Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya

Kunci
Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan
Manfaatnya – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 5 SD tema 1 subtema 3 kegiatan pembelajaran 3 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi tema 1

Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD ini kita
sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang diajukan di dalam buku. Tujuannya
adalah agar peserta didik dapat belajar secara mandiri di rumah.
Selain itu dengan mencoba menulis
pembahasan buku kelas 5 SD ini sekaligus membuat admin bisa merasakan betapa
majunya ilmu pengetahuan saat ini. Materi materi yang disajikan pada Buku Kelas
5 SD Kurikulum 2013 Revisi ini sungguh sangat baik sekali, sangat berbeda
dengan zaman saya sekolah dahulu yang hanya mengenal Ani dan Budi hehehehe

Semoga Pembahasan Buku Kelas 5 SD ini bisa
bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat adik adik yang masih sekolah dan
bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 145

Ayo Berlatih
Kelompok masyarakat yang bisa merasakan
langsung potensi kekayaan sumber daya kelautan ini adalah masyarakat yang
berada di pesisir. Banyak jenis pekerjaan yang bisa diusahakan untuk menunjang
kehidupan ekonominya.
Ayo sebutkan jenis-jenis usaha atau
pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam laut di Indonesia.
Jawab
Jenis-jenis pekerjaan yang berkaitan
dengan pemanfaatan sumber daya alam laut adalah:
1.       
Nelayan
2.       
Para Petambak Ikan dan udang
3.       
Petani Garam
4.       
Industri pertambangan minyak lepas pantai
5.       
Petani Rumput Laut
6.       
Petani budidaya kerang mutiara laut
7.       
Pemandu wisata alam bawah laut
8.       
Pedagang ikan
9.       
Petani budidaya terumbu karang
10.    Industri
ikan asin
11.    Pengrajin
kerang & rumah siput
12.    Penjaga
pantai
13.    Penjaga
mercusuar
14.    Teknisi
kapal
15.    Jasa
penyebrangan
16.    Pengusaha
penginapan / hotel

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 146

Ayo
Menulis
Ada
dampak positif, tentunya juga ada dampak negatifnya. Coba ceritakan berbagai
dampak yang timbul sebagai akibat dari letak dan kondisi geografis Indonesia
sebagai negara maritim dan kepulauan.
Jawab
Dampak
Positif kondisi geografis indonesia
1)       
Indonesia berada dijalur lalu lintas
internasional dan dapat menjadi transit jalur perdagangan dunia.
2)       
Laut yang sangat luas dan garis pantai
membuat Indonesia menyimpan hasil laut yang berlimpah seperti ikan, kerang
laut, dan serta bahan tambang seperti minyak bumi.
3)       
Indonesia yang terdiri banyak pulau yang
membuat beragam kebudayaan, karena terdiri dari suku, budaya, dan bangsa.
4)       
Keindahan alam dan budaya Indonesia yang
berankearagam merupakan potensi pariwisata.
5)       
Keragaman anatara Flora dan Fauna.
Dampak
Negatif kondisi geografis indonesia
1. Pencurian ikan yang dilakukan oleh para nelayan dari negara lain
2. Pengawasan teritorial yang sulit. Indonesia merupakan negara kepulauan, banyaknya pulau di Indonesia membuat pemerintah sulit melakukan pegawasan terhadap wilayah teritorial.
3. Sering terjadi bencana alam.
4. Sulitnya pengawasan keamanan. Sebagain besar wilayah Indonesia adalah lautan, sehingga pengawasan keamanan terhadap penyusup sulit terlacak.
5. Mudahnya masuk kebudayaan asing 
 )

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 147

Ayo Berkreasi
Bersama kelompokmu buatlah kliping gambar tentang
kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis
Indonesia sebagai negara maritim.
Kumpulkan gambar-gambar yang sesuai yang bisa kamu
dapatkan melalui surat kabar, majalah, buku, atau internet. Berilah penjelasan
singkat dari setiap gambar yang kamu kumpulkan. Susunlah gambar-gambar yang
telah kamu kumpulkan menjadi sebuah buku.
Ayo Menulis
Laporan
Pengaruh Kondisi Geografis Bangsa Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap
Kehidupan Ekonomi dan Sosial Masyarakatnya





