Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 6 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Kunci Jawaban Buku Kelas
Kunci Jawaban Buku Kelas
Kunci Jawaban Buku Kelas
Kunci Jawaban Buku Kelas
3. Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui.
8. Sebutkan contoh-contoh keberagaman yang telah kamu pelajari.
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur Atas
Keberagaman – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 6 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 6 ini
membahas permainan engklek, nama lain dari permainan engklek. Mempelajari
tentang membuat ringkasan dari gagasan utama dan gagasan pendukung dari suatu
wacana.
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 6 ini
membahas permainan engklek, nama lain dari permainan engklek. Mempelajari
tentang membuat ringkasan dari gagasan utama dan gagasan pendukung dari suatu
wacana.
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 6 ini juga
mempelajari tentang latihan evaluasi soal dari keseluruhan isi buku.
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Bersyukur atas keberagaman Pembelajaran 6 ini juga
mempelajari tentang latihan evaluasi soal dari keseluruhan isi buku.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 171
Ayo Membaca
Permainan tradisional merupakan salah satu
bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal
dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara
memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu kelompok.
bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal
dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara
memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu kelompok.
Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu
juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di
lingkungan tempat tinggalmu?
juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di
lingkungan tempat tinggalmu?
Jawab
Nama lain Permainan Engklek
Nama Lain Engklek
|
Daerah
|
Engklek
|
Jawa
|
Satatak
|
Riau
|
Tejek-Tejekan
|
Jambi
|
Marsitekka
|
Batak Toba
|
Cengkleng
|
Palembang
|
Dampu Bulan / Deprok
|
Betawi
|
Siki Doka
|
NTT
|
Tengge Tengge
|
Gorontalo
|
Asinan
|
Kalimatan
|
Dengkleng
|
Bali
|
Tepok Gunung
|
Jawa Barat
|
Gili-Gili
|
Merauke
|
Engkleng
|
Pacitan
|
Sebelumnya kamu juga telah belajar
keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja
keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan
hasilnya.
keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja
keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan
hasilnya.
Jawab
Banyak ketrampilan dasar yang diperlukan
agar bisa bermain engklek dengan baik, diantaranya adalah:
agar bisa bermain engklek dengan baik, diantaranya adalah:
a. Berjalan
b. Berlari
c. Melompat
d. Kecerdasan
saat memilih ruang yang akan dijadikan rumah/sawah
saat memilih ruang yang akan dijadikan rumah/sawah
e. Menjaga
keseimbangan
keseimbangan
f. Akurasi
saat melemparkan gancuk
saat melemparkan gancuk
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 172,
173
Ayo
Berdiskusi
Berdiskusi
Tulis
pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan
berikut.
pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan
berikut.
1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan.
Jawab
Keterampilan dasar yang diperlukan dalam bermain
engklek adalah berjalan, berlari, dan melompat yang ini semua merupakan
keterampilan dasar lokomotor dalam bermain engklek. Selain itu keterampilan
saat memilih ruang yang akan dijadikan rumah atau sawah juga harus di kuasai
dalam bermain engklek karena ini termasuk strategi bermain engklek.
engklek adalah berjalan, berlari, dan melompat yang ini semua merupakan
keterampilan dasar lokomotor dalam bermain engklek. Selain itu keterampilan
saat memilih ruang yang akan dijadikan rumah atau sawah juga harus di kuasai
dalam bermain engklek karena ini termasuk strategi bermain engklek.
Keterampilan menjaga keseimbangan saat melompat,
berlari dan berjalan agar tidak menginjak garis kotak. Serta akurasi saat
melemparkan gancuk merupakan hal yang harus di kuasai saat bermain engklek.
berlari dan berjalan agar tidak menginjak garis kotak. Serta akurasi saat
melemparkan gancuk merupakan hal yang harus di kuasai saat bermain engklek.
2.
Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.
Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.
Jawab
Saya
dapat melakukanya keterampilan dasar tersebut dengan baik. Hal ini dikarenakan
saya sudah terbiasa melakukan kegiatan seperti berlari, berjalan dan melompat
dapat melakukanya keterampilan dasar tersebut dengan baik. Hal ini dikarenakan
saya sudah terbiasa melakukan kegiatan seperti berlari, berjalan dan melompat
3.
Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan
datang?
Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan
datang?
Jawab
Banyak
berlatih gerak dasar berjalan, berlari dan melompat.
berlatih gerak dasar berjalan, berlari dan melompat.
4.
Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain engklek dengan
teman yang berbeda-beda?
Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain engklek dengan
teman yang berbeda-beda?
Jawab
Sikap
yang harus saya tunjukkan ketika bermain engklek dengan teman yang berbeda-beda
adalah kerjasama, toleransi dan saling menghargai.
yang harus saya tunjukkan ketika bermain engklek dengan teman yang berbeda-beda
adalah kerjasama, toleransi dan saling menghargai.
