Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di
Lingkungan Rumahku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 1 kegiatan pembelajaran
6 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 3
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat
baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya
mengenal Ani dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 6 Halaman 41
Apakah kamu masih ingat cara bermain bola zig zag menggunakan bola
kecil? Ayo, kita berlatih kembali! Apakah kamu masih ingat cara bermain bola
zig-zag menggunakan bola kecil? Hari ini kamu dan teman-temanmu akan
mempraktikkan kembali permainan bola zig zag. Semakin sering berlatih, tentunya
akan membuat kamu semakin terampil.
Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan bagaimana cara memainkan
permainan tersebut. Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat
melakukan permainan dengan baik secara berkelompok. Tuliskan hasil diskusimu
pada kolom berikut.
Jawab
Cara memainkan
bola zig zag adalah
-
Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.
- Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan dan berhitung 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.
- Kelompok A dan B saling berhadapan.
- Perhatikan siapa anggota kelompok di depanmu yang memiliki angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Mereka adalah timmu.
- Anggota nomor 1 melempar bola ke anggota di hadapannya yang memiliki nomor 2. Nomor 2 harus menangkapnya dan melemparkannya ke anggota no 3.
- Kelompok yang menyelesaikan lempar tangkap tanpa menjatuhkan bola adalah pemenangnya.
Strategi
dalam bermain bola zig zag dengan menggunakan bola kecil adalah
-
Masing – masing anggota kelompok harus fokus dan hafal dengan anggota timnya masing-masing
- Masing-masing anggota paham cara melempar dan menangkap bola
- Masing-masing anggota harus fokus saat melempar dan menangkap bola
- Di pilih teman yang cekatan berdiri di start paling awal untuk melemparkan bola
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 6 Halaman 42
Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan
hari ini dengan menjawab pertanyaan berikut.
Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Jawab
Saya sudah mencoba melakukan permainan dengan baik. Sudah dapat bekerja
sama dengan baik dengan seluruh anggota tim
Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Jawab
Yang belum dapat saya lakukan dengan baik fokus saat menangkap bola
Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?
Jawab
Saya akan latihan lebih giat lagi
Apa saja keterampilan yang diperlukan dalam permainan Lempar Bola Zig-Zag?
Jawab
Keterampilan
yang diperlukan dalam permainan lempar bola zig zag diantaranya adalah:
1.
Keterampilan melempar bola dengan benar
2.
Keterampilan menangkap bola dengan benar
3.
Konsentrasi atau fokus terhadap arah lemparan
dan tangkapan bola
4.
Terampil atau cepat
Bagaimana
kamu melakukan keterampilan tersebut? Jelaskan.
Jawab
Saya melakukan keterampilan tersebut sudah cukup baik
Masih ingat bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk wawancara?
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 6 Halaman 43
Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik
untuk wawancara. Kemudian, kamu juga telah menyortir pertanyaan tersebut.
Diskusikan kembali secara berkelompok ciri-ciri pertanyaan yang baik untuk
wawancara dan tuliskan pada kolom berikut.
Jawab
Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.
- Sesuai
topik - Jawabannya
bukan iya dan tidak - Antar
pertanyaan berkesinambungan - Menggali
lebih banyak informasi - Bahasa
yang benar - Pertanyaan
fokus atau tepat sasaran - Diawali
dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana
Sekarang lihat kembali pertanyaan yang telah kamu sortir. Kamu akan
berlatih melakukan wawancara secara berpasangan. Sebelum kamu berlatih,
perhatikan keterampilan dan sikap yang baik dalam melakukan wawancara berikut.
Bagaimana sikap dan keterampilan yang baik dalam melakukan wawancara?
Agar hasil wawancara maksimal, maka pewancara perlu memperhatikan hal-hal
penting berikut, baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara,
maupun setelah melakukan wawancara
A. Sebelum Melakukan Wawancara
- Buat
janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai. - Tunjukkan
kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu. - Berpakaian
dengan sopan. - Berbicara
dan bersikap sopan. - Menyiapkan
daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan. - Pertanyaan
yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa,
Mengapa, dan Bagaimana). - Berlatih
agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
B. Ketika
Sedang Melakukan Wawancara
- Perkenalkan diri sebelum wawancara.
- Sampaikan tujuan wawancara.
- Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
- Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.
- Sebutkan nama narasumber secara lengkap.
- Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
- Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
- Hindari memotong ucapan nara sumber agar keterangan tidak terputus.
- Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.
- Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
- Hormati petunjuk narasumber.
- Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber
- Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.
C. Setelah Melakukan Wawancara
- Mohon
diri. - Ucapkan
terima kasih. - Sampaikan
permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.
Bagaimana dengan tanaman yang kamu tanam sebelumnya? Apakah dapat tumbuh
dengan baik? Mengapa?
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
1 Pembelajaran 6 Halaman 45
Sebelumnya kamu telah menanam tumbuhan dan merawatnya sesuai dengan jadwal yang
telah kamu buat. Sekarang kamu akan melakukan refleksi tentang pertumbuhan dan
perawatan terhadap tanaman tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.
- Apakah
tanamanmu yang kamu tanam dapat tumbuh dengan baik? Mengapa? Jelaskan.
Jawab
Tanamanku
tumbuh dengan baik karena aku rawat. Tanaman tersebut saya siram setiap pagi
dan sore hari. Saya beri pupuk kandang sebagai nutrisi untuk tanaman
- Apa
yang sudah kamu lakukan dengan baik selama merawat tanaman tersebut?
Jelaskan.
Jawab
Setiap
pagi dan sore tanaman saya siram dengan air, selain itu tanaman juga saya beri
pupuk kandang.
- Apa
yang belum kamu lakukan dengan baik? Jelaskan.
Jawab
Yang
belum di lakukan dengan baik adalah terkadang lupa untuk mencabut rumput atau gulma
pengganggu tanaman
- Apa
yang kamu pelajari terkait hak dan kewajiban dalam kegiatan menanam
tersebut?
Jawab
Sebagai
manusia kita berkewajiban merawat tanaman yang kita tanam, dengan merawat
tanaman kita memperoleh hak yaitu lingkungan hijau dan segar.
- Apa
akibatnya kalau kita melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman yang kita
tanam?
Jawab
Apabila
kita melalaikan kewajiban kita maka tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik
bahkan bisa mati.