KunciJawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1- Pada kesempatan kali
ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1
subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku
kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1
subtema 1 kegiatan pembelajaran 1 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku
kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
BukuKelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 ini membahas mengenai keberagaman
budaya bangsaku. Yang mencakup tentang sikap kita dalam menyikapi keberagaman
budaya di Indonesia, mengetahui aneka keberagaman budaya di Indonesia dari alat
musik tradisonal, makanan khas daerah serta membahas tentang getaran dan
gelombang bunyi.
budaya bangsaku. Yang mencakup tentang sikap kita dalam menyikapi keberagaman
budaya di Indonesia, mengetahui aneka keberagaman budaya di Indonesia dari alat
musik tradisonal, makanan khas daerah serta membahas tentang getaran dan
gelombang bunyi.
Ayo Membaca
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku
bangsa dan budaya, namun tetap dalam
satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut
merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut
adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia. Bacalah teks berikut dalam
hati!
bangsa dan budaya, namun tetap dalam
satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut
merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut
adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia. Bacalah teks berikut dalam
hati!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 3
1 Subtema 1 Halaman 3
Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada
setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah
pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!
setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah
pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!
Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?
Jawab:
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga
Kampung Babakan. Pawai budaya selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia
Kampung Babakan. Pawai budaya selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 4
1 Subtema 1 Halaman 4
Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan
pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan
hasilnya di depan kelas.
pokok dan gagasan pendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu. Sampaikan
hasilnya di depan kelas.
Jawab:
Gagasan Pokok Paragraf Ke Dua : Budaya
Maluku sangat unik dan menarik
Maluku sangat unik dan menarik
Gagasan Pendukung :
- Rombongan
laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan
keemasan. - Rombongan
perempuan mengenakan baju Cele - Baju Cele terdiri dari
atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. - Tifa adalah alat
musik dari Maluku. - Bunyi Tifa seperti
gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang
Perhatikan
diagram berikut ini!
diagram berikut ini!
Temukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.
gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.
Paragraf
3
3
Gagasan
Pokok : Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya
yang berbeda
Pokok : Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya
yang berbeda
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
- Rombongan
dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya - Alat
ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam - Nyaring
bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 5
1 Subtema 1 Halaman 5
Paragraf
4
4
Gagasan
Pokok : Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari
Pokok : Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
- Wanita Toraja
memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko - Rombongan
laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku - Rombongan Toraja
membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya - Alat musik ini
berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung - Unik bentuknya,
unik pula bunyinya
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 6
1 Subtema 1 Halaman 6
Paragraf
5
5
Gagasan
Pokok : Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam
kaya dan mengagumkan
Pokok : Kebudayaan Indonesia memang sangat beragam
kaya dan mengagumkan
Gagasan
Pendukung :
Pendukung :
- Udin
dan teman-teman senang melihat pawai budaya - Selalu
ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. - Pakaian
adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 7
1 Subtema 1 Halaman 7
Tuliskan kembali
gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang
tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.
gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5 di dalam kolom yang
tersedia. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.
Jawab:
- Rombongan dari
Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya - Alat ini berbentuk
seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam - Nyaring bunyinya
ketika kedua keping ini dipadukan. - Wanita Toraja
memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko - Rombongan
laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku - Rombongan Toraja
membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya - Alat musik ini
berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung - Unik bentuknya,
unik pula bunyinya - Udin dan
teman-teman senang melihat pawai budaya - Selalu ada hal
baru yang mereka perhatikan setiap tahun. - Pakaian adat dari
berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati
Indonesia
adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga
negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.
adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga
negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 8
1 Subtema 1 Halaman 8
Ayo
Berlatih
Berlatih
Bertanyalah
kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!
kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!
Setelah
mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah
kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
Jawab :
Tidak.. Beberapa
teman saya berasal dari tempat yang berbeda
teman saya berasal dari tempat yang berbeda
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah
yang sama? Jelaskan!
yang sama? Jelaskan!
