Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2- Pada kesempatan kali
ini admin akan sedikit mencoba memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 1
subtema 1 kegiatan pembelajaran 2 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku
kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema 1
Buku
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas
mengenai Segi banyak. Materi yang dibahas mengenai pengertian segi banyak,
jenis-jenis segi banyak, bentuk bangun yang bukan termasuk segi banyak, contoh
pemanfaatan segi banyak dalam kehidupan sehari hari. Serta membahas tentang
seni tari.
Kelas 4 SD Tema 1 Subtema Indahnya Kebersamaan Pembelajaran 2 ini membahas
mengenai Segi banyak. Materi yang dibahas mengenai pengertian segi banyak,
jenis-jenis segi banyak, bentuk bangun yang bukan termasuk segi banyak, contoh
pemanfaatan segi banyak dalam kehidupan sehari hari. Serta membahas tentang
seni tari.
KunciJawaban Buku Kelas 4 SD Halaman 17 ini kita sajikan dengan membahas semua
pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik
dapat belajar secara mandiri di rumah.
pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik
dapat belajar secara mandiri di rumah.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 17
1 Subtema 1 Halaman 17
Ayo Mengamati
Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin
sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya.
sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya.
Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar
yang ada pada gambar di atas
yang ada pada gambar di atas
Jawab:
Bangun Datar Sesuai dengan Gambar adalah :
– Trapesium di tunjukkan no : 1,2,3,4,5,6,7
– Segi Tiga di tunjukkan no : 11, 17, 12,
14
14
– Persegi di tunjukkan no : 20
– Persegi Panjang di tunjukkan no : 21, 19
– Jajar Genjang di tunjukkan no : 8, 9,
10, 13, 18
10, 13, 18
– Lingkaran di tunjukkan no : 15, 16
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 18
1 Subtema 1 Halaman 18
Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan
kelompokmu
kelompokmu
1.
Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan!
Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan!
Jawab:
Ya. Karena segi
banyak merupakan kurva tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis.
banyak merupakan kurva tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis.
2.
Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus?
Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus?
Jawab
:
:
Ya..
Sisi segi banyak merupakan garis lurus karena sudut-sudut yang dibentuk oleh
sisi segi banyak dibentuk oleh garis lurus
Sisi segi banyak merupakan garis lurus karena sudut-sudut yang dibentuk oleh
sisi segi banyak dibentuk oleh garis lurus
3. Apa
itu segi banyak?
itu segi banyak?
Jawab
:
:
Segi banyak adalah
suatu kurva sederhana tertutup, yang dibentuk oleh segmen
garis-segmen garis. Segmen garis yang merupakan garis lurus ini masing-masing
menjadi sisi-sisi dari segi banyak. Sisi dan sudut pada suatu segi
banyak, berjumlah sama
suatu kurva sederhana tertutup, yang dibentuk oleh segmen
garis-segmen garis. Segmen garis yang merupakan garis lurus ini masing-masing
menjadi sisi-sisi dari segi banyak. Sisi dan sudut pada suatu segi
banyak, berjumlah sama
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 19
1 Subtema 1 Halaman 19
Berdasarkan
bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang
termasuk segi banyak dan bukan segi banyak.
bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang
termasuk segi banyak dan bukan segi banyak.
Jelaskan alasanmu!
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 20
1 Subtema 1 Halaman 20
Nah,
sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu.
sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu.
Bentuk
segi banyak apa saja yang kamu temukan?
segi banyak apa saja yang kamu temukan?
Bentuk
bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan?
bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan?
Tulis
hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 3)
hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 3)
Tulislah
contoh penggunaan segi banyak yang ada di sekitarmu!
contoh penggunaan segi banyak yang ada di sekitarmu!
Jawab:
Contoh penggunaan segi banyak yang ada
disekitar antara lain : pintu, jendela, buku, kotak, lemari, bintang, laptop,
atap rumah, dan lain-lain.
disekitar antara lain : pintu, jendela, buku, kotak, lemari, bintang, laptop,
atap rumah, dan lain-lain.
Apa manfaat
segi banyak dalam kehidupan sehari-hari?
segi banyak dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Manfaat segi banyak dalam kehidupan sehari
hari adalah dengan adanya segi banyak maka dapat membantu manusia dalam membuat
suatu bangun lebih banyak variasi bentuknya jadi tidak monoton.
hari adalah dengan adanya segi banyak maka dapat membantu manusia dalam membuat
suatu bangun lebih banyak variasi bentuknya jadi tidak monoton.
Apa
yang akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan seharihari?
yang akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan seharihari?
Jawab:
Yang
akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan seharihari adalah semua
bentuk bangun yang ada di kehidupan ini menjadi tidak bervariasi hanya ada satu
bentuk saja misal hanya berbentuk lingkaran saja atau lainnya. Jadi manusia
akan susah untuk berinovasi.
akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan seharihari adalah semua
bentuk bangun yang ada di kehidupan ini menjadi tidak bervariasi hanya ada satu
bentuk saja misal hanya berbentuk lingkaran saja atau lainnya. Jadi manusia
akan susah untuk berinovasi.
