Pada kesempatan kali ini, admin mencoba
untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan
Cita-Citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita serta Aku Cinta Membaca.
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan
Cita-Citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita serta Aku Cinta Membaca.
Pada artikel ini admin akan mencoba
meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran 2. Kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini akan kita bahas semua
pertanyaan yang ada pada buku siswa sehingga bias bermanfaat untuk membantu
siswa belajar ataupun guru dalam menyiapkan pembelajarannya.
meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 Aku dan Cita-Citaku
Pembelajaran 2. Kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini akan kita bahas semua
pertanyaan yang ada pada buku siswa sehingga bias bermanfaat untuk membantu
siswa belajar ataupun guru dalam menyiapkan pembelajarannya.
Hanya saja yang perlu kami tekankan adalah
artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah pandangan dari
admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk kepastian
benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang mengajar di
kelas masing-masing.
artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah pandangan dari
admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk kepastian
benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang mengajar di
kelas masing-masing.
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 14
Ayo Mengamati
Amatilah kembali penulisan lagu
“Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” di depan.
Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan
dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan
tempo lagu berikut.
“Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” di depan.
Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan
dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan
tempo lagu berikut.
1.
Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu “Kupu-Kupu yang
Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”?
Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu “Kupu-Kupu yang
Lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan”?
Jawab
:
:
Kupu-Kupu
yang Lucu adalah Tanda Tempo Bes = do, 4/4, Lento = Lebih Lambat
yang Lucu adalah Tanda Tempo Bes = do, 4/4, Lento = Lebih Lambat
Tik-Tik
Bunyi Hujan Tanda Tempo C = do, 2/4, Andante = Sedang
Bunyi Hujan Tanda Tempo C = do, 2/4, Andante = Sedang
2.
Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik
Bunyi Hujan” tersebut?
Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu “Kupu-Kupu yang Lucu” dan “Tik-Tik
Bunyi Hujan” tersebut?
Jawab
:
:
Perbedaannya
adalah Kupu-Kupu yang Lucu temponya Lebih Lambat di nyanyikan sedangkan Tik-Tik
Bunyi Hujan temponya dinyanyikan Sedang.
adalah Kupu-Kupu yang Lucu temponya Lebih Lambat di nyanyikan sedangkan Tik-Tik
Bunyi Hujan temponya dinyanyikan Sedang.
3.
Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah
tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah
tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Jawab
:
:
Lagu
Kring Ada Sepeda – Temponya : C=do, 2/4, Andante = Sedang
Kring Ada Sepeda – Temponya : C=do, 2/4, Andante = Sedang
Lagu
Ibu Kita Kartini – Temponya : D = do, 4/4, Andante =Sedang
Ibu Kita Kartini – Temponya : D = do, 4/4, Andante =Sedang
Kesimpulan
Tempo
lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi
lagu tersebut
lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi
lagu tersebut
Ayo
Membaca
Membaca
Simaklah
puisi berikut!
puisi berikut!
Cita-Citaku
Ciptaan:
Angelica
Angelica
Suara
indah alat musik
indah alat musik
Alunannya
tenang mendayu
tenang mendayu
Seakan
selalu berbisik
selalu berbisik
Aku
selalu ada untukmu
selalu ada untukmu
Aku
suka alat musik itu
suka alat musik itu
Karena
itu aku ingin menjadi pemainnya
itu aku ingin menjadi pemainnya
Inilah
cita-citaku
cita-citaku
Menjadi
pemain biola
pemain biola
Langkah-langkah
kujalani
kujalani
Semua
cobaan kulewati
cobaan kulewati
Untuk
mendapatkan apa yang kuinginkan
mendapatkan apa yang kuinginkan
Semua
akan kuperjuangkan
akan kuperjuangkan
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 16
Ayo
Berlatih
Berlatih
Setelah
menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Apakah judul puisi tersebut?
Apakah judul puisi tersebut?
Jawab:
Judul
Puisi : Cita-Citaku
Puisi : Cita-Citaku
2.
Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut!
Jawab
:
:
Pemain
Biola
Biola
3.
Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
Jawab:
Jumlah
Bait dalam puisi tersebut ada 3 Bait
Bait dalam puisi tersebut ada 3 Bait
4.
Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut?
Jawab:
Jumlah
baris pada setiap bait ada 4 baris
baris pada setiap bait ada 4 baris
Ayo
Mengamati
Mengamati
Perhatikan
kembali puisi “Cita-Citaku” dengan saksama. Amatilah bunyi vocal setiap kata terakhir
pada setiap baris puisi!
kembali puisi “Cita-Citaku” dengan saksama. Amatilah bunyi vocal setiap kata terakhir
pada setiap baris puisi!
Perhatikan
contoh berikut!
contoh berikut!
Suara
indah alat musik
—————————- i
indah alat musik
—————————- i
Alunannya
tenang mendayu
———————– u
tenang mendayu
———————– u
Seakan
selalu berbisik
—————————– i
selalu berbisik
—————————– i
Aku
selalu ada untukmu
————————— u
selalu ada untukmu
————————— u
Aku
suka alat musik itu
—————————- u
suka alat musik itu
—————————- u
Karena
itu aku ingin menjadi pemainnya
———- a
itu aku ingin menjadi pemainnya
———- a
Inilah
cita-citaku
———————————–
u
cita-citaku
———————————–
u
Menjadi
pemain biola
—————————— a
pemain biola
—————————— a
Langkah-langkah
kujalani ————————- i
kujalani ————————- i
Semua
cobaan kulewati —————————- i
cobaan kulewati —————————- i
Untuk
mendapatkan apa yang kuinginkan
——— a
mendapatkan apa yang kuinginkan
——— a
Semua
akan kuperjuangkan ————————
a
akan kuperjuangkan ————————
a
Apakah
kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi
di atas?
kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi
di atas?
Tuliskan
kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Jawab:
Puisi Memiliki Judul, Puisi terdapat bait
yang terdiri dari beberapa kalimat, Puisi memiliki keteraturan bunyi vokal
(rima) setiap vocal terakhir, Puisi menggunakan kata-kata indah
yang terdiri dari beberapa kalimat, Puisi memiliki keteraturan bunyi vokal
(rima) setiap vocal terakhir, Puisi menggunakan kata-kata indah
Ayo
Membaca
Membaca
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar
Sungguh indah warna sayapmu yang menari
Berpadu dengan indahnya bunga yang mekar
Bagaimanakah bunyi akhir baris-baris pada
bait puisi tersebut?
bait puisi tersebut?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
Kupu-kupu terbang ke sana ke mari
———— i
———— i
Mencari bunga-bunga yang sedang mekar ———— a
Sungguh indah warna sayapmu yang menari
———— i
———— i
Berpadu dengan indahnya bunga yang
mekar ———— a
mekar ———— a
Kesimpulan
Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi
disebut rima. Ada jenis puisi yang memiliki rima teratur, misalnya
disebut rima. Ada jenis puisi yang memiliki rima teratur, misalnya
a
i
a
i
atau lebih dikenal dengan a–b–a–b
Rima tersebut biasa terdapat pada jenis
puisi lama, seperti pantun. Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas
empat baris dengan rima akhir a-b-a-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata.
puisi lama, seperti pantun. Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas
empat baris dengan rima akhir a-b-a-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata.
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 21
Ayo Berdiskusi
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan
belalang di depan.
belalang di depan.
3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup
kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Perbedaan
daur hidup kupu-kupu dan belalang sebagai berikut.
daur hidup kupu-kupu dan belalang sebagai berikut.
Daur
hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak
semua tahap dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami
metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak
sempurna.
hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak
semua tahap dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami
metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak
sempurna.
Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain
yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna?
yang mengalami metamorphosis sempurna dan tidak sempurna?
Jawab :
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis
sempurna: Kupu-kupu, Nyamuk, Lalat, Katak, Lebah Madu
sempurna: Kupu-kupu, Nyamuk, Lalat, Katak, Lebah Madu
Contoh hewan yang
mengalami metamorfosis tidak sempurna: Kecoa, Belalang, Capung, Rayap, Jangkrik
Demikianlah artikel Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Halaman 14, 16 dan 21. Semoga bermanfaat.