Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 4 Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Makhluk
Hidup di Lingkunganku-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 2 kegiatan pembelajaran
6 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 3
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik
sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani
dan Budi hehehehe
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 87
Ayo Berlatih
Apakah kamu masih ingat cara bermain lompat katak menggunakan bola
kecil? Apakah kamu masih ingat cara bermain lompat katak menggunakan bola
kecil? Hari ini kamu dan teman-temanmu akan mempraktikkan kembali permainan
lompat katak tersebut. Semakin sering berlatih, tentunya akan membuat kamu
semakin terampil. Sebelum bermain, diskusikan kembali secara berpasangan
bagaimana cara memainkan permainan tersebut. Diskusikan strategi yang akan kamu
terapkan agar dapat melakukan permainan dengan baik secara berkelompok.
Sebelum memulai kegiatan lakukan pemanasan dengan mempraktikkan gerakan non
lokomotor:
- Memutar
pinggang - Menekuk
badan, tangan, dan kaki, - Memiringkan
badan - Membentang
tangan dan kaki - Memutar
badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang. - Minta
satu/beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang
lain.
Bahan yang dibutuhkan
- Bola
kecil 2 - Kardus 2
Cara
bermain
- Kelas dibagi menjadi
dua kelompok. - Setiap
kelompok berbaris. - Letakkan
bola sekitar 3 meter di depan setiap barisan. - Letakkan
kardus sekitar 3 meter dari bola. - Setiap
anggota kelompok harus melompat katak menuju ke arah bola. - Siswa
mengambil bola dan melemparkan bola ke dalam kardus yang berjarak 3 meter
dari siswa. - Anggota
kelompok yang telah memasukkan bola berjalan ke arah belakang barisan. - Anggota
berikutnya mendapat giliran. - Kelompok
yang bisa memasukkan bola lebih sering adalah pemenangnya
Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan
permainan ini.
Setelah selesai bermain, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan permainan
ini dengan menjawab pertanyaan berikut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 87-88
Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?
Jawab
Saya sudah mampu melakukan kegiatan melompati rintangan dengan baik
Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?
Jawab
Yang belum dapat saya lakukan dengan baik adalah menembakkan bola ke
kardus, terkadang masih belum tepat sasaran
Apa rencanamu agar kamu lebih terampil dalam bermain?
Jawab
Rencana agar lebih terampil bermain adalah dengan latihan yang lebih
sering
Sebelumnya kamu telah berlatih bagaimana melakukan wawancara. Sekarang kamu
akan belajar menulis laporan yang baik tentang hasil wawancara.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 89
Ayo Berdiskusi
Sebelumnya kamu telah belajar bagaimana membuat pertanyaan yang baik untuk
wawancara. Kamu juga telah menyortir pertanyaan, berlatih melakukan wawancara
dengan teman, dan mengetahui sikap dan keterampilan dalam melakukan wawancara.
Diskusikan kembali secara berkelompok sikap dan keterampilan yang baik dalam
melakukan wawancara. Tuliskan hasil diskusi dalam bentuk peta pikiran pada
kolom berikut.
Jawab
Ciri Pertanyaan yang baik adalah sebagai berikut.
- Sesuai
topik - Jawabannya
bukan iya dan tidak - Antar
pertanyaan berkesinambungan - Menggali
lebih banyak informasi - Bahasa
yang benar - Pertanyaan
fokus atau tepat sasaran - Diawali
dengan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana
Sikap Sebelum Melakukan Wawancara
- Buat
janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai. - Tunjukkan
kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu. - Berpakaian
dengan sopan. - Berbicara
dan bersikap sopan. - Menyiapkan
daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan. - Pertanyaan
yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa,
Mengapa, dan Bagaimana). - Berlatih
agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
Sikap Ketika Sedang Melakukan Wawancara
- Perkenalkan
diri sebelum wawancara. - Sampaikan
tujuan wawancara. - Mulai
wawancara dengan pertanyaan yang ringan. - Cairkan
suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. - Jika
suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik
wawancara. - Sebutkan
nama narasumber secara lengkap. - Bawa
buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara. - Dengarkan
pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama. - Hindari
menyela agar keterangan tidak terputus. - Hindari
minta pengulangan jawaban dari narasumber. - Hindari
pertanyaan yang berbelit-belit. - Hormati
petunjuk narasumber. - Hindari
pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber. - Mampu
mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.
