Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Keragaman Suku Bangsa
dan Agama di Negeriku- Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 7 subtema 1 kegiatan pembelajaran
4 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi tema
7 Indahnya Keragaman di Negeriku.
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
1 Pembelajaran 4 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 29
Kita telah mengetahui keragaman suku bangsa di Indonesia dan faktor
penyebabnya. Adakah keragaman lain di Indonesia? Selain keragaman suku bangsa,
masih banyak keragaman di Indonesia. Salah satu keragaman tersebut ialah
keragaman bahasa. Ayo, lakukan kegiatan berikut.
Ayo Berdiskusi
Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.
1.
Di provinsi mana kamu tinggal?
Jawab
Saya tinggal
di Provinsi Jakarta
2.
Dalam berkomunikasi, bahasa apa yang biasa digunakan penduduk di
provinsimu?
Jawab
Untuk
berkomunikasi bahasa yang biasa digunakan penduduk di provinsi saya adalah Bahasa
Betawi
3.
Tuliskan beberapa kata dalam bahasa daerah di tempat tinggalmu beserta
padanannya dalam bahasa Indonesia.
Jawab
Disini kakak coba sajikan beberapa kosa kata yang ada di daerah
masing-masing. Sebisa yang kakak berikan.
Provinsi tempat tinggal: Jakarta |
||
Bahasa yang digunakan masyarakat: bahasa |
||
Bahasa Betawi |
Bahasa Sunda |
Bahasa Indonesia |
Gegares |
Tuang |
Makan |
Mao |
hoyong |
Mau |
Nenggak |
Ngaleueut |
Minum |
Molor |
Kulem |
Tidur |
Ngayab |
Angkat |
Pergi |
Pala |
Mastaka |
Kepala |
Babe |
Abah |
Ayah |
Nyak |
Indung |
Ibu |
Provinsi tempat tinggal: Makasar |
||
Bahasa yang digunakan masyarakat: bahasa |
||
Bahasa Makasar |
Bahasa Bugis |
Bahasa Indonesia |
nakke |
iya’ |
Saya |
katte |
idi’, iko |
Kamu |
anganre |
manre |
Makan |
angnginung |
minung |
Minum |
tinro |
matinro |
Tidur |
amma’ |
indo’ |
Ibu |
mangge |
ambo’ |
Ayah |
ulu |
ulu |
Kepala |
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
1 Pembelajaran 4 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 31
Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”.
Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu. Tuliskan ide pokok dari
setiap paragraf. Tuliskan dalam tabel berikut.
Jawab
Ide pokok dari setiap paragraf sebagai berikut:
Paragraf Ke |
Ide Pokok |
1 |
Posisi negara dengan bahasa terbanyak di dunia |
2 |
Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia berbanding terbalik dengan |
3 |
Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah berpengaruh pada kepunahan |
4 |
Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah |
Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut dengan
bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bentuk berikut menggunakan ejaan yang tepat.
Informasi dari Bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”
Jawab
Beberapa informasi baru yang saya dapatkan dari bacaan diatas dengan
bahasa saya sendiri adalah sebagai berikut:
1.
Papua Nugini adalah negara dengan bahasa
paling banyak, yakni 867 bahasa.
2.
Indonesia adalah negara kedua dengan bahasa
terbanyak di dunia yaitu 742.
3.
Pulau Jawa yang paling padat penduduknya
hanya memiliki 20 bahasa.
4.
Pulau Papua dengan jumlah penduduk yang
sedikit memiliki bahasa sebanyak 271.
5.
Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah
berpengaruh pada kepunahan bahasa daerah.
6.
Bahasa daerah di Indonesia yang terancam
punah adalah yang tak memiliki generasi muda pelanjut bahasa ibunya.
7.
Satu-satunya generasi yang masih merupakan
penutur fasih bahasa daerah adalah generasi dewasa.
8.
Bahasa daerah berperan dalam menjaga budaya daerah.
9.
Tata nilai budaya di Indonesia tersimpan
dalam kosakata, pantun, cerita rakyat, mitos, legenda, dan ungkapan
10. Bahasa-bahasa
yang tergolong berpotensi terancam punah perlu memperoleh perhatian khusus
11. Kita
perlu melestarikan bahasa daerah sebelum benar-benar menghilang dari kehidupan
berbangsa kita.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
1 Pembelajaran 4 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 33
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Kamu juga
mengetahui bahwa bahasa daerah di Indonesia terancam punah. Diskusikan dengan kelompokmu,
kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk mencegah
kepunahan bahasa daerah?
Jawab
Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencegah kepunahan bahasa derah
antara lain sebagai berikut:
1.
Membentuk komunitas belajar bahasa daerah
sebagai wadah belajar bahasa daerah
2.
Mengadakan lomba-lomba dari tingkat pelajar,
mahasiswa, masyarakat umum dengan tema bahasa daerah misalnya lomba menulis
puisi, menulis cerita dengan bahasa daerah
3.
Membuat karya atau tulisan menggunakan bahasa
daerah sehingga bahasa daerah bisa populer kembali.
4.
Membuat video menarik dengan bahasa daerah
kemudian di bagikan di media sosial agar lebih membudayakan bahasa daerah pada
generasi milenial
5.
Membiasakan diri berbahasa daerah dalam
pergaulan sehari-hari
6.
Memasukkan bahasa daerah kedalam kurikulum
sekolah
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
1 Pembelajaran 4 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Halaman 34
Tugas
Carilah sebuah cerita rakyat, lalu tuliskan kembali ke dalam bahasa
daerahmu. Pada Pembelajaran 6, kamu akan membacakan tulisanmu ini di depan
teman-temanmu.
Cerita Rakyat Daerah Jakarta dengan Bahasa Daerah Betawi. Ceritanya
adalah Si Pitung dari Rawa Belong.
Si Pitung dari Rawe Belong
Si pitung entu pemude nan soleh dari rawe belong. Die rajin belajar ngaji di aji naipin. Asen belajer naji die pun dilatih silat. Abis betahun- taun kemampuan die nguaseo
tauan agame ame bele diri makin ningket.
Di tengget entu belande sedeng ngejaje Indo̞ne̞sie. Si pitung ngerase ibe ngaksiin penderitaan nyang
dialami ame orang rane kecil. Sementare entu,
kumpeni (sebutan buat belanda), sekelompok tauke ame pare tuan tane idup begelimeng
kemewaan. Rume ame ladeng orang entu
dijage ame pare centeng nyang galak
Ame dibantu ame teman-teman die si rais ame jii, si pitung mulai ngerencanein
perampoin kehadep rume tauke ame tuan tane berade. Asil rampoin die dibagi-bagiin di orang rane
susah. Di depan rume galur nyang kelaparan
diletakin die sepikul bees. Galur nyang
dibelit uteng rentenir diberiin die santunan.
Ame anak yatim piatu dikirimi die bingkisan pakean ame adie lainnye.
Kesuksesan si pitung ame kawan-kawan die lanteran due anu. Pertama, die punye tauan silet nyang tinggi
iring dikhabarin tubuh die kebel bakal peluru.
Kedua, orang-orang ogah nyeritein di mane si pitung kini beade. Namun demikian orang berade korban perampoin
si pitung ame kumpeni terus begiat ngebujuk orang-orang buat mangap
Kumpeni juge ngegunein kekerasan buat makse penduduk ngasi keterengan. Di suatu ari, kumpeni ame tuan-tuan tane berade
behasil dapet informasi tentang galur si pitung. Make ngerekapun nyandere kedue orang tue die
ame si aji naipin. Ame siksaan nyang berat
ujung-ujung nye orang entu ngedapetin informasi tentang di mane sipitung beade
ame rahasie kekebalan tubuh die
Bebekel seade informasi entu, polisi kumpeni pun ɲergep si pitung. Tentu aje si pitung ame kawan-kawan die ngelawan. Namun malangnya, informasi tentang rahasie kekebalan
tubuh si pitung ule ngejeblak. Die
dilempari telor-telor busuk ame ditembak.
Die pun tewes seketike. Meskipun demikian buat jakarta, si pitung tetep dianggep
jadi pembele orang rane kecil
Cerita Rakyat Daerah Jawa Barat atau Sunda dalam bahasa Sunda. Ceritanya
adalah Kisah Purbasari dan Purbararang
Carita Ngeunaan Purbasari
Sareng Purbararang
Baheula di Jawa Barat, aya cicing raja. Anjeunna gaduh dua putri. Anu
cikal namina Purbararang, sedengkeun lanceukna jenenganana Purbasari.
Dina hiji dinten, raja milih Purbasari janten ratu. Purbararang ngarasa
timburu jeung bangor. “Kuring kedah janten ratu!” ceuk Purbararang.
Purbararang teras maréntahkeun dukun pikeun nyumpahan Purbasari. Sakujur
awak Purbasari ditutupan bisul hideung.
“Kuring sieun panyakit Purbasari bakal katular, Pa.
Langkung saé upami bapak kuring ngusir anjeunna ti istana, ”saur
Purbararang.
