Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 2 kegiatan pembelajaran 6 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 6 ini membahas mengenai keberagaman agama dan budaya.
Kebersamaan Pembelajaran 6 ini membahas mengenai keberagaman agama dan budaya.
Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya
Kebersamaan Pembelajaran 6 ini juga mempelajari tentang membuat ringkasan dari
suatu wacana.
Kebersamaan Pembelajaran 6 ini juga mempelajari tentang membuat ringkasan dari
suatu wacana.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 123
Amati
gambar dan baca teks dalam hati.
gambar dan baca teks dalam hati.
Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat
dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga
memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik,
sedangkan Beni beragama Kristen.
dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga
memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik,
sedangkan Beni beragama Kristen.
Perbedaan budaya dan agama bukanlah
merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu
mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.
merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu
mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.
Pada peringatan hari ulang tahun
kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam
perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan
dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut.
Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba
berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.
kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam
perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan
dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut.
Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba
berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.
Jawab pertanyaan berikut.
1. Bagaimana pendapatmu tentang
persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Jawab
Pendapat saya tentang persahabatan Udin,
Edo dan Beni adalah mereka bersahabat dengan sangat baik. Karena mereka
bersahabat tanpa melihat perbedaan yang mereka punya seperti perbedaan agama
dan budaya. Mereka tetap bekerjasama, bahu membahu satu sama lain.
Edo dan Beni adalah mereka bersahabat dengan sangat baik. Karena mereka
bersahabat tanpa melihat perbedaan yang mereka punya seperti perbedaan agama
dan budaya. Mereka tetap bekerjasama, bahu membahu satu sama lain.
2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman
bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika
suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.
suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.
Jawab
Saya pernah bekerjasama dengan teman yang
berbeda agama. Kebetulan saya beragama islam sedangkan teman saya ada yeng
beragama hindu dan kristen. Kami dalam satu kelompok saat harus menyelesaikan
tugas dari guru tentang membuat prakarya dari bahan bekas.
berbeda agama. Kebetulan saya beragama islam sedangkan teman saya ada yeng
beragama hindu dan kristen. Kami dalam satu kelompok saat harus menyelesaikan
tugas dari guru tentang membuat prakarya dari bahan bekas.
Kami bekerjasama satu dengan lainnya.
Masing-masing teman membawa barang bekas ( gelas botol air mineral ). Rencana
kami gelas air mineral bekas tersebut akan kita buat menjadi tutup makanan pada
piring dengan cara menggabungkan banyak gelas air mineral tersebut setelah kita
belah menjadi dua. Lalu kita hias menggunakan pita warna warni.
Masing-masing teman membawa barang bekas ( gelas botol air mineral ). Rencana
kami gelas air mineral bekas tersebut akan kita buat menjadi tutup makanan pada
piring dengan cara menggabungkan banyak gelas air mineral tersebut setelah kita
belah menjadi dua. Lalu kita hias menggunakan pita warna warni.
Kami bekerjasama dengan baik, tanpa
membedakan antara satu dengan lainnya. Walaupun agama kami berbeda beda tetapi
kami tetap bekerja sama dengan baik.
membedakan antara satu dengan lainnya. Walaupun agama kami berbeda beda tetapi
kami tetap bekerja sama dengan baik.
3. Apa yang dapat kamu pelajari dari
cerita di atas?
cerita di atas?
Jawab
Yang dapat kami pelajari dari cerita
diatas adalah perbedaan latar belakang baik budaya maupun agama bukan merupakan
penghalang untuk bekerjasama. Kita sebaiknya menjadikan segala perbedaan yang
ada untuk saling melengkapi, saling mengisi satu sama lain. Sehingga kehidupan
akan tetap terjalin dengan damai, rukun dan tentram.
diatas adalah perbedaan latar belakang baik budaya maupun agama bukan merupakan
penghalang untuk bekerjasama. Kita sebaiknya menjadikan segala perbedaan yang
ada untuk saling melengkapi, saling mengisi satu sama lain. Sehingga kehidupan
akan tetap terjalin dengan damai, rukun dan tentram.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 124
Ayo Mencoba
Kamu akan mengikuti lomba Bakiak secara
berkelompok. Apakah kamu masih ingat tentang gerak dasar yang diperlukan dalam bermain
Bakiak?
berkelompok. Apakah kamu masih ingat tentang gerak dasar yang diperlukan dalam bermain
Bakiak?
Diskusikan dan peragakan secara
berpasangan gerak dasar tersebut!
berpasangan gerak dasar tersebut!
Perhatikan kembali cara guru memperagakan
gerakan dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak.
gerakan dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak.
Sebelum berlomba, berdiskusilah dengan
anggota kelompokmu untuk menentukan strategi dan gerak dasar yang harus
diterapkan agar kelompokmu bisa memenangkan pertandingan.
anggota kelompokmu untuk menentukan strategi dan gerak dasar yang harus
diterapkan agar kelompokmu bisa memenangkan pertandingan.