5.
Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari
pemainnya? Jelaskan.
Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari
pemainnya? Jelaskan.
Jawab
Dalam
permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya yaitu
kerjasama dalam hal saling mentaati peraturan yang sudah dibuat secara bersama
sama sebelum melakukan permainan.
permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya yaitu
kerjasama dalam hal saling mentaati peraturan yang sudah dibuat secara bersama
sama sebelum melakukan permainan.
6.
Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain engklek?
Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain engklek?
Jawab
Permainan
tidak akan berjalan dengan baik karena masing-masing mementingkan diri sendiri.
tidak akan berjalan dengan baik karena masing-masing mementingkan diri sendiri.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 174
Ayo Berlatih
Tentunya kamu masih ingat cerita tentang Sikap
Membantu Bersama. Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita
tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.
Membantu Bersama. Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita
tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.
Sekarang dengarkan gurumu membacakan
kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe
tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan
pokok dan gagasan pendukung.
kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe
tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan
pokok dan gagasan pendukung.
Wedang
Jahe Buatan Ibu
Jahe Buatan Ibu
Siang ini hujan turun deras sekali. Udin
berjalan kaki pulang dari sekolah. Udin tidak membawa payung, sehingga tubuhnya
basah kuyup. Sampai di rumah Udin segera mengganti pakaiannya. Ibu memasakkan air
hangat untuk membasuh badan. Setelah makan siang, Udin mulai merasa kurang
sehat. Udin kedinginan. Ibu melihat Udin yang mulai terbaring lemas. Wah, besok
ada ulangan matematika. Malam ini Udin harus belajar. Ibu tahu apa yang harus
dilakukan agar Udin
berjalan kaki pulang dari sekolah. Udin tidak membawa payung, sehingga tubuhnya
basah kuyup. Sampai di rumah Udin segera mengganti pakaiannya. Ibu memasakkan air
hangat untuk membasuh badan. Setelah makan siang, Udin mulai merasa kurang
sehat. Udin kedinginan. Ibu melihat Udin yang mulai terbaring lemas. Wah, besok
ada ulangan matematika. Malam ini Udin harus belajar. Ibu tahu apa yang harus
dilakukan agar Udin
segera pulih. Ibu membuat Wedang Jahe
untuk Udin. Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman
khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.
untuk Udin. Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman
khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.
Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan
gula pasir atau gula merah. Bisa juga ditambahkan kayu manis dan serai untuk
menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk
meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah
mendidih. Ibu sering membuat Wedang Jahe untuk Udin dan keluarganya. Ketika ada
acara di kampung pun Ibu selalu menyajikan Wedang Jahe buatannya.
gula pasir atau gula merah. Bisa juga ditambahkan kayu manis dan serai untuk
menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk
meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah
mendidih. Ibu sering membuat Wedang Jahe untuk Udin dan keluarganya. Ketika ada
acara di kampung pun Ibu selalu menyajikan Wedang Jahe buatannya.
Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan
ibu sudah siap. Ibu membawakan segelas ke kamar Udin. Hmm..hangat. Rasa dingin dari
tubuh Udin perlahan hilang. Malam itu Udin pun bisa melanjutkan belajar matematika
untuk menghadapi ulangan besok. Minuman tradisional Indonesia memang
mengagumkan. Enak dan sehat bagi tubuh.
ibu sudah siap. Ibu membawakan segelas ke kamar Udin. Hmm..hangat. Rasa dingin dari
tubuh Udin perlahan hilang. Malam itu Udin pun bisa melanjutkan belajar matematika
untuk menghadapi ulangan besok. Minuman tradisional Indonesia memang
mengagumkan. Enak dan sehat bagi tubuh.
No
|
Gagasan Pokok
|
Gagasan Pendukung
|
Ringkasan
|
Paragraf 1
|
Wedang
Jahe adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari jahe dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh. |
Udin kehujanan saat pulang dari sekolah. Udin merasa kurang sehat dan
kedinginan. Udin terbaring lemas. Ibu membuatkan wedang jahe untuk Udin agar segera pulih. |
Udin kehujanan saat pulang sekolah yang membuat tubuhnya basah kuyup.
Udin merasa kurang sehat dan kedinginan. Udin terbaring lemas sehingga Ibu membuatkan wedang jahe agar Udin segera pulih. Wedang jahe terbuat dari jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga dengan menambahkan kayu manis dan serai. Wedang jahe paling baik diminum segera setelah mendidih. Setelah Udin meminum wedang jahe buatan Ibu, Udin merasa tubuhnya hangat dan rasa dingin perlahan menghilang. Sehingga Udin bisa tetap belajar untuk menghadapi ulangan matematika besok. |
Paragraf 2
|
Bahan-bahan
Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah |
Kayu manis dan serai untuk memberikan rasa dan aroma pada wedang jahe.