Jawab :
Tidak.. cari khas daerah kami berbeda beda
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 9
1 Subtema 1 Halaman 9
3. Bagaimana
sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
Jawab :
Sikap yang seharusnya kita tunjukkan
terhadap perbedaan yang ada adalah dengan mengharmati, menghargai semua
perbedaan yang ada
terhadap perbedaan yang ada adalah dengan mengharmati, menghargai semua
perbedaan yang ada
Nah,
sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk
menghargai perbedaan yang ada!
sekarang tuliskan pada kolom berikut apa yang telah kamu lakukan untuk
menghargai perbedaan yang ada!
Kamu
juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu
ketahui.
juga bisa menuliskan contoh-contoh sikap tidak menghargai keberagaman yang kamu
ketahui.
Ayo
Mengamati
Mengamati
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 11
1 Subtema 1 Halaman 11
Tulislah
nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik
itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!
nama alat musik tradisional lain yang kamu ketahui. Jelaskan asal alat musik
itu, cara memainkannya, serta cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut!
Ayo,
kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!
kita pelajari lebih lanjut tentang bunyi!
Amati
benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kamu anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, atau ditekan).
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 12
1 Subtema 1 Halaman 12
Catatlah
hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
Menurutmu,
bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?
bagaimana bunyi dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi?
Jawab:
Bunyi
dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi di karenakan benda-benda tersebut
bergetar, cara membuat benda tersebut bergetar bisa dengan dipukul, dipetik,
ditiup, digesek, dan ditekan sehingga getaran benda tersebut akan membuat udara
disekitar ikut bergetar sehingga getaran tersebut akan menghasilkan bunyi. Jadi
bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
dapat dihasilkan oleh benda-benda tadi di karenakan benda-benda tersebut
bergetar, cara membuat benda tersebut bergetar bisa dengan dipukul, dipetik,
ditiup, digesek, dan ditekan sehingga getaran benda tersebut akan membuat udara
disekitar ikut bergetar sehingga getaran tersebut akan menghasilkan bunyi. Jadi
bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 14
1 Subtema 1 Halaman 14
Ayo
Mencoba
Mencoba
Secara
berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember,
dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.
berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok, ember,
dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.
Apakah
bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar?
bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar?
Mengapa?
Jawab:
Belum,
Karena cara membunyikannya tidak beraturan
Karena cara membunyikannya tidak beraturan
Apa
yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian
mainkan menghasilkan bunyi?
yang dapat kalian lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kalian
mainkan menghasilkan bunyi?
Jawab:
Yang
dapat kita lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kita mainkan
menghasilkan bunyi adalah dengan cara dipukul, ditiup atau di gesek. Botol
menghasilkan bunyi dengan cara di tiup, Sendok menghasilkan bunyi dengan cara
di pukul ke tutup panci, Sendok juga menghasilkan bunyi jika di getarkan dengan
sendok, Ember menghasilkan bunyi dengan cara di pukul
dapat kita lakukan dalam sebuah kelompok sehingga alat-alat yang kita mainkan
menghasilkan bunyi adalah dengan cara dipukul, ditiup atau di gesek. Botol
menghasilkan bunyi dengan cara di tiup, Sendok menghasilkan bunyi dengan cara
di pukul ke tutup panci, Sendok juga menghasilkan bunyi jika di getarkan dengan
sendok, Ember menghasilkan bunyi dengan cara di pukul
Bagaimana
caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan
bunyi yang enak didengar?
caramu dan anggota kelompokmu bekerja sama agar alat yang beragam itu menghasilkan
bunyi yang enak didengar?
Jawab:
Cara
agar alat beragam tersebut menghasilkan bunyi yang enak di dengar adalah dengan
cara memadukan bunyi pada masing-masing alat secara teratur, misalnya botol di
bunyikan dengan cara ditiup seperti suling, ember dipukul sehingga seperti
kendang, tutup panci di pukul dengan sendok sehingga seperti bunyi jess pada
drum.
agar alat beragam tersebut menghasilkan bunyi yang enak di dengar adalah dengan
cara memadukan bunyi pada masing-masing alat secara teratur, misalnya botol di
bunyikan dengan cara ditiup seperti suling, ember dipukul sehingga seperti
kendang, tutup panci di pukul dengan sendok sehingga seperti bunyi jess pada
drum.