Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan
Kesatuan Negeriku – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba
memberikan kunci jawaban buku kelas 4 SD tema 7 subtema 3 kegiatan pembelajaran
1 yang merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 4 SD kurikulum 2013 revisi
tema 7
Kunci
Jawaban Buku Kelas 4 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah. Dengan adanya kunci jawaban buku kelas 4 SD ini,
setidaknya adik-adik semua sedikit mempunyai gambaran jawaban-jawaban atas
pertanyaan yang ada dalam buku paket sekolah adik-adik semua.
Pembahasan-pembahasan
yang kami sajikan dalam artikel kami ini, kami kerjakan sesuai dengan pemahaman
yang kami kuasai. Kami mengusahakan sebaik dan semaksimal mungkin untuk menjawab
dan membahas pertanyaan yang ada di buku kelas 4 SD Tema 7 ini. Akan tetapi,
kami mempunyai kemampuan yang terbatas sebagai seorang manusia, yang
kemungkinan alternatif jawaban yang kami berikan tidak sesuai atau berbeda
dengan pemikiran adik-adik semua, untuk itu jika ada saran silahkan komentar di
kolom komentar guna perbaikan kami kedepannya.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 4 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 92
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok bersama
4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan Sikap
Ini”.
1. Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada,
tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.
Jawab
Kata-kata sulit dan artinya dalam bacaan Supaya Tetap Rukun, Mari
Lakukan Sikap Ini adalah sebagai berikut:
No. |
Kata Sulit |
Arti |
1. |
Republik |
Bentuk pemerintahan yang berkedaulatan rakyat dan dikepalai oleh |
2. |
Adat |
Aturan (perbuatan dan sebagainya) yang lazim diturut atau dilakukan |
3. |
Unik |
Lain daripada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain |
4. |
Toleransi |
Toleransi artinya bersikap menghargai orang lain |
5. |
Ibadah |
Perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Tuhan, yang didasari ketaatan |
6. |
Kebudayaan |
Hasil kegiatan dan penciptaan batin manusia seperti kepercayaan, |
7. |
Persatuan |
Persatuan adalah gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagaiannya) |
2. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Supaya Tetap
Rukun, Mari Lakukan Sikap Ini”.
Jawab
Ide pokok paragraf dari bacaan teks Supaya Tetap Rukun, Mari Lakukan
Sikap Ini adalah sebagai berikut:
No. |
Paragraf |
Pokok Pikiran |
1. |
Paragraf 1 |
Negara Republik Indonesia memiliki keragaman adat, budaya, dan agama |
2 |
Paragraf 2 |
Salah satu sikap yang harus dilakukan yaitu adanya toleransi dan saling |
3. |
Paragraf 3 |
Sikap lain yang harus dilakukan adalah menghargai kebudayaan dari |
4. |
Paragraf 4 |
Kita harus saling menghargai, menghormati, dan menyayangi orang lain |
3. Mengapa kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun,
Mari Lakukan Sikap Ini”?
Jawab
Kita harus melaksanakan ajakan pada teks “Supaya Tetap Rukun, Mari
Lakukan Sikap Ini” karena untuk dapat mempertahankan persatuan dan
kesatuan NKRI
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 94
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini di dalam kelas.
1.
Sediakan magnet batang atau magnet mainan (yang biasa ditempelkan pada
pintu lemari pendingin).
2.
Sediakan benda-benda kecil, seperti jarum pentul, peniti, pensil,
kerikil, dan daun. Letakkan di atas meja.
3.
Dekatkan magnet pada benda-benda kecil tersebut.
4.
Catatlah hasil pengamatan kalian.
5.
Ingat, berhati-hatilah saat bekerja dengan jarum pentul dan peniti.
Pastikan tidak ada jarum pentul yang terjatuh di lantai. Pastikan juga peniti
tidak terbuka. Setelah selesai digunakan, bereskan dan masukkan kembali jarum
pentul dan peniti ke tempatnya.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 95
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan kegiatan di depan, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut
bersama teman-teman sekelasmu.
1. Apa yang terjadi saat magnet didekatkan pada benda-benda kecil yang kamu
sediakan?
Jawab
Yang terjadi saat magnet didekatkan dengan benda-benda kecil yang sudah
kami sediakan adalah benda kecil tersebut ada yang tertarik dan menempel pada
magnet, ada juga yang tidak tertarik sama sekali
2. Benda apa yang dapat ditarik oleh magnet?
Jawab
Benda yang dapat di tarik oleh magnet adalah jarum pentul, peniti
3. Benda apa saja yang tidak dapat ditarik oleh magnet?
Jawab
Benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet adalah pensil, kerikil dan
daun
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 95
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.
1.
Sediakan dua buah magnet batang, misalnya magnet I dan magnet II.
2.
Tandai ujung dari setiap batang magnet, misalnya A dan B.
3.
Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang
terjadi?
4.
Dekatkan ujung A dari magnet I dengan ujung B dari magnet II. Apa yang
terjadi?
5.
Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung A magnet II. Apa yang terjadi?
6.
Dekatkan ujung B magnet I dengan ujung B magnet II. Apa yang terjadi?
Catatlah hasil pengamatanmu dalam tabel seperti berikut, lalu jelaskan kepada
Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.
Jawab
No. |
Perlakuan |
Hasil |
1. |
Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung A magnet II |
Kedua ujung magnet saling tolak menolak |
2 |
Ujung A magnet I didekatkan dengan ujung B magnet II |
Kedua ujung magnet saling tarik menarik |
3. |
Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung A magnet II |
Kedua ujung magnet saling tarik menarik |
4. |
Ujung B magnet I didekatkan dengan ujung B magnet II |
Kedua ujung magnet saling tolak menolak |
Ayo Mencoba
1.
Siapkan sebuah uang logam.
2.
Keluarlah dari dalam kelas menuju halaman sekolah atau lapangan yang
lebih luas.
3.
Pegang uang logam yang telah kamu persiapkan lalu lemparkan kuat-kuat ke
atas. Perhatikan arah lemparan agar tidak mengenai teman atau bangunan yang
dekat dengan kamu.
4.
Apa yang terjadi setelah kamu melempar uang logam itu? Catatlah hasil
dari kegiatanmu.
5.
Ulangi sebanyak lima kali.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 98
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama kelompokmu hasil dari kegiatanmu melempar uang logam
atas.
1.
Apa yang terjadi setelah uang logam dilempar ke atas?
Jawab
Yang terjadi setelah uang logam dilempar keatas adalah uang logam
tersebut akan jatuh ke bumi atau kebawah
2.
Mengapa hal itu bisa terjadi?
Jawab
Hal ini bisa terjadi karena pengaruh dari gaya grafitasi bumi, dimana
benda yang berada di atas bumi akan dipengaruhi oleh gaya grafitasi bumi
3.
Bagaimana seandainya uang logam diganti bola, pensil, penghapus, dan
kapas?
Jawab
Saat uang logam diganti dengan benda lain seperti bola, pensil, penghapus,
dan kapas hasilnya akan sama yaitu benda-benda tersebut tetap akan jatuh ke
bumi setelah dilemparkan ke atas. Hanya saja yang membedakan waktu benda untuk
jatuh sampai ke bumi itu yang berbeda-beda tergantung dari massa dan jenis
bendanya.
4.
Selanjutnya, ceritakan hasil diskusi kelompokmu kepada Bapak/Ibu guru
dan kelompok lain.
Jawab
Ketika uang logam dilempar ke atas maka uang tersebut akan jatuh kembali
ke bawah. Uang jatuh kembali ke bawah karena adanya gaya gravitasi bumi. Semua
benda yang dilemparkan ke atas akan jatuh kembali ke tanah, misalnya saja bola,
pensil, penghapus dan kertas akan jatuh ke tanah setelah dilemparkan ke atas.
Kunci Jawaban Buku Kelas 4 SD Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Halaman 100
Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari pada hari ini?
Jawab
Hari ini saya telah belajar tentang menuliskan informasi baru
berdasarkan teks bacaan. dan menyampaikan pendapat kepada orang lain, melakukan
kegiatan percobaan IPA tentang gaya grafitasi bumi dan gaya magnet
Apa manfaat dari gaya magnet?
Jawab
Gaya
magnet dapat dimanfaatkan pada kehidupan sehari-hari seperti pada beberapa
peralatan sebagai berikut:
·
untuk jarum kompas penunjuk arah
·
ujung obeng untuk menarik sekrup kecil- kecil
sehingga sekrup tidak jatuh
·
untuk menarik logam berat
·
sebagai pengunci pada tempat pensil
·
bel listrik untuk menggerakkan pemukul
lonceng
·
menghasilkan arus listrik dengan dinamo
sepeda
·
menghasilkan arus listrik dengan generator
·
hiasan yang bisa menempel di kulkas
Apa manfaat dari gaya gravitasi?
Jawab
Gaya
gravitasi bermanfaat :
·
Menjaga kestabilan kehidupan di bumi
·
Membuat segala benda yang ada di bumi berada
pada tempatnya
·
Membuat segala benda memiliki berat
·
Sebagai prinsip dasar dalam ilmu penerbangan
·
Sebagai sumber pengembangan ilmu pengetahuan
Nah
adik-adik demikianlah pembahasan kunci jawaban buku kelas 4 sd tema 7 subtema 3
pembelajaran 1 ini. Kami berharap semoga alternatif jawaban yang kami berikan
ini sesuai dengan jawaban dari Bapak/Ibu Guru kalian di sekolah sehingga
pembahasan yang kita berikan bisa membantu nilai adik-adik menjadi bagus.
Kami
selalu berdoa semoga dengan hadirnya artikel dari kami robihartoni.id ini bisa
membuat adik-adik menjadi lebih semangat dalam belajar, lebih giat dalam
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kepada kalian. Kami juga menyajikan
artikel-artikel yang lainnya, dengan jawaban-jawaban yang terbaik dari tim
kami, jadi selalu monitor website robihartoni.id setiap saat ya.