Kunci
Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di
Sekitar Kita – Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit mencoba memberikan
kunci jawaban buku kelas 5 SD tema 6 subtema 2 kegiatan pembelajaran 3 yang
merupakan pecahan kunci jawaban buku kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi tema 6
Kunci
Jawaban Buku Kelas 5 SD ini kita sajikan dengan membahas semua pertanyaan yang
diajukan di dalam buku. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat belajar
secara mandiri di rumah. Dengan adanya kunci jawaban buku kelas 5 SD ini,
setidaknya adik-adik semua sedikit mempunyai gambaran jawaban-jawaban atas
pertanyaan yang ada dalam buku paket sekolah adik-adik semua.
Pembahasan-pembahasan
yang kami sajikan dalam artikel kami ini, kami kerjakan sesuai dengan pemahaman
yang kami kuasai. Kami mengusahakan sebaik dan semaksimal mungkin untuk
menjawab dan membahas pertanyaan yang ada di buku kelas 5 SD Tema 6 ini. Akan
tetapi, kami mempunyai kemampuan yang terbatas sebagai seorang manusia, yang
kemungkinan alternatif jawaban yang kami berikan tidak sesuai atau berbeda
dengan pemikiran adik-adik semua, untuk itu jika ada saran silahkan komentar di
kolom komentar guna perbaikan kami kedepannya.
Semoga
Pembahasan Buku Kelas 5 SD ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya buat
adik adik yang masih sekolah dan bapak ibu guru yang mengajar di sekolah SD.
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 91
Ayo Mengamati
gambar di atas dengan saksama! Gambar tersebut menunjukkan kegiatan nelayan
setelah pulang dari melaut. Mereka biasanya pergi secara berkelompok pada malam
hari dan pulang keesokan paginya. Mengapa demikian? Ingatkah kamu bahwa mereka
menerapkan prinsip perpindahan panas secara konveksi? Bagaimana peristiwa
konveksi tersebut membantu para nelayan untuk berlayar pada malam hari dan
pulang pada pagi hari? Apakah yang terjadi jika mereka pergi dengan cara
sebaliknya?
Jawab
Para nelayan pergi berlayar pada malam hari dan pulang pada pagi hari,
hal ini disebabkan karena menerapkan proses konveksi yang terjadi pada udara.
Dimana kita tahu perpindahan kalor secara konveksi terjadi dengan disertai
perpindahan partikel dalam zat tersebut. Pada malam hari nelayan berangkat melaut
karena pada malam hari bertiup angin darat. Angin darat terjadi pada malam hari
dan berhembus dari darat ke laut. Hal ini terjadi karena pada malam hari udara
di atas laut lebih panas dari udara di atas darat, sehingga udara di atas laut
naik diganti udara di atas darat. Maka terjadilah aliran udara dari darat ke
laut. Untuk itu para nelayan memanfaatkan angin darat untuk menuju ke laut
menangkap ikan.
Sedangkan pada siang hari para nelayan pulang dari laut menuju daratan.
Hal ini karena bertiup angin laut. Angin laut terjadi pada siang hari dan
berhembus dari laut ke darat. Hal ini terjadi karena pada siang hari udara di
atas darat lebih panas dari udara di atas laut, sehingga udara di atas darat
naik diganti udara di atas laut. Maka terjadilah aliran udara dari laut ke
darat. Angin laut dimanfaatkan oleh nelayan untuk kembali ke darat atau pantai
setelah menangkap ikan.
Jika para nelayan tidak memahami konsep konveksi secara alami ini maka
para nelayan tidak akan bisa berangkat melaut. Kecuali para nelayan menggunakan
kapal yang bermesin sehingga geraknya kapal bukan ditentukan oleh angin darat
ataupun angin laut melainkan sudah di gerakkan oleh mesin.
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 94
Ayo Menulis
Untuk memahami sebuah teks penjelasan pada bacaan di atas, kamu perlu
mengetahui pokok pikiran di setiap paragrafnya. Temukanlah pokok-pokok pikiran
dalam setiap paragraf dengan melakukan kegiatan berikut ini.
1.
Siapkan sejumlah kartu atau kartu pokok pikiran seperti contoh di atas
ini sesuai dengan jumlah paragraf pada bacaan di atas.
2.
Bacalah kembali bacaan tersebut dan temukan pokok pikiran di setiap
paragrafnya.
3.