Sikap Setelah Melakukan Wawancara
- Mohon
diri. - Ucapkan
terima kasih. - Sampaikan
permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.
Sebelum melakukan kegiatan tersebut, kamu akan belajar tentang cara
menulis laporan berdasarkan hasil wawancara.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 91
Melestarikan hewan langka yang terancam punah merupakan kewajiban bersama.
Sebelumnya kamu telah mengetahui tentang hak dan kewajiban terhadap hewan yang
ada di sekitar kita. Kita perlu menjaga keseimbangan dan kelestarian
hewan-hewan tersebut untuk kelangsungan kehidupan di muka bumi. Tulis apa saja
yang kamu ketahui terkait dengan hewan langka.
Jawab
Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah menurun dan sebagian
besar sudah mendekati kepunahan
Hewan langka tersebut dilindungi oleh pemerintah
Tempat-tempat untuk melindungi hewan langka seperti Suaka Margasatwa,
Taman nasional, cagar alam, kebun binatang
Baca teks berikut.
Lestarikan Hewan Langka
Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami
kepunahan. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup
manusia.
Sebagai warga negara kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk
melindungi dan melestarikan hewan-hewan langka tersebut. Beberapa upaya yang
bisa dilakukan untuk menjaga hewan langka, antara lain:
- Melakukan
penangkaran hewan langka. - Mendirikan
tempat-tempat perlindungan hewan langka, misal: suaka margasatwa, cagar
alam, kebun binatang, dan taman nasional.
Dengan melindungi hewan langka kita dapat:
- Menjaga
keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan
baik; - Melestarikan
keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan
masyarakat; - Memenuhi
kebutuhan masyarakat, misalnya untuk bahan pangan dan obat-obatan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
2 Pembelajaran 6 Halaman 92 – 93
Jawab pertanyaan berikut.
- Mengapa
kita perlu melestarikan hewan langka?
Jawab
Kita perlu
melestarikan hewan langka dikarenakan hewan langka adalah hewan yang populasi
atau jumlahnya sudah sangat sedikit sehingga perlu dilestarikan, jika tidak
hewan tersebut dapat punah.
- Apa
yang terjadi jika terdapat hewan yang punah?
Jawab
Apabila
terdapat hewan yang punah maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk
hidup lainnya, sehingga menyebabkan ketidak seimbangan di dalam ekosistem
tersebut
- Apa
yang bisa kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan
langka?
Jawab
Yang
dapat kita lakukan sebagai warga negara untuk melestarikan hewan langka adalah:
a.
Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang
menjaga, melestarikan hewan langka
b.
Menginformasikan kepada masyarakat hewan-hewan
apa saja yang termasuk kedalam hewan langka dan dilindungi
c.
Menyebar pamflet atau selebaran yang isinya
mengajak untuk menjaga dan melestarikan hewan langka
- Tuliskan
himbauanmu kepada masyarakat agar melestarikan hewan langka.
Jawab
Beberapa
contoh himbauan untuk melestarikan hewan langka:
a.
Manfaat melestarikan hewan langka berarti
melaksanakan kewajiban kita terhadap makhluk lainnya. Marilah mulai saat ini
kita peduli dengan kelestarian hewan-hewan yang ada di sekitar kita
b.
Mari kita jaga dan lestarikan orang utan.
Orang utan adalah hewan yang perlu kita lindungi. Selamatkan orang utan, Mulai
dari Sekarang
- Apa
kaitan antara kewajiban sebagai warga negara dengan pelestarian hewan
langka?
Jawab
Sebagai
warga negara mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan alam, serta
makhluk hidup yang ada di dalamnya terlebih lagi hewan langka. Hewan langka
wajib kita lindungi, kita lestarikan, kita jaga agar tidak punah.
- Apa
yang terjadi jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan?
Jawab
Jika
kewajiban sebagai warga negara dalam melestarikan hewan langka tidak
dilaksanakan maka hewan langka lama kelamaan akan mengalami kepunahan. Jika hewan
mengalami kupunahan maka akan berdampak juga dengan keseimbangan ekosistem di
alam. Keanekaragaman fauna juga akan berkurang.