Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk
Hidup di Lingkunganku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran
6 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 3

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD

 


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 87

 

Ayo Berlatih

 

Apakah kamu masih ingat cara bermain lompat katak menggunakan bola
kecil? Apakah kamu masih ingat cara bermain lompat katak menggunakan bola
kecil? Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan
lompat katak tersebut. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu
semakin terampil. Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan
bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Diskusikan strategi yang akan kamu
terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok.

Sebelum memulai kegiatan lakukan pemanasan dengan mempraktikkan gerakan non
lokomotor:

  1. Memutar
    pinggang
  2. Menekuk
    badan, tangan, dan kaki,
  3. Memiringkan
    badan
  4. Membentang
    tangan dan kaki
  5. Memutar
    badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang.
  6. Minta
    satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang
    lain.

Bahan yang dibutuhkan

  1. Bola
    kecil 2
  2. Kardus  2

Cara
bermain

 Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2

  1. Kelas dibagi menjadi
    dua kelompok.
  2. Setiap
    kelompok berbaris.
  3. Letakkan
    bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan.
  4. Letakkan
    kardus sekitar 3 meter dari bola.
  5. Setiap
    anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola.
  6. Siswa
    mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter
    dari siswa.
  7. Anggota
    kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan.
  8. Anggota
    berikutnya mendapat giliran.
  9. Kelompok
    yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya

 

Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan
permainan ini.



Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan
ini dengan menjawab pertanyaan berikut.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 87-88

 

Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?

Jawab

Saya sudah mampu melakukan kegiatan melompati rintangan dengan baik

 

Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?

Jawab

Yang belum dapat saya lakukan dengan baik adalah menembakkan bola ke
kardus, terkadang masih belum tepat sasaran

 

Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?

Jawab

Rencana agar lebih terampil bermain adalah dengan latihan yang lebih
sering


Sebelumnya kamu telah berlatih bagaimana melakukan wawancara. Sekarang kamu
akan belajar menulis laporan yang baik tentang hasil wawancara.



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 89


Ayo Berdiskusi


Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk
wawancara. Kamu juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara
dengan teman, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara.
Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam
melakukan wawancara. Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada
kolom berikut.
Jawab
Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Sesuai
    topik
  2. Jawabannya
    bukan iya dan tidak
  3. Antar
    pertanyaan berkesinambungan
  4. Menggali
    lebih banyak informasi
  5. Bahasa
    yang benar
  6. Pertanyaan
    fokus atau tepat sasaran
  7. Diawali
    dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana

Sikap Sebelum Melakukan Wawancara

  1. Buat
    janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
  2. Tunjukkan
    kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
  3. Berpakaian
    dengan sopan.
  4. Berbicara
    dan bersikap sopan.
  5. Menyiapkan
    daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
  6. Pertanyaan
    yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa,
    Mengapa, dan Bagaimana).
  7. Berlatih
    agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
     

Sikap Ketika Sedang Melakukan Wawancara

  1. Perkenalkan
    diri sebelum wawancara.
  2. Sampaikan
    tujuan wawancara.
  3. Mulai
    wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
  4. Cairkan
    suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh.
  5. Jika
    suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik
    wawancara.
  6. Sebutkan
    nama narasumber secara lengkap.
  7. Bawa
    buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
  8. Dengarkan
    pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
  9. Hindari
    menyela agar keterangan tidak terputus.
  10. Hindari
    minta pengulangan jawaban dari narasumber.
  11. Hindari
    pertanyaan yang berbelit-belit.
  12. Hormati
    petunjuk narasumber.
  13. Hindari
    pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
  14. Mampu
    mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.

Sikap Setelah Melakukan Wawancara

  1. Mohon
    diri.
  2. Ucapkan
    terima kasih.
  3. Sampaikan
    permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.

 

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, kamu akan belajar tentang cara
menulis laporan berdasarkan hasil wawancara.



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 91


Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama.
Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang
ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian
hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi. Tulis apa saja
yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.
Jawab

Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah menurun dan sebagian
besar sudah mendekati kepunahan

Hewan langka tersebut dilindungi oleh pemerintah

Tempat-tempat untuk melindungi hewan langka seperti Suaka Margasatwa,
Taman nasional, cagar alam, kebun binatang



Baca teks berikut.



Lestarikan Hewan Langka


Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami
kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup
manusia.
Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk
melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang
bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:

  1. Melakukan
    penangkaran hewan langka.
  2. Mendirikan
    tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar
    alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Dengan melindungi hewan langka kita dapat:

  1. Menjaga
    keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan
    baik;
  2. Melestarikan
    keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan
    masyarakat;
  3. Memenuhi
    kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.

 

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 92 – 93

 

Jawab pertanyaan berikut.

  1. Mengapa
    kita perlu melestarikan hewan langka?

Jawab

Kita perlu
melestarikan hewan langka dikarenakan hewan langka adalah hewan yang populasi
atau jumlahnya sudah sangat sedikit sehingga perlu dilestarikan, jika tidak
hewan tersebut dapat punah.

 

  1. Apa
    yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?

Jawab

Apabila
terdapat hewan yang punah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk
hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan di dalam ekosistem
tersebut

 

  1. Apa
    yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan
    langka?

Jawab

Yang
dapat kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka adalah:

a.        
Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang
menjaga, melestarikan hewan langka

b.        
Menginformasikan kepada masyarakat hewan-hewan
apa saja yang termasuk kedalam hewan langka dan dilindungi

c.        
Menyebar pamflet atau selebaran yang isinya
mengajak untuk menjaga dan melestarikan hewan langka

 

  1. Tuliskan
    himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.

Jawab

Beberapa
contoh himbauan untuk melestarikan hewan langka:

a.   
Manfaat melestarikan hewan langka berarti
melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini
kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita

b.   
Mari kita jaga dan lestarikan orang utan.
Orang utan adalah hewan yang perlu kita lindungi. Selamatkan orang utan, Mulai
dari Sekarang

 

  1. Apa
    kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan
    langka?

Jawab

Sebagai
warga negara mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan alam, serta
makhluk hidup yang ada di dalamnya terlebih lagi hewan langka. Hewan langka
wajib kita lindungi, kita lestarikan, kita jaga agar tidak punah.

 

  1. Apa
    yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?

Jawab

Jika
kewajiban sebagai warga negara dalam melestarikan hewan langka tidak
dilaksanakan maka hewan langka lama kelamaan akan mengalami kepunahan. Jika hewan
mengalami kupunahan maka akan berdampak juga dengan keseimbangan ekosistem di
alam. Keanekaragaman fauna juga akan berkurang.

 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku
Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2. Semoga bermanfaat

Leave a Comment