Tuliskanlah pokok pikiran tersebut pada kartu yang telah kamu siapkan.
Jawab
Keterangan Pokok Pikiran Masing- Masing Paragraf:
Paragraf
I Pokok Pikiran:
Desa
Lamalera merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menjadikan laut
sebagai ladang kehidupan
Paragraf
II Pokok Pikiran:
Masyarakat
nelayan di desa Lamalera, memiliki tradisi berburu paus secara turun temurun
Paragraf
III Pokok Pikiran:
Para
nelayan melakukan pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit untuk
berburu paus
Paragraf
IV Pokok Pikiran:
Daging
dan minyak paus yang berhasil ditangkap dibagi ke seluruh warga desa
1.
Diskusikanlah pokok pikiran dengan teman-teman di dalam kelompokmu.
Berikan komentar dan saran yang membangun untuk setiap pokok pikiran yang
dibuat temanmu.
2.
Kelompokan pokok pikiran yang sama pada setiap paragraf.
3.
Ambillah sebuah karton, lalu tuliskan di bagian paling atas judul
bacaan.
4.
Buatlah garis-garis penghubung sesuai jumlah paragraf yang ada.
5.
Tempelkan semua pokok pikiran yang dibuat teman sekelompokmu sesuai
paragrafnya.
6.
Buatlah sebuah paragraf untuk membuat kesimpulan terhadap bacaan
tersebut.
7.
Presentasikanlah hasil analisis bacaanmu di depan kelas.
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 95
Ayo Berdiskusi
Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang ingin kamu ketahui
tentang peristiwa yang terjadi di sekitarmu. Bertanya merupakan kegiatan
mencari jawaban tentang sesuatu yang belum diketahui. Kita dapat bertanya
kepada siapa pun, termasuk kepada teman sebaya. Kegiatan bertanya juga dapat
menjadi kegiatan awal sebuah diskusi. Ikutilah tahapan kegiatan berikut ini
dengan saksama di dalam kelompok yang terdiri atas 4 – 5 orang
1.
Buatlah dua pertanyaan berdasarkan bacaan.
2.
Tuliskanlah pertanyaanmu di selembar kertas kecil. Tuliskan nama dan
pertanyaanmu dengan jelas dan menggunakan kalimat tanya yang benar.
3.
Gulunglah kertas pertanyaanmu lalu masukkan ke dalam sebuah wadah.
4.
Secara bergiliran anggota kelompok mengambil gulungan kertas dari dalam
wadah.
5.
Setelah semuanya mendapatkan sebuah gulungan kertas, bukalah lembar
pertanyaan secara bersamaan.
6.
Lalu tuliskan jawabannya di bawah pertanyaan tersebut.
7.
Tempelkan kertas pertanyaan dan jawabannya di salah satu dinding kelas.
Lakukan kegiatan yang sama untuk pertanyaan kedua.
8.
Lihatlah kembali pertanyaan yang telah kamu buat, dan jawaban dari
teman-temanmu. Lakukanlah diskusi dengan teman yang menjawab pertanyaanmu untuk
mendapatkan keterangan yang lebih lengkap.
Jawab
Contoh pertanyaan dan Jawaban berdasarkan bacaan Kehidupan Nelayan
Pemburu Paus:
a.
Dimanakah letak desa Lamalera?
Jawab
Desa
lamalera terletak di Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara
Timur
b.
Apakah yang menjadi ladang kehidupan masyarakat desa Lamalera?
Jawab
Yang
menjadi ladang kehidupan masyarakat desa Lamalera Laut
c.
Apakah yang menjadi tradisi unik masyarakat desa Lamalera?
Jawab
Yang
menjadi tradisi unik masyarakat desa Lamalera Berburu paus
d.
Berapa jumlah paus yang boleh diburu oleh masyarakat desa Lamalera
selama setahun?
Jawab
Jumlah
paus yang boleh diburu oleh masyarakat desa Lamalera selama setahun tidak boleh
lebih dari 15 ekor paus
e.
Dimanakah tempat warga desa Lamalera melakukan pemantauan sebelum
berburu ikan paus?
Jawab
Tempat
pematauan sebelum berburu ikan paus adalah di bibir pantai dan diatas bukit
f.
Siapakah yang diutamakan mendapatkan bagian dari hasil perburuan ikan
paus?
Jawab
g.