A. Kehidupan Ekonomi
 
Kondisi geografis Indonesia sebagai negara maritim berpengaruh terhadap
kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya. Dalam kehidupan ekonomi,
masyarakatnya Indonesia yang sebagian besar berada diwilayah laut mengandalkan
perikanan dan pariwisata kelautan sebagai sumber pendapatan masyarakat. Jenis
Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut antara lain
sebagai berikut :
1.       
Nelayan
2.       
Pertambangan minyak lepas pantai
3.       
Berbagai sektor usaha wisata: pegawai hotel, warung makan, toko
cinderamata, penyewaan perahu dan aat-alat permainan air, penjual tiket,
pemandu wisata, dan lain-lain
4.       
Pelayaran
5.       
Para Petambak Ikan dan udang.
6.       
Berbagai sektor usaha di pelabuhan
7.       
Petani Garam, dan Petani Rumput Laut
8.       
Penyelam (tradisional) yang mencari teripang.
9.       
Pengerajin kayu yang memanfaatkan pohon di  hutan bakau.
10.   
Petani budidaya kerang mutiara laut.
11.   
Pemandu wisata alam bawah laut.
12.   
Pekerja di perusahaan yang mengelola air laut dengan menggunakan sistem
osmosis balik agar diperoleh air yang layak konsumsi.
13.   
Para Pengusaha pembuat kapal dan jaring
14.   
Para Pengerajin kerang.
15.   
Jasa penyebrangan laut.
B. Kehidupan Sosial

Dalam kehidupan sosial, masyarakatnya lebih terbuka dan ramah terhadap
masyarakat pendatang karena banyak dari mereka yang datang dan singgah di
pelabuhan-pelabuhan atau bahkan migrasi dan menetap setelah tiba. Berikut
adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa
Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan.
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya
1.    Komunikasi
dan interaksi antar penduduk menjadi lebih mudah, baik antarwarga Indonesia
maupun orang Indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan
teknologi di bidang pelayaran antarpulau dan antarnegara.
2.    Terjadinya
akulturasi budaya,baik budaya local dengan local ataupun budaya Indonesia
dengan budaya luar negeri
3.    Munculnya
perkampungan-perkampungan etnis atau suku tertentu, seperti Pecinan ( Kampung
cina ) dan Kampung Arab.
4.    Terjadinya
perubahan gaya hidup atau pola hidup sebagian masyarakat yang melakukan pola
atau gaya hidup luar negeri
5.    Adanya
komunitas yang mahir atau gemar belajar bahasa asing
6.    Terjadinya
perpindahan ilmu, pengetahuan, dan teknologi.
Ayo Membaca
Kejayaan Bahari Masa Lalu
Oleh: Dr. Y. Paonganan, S.Si., M.Si

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 150

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf  bacaan di atas.
No.
Paragraf
Ide Pokok
1.
Pertama
Kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak sebelum kemerdekaan.
2.
Kedua
Nenek moyang bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut
3.
Ketiga
Kerajaan Sriwijaya memiliki armada laut yang besar dan kuat
4.
Keempat
Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah mampu membangun Candi Borobudur
5.
Kelima
Kerajaan Singosari di bawah kepemimpinan Raja Kertanegara memiliki
armada kapal dagang yang mampu mengadakan hubungan dagang lintas laut
6.
Keenam
Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit, yang kemudian berkembang
menjadi kerajaan maritim yang besar.
7.
Ketujuh
Kejayaan bahari bangsa Indonesia telah ada sejak zaman dahulu
8.
Kedelapan
Pada masa kolonial Belanda masyarakat Indonesia dibatasi berhubungan
dengan laut.
9.
Kesembilan
Pada masa kolonial Belanda juga terjadi pengikisan semangat bahari Bangsa
Indonesia
Ayo Berlatih
Untuk menambah pemahamanmu bahwa sila-sila dalam
Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan setiap sila dijiwai dan
menjiwai sila yang lain, coba sebutkan contoh-contoh perilaku berikut
mencerminkan sila-sila apa saja. Satu contoh perilaku bisa mencerminkan satu
sila, dua sila, atau lebih.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 153