Akhirna, raja kapaksa ngusir Purbasari ka leuweung. Nalika di leuweung,
Purbasari sosobatan sareng seueur sato.
Salah sahiji sobatna nyaéta langur. Langur hideung. Purbasari masihan
anjeunna nami Lutung Kasarung.
Lutung Kasarung sok ngiringan Purbasari dimana waé anjeunna angkat. Dina
hiji wengi, Lutung Kasarung maréntahkeun Purbasari mandi di hiji danau.
Purbasari ogé matuh.
Nalika mandi, kajadian gaib kajadian. Kulub sakujur awakna ngadadak
ngaleungit. Ayeuna, Purbasari parantos pulih. Anjeunna uih deui ka pondokna.
Anjog ka hut, Purbasari reuwas. Anjeunna ningali hiji Purbararang
didinya. Purbararang jengkel sabab Purbasari geulis deui sapertos tiheula.
“Alhamdulillah panyawat kulit anjeun parantos cageur. Tapi, ratu
kedah ngagaduhan salaki anu ganteng. Dimana calon salaki anjeun? ” tanya
Purbararang.
Purbasari bingung.Teras, anjeunna narik Lutung Kasarung, “Ieu calon
salaki kuring,” saur Purbasari.
Ngadangu ieu, Purbararang seuri. “Naon? Calon salaki anjeun téh
monyét? ” cenah.
Ujug-ujug, Lutung Kasarung robah jadi pangeran tampan. Tétéla, selama
ieu anjeunna ogé dilaknat. Kutukan bakal ngaleungit upami putri hoyong nikah ka
anjeunna.
Akhirna, Purbararang nyungkeun hapunten ka Purbasari. Purbasari ogé
hoyong ngahampura lanceukna. Aranjeunna teras uih deui ka istana kalayan bagja
Cerita Rakyat dari Daerah Jawa Tengah Asal Usul Baturaden. Cerita di
sampaikan dengan bahasa Jawa.
Asal Usul Baturaden
Suta minangka abdi ing kerajaan ing Jawa Tengah.
Pegaweane njaga jaran raja.
Suta seneng mlaku-mlaku sawise nindakake tugas.
Ing sawijining dina, nalika Suta mlaku-mlaku cedhak sendhang, dheweke
keprungu ana wong wadon sing njerit.
Sanalika Suta nggoleki sumber njerit kasebut. Pungkasane, dheweke tekan
cedhak wit gedhe.
Ing kana dheweke ndeleng putri raja sing njerit wedi. Ing sangarepe putri
ana ulo raksasa sing ngancam
Suta pancen wedi, nanging dheweke luwih kuwatir karo keslametan sang putri.
Mula dheweke njupuk teken gedhe banjur disabetake ing ulo mau.
Ulo kesusu lara lan pungkasane mati.
“Matur suwun, Suta. Sampeyan wis nylametake nyawaku, ”ujare sang
putri.
“Ora usah matur nuwun putri. Kuwajibanku dadi abdi bapakmu sing
nulungi sampeyan. “
Wiwit dina iku, Suta lan putri dadi kanca sing apik. Suwe-suwe kekancan
kekancan dadi siji lan liyane.
Ing sawijining wektu, putri ngandhani Suta supaya ngadhep bapakne lan
njaluk idin kanggo omah-omah.
Sang Prabu nesu banget nalika ngrungokake rencana kasebut.
“Suta mung abdi dalem dene kowe putriku putri. Sampeyan ora ditrima yen
omah-omah karo abdi. ” ujare Sang Prabu kanthi mantep.
Putri sedhih krungu wangsulane bapake, apamaneh sawise bapake mbuwang Suta
menyang pakunjaran amarga wani njaluk dijodohake.
Ing pakunjaran, Suta ora diwenehi mangan utawa ngombe. Krungu kedadeyan
kasebut, sang putri nggawe rencana kanggo mbantu kekasihe supaya uwal saka
pakunjaran.
Dheweke sukses lan dheweke mlayu.
Dheweke istirahat cedhak kali.
Ing kana dheweke omah-omah lan miwiti kulawarga.
Papane Suta lan putri ngangkat keluargane diarani Baturaden.
Batur tegese abdi nalika raden tegese mulya. Saiki, Baturraden dadi papan
wisata sing apik banget. Dununge ana ing sikile Gunung Slamet ing Purwokerto,
Jawa Tengah.
Ayo Renungkan
Apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kepunahan keragaman bahasa
daerah di Indonesia?
Jawab
Membiasakan menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari baik
itu di keluarga ataupun dengan teman-teman yang satu daerah.