Tulislah hasil diskusimu.
Untuk bermain bakiak diperlukan kerjasama
anggota tim dan kekompakan gerak. Selain itu juga dibutuhkan keterampilan
berjalan dan mengayunkan kaki dengan bertenaga. Maka dari itu startegi kami
untuk memenangkan pertandingan adalah teman yang memiliki tenaga yang lebih
kuat, ayunan kaki yang terampil kami tempatkan di depan. Setelah itu di ikuti
oleh teman yang lainnya. Untuk ayunan langkah yang pertama kami sepakati
menggunakan kaki kanan.
anggota tim dan kekompakan gerak. Selain itu juga dibutuhkan keterampilan
berjalan dan mengayunkan kaki dengan bertenaga. Maka dari itu startegi kami
untuk memenangkan pertandingan adalah teman yang memiliki tenaga yang lebih
kuat, ayunan kaki yang terampil kami tempatkan di depan. Setelah itu di ikuti
oleh teman yang lainnya. Untuk ayunan langkah yang pertama kami sepakati
menggunakan kaki kanan.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 125
Ayo Berdiskusi
Setelah selesai mengikuti lomba, silakan
berdiskusi kembali dengan kelompokmu tentang kerja sama yang telah dilakukan.
berdiskusi kembali dengan kelompokmu tentang kerja sama yang telah dilakukan.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!
Dalam permainan bakiak yang telah kami
lakukan kami menyimpulkan bahwa untuk bermain bakiak membutuhkan kerjasama tim
yang baik. Kerjasama itu meliputi dari ayunan langkah masing masing anggota tim
harus kompak, jika kanan satu maka yang lainnya juga harus kanan. Selain itu
masing-masing anggota harus meneriakkan kata “ kanan” “kiri” sebagai yelyel
untuk membuat tim semakin semangat.
lakukan kami menyimpulkan bahwa untuk bermain bakiak membutuhkan kerjasama tim
yang baik. Kerjasama itu meliputi dari ayunan langkah masing masing anggota tim
harus kompak, jika kanan satu maka yang lainnya juga harus kanan. Selain itu
masing-masing anggota harus meneriakkan kata “ kanan” “kiri” sebagai yelyel
untuk membuat tim semakin semangat.
Ayo Menulis
Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan
Bukanlah Penghalang’?
Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari
cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang
cerita tersebut.
cerita tersebut.
Sebelum membuat ringkasan, perhatikan
langkah-langkah membuat ringkasan berikut.
langkah-langkah membuat ringkasan berikut.
Cara
Membuat Ringkasan
Membuat Ringkasan
1. Membaca Naskah Asli
·
Membaca naskah asli sekali atau dua kali,
kalau perlu berulang kali hingga kamu paham.
Membaca naskah asli sekali atau dua kali,
kalau perlu berulang kali hingga kamu paham.
·
Mengetahui kesan umum (inti) tulisan.
Mengetahui kesan umum (inti) tulisan.
·
Mengetahui maksud dan sudut pandang
penulis naskah asli.
Mengetahui maksud dan sudut pandang
penulis naskah asli.
2. Mencatat Gagasan Utama
·
Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat
gagasan pokok.
Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat
gagasan pokok.
·
Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk
menyusun ringkasan.
Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk
menyusun ringkasan.
3. Gunakan Kalimat Baru
·
Menggunakan kesan umum (inti) untuk membuat
ringkasan.
Menggunakan kesan umum (inti) untuk membuat
ringkasan.
·
Menyesuaikan urutan isi dengan naskah
asli.
Menyesuaikan urutan isi dengan naskah
asli.
·
Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.
Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.
·
Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat
baru.
Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat
baru.
4. Ketentuan Tambahan
·
Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal.
Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal.
·
Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa
menjadi kata.
Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa
menjadi kata.
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat
ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah
berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan
teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan
telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan
tanggung jawab bersama.
ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah
berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan
teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan
telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan
tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah
hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin
pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu
di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak
keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah
Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan
teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan
Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi
niat kerja sama mereka.
hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin
pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu
di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak
keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah
Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan
teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan
Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi
niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah
terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas.
Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai
ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali
Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik
ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu
dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat
Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya.
Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah
sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah
selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama
selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas.
Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai
ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali
Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik
ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu
dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat
Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya.
Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah
sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah
selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama
selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 127
Baca
kembali cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Kemudian, buatlah ringkasan
pada bagan berikut.
kembali cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’. Kemudian, buatlah ringkasan
pada bagan berikut.