No.
Kegiatan
Mencerminkan Sila
1.
Pemilihan
ketua
kelas
  1. Keadilan sosial bagi seluruh
    rakyat Indonesia, karena mengembangkan perbuatan yang luhur, yang
    mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
  2. Persatuan Indonesia karena mengembangkan
    sikap persatuan dan kesatuan.
  3. Kerakyatan yang dipimpin oleh
    hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan karena menghargai
    hasil musyawarah.
  4. Kemanusiaan yang adil dan
    beradab karena memperlakukan manusia sesuai harkat dan martabatnya
2.
Perayaan
hari
besar keagamaan
  1. Ketuhanan yang Maha Esa,
    yaitu menjalankan perintah agama sesuai ajaran yang dianut masing-masing
  2. Kemanusiaan yang adil dan
    beradab, karena mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban asasi
    setiap manusia tanpa membedakan.
  3. Persatuan Indonesia, karena
    menjunjung tinggi persatuan Indonesia
  4. Keadilan Sosial bagi seluruh
    rakyat Indonesia, perayaan hari besar agama berarti melakukan perbuatan
    dalam rangka mewujudkan kemajuan dan keadilan sosial.
3.
Gotong
royong
  1. Kemanusiaan yang adil dan
    beradab, karena gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  2. Persatuan Indonesia, 
    karena dengan gotong royong dapat memupuk sikap persatuan dan kesatuan
    bangsa.
  3. Keadilan Sosial bagi seluruh
    rakyat Indonesia, karena suka memberi pertolongan kepada orang lain.
4.
Musyawarah
mufakat
  1. Kerakyatan yang dipimpin oleh
    hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan karena dengan
    musyawarah mufakat berarti tidak memaksakan kehendak pada orang lain
  2. Persatuan Indonesia, dengan
    musyawarah mufakat berarti mengutamakan kepentingan bersama di atas
    kepentingan pribadi.
  3. Kemanusiaan yang adil dan
    beradab karena kita menyadari bahwa kita mempunyai hak dan kewajiban
    yang sama dalam mengeluarkan pendapat.
5.
Menjenguk
orang
sakit
  1. Ketuhanan yang Maha Esa,
    karena setiap manusia harus menyayangi sesama makhluk Tuhan.
  2. Kemanusiaan yang adil dan
    beradab. karena mengembangkan sikap tenggang rasa.
  3. Persatuan Indonesia, karena
    dengan peduli terhadap penderitaan orang lain akan memperkuat persatuan.
  4. Keadilan Sosial bagi seluruh
    rakyat Indonesia, menjenguk orang sakit berarti berusaha menolong orang
    lain sesuai kemampuan.

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 155

Ayo Menulis
Format Laporan
Laporan Mengenai Pengambilan Keputusan yang Sesuai dengan
Nilai-Nilai Pancasila
Penyusun  :
Dono, Kasino
Hari/Tanggal : Senin, 12 Juli 2019
Isi Laporan :
Pada hari senin tanggal 12 Juli 2019 telah dilakukan
pemilihan ketua kelas V SD N Kita Bisa
Calon ketua kelas : Adit, Rama, Deska
Panitia Pemilihan : Dono, Kasino
Pemilih : Seluruh siswa kelas V SD N kita Bisa
Hasil : Rama terpilih sebagai ketua kelas V SDN Kita Bisa
dengan memperoleh 20 suara
Proses pemilihan Ketua kelas 
Panitia menyiapkan meja untuk calon ketua kelas duduk
Panitia menyiapkan kertas yang sudah di potong kecil
Panitia mempersilahkan calon ketua kelas duduk di kursi depan kelas
Panitia membagikan kertas pemilihan
Siswa pemilih menuliskan nama calon ketua kelas yang dia pilih
Panitia mengambil gulungan kertas suara
Panitia membuka dan membacakan satu persatu hasil kertas suara
Panitia mencatat perolehan suara
Panitia menyebutkan hasil perolehan suara
Panitia menetapkan ketua kelas V SDN Kita Bisa
Panitia menutup rapat pemilihan ketua kelas

Kunci Jawaban Buku Kelas 5
SD Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 Lingkungan dan Manfaatnya Halaman 156

Ayo Renungkan
Dengan mempelajari letak geografis dan kondisi
geografis Indonesia sebagai negara maritim, kita makin bangga dan bersyukur
menjadi warga negara Indonesia. Namun juga perlu diingat bahwa dengan kondisi
tersebut akan banyak terjadi penyerapan, pertukaran, peleburan, percampuran,
dan pembauran nilai dan budaya dari daerah atau negara lain. Oleh karena itu, kita
harus pandai-pandai memilih dan memilah nilai dan budaya dari daerah atau
negara lain.
Bagaimanakah sikapmu terhadap masuknya nilai dan
budaya dari daerah atau negara lain?
Jawab
Sikap saya terhadap masuknya nilai dan budaya daerah
lain atau negara lain adalah saya akan melakukan filter terhadap nilai dan
budaya tersebut. Jika nilai dan budaya tersebut baik, sesuai dengan norma agama,
norma kesusilaan, kesopanan maka saya tidak berkeberatan dengan masuknya nilai
dan budaya tersebut.

Demikianlah artikel
tentang  Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD
Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya

Leave a Comment