Tahukah
kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segi banyak?
Sungguh
menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan
bentuk segi enam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segi enam adalah bentuk
geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimum.
Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain, akan banyak bagian yang
tidak terpakai. Madu yang dapat disimpan akan lebih sedikit dan lebih sedikit
pula lebah yang mendapat manfaatnya.
menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan
bentuk segi enam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segi enam adalah bentuk
geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimum.
Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain, akan banyak bagian yang
tidak terpakai. Madu yang dapat disimpan akan lebih sedikit dan lebih sedikit
pula lebah yang mendapat manfaatnya.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 21
1 Subtema 1 Halaman 21
Setelah
kamu belajar tentang segi banyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.
kamu belajar tentang segi banyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.
Ayo
Berdiskusi
Berdiskusi
Pak
Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan.
Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan
makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas
daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing.
Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih
sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.
Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan.
Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan
makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas
daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing.
Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari meskipun masih
sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 29
1 Subtema 1 Halaman 29
Identifikasi
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Maluku
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Maluku
Identifikasi
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Sunda
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Sunda
Identifikasi
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Bali
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Bali
Identifikasi
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Betawi
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Betawi
Identifikasi
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Jawa
Bahasa, Makanan, Alat Musik, Pakaian Daerah, Tarian, Kebiasaan Suku Jawa
Identifikasi
|
Pak Sammy
|
Pak Encep
|
Pak Made
|
Pak Udin
|
Pak Nur
|
Asal
|
Maluku
|
Sunda
|
Bali
|
Betawi
|
Jawa
|
Bahasa
|
bahasa ambon yang terdiri dari bahasa wamale,
alune, nuaulu, atiahu |
Sunda
|
Bali
|
Betawi
|
Jawa
|
Makanan
|
papeda, nasi lapola, kohi dengan kasbi, ikan komu
asar |
nasi liwet, nasi timbel, oncom, karedok
|
ayam betutu, sate lilit
|
kerak telor, gado-gado
|
gudeg, lotek, soto, rawon, mendoan
|
Alat Musik
|
awababu, tahuri, tifa
|
angklung
|
ceng-ceng, rindik, gamelan bali, gong bali,
gengging bali |
gambang kromo tanjidor
|
gendang/kendang, gong, demung, saron, bonang
|
Pakaian daerah
|
baju cele, kebaya dansa, baju nona rok, baniang
putih |
baju pangsi dan kebaya
|
kebaya bali, baju safari bali, udeng, kamen
|
baju kurung bagi wanita, baju koko bagi pria
|
kebaya, kanigaran, surjan, beskap, basahan, jawi
jangkep |
Tarian
|
Tari Cakaola dan Lenso, Cakalele
|
tari topeng, tari merak, tari jaipong
|
kecak, tari jauk, tari barong
|
tari sirih kuning
|
tari gandrung, tari boran, tari jaranan
|
Kebiasaan
|
malam badendang, pukul sapu dilakukan setelah idul fitri
|
tingkeban, syukuran usia kehamilan 7 bulan
|
ngaben, membakar mayat, melilit kain palok pada
pohon tertentu |
ngored, yakni ziarah dan membersihkan makam
jelang bulan ramadhan |
muluk atau puluk, makan dengan tangan, mitoni
(tujuh bulan kehamilan) |
Bacaan
Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan
berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan.
Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan.
Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat
membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di
dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur
mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di
dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur
mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul
untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh
warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka
siap menghadapi musim hujan.
untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh
warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka
siap menghadapi musim hujan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 30
1 Subtema 1 Halaman 30
Diskusikan pertanyaan berikut!
1. Apa
yang dilakukan warga desa Kampung Babakan?
yang dilakukan warga desa Kampung Babakan?
Jawab:
Warga kampung
Babakan bersiap menghadapi musim hujan. Mereka kerja bakti membersihkan
selokan, membersihkan sampah.
Babakan bersiap menghadapi musim hujan. Mereka kerja bakti membersihkan
selokan, membersihkan sampah.
2. Mengapa mereka
melakukan kerja bakti?
melakukan kerja bakti?
Jawab:
Mereka melakukan
kerja bakti karena musim hujan akan segera tiba
kerja bakti karena musim hujan akan segera tiba
3. Apakah
warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
Jawab:
Ya..Warga
desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan terlihat dari sikap
gotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan. Salah satu sikap
mengutamakan persatuan dan kesatuan adalah gotong royong.
desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan terlihat dari sikap
gotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan. Salah satu sikap
mengutamakan persatuan dan kesatuan adalah gotong royong.
4. Apa
manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan?
manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan?