Hasil perburuan ikan paus diutamana bagi janda dan yatim piatu
h.
Apa nama pasar tempat masyarakat Lamalera melakukan barter?
Jawab
Nama
pasar tempat masyarakat Lamalera melakukan barter adalah Pasar Wulandoni
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 97
Ayo Membaca
Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Apa tujuan dilaksanakannya Festival Mane’e tersebut?
Jawab
Festival Mane’e bertujuan agar nelayan mendapat tangkapan yang banyak
dan mendapatkan perlindungan agar terhindar dari bahaya.
2. Siapa saja yang berperan penting dalam upacara tersebut?
Jawab
Yang berperan dalam upacara tersebut adalah pemuka adat beserta
masyarakat setempat.
3.
Menurutmu, apa manfaat kegiatan upacara tradisi nelayan terhadap kesejahteraan
nelayan dan kehidupan masyarakat nelayan setempat?
Jawab
Manfaat dari kegiatan Mane’e bagi masyarakat adalah membuat masyarakat
lebih mempererat rasa kebersamaan antar anggota masyarakat, membuat masyarakat
lebih bersyukur atas perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, membuat masyarakat lebih
peduli untuk memelihara laut, sehingga dengan rasa kebersamaan, rasa syukur dan
lebih peduli dengan laut dapat membuat kesejahtaraan nelayan semakin meningkat.
Karena jika laut terjaga maka ikan tangkapan nelayan juga banyak.
4. Adakah hal menarik yang kamu dapatkan dari kegiatan upacara nelayan
tersebut?
Jawab
Hal yang menariknya adalah masyarakat dilarang mengenakan pakaian
berwarna merah karena sebagai pantangan
5. Adakah kegiatan serupa yang dilakukan oleh masyarakat nelayan yang
berada paling dekat dari tempat tinggalmu? Jika ada, ceritakanlah!
Jawab
a.
Tradisi Ruat Laut yang dilakukan oleh
masyarakat Desa Tejang Pulau Sabesi Lampung Selatan yang bertujuan sebagai
ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang diberikan
kepada masyarakat
b.
Tradisi sedekah laut nelayan Kab.Cilacap pada
dasarnya sebagai ungkapan rasa sukur pada Tuhan YME telah diberinya limpahan
rezeki
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3
Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 99
Ayo Mengamati
Kegiatan nelayan di pantai dan laut tidak hanya untuk pembangunan
ekonomi, tetapi juga untuk membangun kehidupan sosial budaya masyarakat.
Kegiatan ini dilakukan untuk meneruskan budaya kehidupan masyarakat nelayan
yang telah dilakukan bertahun-tahun. Kegiatan masyarakat nelayan di satu tempat
dan tempat lain tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi juga oleh kehidupan sosial
masyarakatnya. Kehidupan masyarakat di sekitarmu mungkin juga memiliki keunikan
sendiri. Oleh karenanya, lakukanlah kegiatan pengamatan sebagai berikut:
1.
Bekerjalah bersama dengan temanmu yang tinggal di daerah yang sama atau
berdekatan.
2.
Amatilah kehidupan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu.
3.
Identifikasi kegiatan masyarakat untuk membangun ekonominya, misalnya
ada yang berdagang, bertani atau menangkap ikan.
4.
Identifikasi kegiatan kemasyarakatan yang terjadi di daerah tempat
tinggalmu. Misalnya, kegiatan bersama yang dilakukan anggota masyarakat.
5.
Tuliskanlah hasil pengamatanmu ke dalam bentuk laporan singkat dengan
menggunakan format “Laporan Hasil Pengamatan” seperti contoh di bawah ini!
Jawab
Laporan Hasil Pengamatan |
|
Tempat Pengamatan |
Desa Kita Maju |
Hal yang diamati |
Interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya |
Hasil Pengamatan |
Hasil Pengamatan Kami adalah sebagai berikut: Interaksi Manusai Dengan Lingkungan Sosialnya: Masyarakat di Desa Kita Maju masih memegang erat nilai-nilai sosial Upaya Manusia Dalam Berperan Serta Membangun Perekonomian: Di desa Kita Maju hampir rata-rata masyarakanya berprofesi sebagai |
Kesimpulan:
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup berdiri sendiri.
Manusia dalam kehidupan bermasyarakat saling membutuhkan untuk itu dalam
bermasyarakat diperlukan kerjasama, gotong royong, serta bermusyawarah.
