah kini menjadi hal yang paling diburu oleh para
wisatawan lokal. Makanan khas daerah tentu saja dinamai dengan bahasa daerah setempat.
Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu!
1.
Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang
keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan
kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang
berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan
makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.
2.
Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah
kertas karton dengan ukuran yang sama.
3.
Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati
sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
4.
Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati.
Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
5.
Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat
sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna
yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara. Pilihlah paling banyak
lima bahasa daerah.
6.
Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
7.
Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa
daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
8.
Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas
dengan percaya diri.
Jawab
Berikut ini adalah nama bahasa daerah yang
artinya sama beserta nama makanan khas daerah yang ada di Indonesia
Bahasa |
Makanan Khas Nusantara |
|
Sinten nami panjenengan? (Jawa) |
|
Nama : Jenang Kudus |
Asal : Kudus Jawa Tengah |
||
Keunikan : Teksturnya empuk dan lembut dan cita rasa manis yang khas Bahan : Tepung ketan, santan, gula merah, gula pasir, vanili bubuk dan |
||
Saha nami anjeun? (Sunda) |
|
Nama : Nasi liwet |
Asal : Jawa Barat |
||
Keunikan : Semuanya bahan dan bumbu dimasak bersama nasi setengah Bahan : Beras, air secukupnya, bawang merah, bawang putih, serai, daun |
||
Ise goarmu? (batak) |
Nama : Mie Gobak Pedas |
|
Asal : Sumatera Utara |
||
Keunikan : Rasanya mie nya yang pedas gurih, khas bumbu sumatera Bahan : bungkus mi lidi rebus, kol, Wortel, Daun bawang, Seledri, bawang |
||
Sia namo awak? (padang) |
Nama : Kue Pinyaram |
|
Asal : Sumatera Barat |
||
Keunikan : Rasanya gurih dan manis Bahan : tepung beras, tepung terigu, gula merah, gula pasir, daun |
||
Nyen adane? (Bali) |
Nama : Bubur mengguh |
|
Asal : Bali |
||
Keunikan : Bubur ini gurih berkat menggunakan santan kelapa Bahan : beras,air,garam,daun |
||
Nai Arenta’? (Makasar) |
Nama : Coto Makasar Asal : Makasar Keunikan : Rasa coto makasar ini sangat gurih. Kuahnya sangat gurih Bahan : daging sapi,daun jeruk,daun salam, lengkuas, kacang tanah |
|
Name lu sape? (Jakarta) |
|
Nama : Kerak Telor Asal : Jakarta Keunikan : Kerak telor memiliki rasa gurih dengan tekstur beras ketan Bahan : Nasi ketan,cabai bubuk,bawang merah haluskan,telur,penyedap |
Ayo Renungkan
Puisi manakah yang paling kamu sukai? Mengapa?
Jawab
Puisi yang paling saya sukai adalah cita-cita ku menjadi guru
Nilai-nilai apakah yang kamu pelajari hari ini?
Jawab
Nilai-nilai yang saya pelajari hari ini adalah nilai semangat untuk
mewujudkan cita-cita
Bagaimana peran para penari daerah untuk mempersatukan bangsa? Jelaskan
pendapatmu!
Jawab
Peran penari daerah untuk mempersatukan bangsa sangat besar. Karena
dengan adanya tari daerah dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan
semangat perjuangan atau nasionalisme