No.
|
Paraggraf
|
Gagasan Utama
|
Gagasan Pendukung
|
1.
|
Paragraf 1
|
Menghias
kelas tanggungjawab bersama |
Hari
Minggu sekolah ramai. Siswa menghias kelas. Lomba menyambut kemerdekaan. Pembagian tugas membuat hiasan |
2.
|
Paragraf 2
|
Siswa
semua hadir |
Edo dan Marta terlambat. Mengambil bahan hiasan di rumah Marta
|
3.
|
Paragraf 3
|
Siang hari sekolah semakin ramai
|
Kelas
terlihat indah. Mereka berbagi tugas. Menjalankan ibadah |
Menghias
kelas dalam rangka menyambut hari kemerdekaan merupakan tanggungjawab bersama
seperti yang ditunjukan oleh Edo, Udin, dan Martha. Pada hari Minggu sekolah
ramai oleh siswa yang sedang menghias kelas. Mereka berbagi tugas. Siswa semua hadir pada pagi hari. Edo dan
Martha terlambat karena harus ke gereja pada hari minggu. Teman yang lain tidak
keberatan, Udin dan Siti pun mengambil bahan hiasan yang telah disiapkan.
Mereka tidak keberatan Edo dan Martha minta ijin karena hari Minggu merupakan
waktu beribadah bagi umat Kristen.
kelas dalam rangka menyambut hari kemerdekaan merupakan tanggungjawab bersama
seperti yang ditunjukan oleh Edo, Udin, dan Martha. Pada hari Minggu sekolah
ramai oleh siswa yang sedang menghias kelas. Mereka berbagi tugas. Siswa semua hadir pada pagi hari. Edo dan
Martha terlambat karena harus ke gereja pada hari minggu. Teman yang lain tidak
keberatan, Udin dan Siti pun mengambil bahan hiasan yang telah disiapkan.
Mereka tidak keberatan Edo dan Martha minta ijin karena hari Minggu merupakan
waktu beribadah bagi umat Kristen.
Siang
hari sekolah semakin ramai oleh hiasan yang dibuat anak-anak. Mereka berbagi
tugas sesuai bagianya masing-masing. Ketika waktu Dzuhur tiba Udin dan Siti
menjalankan ibadahnya, teman yang lain tidak keberatan. Perbedaan bukan
penghalang kerjasama diantara mereka. Kelas terlihat semarak dan mereka merasa
senang.
hari sekolah semakin ramai oleh hiasan yang dibuat anak-anak. Mereka berbagi
tugas sesuai bagianya masing-masing. Ketika waktu Dzuhur tiba Udin dan Siti
menjalankan ibadahnya, teman yang lain tidak keberatan. Perbedaan bukan
penghalang kerjasama diantara mereka. Kelas terlihat semarak dan mereka merasa
senang.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kebersamaan dalam Keberagaman Halaman 128
Ayo
Renungkan
Renungkan
Setelah
belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.
belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.
Apa
yang kamu pelajari hari ini?
yang kamu pelajari hari ini?
Jawab:
Yang
kami pelajari hari ini adalah kami belajar mengenai keberagaman dalam beragama,
keberagaman dalam budaya dan adat istiadat. Akan tetapi semua perbedaan itu
tidak menghalangi untuk tetap saling bekerjasama dan gotong royong.
kami pelajari hari ini adalah kami belajar mengenai keberagaman dalam beragama,
keberagaman dalam budaya dan adat istiadat. Akan tetapi semua perbedaan itu
tidak menghalangi untuk tetap saling bekerjasama dan gotong royong.
Apa
yang sudah kamu pahami dengan baik?
yang sudah kamu pahami dengan baik?
Jawab:
Yang
sudah kami pahami dengan baik adalah bahwa perbedaan yang ada jangan
menghalangi untuk bekerjasama. Kita harus saling menghargai dan menghormati
semua perbedaan.
sudah kami pahami dengan baik adalah bahwa perbedaan yang ada jangan
menghalangi untuk bekerjasama. Kita harus saling menghargai dan menghormati
semua perbedaan.
Selain
itu untuk membuat suatu ringkasan terhadap wacana kita harus paham terlebih
dahulu dalam menentukan gagasan utama. Setelah itu baru membuat kalimat yang
baru menjadi sebuah ringkasan yang baik.
itu untuk membuat suatu ringkasan terhadap wacana kita harus paham terlebih
dahulu dalam menentukan gagasan utama. Setelah itu baru membuat kalimat yang
baru menjadi sebuah ringkasan yang baik.
Apa
yang masih belum kamu pahami?
yang masih belum kamu pahami?
Jawab:
Yang
belum saya pahami adalah untuk membuat ringkasan itu apakah ada jumlah kata
atau kalimat minimalnya
belum saya pahami adalah untuk membuat ringkasan itu apakah ada jumlah kata
atau kalimat minimalnya
Apa
rencanamu untuk ke depannya terkait dengan apa yang belum kamu pahami?
rencanamu untuk ke depannya terkait dengan apa yang belum kamu pahami?
Jawab:
Rencananya
adalah dengan mencari litelatur atau sumber bacaan yang lebih bervariasi lagi.
Selain itu tetap meminta bimbingan dari guru
adalah dengan mencari litelatur atau sumber bacaan yang lebih bervariasi lagi.
Selain itu tetap meminta bimbingan dari guru