Pada kesempatan kali ini, admin mencoba
untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku,
Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita serta
Aku Cinta Membaca.
untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku,
Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita serta
Aku Cinta Membaca.
Pada artikel ini admin akan mencoba
meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 Aku dan Cita-Citaku
Halaman 2, 4 dan 8. Kunci jawaban buku kelas 4
SD tema 6 ini akan kita bahas semua pertanyaan yang ada pada buku siswa
sehingga bias bermanfaat untuk membantu siswa belajar ataupun guru dalam
menyiapkan pembelajarannya.
meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 1 Aku dan Cita-Citaku
Halaman 2, 4 dan 8. Kunci jawaban buku kelas 4
SD tema 6 ini akan kita bahas semua pertanyaan yang ada pada buku siswa
sehingga bias bermanfaat untuk membantu siswa belajar ataupun guru dalam
menyiapkan pembelajarannya.
Hanya saja yang perlu kami tekankan adalah
artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah pandangan dari
admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk kepastian
benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang mengajar di
kelas masing-masing.
artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah pandangan dari
admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk kepastian
benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang mengajar di
kelas masing-masing.
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 2
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 2
Pembelajaran 1 : Ayo Mengamati
Amatilah gambar-gambar di bawah ini.
Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga
keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga
keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita
yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin
menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang
banyak hal. Udin menunjukkan sebuah
tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.
yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin
menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang
banyak hal. Udin menunjukkan sebuah
tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.
Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Cita-Citaku
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 4
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 4
Ayo Berdiskusi
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4
siswa.
siswa.
2. Salah satu anggota kelompok membaca
puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.
3. Perhatikan bagian-bagian teks yang
dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan
ciri-cirinya, kamu dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut.
dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan
ciri-cirinya, kamu dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut.
a. Apakah kamu menemukan bahwa teks
tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
Jawab:
Benar..teks di atas terdiri dari kumpulan
kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris
kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris
Contoh :
Kata : Guru, tanpa, pamrih, berbagi , ilmu.
Setelah digabung menjadi Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Setelah digabung menjadi Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
b. Apakah kamu menemukan baris-baris
tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
Jawab:
Benar.. Baris-baris tersebut dibagi
menjadi dua bagian
menjadi dua bagian
Bagian I
Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu
Bagian II
Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku
c. Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir
setiap baris!
setiap baris!
Jawab:
Bunyi Vokal dari kata tiap baris adalah
Bagian I : n – u – n – u
Bagian II : a – u – a -u
d. Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi
vokal kata terakhir dalam setiap baris?
vokal kata terakhir dalam setiap baris?
Jawab :
Benar.. Terdapat keteraturan bunyi vocal kata
dalam setiap baris
dalam setiap baris
Bagian I : n – u – n – u
Bagian II : a – u – a -u
e. Tunjukkan keteraturan itu!
Jawab :
Bagian I
Anganku melayang ke masa depan – n
Aku ingin menjadi seorang guru – u
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan – n
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu – u
Bagian II
Aku akan berusaha mencapai cita-cita – a
Tak kan lelah aku mencari ilmu – u
Tak kan aku berpangku tangan saja – a
Demi tercapainya cita-citaku – u
4. Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu
pada kolom berikut ini!
pada kolom berikut ini!
Jawab :
Ciri-Ciri Puisi:
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari
beberapa kalimat
beberapa kalimat
3. Keteraturan bunyi vokal (rima)
4. Menggunakan kata-kata indah
Ayo Berlatih
Susunlah baris-baris puisi ini menjadi
bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang disediakan.
bait puisi! Kemudian tuliskanlah di tempat yang disediakan.
Jawab :
Guru selalu membimbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Ku ingin membalas jasamu
Pembahasan Buku Kelas 4 SD Tema 6
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 8
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Halaman 8
Ayo Berdiskusi
1. Buatlah kelompok diskusi yang terdiri
atas 4–5 siswa.
atas 4–5 siswa.
2. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan
berikut!
berikut!
3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan
perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang
benar. Berilah nomor urut di bawah
gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang
benar. Berilah nomor urut di bawah
gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
Jawab :
4. Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup
hewan.
hewan.
Jawab :
Tahapan siklus hidup hewan sebagai berikut
:
:
Siklus hidup hewan tanpa metamorfosis
adalah siklus hidup hewan yang diawali dari lahirnya atau menetasnya hewan baru
yang bentuk tubuhnya sama dengan bentuk tubuh induknya. Pada daur hidup tanpa
metamorfosis hewan hanya mengalami perubahan ukuran tubuh namun tidak mengalami
perubahan bentuk.
adalah siklus hidup hewan yang diawali dari lahirnya atau menetasnya hewan baru
yang bentuk tubuhnya sama dengan bentuk tubuh induknya. Pada daur hidup tanpa
metamorfosis hewan hanya mengalami perubahan ukuran tubuh namun tidak mengalami
perubahan bentuk.
Contoh :
Anak Kucing – Kucing Muda – Kucing Dewasa
Telur Ayam – Anak Ayam – Ayam Muda – Ayam Dewasa
Siklus hidup hewan dengan metamorfosis
adalah siklus hidup sekelompok hewan yang terlahir dengan bentuk yang berbeda
dengan induknya, dan mengalami perubahan bentuk yang bertahap hingga dewasa.
adalah siklus hidup sekelompok hewan yang terlahir dengan bentuk yang berbeda
dengan induknya, dan mengalami perubahan bentuk yang bertahap hingga dewasa.
Contoh :
Telur – Ulat – Kepompong – Kupu-Kupu