Jawab:
Manfaat
sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan adalah
Kampung Babakan menjadi bersih, selokan bersih dari sampah sehingga Kampung
Babakan siap menghadapi musim hujan.
sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan adalah
Kampung Babakan menjadi bersih, selokan bersih dari sampah sehingga Kampung
Babakan siap menghadapi musim hujan.
5. Apa yang
akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan
kesatuan?
akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan
kesatuan?
Jawab:
Yang akan
terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan
adalah akan
terjadi keributan, kericuhan dan terpecah belah.
terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan
adalah akan
terjadi keributan, kericuhan dan terpecah belah.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema
1 Subtema 1 Halaman 31-32
1 Subtema 1 Halaman 31-32
Sekarang
amatilah dirimu dan temanmu. Pada saat kamu melakukan diskusi tadi, apakah ada
keberagaman yang terlihat antara kamu dan temanmu?
amatilah dirimu dan temanmu. Pada saat kamu melakukan diskusi tadi, apakah ada
keberagaman yang terlihat antara kamu dan temanmu?
1. Apakah
keberagaman yang kelompok kamu miliki? Jelaskan!
keberagaman yang kelompok kamu miliki? Jelaskan!
Jawab:
Keberagaman
yang kelompok kami miliki adalah keberagaman suku, keberagaman warna kulit,
keberagaman bahasa daerah
yang kelompok kami miliki adalah keberagaman suku, keberagaman warna kulit,
keberagaman bahasa daerah
2. Apakah
ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, tinggi, dan lain-lain) anggota kelompokmu
sama atau berbeda? Jelaskan!
ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, tinggi, dan lain-lain) anggota kelompokmu
sama atau berbeda? Jelaskan!
Jawab:
Berbeda..Karena
ada beberapa teman yang memiliki kulit sawo matang, ada yang kuning langsat.
Ada yang memiliki rambut lurus, ada yang armbutnya keriting, tinggi badan juga
beragam ada yang tinggi, ada yang pendek
ada beberapa teman yang memiliki kulit sawo matang, ada yang kuning langsat.
Ada yang memiliki rambut lurus, ada yang armbutnya keriting, tinggi badan juga
beragam ada yang tinggi, ada yang pendek
3. Mengapa
meskipun kalian memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi tetap harus
bekerja sama?
meskipun kalian memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi tetap harus
bekerja sama?
Jawab:
Meskipun kita
memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi kita tetap bekerja sama karena
kita saling menghargai perbedaan dan keberagaman, kita juga menghormati
perbedaan, kita juga menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan
memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi kita tetap bekerja sama karena
kita saling menghargai perbedaan dan keberagaman, kita juga menghormati
perbedaan, kita juga menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan
4. Apakah kalian
memiliki pendapat yang sama? Jelaskan!
memiliki pendapat yang sama? Jelaskan!
Jawab:
Ya.. Ada beberapa
pendapat kami yang sama dengan kelompok lain
pendapat kami yang sama dengan kelompok lain
5. Samakah cara
kalian menyampaikan pendapat? Jelaskan!
kalian menyampaikan pendapat? Jelaskan!
Jawab:
Berbeda..Cara kami
menyampaikan pendapat berbeda beda, kami setiap orang memilki kemampuan yang
berbeda termasuk kemampuan menyampaikan pendapat juga berbeda beda.
menyampaikan pendapat berbeda beda, kami setiap orang memilki kemampuan yang
berbeda termasuk kemampuan menyampaikan pendapat juga berbeda beda.
6. Apakah
keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok? Jelaskan!
keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok? Jelaskan!
Jawab:
Keberagaman
membawa manfaat yang baik bagi kelompok, karena kita akan semakin banyak
memahami keberagaman yang ada di Indonesia
membawa manfaat yang baik bagi kelompok, karena kita akan semakin banyak
memahami keberagaman yang ada di Indonesia
Ayo
Renungkan
Renungkan
Nilai-nilai
apa yang kamu pelajari hari ini?
apa yang kamu pelajari hari ini?
Jawab:
Nilai nilai
yang dapat kami pelajari hari ini adalah nilai menghargai perbedaan dan
keberagaman, nilai semoangat gotong royong atau kerja bakti, nilai semangat
menjaga persatuan dan kesatuan
yang dapat kami pelajari hari ini adalah nilai menghargai perbedaan dan
keberagaman, nilai semoangat gotong royong atau kerja bakti, nilai semangat
menjaga persatuan dan kesatuan
Bagaimana
warga di lingkunganmu mengutamakan persatuan dan kesatuan?
warga di lingkunganmu mengutamakan persatuan dan kesatuan?
Jawab:
Warga di
lingkungan saya mengutamakan persatuan dan kesatuan dengan seringnya warga
saling menghargai satu sama lain dan warga selalu bergotong royong, warga juga
sering menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah
lingkungan saya mengutamakan persatuan dan kesatuan dengan seringnya warga
saling menghargai satu sama lain dan warga selalu bergotong royong, warga juga
sering menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah