Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD
Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku- Pada kesempatan
kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD
tema 1 subtema 1 kegiatan pembelajaran 6 yang merupakan pecahan kunci jawaban
buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku- Pada kesempatan
kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD
tema 1 subtema 1 kegiatan pembelajaran 6 yang merupakan pecahan kunci jawaban
buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 6 ini membahas mengenai gagasan pokok dan gagasan
pendukung dalam sebuah bacaan atau paragraf. Refleksi materi tentang permainan
tradisional Benteng Bentengan dan Permainan Gobak Sodor.
Kebersamaan Pembelajaran 6 ini membahas mengenai gagasan pokok dan gagasan
pendukung dalam sebuah bacaan atau paragraf. Refleksi materi tentang permainan
tradisional Benteng Bentengan dan Permainan Gobak Sodor.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD
Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 67-71
Setiap
suku memiliki ciri khas masing-masing. Apakah kamu masih ingat tentang ciri
khas Suku Minang? Apa saja yang kamu ingat tentang suku tersebut?
suku memiliki ciri khas masing-masing. Apakah kamu masih ingat tentang ciri
khas Suku Minang? Apa saja yang kamu ingat tentang suku tersebut?
Baca kembali teks
tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan
pendukung untuk paragraf berikut.
tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan
pendukung untuk paragraf berikut.
Jawab
:
:
Paragraf
I
I
Gagasan Pokok : Suku Minang
adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat
adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
Suku
Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak
Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak
Bahasa
daerah suku Minang adalah bahasa Minang
daerah suku Minang adalah bahasa Minang
Orang
Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain
Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain
Legenda
Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”
Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”
Paragraf II
Gagasan
Pokok : Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah
Gadang
Pokok : Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah
Gadang
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
Rumah
Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok
Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok
Lengkung
atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah
landai seperti badan kapal
atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah
landai seperti badan kapal
Atap
rumah terbuat dari ijuk
rumah terbuat dari ijuk
Bentuk
atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong
atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong
Karena
atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong
atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong
Paragraf III
Gagasan
Pokok : Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut
talempong
Pokok : Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut
talempong
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
Talempong
dimainkan dengan cara dipukul
dimainkan dengan cara dipukul
Alat
musik khas Minang lainnya adalah saluang
musik khas Minang lainnya adalah saluang
Saluang
ini dimainkan dengan cara ditiup
ini dimainkan dengan cara ditiup
Paragraf IV
Gagasan Pokok : Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian
Gagasan Pokok : Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
Di
antaranya tari Pasambahan dan tari Piring
antaranya tari Pasambahan dan tari Piring
Tari
Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat
Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat
Paragraf V
Gagasan
Pokok : Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya
Pokok : Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
Rendang
merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal,
bahkan sampai ke mancanegara
merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal,
bahkan sampai ke mancanegara
Makanan
khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng
balado
khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng
balado
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD
Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 72
Tulis kesimpulanmu
tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
Jawab
:
:
Perbedaan gagasan
pokok dan gagasan pendukung adalah
pokok dan gagasan pendukung adalah
1. Letak.
Gagasan pokok suatu
teks atau paragraf dapat diketahui setelah membaca teks itu secara keseluruhan.
Letak gagasan pendukung suatu teks atau paragraf setelah mengetahui letak
gagasan pokok.
teks atau paragraf dapat diketahui setelah membaca teks itu secara keseluruhan.
Letak gagasan pendukung suatu teks atau paragraf setelah mengetahui letak
gagasan pokok.
2. Jumlah gagasan
Gagasan pokok dalam
suatu teks atau paragraf hanya berjumlah 1. Sedangkan gagasan pendukung lebih
dari satu gagasan.
suatu teks atau paragraf hanya berjumlah 1. Sedangkan gagasan pendukung lebih
dari satu gagasan.
Buatlah rencana
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan
sekolahmu!
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan
sekolahmu!
Jawab
:
:
Contoh Rencana
Kegiatan
Kegiatan
Nama Kegiatan: Gotong
Royong Membersihkan lingkungan sekolah
Royong Membersihkan lingkungan sekolah
Hari/Tanggal: Minggu,
2 juni 2019
2 juni 2019
Tempat: Komplek SD …..
Waktu: Pukul 09.00
wib – selesai
wib – selesai
Tujuan Kegiatan: Membersihkan
sarana prasarana dan lingkungan sekitar sekolah
sarana prasarana dan lingkungan sekitar sekolah
Latar Belakang:
Lingkungan sekolah terkadang ada beberapa area yang sangat jarang dibersihkan.
Dengan mengadakan gotong royong dapat melatih kerjasama siswa dengan semua
orang yang banyak dan beragam.
Lingkungan sekolah terkadang ada beberapa area yang sangat jarang dibersihkan.
Dengan mengadakan gotong royong dapat melatih kerjasama siswa dengan semua
orang yang banyak dan beragam.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD
Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Keberagaman Budaya Bangsaku Halaman 73-74
Ayo Mencoba
Permainan
tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia,
seperti permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor.
tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia,
seperti permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor.
Apakah kamu masih
ingat cara memainkan permainan tersebut?
ingat cara memainkan permainan tersebut?
Jawab :
Permainan
Benteng-Bentengan
Benteng-Bentengan
a. Permainan bentengan terdiri dari 2
kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
b. Permainan bentengan dilakukan dengan
menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, dapat
juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing masing
kelompok.
menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, dapat
juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing masing
kelompok.
c. Permain bentengan yang keluar dari
basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh
musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang
tertangkap ditempatkan tawanan
basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh
musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang
tertangkap ditempatkan tawanan
d. Peman ini dapat kembali
mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan temannya, dengan cara
menyentuh tangan atau bagian tubuhnya.
mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan temannya, dengan cara
menyentuh tangan atau bagian tubuhnya.
e.
Kelompok pemain dinyatakan mendapatkan nilai apabila dapat menyentuh basecamp
musuh. Berakhirnya permainan ditentukan oleh kesepakatan para pemain. Kelompok
yang kalah akan mendapatkan hukuman, yaitu mengendong kelompok yang menang dari
benteng satu ke benteng lainnya, jumlah gendongan tergantung kesepakatan
Kelompok pemain dinyatakan mendapatkan nilai apabila dapat menyentuh basecamp
musuh. Berakhirnya permainan ditentukan oleh kesepakatan para pemain. Kelompok
yang kalah akan mendapatkan hukuman, yaitu mengendong kelompok yang menang dari
benteng satu ke benteng lainnya, jumlah gendongan tergantung kesepakatan
Permainan Gobak
Sodor
Sodor
a.
Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang
yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang
yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
b.
Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang
juga sebagai sodor.
Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang
juga sebagai sodor.
c. Masing-masing pemain tim serang dari
pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain
saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang
menang.
pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain
saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang
menang.
d. Bila pemain tim jaga bisa menyentuh
salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti
menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti
menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
e.
Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti
jadi tim jaga
Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti
jadi tim jaga
Keterampilan apa
saja yang kamu perlukan agar dapat bermain dengan baik?
saja yang kamu perlukan agar dapat bermain dengan baik?
Jawab :
Keterampilan yang
diperlukan agar dapat bermain dengan baik adalah kelincahan dalam bergerak,
keterampilan dan bekerjasama dengan anggota tim yang lainnya.
diperlukan agar dapat bermain dengan baik adalah kelincahan dalam bergerak,
keterampilan dan bekerjasama dengan anggota tim yang lainnya.
Bagaimana strategi
memenangkan permainan tersebut?
memenangkan permainan tersebut?
Jawab :
Strategi kelompok agar dapat memenangkan
permainan benteng-bentengan ataupun permainan gobak sodor adalah dengan membagi
anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari
celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga ‘benteng’ harus menjaga
benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang
sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama team. Dengan kerjasama
tim yang baik, maka kekompakan akan terjalin dengan baik antar anggota, jadi
memungkinkan sekali untuk memenangkan permainan gobak sodor maupun permainan
benteng-bentengan.
permainan benteng-bentengan ataupun permainan gobak sodor adalah dengan membagi
anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari
celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga ‘benteng’ harus menjaga
benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang
sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama team. Dengan kerjasama
tim yang baik, maka kekompakan akan terjalin dengan baik antar anggota, jadi
memungkinkan sekali untuk memenangkan permainan gobak sodor maupun permainan
benteng-bentengan.
Ayo Renungkan
Setelah belajar
hari ini, renungkanlah!
hari ini, renungkanlah!
Apa yang kamu
pelajari dalam hal menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu?
pelajari dalam hal menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu?
Jawab:
Cara menyikapi
keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitar kita dengan cara menerima segala
kebergaman dan perbedaan yang ada, menghargai dan menghormati semua perbedaan
dan keberagaman yang ada di lingkungan kita serta bekerja sama tanpa
membeda-bedakan.
keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitar kita dengan cara menerima segala
kebergaman dan perbedaan yang ada, menghargai dan menghormati semua perbedaan
dan keberagaman yang ada di lingkungan kita serta bekerja sama tanpa
membeda-bedakan.
Bagaimana caranya
agar kamu dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar
belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu?
agar kamu dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar
belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu?
Jawab:
Caranya agar saya
dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang
budaya, sosial, dan agama yang berbeda dengan saya adalah dengan cara saling
menghormati budaya, sosial dan agama masing masing, saling menghargai segala
perbedaan yang ada, tidak saling mencela ataupun saling menganggap kepunyaannya
adalah yang paling baik.
dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang
budaya, sosial, dan agama yang berbeda dengan saya adalah dengan cara saling
menghormati budaya, sosial dan agama masing masing, saling menghargai segala
perbedaan yang ada, tidak saling mencela ataupun saling menganggap kepunyaannya
adalah yang paling baik.