Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai
Lingkungan-Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci
jawaban buku kelas 4 SD tema 3 subtema 3 kegiatan pembelajaran 6 yang merupakan
pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 3

 

Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.

 

Selain
itu dengan mencoba menulis pembahasan buku kelas 4 SD ini sekaligus membuat
admin bisa merasakan betapa majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi
yang disajikan pada Buku Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat
baik sekali, sangat berbeda dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya
mengenal Ani dan Budi hehehehe

 

Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD

 


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
3 Pembelajaran 6 Halaman 126

 

Diskusikan strategi yang akan kamu terapkan agar dapat melakukan
permainan dengan baik secara berkelompok dan memenangkan pertandingan. Tuliskan
hasil diskusimu pada kolom berikut.

Agar permainan kasti dapat berjalan dengan baik, ada beberapa peraturan
permainan yang perlu dipahami. Beberapa peraturan permainan dalam kasti adalah
sebagai berikut.

1.       
Jumlah pemain kasti tiap regu adalah 12 orang, dengan salah satu pemain
bertindak sebagai kapten. Setiap pemain wajib mengenakan nomor dada dari 1
sampai 12. Ditambah pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.

2.       
Waktu permainan dilakukan dalam 2 babak. Tiap-tiap babak 20 – 30 menit.
Diantara tiap babak diberikan istirahat 15 menit.

3.       
Pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit dibantu 3 orang penjaga
garis dan 1 orang pencatat waktu.

4.       
Regu Pemukul setiap pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain
terakhir berhak memukul sampai 3 kali. Sesudah memukul, alat pemukul harus
diletakkan di dalam ruang pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan di luar,
maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika ia segera
meletakkannya di dalam ruang pemukul. Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang
dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai
tangan pemukul.

5.       
Regu penjaga bertugas mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke
pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul.
Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika kosong.

6.       
Pelambung bertugas melambungkan bola sesuai permintaan pemukul Jika bola
yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka
pemukul boleh untuk tidak memukulnya. Jika ini terjadi sampai 3 kali
berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama.

7.       
Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi apabila:
Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola. Bola pukulan regu pemukul
ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut, dan Alat
pemukul lepas ketika memukul

 

Cara Memperoleh Nilai

1.       
Nilai nol diperoleh pemain yang pukulannya gagal.

2.       
Pemain berhasil memukul bola, kemudian lari ke pemberhentian I, II, III,
dan ruang bebas secara bertahap, mendapat nilai 1.

3.       
Pemain berhasil berlari melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali
ke ruang bebas atas pukulannya sendiri, mendapat nilai 2.

4.       
Regu penjaga menangkap langsung bola lambung yang dipukul oleh regu
pemukul, mendapat nilai 1.

5.       
Nilai tiga didapat oleh regu penjaga, jika dalam satu putaran permainan,
penjaga berhasil menangkap bola tiga kali. Kemudian dilakukan pertukaran
tempat.

6.       
Regu yang mendapatkan nilai paling banyak dinyatakan sebagai pemenang.

 

Taktik permainan

1.       
Pemukul harus memukul bola dengan keras agar lambungannya sukar
dijangkau penjaga dan dapat melampaui pos jaga (base).

2.       
Pelambung harus berusaha melambungkan bola dengan benar agar luput dari
pukulan pemukul, bola lemparan harus cepat, keras, dan sukar dipukul

3.       
Penangkap harus bersiap menangkap bola yang luput dari pukulan pemukul.

4.       
Penjaga harus selalu siap menangkap dan mengoper bola.

 

Setelah selesai bermain kasti, diskusikan bagaimana kamu melaksanakan
permainan hari ini dengan menjawab pertanyaan berikut.



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
3 Pembelajaran 6 Halaman 127

 

Apa yang sudah kamu lakukan dengan baik?

Jawab

Yang sudah saya lakukan dengan baik adalah menangkap bola yang di pukul
oleh pemain lawan


Apa yang masih belum dapat kamu lakukan dengan baik?

Jawab

Yang belum dapat saya lakukan dengan baik adalah saat memukul bola yang
di lambungkan oleh pelambung. Terkadang pukulan saya tidak tepat sasaran


Apa rencanamu agar lebih terampil dalam bermain kasti?

Jawab

Sering berlatih bermain kasti

Sebelumnya kamu telah menulis laporan tentang hasil wawancara. Ayo,
presentasikan laporan tersebut dalam kelompok!



Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema
3 Pembelajaran 6 Halaman 128


Ayo Berlatih

 

Membuat laporan hasil wawancara

 

Laporan Hasil Wawancara


I. Latar Belakang
Kami siswa kelas 4 mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang sikap
mencintai lingkungan kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal kami.

II. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali informasi lebih lanjut dan
memperdalam pemahaman kami tentang berbagai sikap warga di sekitar tempat
tinggal kami dalam mencintai lingkungan.

III. Topik Wawancara
Mencintai Lingkungan Sekitar

IV. Waktu dan Tempat Kegiatan
Wawancara ini dilaksanakan pada:
Hari / Tanggal : Sabtu, Oktober 2020
Waktu : pukul 08.00 – 09.00
Tempat : Kampung Suka Makmur

V. Laporan Hasil Wawancara
Narasumber : Bapak Basuki
Pewawancara: Agus Budiyanto
Hasil Wawancara :
Pada hari Sabtu, 12 Desember 2016, pukul 08.00 – 09.00, saya melakukan
wawancara kepada Bapak Basuki tentang sikap warga  mencintai lingkungan
dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau menjelaskan bahwa warga Kampung Suka makmur sebagian besar sudah
melaksanakan sikap mencintai lingkungan sekitranya. Hal ini dapat dicermati
dari kegiatan warga yang membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja
bhakti membersihkan lingkungan, membuat bak penampung sampah, menanam pohon di
sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik. Namun masih ada
sebagaian warga yang masih belum sadar akan pentingnya cinta lingkungan.

 

VI. Kesimpulan
Mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh warga masyarakat Kampung Suka
Makmur. Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk
hidup nyaman. Selain itu kita juga telah melaksanakan kewajiban kita terhadap
lingkungan.


Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman
129

Kamu telah membuat diagram frayer tentang
mencintai lingkungan pada pertemuan sebelumnya. Ayo, ceritakan isi diagram
tersebut! Sebelumnya kamu telah menuliskan pada diagram frayer tentang mencintai
lingkungan. Pada diagram tersebut kamu menuliskan: Contoh sikap mencintai
lingkungan., Bukan contoh sikap mencintai lingkungan. Ciri-ciri perilaku yang
mencintai lingkungan, dan Kesimpulan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD

Ceritakan
diagram frayer tersebut dalam kelompok. Kamu dan teman dalam satu kelompok
dapat menanyakan berbagai pertanyaan kepada teman yang bercerita untuk menjawab
rasa ingin tahumu.

Mencintai lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa tindakan dalam kehidupan
sehari-hari. Diantaranya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya,
melakukan kerja bhakti membersihkan lingkungan, membuat bak penampung sampah,
menanam pohon di sekitar rumah, dan memisahkan sampah organik dan anorganik.

Namun masih ada beberapa sikap warga yang belum menunjukan sikap mencintai lingkungan.
Beberapa contoh sikap warga yang belum mencintai lingkungan antara lain
membuang sampah sembarangan, enggan membersihkan lingkungan, belum menanam
pohon di sekitar rumah, membuang sampah sembarangan, dan tidak peduli
kebersihan lingkungan.

Sebagai warga yang mencintai lingkungan dapat dilihat dari ciri-ciri
tindakannya. Ciri orang yang mencintai lingkungan antara lain peduli terhadap
lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan merasa tidak senang apabila
melihat orang membuang sampah sembarangan.

Kesimpulannya adalah mencintai lingkungan adalah kewajiban seluruh masyarakat.
Dengan menjaga lingkungan kita akan memberikan hak orang lain untuk hidup
nyaman. Selain itu kita juga telah melaksanakan kewajiban kita terhadap
lingkungan.

 

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku
Kelas 4 SD Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 3. Semoga bermanfaat

Leave a Comment