Untuk membuat wedang jahe semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Wedang jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih. Ibu sering membuatkan wedang jahe untuk udin dan keluarganya. |
|
Paragraf 3
|
Tidak
sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap |
Udin meminum wedang jahe buatan ibu. Rasa dingin dari
tubuh Udin perlahan hilang. Udin bisa tetap belajar matematika untuk ulangan besok. |
Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku,
agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu
kita hargai dan syukuri.
agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu
kita hargai dan syukuri.
1.
Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan.
Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan.
Jawab
Cara bersyukur atas keberagaman yang ada adalah dengan cara menghargai,
melestarikan, dan menjaga segala keberagaman yang sudah ada. Tidak mempermasalahkan
keberagaman yang sudah ada, justru merasa bangga dengan adanya keberagaman di
Indonesia.
melestarikan, dan menjaga segala keberagaman yang sudah ada. Tidak mempermasalahkan
keberagaman yang sudah ada, justru merasa bangga dengan adanya keberagaman di
Indonesia.
2.
Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?
Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?
Jawab
Keberagaman yang ada bermanfaat untuk alat pemersatu bangsa dan
menumbuhkan sikap nasionalisme atau cinta tanah air.
menumbuhkan sikap nasionalisme atau cinta tanah air.
Kunci Jawaban Buku Kelas
4 SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 Bersyukur Atas Keberagaman Halaman 176
Evaluasi:
1. Ukur masing-masing sudut pada bangun berikut menggunakan busur. Catat
hasilnya pada tabel.
1. Ukur masing-masing sudut pada bangun berikut menggunakan busur. Catat
hasilnya pada tabel.
Jawab
2. Tentukan besar masing-masing sudut bangun berikut tanpa mengukur.
Jawab
Jawab
3. Tulislah 3 sifat bunyi yang kamu ketahui.
Jawab
- Bunyi merambat melalui benda padat, cair, dan
gas - Bunyi
dapat dipadukan - Bunyi
dapat dipantulkan - Bunyi
dapat diserap
4. Jelaskan proses terjadinya bunyi.
Jawab
Jawab
Bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan
mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang
bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi.
mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang
bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi.
5. Apakah yang dimaksud dengan bunyi pantul? Bagaimana proses terjadinya?
Jelaskan.
Jawab
Bunyi pantul adalah bunyi yang terdengar kembali kepada sumber bunyi
berasal. Bunyi pantul terjadi jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda
yang permukaannya keras seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.
berasal. Bunyi pantul terjadi jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda
yang permukaannya keras seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.
6. Bagaimana caramu membuat ringkasan dengan baik berdasarkan teks lisan?
Jelaskan.
Jawab
1.
Mendengarkan teks dengan seksama.
Mendengarkan teks dengan seksama.
2.
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
3.
Mengetahui kesan umum dari teks.
Mengetahui kesan umum dari teks.
4.
Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasan pokok
Menuliskan kalimat baru berdasarkan kesan umum dan gagasan pokok
7. Apa persamaan dan perbedaan dalam membuat ringkasan teks tertulis dan
teks lisan. Jelaskan.
Jawab
teks lisan. Jelaskan.
Jawab
8. Sebutkan contoh-contoh keberagaman yang telah kamu pelajari.
Jawab
1.
Keberagaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali,Ambon,
dsb.
Keberagaman suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Minangkabau, Bali,Ambon,
dsb.
2.
Keberagaman bahasa seperti bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.
Keberagaman bahasa seperti bahasa Aceh, bahasa Betawi, bahasa Jawa, dll.
3.
Keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha,
Konghuchu, dll.
Keberagaman agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha,
Konghuchu, dll.
9. Apa sikap yang perlu
kamu terapkan ketika bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Jelaskan.
kamu terapkan ketika bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Jelaskan.
Jawab
Kita harus saling menghargai walaupun memiliki perbedaan. Selain itu, kita
sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga
kekompakan dan persatuan tetap terjaga.
Kita harus saling menghargai walaupun memiliki perbedaan. Selain itu, kita
sebaiknya mementingkan kepentingan umum dan tidak memaksakan kehendak sehingga
kekompakan dan persatuan tetap terjaga.
10. Bagaimana kamu mensyukuri keberagaman yang ada di sekitarmu?
Jawab
Kita dapat mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan
perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.
Kita dapat mensyukuri keberagaman dengan saling menghargai dan menjadikan
perbedaan itu sebagai hal yang saling melengkapi dan pemersatu.
Artikel Penting Lainnya