Manusia juga sebagai pelaku ekonomi artinya manusia mempunyai kontribusi
dalam pertumbuhan perekonomia suatu masyarakata/daerah. Baik sebagai petani,
pedagang, pengusaha, buruh, mekanik dan lainnya, semuanya saling berkaitan satu
dengan lainnya dalam meningkatkan perekonomian suatu daerah.
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 102
Ayo Berdiskusi
Dengan menggunakan bacaan tentang nelayan Lamalera dan nelayan Pantai
Malo, diskusikan hak-hak dan kewajiban apa saja yang dimiliki oleh para nelayan
tersebut.
Bagaimana dengan warga negara yang lain, misalnya para guru? Bagaimana
hak dan kewajiban mereka? Bagaimana dengan kamu sebagai siswa? Apa saja hak dan
kewajiban kalian?
Gunakan tabel berikut ini untuk melakukan analisis terhadap hak dan
kewajiban warga negara sesuai cara interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.
Bandingkanlah hak dan kewajiban para nelayan, para petani, dan juga pelajar
seperti kamu.
Jawab
Warga Negara |
Hak |
Kewajiban |
Nelayan Lamalera atau |
Memperoleh ikan sebagai bahan makanan |
Menjaga kelestarian laut sebagai habitat ikan |
Petani |
a. b. c. d. e. f. g. h. |
a. b. c. d. |
Pelajar |
a. b. c. d. |
a. b. c. d. e. |
Kesimpulan:
Hak dan kewajiban tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang
lain karena keduanya sama – sama harus dijalankan secara beriringan. Hak dan
kewajiban harus seimbang agar tidak ada kesenjangan dalam pelaksanaan hak dan
kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema
2 Pembelajaran 3 Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 103
Ayo Mencoba
Apakah kamu melihat persamaan dan perbedaan antara hak dan kewajiban
dari para guru, nelayan, dan kamu sebagai seorang siswa? Kamu tentu tahu bahwa
setiap hak dapat diusahakan melalui kewajiban, baik kewajiban yang menyangkut
hak orang lain, maupun kewajiban pribadi.
Cobalah renungkan, kewajiban apa saja yang harus
kamu lakukan dan tingkatkan sebagai seorang siswa? Tuliskanlah beberapa
kewajiban yang harus kamu tingkatkan ke dalam sebuah janji yang harus kamu
ingat untuk dilakukan. Tuliskanlah dengan kalimat yang jelas dan singkat
sehingga kamu mudah mengingatnya di tempat yang disediakan di bawah ini!
Kunci Jawaban Buku Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3
Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Halaman 104
Ayo Renungkan
1.
Apa saja sikap dan keterampilan yang kamu kembangkan pada hari ini?
Jawab
Sikap dan keterampilan yang saya kembangkan hari ini adalah menentukan
ide atau gagasan pokok dari suatu paragraf serta keterampilan dalam memahami
penerapan hak dan kewajiban dalam kehidupan
2.
Apa saja tantangan yang kamu hadapi untuk melakukan kewajibanmu sebagai
seorang pelajar? Bagaimanakah caramu untuk mengatasinya?
Jawab
Tantangan
yang saya hadapi untuk melakukan kewajibanmu sebagai seorang pelajar adalah:
a.
Rasa malas ketika mau belajar
b.
Ajakan teman-teman yang tidak baik seperti
membolos atau tidak tertib aturan sekolah
Cara
mengatasinya adalah: dengan terus memotovasi diri untuk menjadi lebih baik,
berkumpul dengan teman-teman yang semangat dalam belajar
Nah
adik-adik demikianlah pembahasan kunci jawaban buku kelas 5 sd tema 6 subtema 2
pembelajaran 1 ini. Kami berharap semoga alternatif jawaban yang kami berikan
ini sesuai dengan jawaban dari Bapak/Ibu Guru kalian di sekolah sehingga
pembahasan yang kita berikan bisa membantu nilai adik-adik menjadi bagus.
Kami
selalu berdoa semoga dengan hadirnya artikel dari kami robihartoni.id ini bisa
membuat adik-adik menjadi lebih semangat dalam belajar, lebih giat dalam
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kepada kalian. Kami juga menyajikan
artikel-artikel yang lainnya, dengan jawaban-jawaban yang terbaik dari tim
kami, jadi selalu monitor website robihartoni.id setiap saat ya.