Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 114, 117

Pada kesempatan kali ini, admin mencoba
untuk membahas tentang buku kelas 4 SD Tema 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Dalam buku kelas 4 SD Tema 6 Cita-Citaku ini terdiri dari Subtema 1 Aku dan
Cita-Citaku, Subtema 2 Hebatnya Cita-Citaku, Subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita serta Aku Cinta Membaca.
Pada artikel ini admin akan mencoba
meberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 subtema 3 Giat Berusaha Meraih
Cita-Cita Pembelajaran 1. Kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini akan kita
bahas semua pertanyaan yang ada pada buku siswa sehingga bias bermanfaat untuk
membantu siswa belajar ataupun guru dalam menyiapkan pembelajarannya.
Hanya saja yang perlu kami tekankan
adalah artikel tentang kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 6 ini adalah
pandangan dari admin sendiri, jadi hanya sebagai literature tambahan saja untuk
kepastian benar atau tidak jawabannya kami kembalikan ke bapak/ibu guru yang
mengajar di kelas masing-masing

Pembahasan Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman  114

Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut ini.
Si Pendekar Kali Pesanggrahan
Keinginan untuk kembali melihat Kali
Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, membuat H. Chaerudin atau yang dikenal
dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut. Kali
Pesanggrahan yang dulunya tempat ia bermain air bersama teman-temannya telah
berubah menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan
berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu
untuk melihat tingkat kerusakannya.
Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah
yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya
karena dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat
sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya. Akan tetapi, ia tidak
marah. Baginya, untuk menyadarkan orang lain tidak perlu membalasnya dengan
kekerasan. Ia melakukan berbagai cara untuk membuat masyarakat sekitar sungai
sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.
Akhirnya, berkat kesabaran dan tekad
kuat, lambat laun, kesadaran masyarakat mulai tumbuh. Bang Idin kemudian juga
mengajak temantemannya sesama petani penggarap untuk mengikuti langkahnya.
Kini, mereka berhasil menanam 40 ribuan pohon produktif di sepanjang bantaran
kali. Burung-burung yang dulunya pergi akhirnya
kembali. Mata air yang dulu tertutup sampah, kembali hidup. Air kali
Pesanggrahan kini sudah normal kembali. Ikan-ikan bisa hidup dan berkembang
biak. Sepanjang tepian Kali Pesanggrahan menjadi hijau. Burung-burung berkicau
setiap hari. Bahkan burung Cakakak yang bersarang di tanah dan sudah jarang ditemui
di wilayah lain di Jakarta, kini juga bisa ditemukan. Pohon-pohon yang mulai
langka di Jakarta dapat dijumpai di sini. Belum lagi tanaman obat yang
jumlahnya mencapai 142 jenis. Di balik sikap kerasnya, pria kelahiran 13 April
1956 ini ingin membuktikan, hanya orang yang benarbenar memahami alam yang
dapat menyelamatkannya. Di tangan Bang Idin, Kali Pesanggrahan yang kotor dengan
bantaran yang tak terurus berubah menjadi lahan produktif dan alami.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah
kegiatan berikut ini!
Lengkapilah diagram berikut ini
berdasarkan bacaan tersebut!
Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita

Apa kesimpulanmu terhadap usaha Bang
Idin untuk meraih cita-citanya?
Kesimpulannya adalah untuk mewujudkan cita-cita
di butuhkan tekad yang kuat untuk mewujudkannya, sikap sabar dan pantang
menyerah walaupun mendapat halangan dari masyarakat. Menyadarkan masyarakat
akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan menanam pohon di pinggir sungai
sebagai upaya menjaga kelestarian sungai.

Pembahasan Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman  117

Ayo Membaca
Berikut ini adalah sebuah puisi untuk
para pelestari lingkungan Indonesia.
Penjaga Alamku
Karya: D. Karitas
Kau tidak pernah lelah
Kau tidak pernah putus asa
Kau tidak pernah menyerah
Mencintai alam di mana kau dibesarkan
Angin dan badai adalah sahabatmu
Hujan dan panas adalah penolongmu
Air sungai adalah kehidupanmu
Alammu adalah ibumu
Maka engkau menjaganya
Maka engkau memeliharanya
Maka engkau merawatnya
Karena alam adalah ibumu
Setelah membacanya dengan saksama,
jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Berkisah tentang apakah puisi
tersebut?
Jawab:
Puisi diatas berkisah tentang semangat dan
cita-cita seseorang yang sangat mencintai alam sekitar
2. Usaha apa saja yang harus dilakukan
untuk menjaga alam?
Jawab:
Usaha yang di lakukan untuk menjaga alam
adalah dengan rasa yang tidak pernah lelah, tidak putus asa dan tidak pernah
menyerah dalam memelihara, menjaga dan merawat alam
3. Mengapa alam dalam puisi di atas
disebut sebagai ibu?
Jawab:
Karena alam mempunyai peranan yang sangat
penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu untk di jaga, di
pelihara dan dirawat seperti menjaga, memelihara dan merawat seorang ibu
Tahukah Kamu
Deklamasi merupakan salah satu cara
membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang
mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.  Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas
dan intonasi yang tepat.  Selain itu,
pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. 
Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami
isinya. 
Contoh menentukan jeda:
Kau // adalah / para penyelamat negeri
//
Catatan:
1. / berhenti sebentar untuk bernapas,
biasanya pada koma atau di tengah baris.
2.
// berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan
dengan baris berikutnya.
3. /// berhenti lama sekali biasanya
pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.
Ayo Berlatih
Buatlah sebuah poster dengan memilih
satu dari dua tema berikut.
1. Pentingnya melestarikan sumber daya
alam hayati (tumbuhan)
2. Pentingnya melestarikan sumber daya
alam hayati (hewan)
Bersama dengan teman sekelompokmu,
lakukanlah kegiatan berikut!
1. Pilihlah salah satu tema yang
tersedia.
Jawab:
Pentingnya melestarikan sumber daya alam
hayati ( tumbuhan )
2.
Carilah beberapa informasi tentang pentingnya sumber daya alam tersebut dengan menggunakan
beberapa pertanyaan berikut.
a. Bagaimana manusia dan makhluk hidup
lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?
Jawab :
Tumbuhan sangat bermanfaat bagi makhluk
hidup lainnya sebagai produsen
Tumbuhan sebagai penghasil oksigen
Tumbuhan atau pohon dapat menahan
longsor
Tumbuhan atau pohon dapat menyimpan air
dalam tanah
b. Mengapa sumber daya alam tersebut
harus dilestarikan?
Jawab:
Tumbuhan harus dilestarikan karena jika
tumbuhan rusak maka makhluk hidup pemakan tumbuhan akan terganggu kelangsungan
hidupnya, Pasokan oksigen di udara juga akan berkurang jika banyak tumbuhan
yang di tebang atau tidak dilestarikan, Jika banyak tumbuhan di rusak maka
tanah akan mudah longsor
c. Akibat apa sajakah yang akan timbul
jika sumber daya alam tersebut tidak dilestarikan?
Jawab:
Akibatnya jika tumbuhan tidak di
lestarikan adalah oksigen di udara menjadi berkurang sehingga udara menjadi
tidak sehat, tanah menjadi mudah longsor, kadar gas karbondioksida di udara
menjadi meningkat, air hujan tidak terserap di dalam tanah sehingga cadangan
air di tanah berkurang.
3. Buatlah sebuah peta pikiran untuk
menjawab pertanyaan tersebut.

Demikianlah artikel
tentang  Kunci Jawaban Buku Kelas  4 SD Tema 6 Subtema 3. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment